PANTAI PARANGTRITIS YOGYAKARTA DAN SEBUAH MITOS CERITA LEGENDA BABAD TANAH JAWI

http://ejawantahtour.blogspot.com/2012/10/pantai-parangtritis-yogyakarta-dan.html
Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang terkenal yang ada di Selatan Yogyakarta, dan merupakan pantai yang sudah dikenal di dunia internasional. Pantai Parngtritis berjarak +/- 27 kilometer dari kota Yogyakarta, dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu 30 - 45 menit.

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang landai dengan bukit-bukit kapur di sekitarnya, dimana Pantai Parangtritis juga merupakan salah objek wisata untuk dapat menikmati keindahan pada saat matahari terbenam (sunset) untuk meninggalkan kita.

Sambil melepas pemandangan penglihatan mata penulis di sekitar daerah pesisir Pantai Parangtritis dalam menikmati atmosfer gelombang kuat pantai selatan, merupakan bukti logis bahwa palung laut selatan Jawa yang menghadap Samudra Indonesia memang terasa ganas.

Teringat sebuah cerita legenda masyarakat Yogyakrta tentang cerita eksotis mistis penunggu pantai Selatan Nyai Rara Kidul, yang memiliki berbagai sebutan nama dari beberapa sumber
  1. Ricklefs (1974)  menyebutnya dengan nama seperti Retna Dewi, Prabu Rara Rat Jawi, Sang Retna, Prabu Kenya, Sang Dewi, Sang Retna Tanah Jawi, Sang Prabu Dewi, dan Prabu Rara Surya Dewati.
  2. Van Hien (1912) menyebutnya Rara Wudu, dan 
  3. Dra. Kalsum (dalam sebuah surat bertanggal 5 Juni 1990) dari sebuah cerita pengamalan perjalanan  Anasthasia R.Y.Sadrach memberi nama Nyi Gelereng Putih.
Dalam pengertian bahasa Jawa "Lara" dapat diartikan sakit. Lara dan  Parangtritis merupakan kosa kata bahasa yang selalu beiringan dalam ingatan masyarakat Indonesia, khususnya bagi orang-orang Jawa. Hal ini tentunya mengingatkan kita dalam kisah cerita Babad Tanah Jawa (abad ke-19).

Dimana seorang pangeran Kerajaan Pajajaran, Joko Suruh, bertemu dengan seorang pertapa yang memerintahkan dia menemukan Kerajaan Majapahit di Jawa Timur. Karena sang pertapa adalah sorang wanita muda yang cantik, Joko Suruh pun jatuh cinta kepadanya.Namun, sang pertapa wanita itu ternyata adalah bibi dari Joko suruh, bernama Ratna Suwida, dan dia pun menolak cinta Joko Suruh yang merupakan keponakannya sendiri.

Ketika muda, Ratna Suwida mengasingkan diri untuk bertapa di sebuah bukit. Di pergi menuju pantai Selatan Jawa dan menjadi penguasa spiritual di sana. Dia berkata kepada pengeran, jika keturunan pangeran menjadi penguasa di kerajaan yang terletak di dekat Merapi, maka dia akan menikahi seluruh penguasa yang terletak di dekat Gunung Merapi, dia akan menikahi seluruh penguasa secara bergantian.

Penembahan senopati merupakan generasi kedua pendiri Kerajaan Mataram kedua, yang mengasingkan diri ke Pantai Selatan untuk mengumpulkan seluruh energi dalam upaya mepersiapkan kampanye militer melawan kerajaan utara. Meditasinya menarik perhatian Kanjeng Ratu Kidul yang berjanji akan membantunya.

Dalam kisahnya cerita legenda masyarakatnya, Penembahan Senopati mempelajari rahasia perang dan pemerintahan, intrik-intri cinta istana bawah airnya, hingga akhirnya muncul dari Laut Parangkusumo, kini yang disebut Yogyakarta Selatan. Sejak saat itu, Ratu Kidul diyakini berhubungan erat dengan keturunan Senopati yang berkuasa dan sesajian selalu dipersembahkan untuknya di Pantai Parang Kusumo serta Parangtritis setiap tahun melalui perwakilan istana Solo dan Yogyakarta.

Seperti inilah kisah cerita legenda masyarakat Pantai Parangtritsi Yogyakarta mengenai Kanjeng Ratu Kidul, atau Nyi Roro Kidul, atau Ratu Pantai Selatan. Versi pertama diambil dari buku cerita Rakyat Yogyakarta dan versi kedua terdapat dalam Babad Tanah Jawi.

Tentunya hal ini membuat diri kita sebagian ada yang mempercayai dan juga ada yang tidak tentang kebenaran cerita dari Kanjeng Ratu Roro Kidul. Cerita ini sampai saat ini masih menjadi sebuah polemik ditengah-tengah masyarakat modern seperti sekarang ini. Terlepas cerita ini semua dari polemik atau tidak, ada fenomena yang nyata ditengah-tengah masyarakat Yogyakarta, bahwa cerita legenda mitos Ratu Roro Kidul memang memiliki relevansi dengan eksistensi Keraton Yogyakarta.

Masyarakat modern dewasa ini memiliki sikap dan tindakan yang sebagian besar dijiwai oleh kerasionalan dan teknologi modern, tidak ada satu pun yang tidak di kaji dengan analisis, perencanaan, pengawasan dan tehnologi. Memang sulit untuk menyakini akan adanya kekuatan mitos itu sendiri. Namun, hubungan antara Keraton dengan Kanjeng Ratu Roro Kidul secara fakta tercantum dalam Babad Tanah Jawi.

Dalam kepercayaan dan keyakinan masyarakat Yogyakarta, pada saat mengunjungi Pantai Parangtritis Yogyakarta, sebaiknya kita dapat menghindari warna-warna pakaian yang konon menjadi suatu pentangan untuk dipergunakan di area Pantai Parangtritis. (Cerita ini penulis ketahui semenjak penulis masih usia sekolah dasar).

Mengingat pandangan dunia modern sekarang ini muncul dengan rasa rasional serta berdasarkan prosedur ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan, maka ada bainya penulis berpendapat agar kita semua untuk tidak terburu-buru mendakwahkan tentang "mitos" itu suatu yang tidak masuk akal dan harus dijauhkan.

Secara rasional, mungkin kita menolak kebenaran mitos, karena kita selalu menghubungkan efek dari mitos itu sendiri hanya sebuah kebetulan belaka. Namun, bila hal ini menjadi suatu kebetulan mengapa  harus terjadi berulang-ulang yang kejadiannya sama persis ?

Diakui atau tidak, mitos secara langsung mendasari berbagai tindakan prilaku dan cara berpikir kita yang sering kita tidak sadari. Hal ini disebabkan kita lupa, bahwa sesuatu hal yang terjadi secara kebetulan merupakan suatu ketetapan hukum Tuhan yang diperlakukan Nya dalam kehidupan ini.

Dengan demikian, cerita legenda masyarakat tentang Kanjeng Roro Kidul di daerah Pantai Parangtritis Yogyakarta ini pun tidak bisa dikatakan tidak masuk akal. Karena Tuhan sudah memberitahukan kepada kita semua melalui kitab suci Nya. Dan semua cerita ini hanya dapat diterima atau tidak, hanya dengan sebuah logika keimanan bukan dengan logika manusia saja tanpa diimbangi dengan logika keimanan.

Mitos merupakan suatu kepercayaa. Dan kepercayaan seperti itu tidaklah memaksa. Namun, mitos cerita tentang legenda masyarkat seperti ini jauh berbeda dengan cerita agama yang memiliki landasan dasar yang kuat. Saran penulis agar kita tidak perlu meyakini mitos, karena sebuah mitos akan mendekatkan diri kita pada perbuatan syirik (menduakan Tuhan). Ada baiknya bila kita hanya sekedar cukup percaya dan menghormati tanpa harus meyakini. Agar kita tidak terjerat dalam permainan mitos itu sendiri.

Mitos itu sejatinya bersumber pada kepercayaan pribadi. Karena semakin kuat kepercayaan seseorang disertai keyakinan yang kuat, maka, semakin kuat pula kebenaran yang akan terjadi. Sesuatu yang dimulai dengan kesalahan selalu berakhir dengan keharusan untuk memperbaikinya diri dengan menemukan setiap akar dasar permasalahan yang timbul dari setiap masalah.

Melakukan wisata budaya kita akan banyak lebih tahu sebuah cerita  legenda masyarakat setempat, bukan saja menikmati pesona alamnya yang indah, namun kita juga dapat merasakan sebuah atmosfer yang berbeda.

Dimana pengetahuan yang baru tentang cerita masyarakat setempat dapat kita ketahui, tentunya sebuah cerita dan pengalaman memiliki tujuan tersendiri dari setiap pengalaman perjalanan yang akan kita terima dan dibawa dalam kehiduapn kita sehari-hari.

Semoga pengalaman perjalanan penulis dapat berbagi pengetahuan yang berguna sebagai penambah cakrawala pengetahuan kita semua, agar kita tidak saling menyalahkan satu dengan yang lainnya tanpa mempelajari makna pesan yang tersirat untuk sebuah moral kehidupan penyeimbangan alam kehidupan ini.




Salam Wisata,

Hotel dan Penginapan Di Yogyakarta :
Yogyakarta Hostel Backpakers
Rental Mobil Online
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

44 komentar

terakhir datang ke paris tahun 2005,
pengen datang kesana lagi, belum sempat waktunya :)

Saleum,
alangkah senangnya jika aku bisa menginjakkan kaki di parangtrittis kang, sudah lama mengetahui keindahan dan daya tarik dari objek2 wisata disana lewat media, cuma langkah belum juga kesampaian

Nanti kalau ada waktu atau pun tugas disana juga bisa mampir ko Kang. Sukses selalu.

Pantai yang penuh dengan serita dan pemandangan yang mengasyikan untuk dinikmati dalam sebuah alunan deru ombak Kang. Nanti juga sampai suatu hari nanti di pantai Parangtritis.

Sukses selalu

Saya pernah kesana 1 kali mas.
Sukses selalu. :)

meski belum pernah kesana namun banyak mendengar cerita seputar Parangtritis ini Pak, eh iya wah ini konsentrasi di bidang tour ya pak

someday i will go there mas

terakhir sy ke parangtritis ini wkt SD.. hehe

Terimakasih Sob, sukses juga ya !

Benar Pak, sekaligus memperkenalkan objek-objek wisata Indonesia dari segi budaya dan sejarah yang dimiliki bangsa Indonesia. Sukses selalu ya Pak !

Yups, semoga terlaksana ya. Sukses selalu.

Ups...., lama sekali. Tentu keadaannya agak berubah sekarang. Terimakasih dan sukses selalu.

saya pernah ke parang tritis beberapa tahun yang silam, mas. entah seperti apa sekarang. jadi teringat nasib penyair ragil suwarno pragolapati yang diduga hilang di kawasan ini.

Wah,,,,, sepertinya bila sang budayawan yang memberikan komentar selalu saja ada penambahaan topik cerita yang tidak terurai dan membuat penasaran. Trims sekali ya Pak Sawal. Sukses selalu.

menarik ya ketika kita mengunjungi objek wisata yang memiliki legenda di baliknya ... soalnya pasti sekalian menguji keyakinan hehe

Suatu nilai lebih dari travellers merupakan nilai lebih yang didapatkan dari setiap objek yang dikununginya.Hal ini merupakan suatu inovasi dalam memperkenalkan objek wisata sebagai salah satu daya tarik yang benar-benar ada. He....x9 Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan kita semua.

Sukses selalu
Salam Wisata

baru tau saya kalo ada cerita dibalik itu,,,mantab infonya sob,,thanks ya....

parang tritis itu pantai berbukit pasir tertinggi didunia, padang pasirnya luas, disisi timur tebingnya tinggi,ombaknya dahsyat. soal percaya atau tidak sama mitos terserah kalian. dimanapun mestinya jaga kesopanan.ada baiknya kalian berhati hati dalam menyikapi segala sesuatu, termasuk mitos itu karena pengalaman adalah guru yang terbaik sekalipun itu pengalaman orang lain.modernisasi jaman bukan berarti dengan mudah menggeser dan merubah kepercayaan terhadap mitos. yang pasti dunia ini bukan hanya manusia seperti kita saja yang menghuni, dan semua itu makhluk Allah. kita hidup berdampingan, hanya beda dimensi.

Sama-sama dan sukses selalu ya Sob !

pantai parangtritis menyimpan kenagan, ingin rasanya kesana lagi.

..saya baru saja kesana baru tanggal 28 desember lalu

Dilanjut Sob, semoga akan selalu menjadi kenangan yang indah dalam hidup.

Sukses selalu
Salam Wisata

Wah.... sepertinya masih ada cerita yang menempel dan berbekas dalam perjalanan kemarin ya.

Sukses selalu
Salam Wisata

wahh ... jadi pengen kesana hehheheeh .... :)

follow blog ane ya gan ...

http://dimasramdhan.blogspot.com/

Parang tritis adalah wisata alam yang sangat indah dan menawan.

Kalau ke Yogya, jangan lupa mampir.

Sukses selalu
Salam Wisata

Betul Kang, dan kita bisa menikmati wisata alam dengan keindahan alam yang romantis bila situasi cuaca mendukung.

Sukses selalu
Salam Wisata

Heemm... kapan ya bisa kesana lagi.. pemandangan sunsetnya sangat menawan.

9 mei kemarin saya habis dari sana...indah pemandangannya!

Melihat tentang mitosnya, memang sulit dibantah kalau masyarakat kita banyak yang percaya dengan hal - hal yangberbau ghaib seperti ini. Saya sih secara sadar percaya juga akan keberadaannya, namun untuk penokohan dalam cerita mitos walahu'alam. Cuma Allah yang tahu hal ghaib dan cuma Allah yang berkuasa atas segala apa yang ada di langit dan bumi.

Mengenai tempat wisatanya, Parangtritis memang asyik buat dijadikan tempat wisata, saya sudah ke sana 2 kali tahun ini :)

Ya,,,, Parangtritis memang indah pada saat cuaca cerah dan bisa menikmati pemandangan sunset yang begitu indah.

Salam wisata

Pasti meninggalkan kesan yang tiada duanya ya Kang.

Salam wisata

Betul Kang, karena mitos tidak perlu kita perdebatkan, dan yang terpenting adalah lokasi ini begitu indah pemandangannya bila di nikmati pada saat cuaca cerah. Kalau sudah dua kali lebih sih namanya sudah ketagihan ya Kang. He,,,x9

Salam wisata

menikmati kelapa muda setlah menikmati udara pantai parangritis memang mantap. apa lgi bisa main layangan bareng pcar.ckckck

Pantai Parangtritis memang sangat bagus pantainya. Pemandangan alam nya serta fasilitas yang ada di dalam nya bisa dibilang cukup komplit. Saya pernah beberapa kali ke parangtritis bersama teman-teman sekelas. Paling asyik pas naik dokar hehehe :D

Menikmati kelapa muda di daerah sekitar Pantai prangtritis itu memang nikmat, apalagi sama si dia.

Salam wisata

Naik dokar di daerah Pantai Parangtritis itu memang enak ko, apalgi sama teman-teman ya di sana.

Salam wisata

pantai seribu satu kenangan...dulu ketika masih berdarah muda dan masih pacaran, tempat inilah yang saya kunjungi ...makan jagung sore2 rek :D

betul bang...top markotop wes :D

saya kira itu pada awalnya bukan sekedar mitos...tpi memang berlandaskan pada fakta yang memang kemudian menjadi cerita orang banyak dan akhirnya me-mitos :D

Banyak kenangan ya Kang ? he,, he,, he,,, :)


Salam wisata

Tergantung penilaian masing-masing indovisu si Kang, yang penting kita bisa saling menghormati tanpa harus memperdebatkan dan menjadikan suatu konflik. :) :) :)

Salam wisata

Jadi ngiler nih Kang :)

Salam wisata

saya juga sering denganr dan lihat pantai parangtritis mas. cuma sayang hanya lewat TV, pengen juga kesana :D

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus