SURABI DURIAN CILANGKAP WISATA KULINER JAJANAN TRADISIONAL DI JAKARTA TIMUR

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/08/surabi-durian-cilangkap-wisata-kuliner.html
Surabi Durian Cilangkap Wisata Kuliner Jajanan Tradisional Di Jakarta Timur. Surabi atau serabi merupakan salah satu makanan tradisional kue jajanan pasar masyrakat Indonesia. Jajanan pasar tradisional surabi belakangan ini sedang banyak dinikmati dikalangan masyarakat dan pecinta kuliner, dari kue tradisional sekarang surabi sudah bermetamorfosis menjadi jajanan modern yang bisa kita temukan di setiap kedai atau pun pinggir jalan.

Salah satu kedai surabi yang pernah penulis kunjungi bersama para rekan-rekan adalah Surabi Duren Cilangkap di daerah Jakarta Timur. Kios Surabi Cilangkap yang beralamat di Jalan Cilangkap Baru, dekat pertigaan angkot KWK T-15, Jakarta Timur ini mudah ditemukan, namun untuk menikmati jajanan kue surabi di kedai ini kita hanya dapat menikmatinya di sore hingga malam hari.

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/08/surabi-durian-cilangkap-wisata-kuliner.html
Surabi duren Cilangkap Jakarta Timur ini memiliki citra rasa yang khas, dengan bentuk penyajian dari tekstur kue surabi durian Cilangkap  hasil kuenya yang tidak hangus, dan tekstur kue surabinya begitu lembut dan tidak keras. Bila dihidangkan pada saat hangat akan menimbulkan aroma kue surabi khas yang memiliki citra tersendiri, perpaduan antara aroma durian yang ditimbulkan dari saus durian kental yang berada di atas surabi dengan harum kue surabinya sangat harum, dan terasa nikmat dari kunyahan pertama hingga akhir.

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/08/surabi-durian-cilangkap-wisata-kuliner.html
Awalnya pada saat penulis ditawarkan untuk merasakan kue surabi durian Cilangkap di lokasi Jakarta Timur ini, penulis sempat menyangkal dengan rasa sama seperti kue surabi durian yang ada di tempat lain. Namun, setelah mencoba, kue surabi durian Cilangkap Jakarta Timur ini berbeda sekali dengan kue surabi durian di lokasi lain.

Dari tempat pengolahan hingga cara pengolahan di kedai surabi durian Cilangkap Jakarta Timur ini menjadi pusat perhatian bagi penulis untuk sebuah penilaian secara pribadi. Karena dari setiap kedai atau pun warung yang akan menyajikan makanan untuk kita makan haruslah memenuhi kriteria kesehatan bagi para konsumennya. Hal inilah yang menjadi pegangan tips memilih warung makan yang standar.

Terutama dapur, dan tempat pengolahan Surabi Durian Cilangkap Jakarta dalam pembuatan kue surabi  terlihat bersih dan tidak berantakan. Bukan menjadi suatu rahasia umum, jajanan tradisonal yang dikelola dalam proses hidangan dan pengolahannya melalui konsep tradisional tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. Dari penyiapan api untuk arang bakar pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan rupanya. Karena hal ini akan mempengaruhi hasil pada rasa masakan kue surabi itu sendiri.

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/08/surabi-durian-cilangkap-wisata-kuliner.html
Dari setiap pengolahan di kedai Surabi Durian Cilangkap Jakarta Timur ini ditangani oleh beberapa pemuda yang terlihat telah mahir dalam hal membuat kue surabi dalam cetakan kue surabi yang temperatur panasnya cukup, sedangkan bahan bakar untuk memasak kue surabi tradisonal di kios surabi durian Cilangkap ini menggunakan arang.

Sambil menunggu kue surabi durian matang siap saji, maka penulis dan beberapa rekan melakukan diskusi kecil sambil menikmati minuman yang tersedia dalam pilihan sajian menu yang ditawarkan di kedai surabi durian Cilangkap Jakarta Timur.

Untuk masalah lokasi tempat, kedai surabi durian Cilangkap Jakarta Timur memiliki konsep kedai tradisonal yang terbuat dari anyaman bambu dan sirkulasi udara yang cukup. Mungkin hal ini menjadi salah satu alasan kedai surabi ini diminati oleh para pembeli sebagai salah satu tempat yang asyik untuk nongkrong oleh para konsumen dan pecinta surabi durian di kawasan Jakarta Timur.

Untuk masalah harga, surabi durian Cilangkap memasang harga relative murah dan bersahabat untuk kantong remaja dan dewasa. Dan informasi yang penulis dapatkan di lokasi kedai surabi duren Cilangkap Jakarta Timur juga menerima pemesanan bagi para pelanggannya, namun hanya yang berada di daerah Cilangkap, Cipayung, Munjul, dan Pondok Rangon Jakarta Timur. Makanya untuk lokasi tempat tinggal penulis tidak masuk dalam layanan ini, dan harus datang untuk bisa menikmati surabi durian ini. Untuknya lokasi ini tidak jauh dari kediaman penulis. (=nasib=).

Semoga pengalaman penulis dalam menjelajah tempat makan jajanan tradisional masyarakat di Jakarta ini, dapat menjadi refrensi bagi para rekan dan sahabat pecinta Ejawantah Wisata. Dan untuk selanjutnya bisa langsung menghubungi Info Surabi Durian Cilangkap Jaarta Timur di 0815-1453 5356; dan 0878-8743 6636.



Salam wisata,

Informasi :
Rental Mobil Murah
Yogyakarta Hostel Backpackers
Singapore Hostel Backpackers
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

24 komentar

Wah..boleh tuh mas kapan2 perlu mampir juga ke sana..
Sekarang kayaknya nyari jajanan seperti serabi udah rada susah :)

Silahkan dilanjut Kang.

Salam wisata

Wah Surabi ya. Kadang saya suka tertukar antara sebutan "Serabi" dengan "Surabi" ya. Apakah karena sebutan aja padahal substansinya sama. Mohon pencerahannya

kalo di desa saya namanya serabi. bahannya lebih sederhana, tapi emang butuh kreasi baru. kalo pakai durian ini kan lebih kaya rasa.

He,,, he,,, he,,,, bisa saja kalau jurnalis sedang menguji yuniornya ya seperti ini.

Salam wisata

Tadinya saya juga berpikir seperti itu, memang terobosan inovasi akan kuliner tradisonal di masyarakat kita juga kaya dan beragam. Jadi salut juga kita dengan mereka yang melakukan terobosan seperti itu. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya Sob.

Salam wisata

surabi itu apa semacem serabi kalau di kota saya tulungagung namanya serabi tp kecil kaya kue bikang gt, kalau dilihat dari gambar nomor 2 kaya jenang beras / jenang sumsum di kota saya, cuma mirip saa kali yak

surabi..itu saya suka, apalagi durian juga saya suka, surabi durian...ini benar-benar saya suka

Surabi itu sama dengan serabi Mba, Dalam pengertian subtansinya pun sama. Hanya bentuk dan rasa nya mungkin dikembangkan. Seperti sayur nangka dan gudeg. tulah hebantnya masyarakat Indonesia dalam penegmbangan kreatifitas dalam bentuk kuliner tradisional kaya akan rasa.

Salam wisata

Ha,,,, ha,,,, ha,,,, hobi juga dan suka dengan surabi ya Mba. Silahkan langsung di coba deh.


Salam wisata

Rasa yang nikmat dan berbeda, penyajian, penampilan produk, kebersihan dan tempat yang presentatiflah yang dapat mengangkat kuliner tradisionalnaik derajat dan dapat sejajar dengan makanan alaluar negeri.
padahal surabi jaman kecil, gosong pantatnya.
review kuliner yang pasti berimbas pada kesejahteraan dan peningkatan ekonomi....keren kang.!!

Terimakasih Kang, ini sebagai bentuk apresiasi untuk mereka Kang, Dan hanya sebuah pengalaman yang di dapat dari kedai surabi durian tersebut. Terimakasih kang atas kunjungan dan komentarnya.

Salam wisata

Harganya brapaan ya Surabi duren ini kayaknya enak.. BTW yg benar itu serabi atau surabi ya..

Hmmm, hingga kini saya belum pernah makan yang namanya durian..hrrrrrr

Kedua nama itu benar semua Sob, hanya penyebutan dialek pada masayrakat saja, kalau dari pengalaman saya makan di sana tidak sampai rogoh kantong sampai kebingungan pulanh ko, lebih etis langsung saja info ke tempatnya.

Salam wisata

Kenapa Sob, alergi sama durian ya ? rasa yang lainnya juga ada ko untuk surabi. Jadi bukan satu rasa aja.

Salam wisata

wow surabi ini makanan favorit saya Pak apalagi kalau durian

Kalau SURABI kebetulan dari duluuuuuuuuuu sampe sekarang makanan andalan saya tuh bang...hahahyy.

serabi mah nama generiknya
kalo surabi dari bahasa sunda
basa jawanya srabi

gimana yah..?
aku ga doyan duren, pak
hiks..

Nah ini sudah ada Kang Rawin untuk memberikan penjelasan yang pas dan mantap.

Bagi para pecinta durian jajanan ini banyak yang memburunya loh di lokasi ini, saya saja sampai ngantri untuk memmesannya.

Salam wisata

Mantap, kalau saya baru beberapa tahun saja Sob, tahu tentang surabi durian. Tapi kalau jenis lain sudah lama juga. Maklum kalau lagi main ke kampung dan pelosok makanan ini sering saya jumpai. He,,, he,,, he,,,,


Salam wisata

waduh...... buah eunak ko malah ndak doyan si Kang, he,,,, he,,,, he,,,,

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus