KEUNIKAN MASJID BAWAH TANAH DI KOTA TUA YOGYAKARTA

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/04/keunikan-masjid-bawah-tanah-di-kota-tua.html
Yogyakarta merupakan salah kota yang memilki keindahan dalam sebuah tradisi dan budaya, hingga saat ini masih terjaga dengan baik dan dapat dilestarikan oleh pemerintahan daerah dan masyarakatnya.

Namun, bila kita berkunjung ke daerah Yogyakarta, kita akan menemukan sebuah bangunan unik dan bernilai sejarah yang hingga saat ini tetap dilestarikan. Di mana kita akan menemukan bangunan Masjid kuno yang merupakan warisan budaya pada masa Kesultanan Yogyakarta.


Masjid Bawah Tanah ini berlokasi di dalam area Taman Sari Yogyakarta.Memasuki dan menelusuri setiap anak tangga dengan melalui banyak lorong di dalam bangunan Masjid Bawah Tanah merupakan suatu pengalaman perjalanan wisata yang mengasyikan.

Kita dapat mersakan suatu aura fenomena klasik dan menarik di dalam area lingkungan Masjid Bawah Tanah. Ruang masuk Masjid yang diawalii dengan cahaya redup dan udara sejuk akan menyambut kehadiran kita dilokasi pintu Masjid Bawah Tanah.

Informasi yang penulis dapatkan d ilokasi Masjid Bawah Tanah melalui abdi dalem keraton, Masjid Bawah Tanah ini di bangun sekitar tahun 1750 -an. Dan dijadikan tempat ibadah para bangsawan Keraton Yogyakata pada masanya.Tentunya hal ini membuat penulis bertambah penasaran untuk melihat dari sisi keunikan bangun Masji Bawah Tanah ini secara lebih dekat.

Masjid Bawah Tanah yang memiliki 5 buah anak tangga yang menuju ke lantai masjid, dengan empat buah anak tangga membentuk panggung kecil yang di bawahnya terdapat sebuah sumur. Dan satu buah lagi anak tangga terhubung langsung ke lantai atas masjid. Dan kelima buah anak tangga ini merupakan pengejawantahan dari rukun Islam.

Sedangkan tangga tertinggi yang terdapat di dalam lokasi area Masjid Bawah Tanah tersebut menunjukkan arah kiblat (Makkah). Masjid Bawah Tanah yang berbentuk melingkar memilki dua lantai ini, memilki tempat tersendiri bagi jamaahnya. Untuk lantai dasar selalu dipergunakan untuk jamaah kaum laki-laki, dan untuk lantai atas dipergunakan untuk jamaah lantai wanitia.

Di setiap lantai Masjid Bawah Tanah ini kita dapat temui ruangan tersendiri yang berfungsi sebagai tempat berdirinya Imam dalam memimpin sholat. Dan bentuk bangunan melingkar pada Masjid Bawah Tanah ini dapat membuat suara terdengar menggema di dalam ruangan Masjid tersebut.

Dan bagi sahabat semua yang berkunjung ke daerah Yogyakarta, jangan lupa mampir di kawasan Masjid Bawah Tanah ini. Dapatkan informasi menarik dari keunikan sejarah yang menjadi bagian tradisi peninggalan para bansawan Keraton Yogyakarta di area Masjid Bawah Tanah Taman Sari.


Salam Wisata,


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

18 komentar

aku beberapa waktu lalu masuk ke masjid ini Pak..tapi guidenya benye, cerita aneh2..emang sih bukan guide resmi yg disediakan taman sari :)

Assalamu'alaikum Pak, waah baru dengar tuh adanya Masjid Bawah Tanah di Yogyakarta. Insya Alloh, jika ada kesempatan ke Yogyakarta mau mampir ke sana...

He,, he,,, he,,,, jangan-jangan lebih pinteran Mba Evi untuk menerangkan dalam gaya kontributor.

Sukses selalu
Salam Wisata

Walaikumsalam.........
Makanyanya kalau ke Yogyakarta mampir ke sana ya ! Pasti seru.

Sukses selalu
Salam Wisata

Salam kenal, blognya keren, informatif banget!

Selamat, Blog anda terindex di Gudang TV Directory

http://bloggerdirektori.gudang.tv/2013/04/httpejawantahtourblogspotcom.html

Happy Blogging

jogja memang istimewa ndan... :)

Aku pernah ke Taman sari, tapi koq gak tau ada masjid ini ya. :)
Besok2 kalau ke jogja njajal ke sini ah. :)

Terimakasih Mba atas kunjungan dan komentnya.

Sukses selalu
Salam Wisata

Terimakasih Kang,.

Sukses selalu
Salam Wisata

Iya Mba, coba datang dan dapatkan informasi keunikan dari setiap sudut yang berbeda. Pasti masih ada yang lebih unik lagi dan bisa kita angkat dalam sebuah artikel.

Sukses selalu
Salam Wisata

Terimakasih Pak Dhe Gusno atas kunjungannya.

Sukses selalu
Salam Wisata

Kota yang indah semua x luar biasa.....succes mas bro

makasih ya.....

sukses selalu
Salam wisata

Klasik, sejarah, misteri, mengingatkan saya pada cerita - cerita dalam novel Dan Brown yang selalu jadi favorit saya. Kapan - kapan ke sana ahh... ini umum ya,m dan murah pastinya? :D

Foto dengan sudut pengambilan dan ulasan keren Pak Indra. Setuju sekali banyak sudut pandang unik dari kunjungan bagian situs cagar budaya ini. Kebayang lembabnya saat belum direnoasi ya. Salam

Iya, ini di buka untuk umum, dan tempat-di sekitarannya sangat klasik yang memiliki cerita sejarah dan budaya unik yang patut di angkat dan diperkenalkan.

Salam wisata

Terimakasih Mba, semoga dalam mengulas setiap sudut objek daerah dengan sudut pandang edukatif dalam memberikan wawasan bagi setiap orang untuk dapat membantu melihat setiap orang mengenal Indonesia yang memiliki keunikan bersifat edukatif.

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus