CANDI SEMBADRA DATARAN TINGGI DIENG

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/08/candi-sembadra-dataran-tinggi-dieng.htmlCandi Sembadra Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu bangunan situs candi Hindu kuno yang tertua di Pulau Jawa. Lokasi Candi Sembadra ini berada di dalam lingkungan komplek Candi Arjuna dataran tinggi Dieng. Candi Sembadra beralamat di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.

Menelusuri situs Candi Sembadra di lokasi dataran tinggi Dieng merupakan penenelusuran situs candi terakhir yang penulis lakukan di area kawasan komplek Candi Arjuna dataran tinggi Dieng. Di mana dalam kawansan komplek Candi Arjuna ini terdapat lima buah situs candi, yaitu Candi Semar, Candi Arjuna, Candi Puntadewa, dan Candi Srikandi. Sedangkan untuk lokasi tempat para pelaku ritual di kawasan ini, sebelum mereka melakukan ritual di setiap candi yang berada di lokasi komplek Candi Arjuna, mereka diharuskan melakukan ritual pembersihan diri terlebih dahulu di kawaan Sendang Sedayu yang terletak di sebelah kanan dari pintu masuk area komplek Candi Arjuna.

Bila kita lihat dan perhatikan Candi Sembadra ini memiliki bentuk arsitektur candi berupa bujur sangkar, di mana kita terlihat di sisi selatan, timur dan utara candi terdapat bagian yang menjorok keluar yang membentuk relung seperti bilik penampil. Pintu masuk Candi Sembadra ini terletak di sisi sebelah barat dan dilengkapi dengan bilik penampil. Adanya bilik penampil yang berada di sisi barat dan relung di ketiga sisi lainnya membuat candi terlihat seperti bagunan poligon. Dan termasuk salah satu Candi yang berada di dataran tinggi Dieng.

Lanjut........
Pada halaman luar Candi Sembadra terdapat batu yang tertata rapih sebagai jalan setapak untuk menuju pintu masuk candi. Sepintas candi ini terlihat seperti bangunan yang bertingkat, dan atap Candi Sembadra terlihat berbentuk kubus yang ukurannya hampir sama besar dengan ukuran bangunan candi. Namun, sayangnya atap Candi Sembadra terlihat sudah hancur dan tidak terlihat seperti bangunan candi aslinya. Dengan mengitari bagunan Candi Sembadra, kita akan melihat dan menemukan relung-relung kecil di setiap sisi atap candi, dmana menurut informasi yang penulis dapatkan tempat tersebut dipergunakan untuk menaruh arca candi.

Setelah mendapatkan banyak informasi Candi Sembadra yang berada di dalam area komplek Candi Arjuna. Maka penulis mempersiapkan diri untuk beralih ke obyek wisata Dieng lainnya. Obyek wisata yang akan dikunjungi selepas mengunjungi komplek Candi Arjuna adalah obyek wisata Kawah Sikidang, di mana di area tersebut kita dapat menyaksikan fenomena alam dengan sebuah cerita legenda asal mula terjadinya ritual mistis tentang rambut anak-anak gimbal penduduk asli dataran tinggi Dieng.

Semoga perjalanan wisata penulis kali ini di kawasan komplek Candi Arjuna dataran tinggi Dieng dapat memberikan informasi positif kepada para rekan dan sahabat pecinta Ejawantah Wisata tentang keindahan fenomena alam dataran tinggi Dieng bersama nilai seni dan sejarah yang tinggi.

Dan bagi para pecinta dunia photography dan video maker, dataran dieng sangat menjanjikan suatu spot pemandangan yang indah, dan banyak sekali titik view yang bagus di lokasi ini, namun sayangnya pada perjalanan wisata kali ini penulis tidak memiliki banyak waktu untuk mengambil gambar video di dataran tinggi Dieng ini. Bagi rekan-rekan atau pun sahabat yang pernah mengabadikan melalui video dilokasi ini, sangatlah beruntung, namun bagi yang belum, jangan khawatir, dataran tinggi Dieng akan selalu menunggu kedatangan kita untuk diabadikan oleh para tangan-tangan kreatif seni.

Dapatkan informasi harga tiket masuk Dieng Plateau yang penulis pernah datangi di lokasi dataran tinggi Deing Plateauteau dengan mengunjungi halaman tempat wisata Dieng Plateau.lainnya dan halaman wisata candi di Indonesia.

Selamat menikmati panorama keindahan Candi Sembadra dataran tinggi Dieng !




Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

9 komentar

Apa kabar mas Indra. Maaf baru berkunjung lagi.

Saya belum pernah ke Dieng, dan selalu saja artikel mas Indra menyuguhkan indahnya obyek wisata dengan baik dan sukses bikin kepengen.

Salam

Alhamdulillah sehat Mba, bisa saja si Mbaku ini. He,,, he,,, he,,,,
Terimakasih atas apresiasinya, semoga pengalaman yang di dapat menjadi bermanfaat untuk para rekan dan sahabat pecinta Ejawantah Wisata mengenal lebih dekat dari setiap objek wisata yang ada di Indonesia dengan segala keunikkan dan potensi yang ada.


Salam wisata,

keren juga candi nya broo

di kawasan dieng candinya banyak juga ya pak, tapi sayang tidak dirawat.

Saya belum pernah kesana hikz

Iya Mba Tari, ini saja baru satu area komplek di Candi Arjuna Dieng. Masih ada beberapa buah cndi yang ada di luar area ini. Dan tidak cukup seharian untuk berkeliling di kawasan dataran Dieng ini. He,,, he,,, he,,,


Salam wisata

Terimakasih Sob, atas kunjungannya.

Salam wisata

candi yang shedhap :D

Terimakasih atas kunjungannya Sob. Semoga bermanfaat.

Salam wisata

di dataran tinggi dieng begitu banyak candi diantaranya candi sembrada ,ini menunjukkan begitu kuat religi penduduknya saat itu

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus