PERAN TOUR LEADER DALAM PERJALANAN WISATA

Tour Leader. Tour Leader merupakan profesi yang sebagai pimpinan rombongan tour. Bila kita mengikuti suatu program perjalanan dari salah satu biro perjalanan, maka  perusahaan tersebut akan mengirimkan perwakilannya minimal 1 (satu) orang tour leader untuk memimpin rombongan perjalanan wisata.

Dari kisah pengalaman pribadi saya menjadi seorang tour leader di beberapa perusahaan biro perjalanan wisata yang berada di Jakarta, dalam artikel ini saya ingin berbagi pengalaman fungsi dan tugas sebagai seorang yang berprofesi tour leader.

Tugas pokok yang harus dijalankan dari seorang tour leader adalah berkordinasi atau bekerjasama dengan sebuah team. Baik itu dari team ketua rombongan dari pihak peserta wisata, crew perusahaan jasa transportasi yang di pergunakan, para pegawai rumah makan atau pun restoran, pegawai tempat penginapan atau pun hotel, dan obyek wisata yang akan di kunjungi oleh peserta rombongan wisata beserta pemandu wisata lokal yang mengetetahui seluk beluk dan cerita dari obyek wisata yang akan di kunjungi.

Tugas awal dari seorang tour leader di lapangan diawali pada saat sampai di lokasi penjemputan peserta wisata, biasanya para tour leader melakukan rapat kecil sesama tour leader lainnya yang dilakukan oleh para crew dari perusahaan jasa tranporasi yang di pergunakan, dilanjutkan mencari ketua rombongan dari peserta untuk saling berkenalan dan berkordinasi untuk membagi para peserta ke dalam kendaraan yang akan menghantarkan dan melayani selama perjalanan wisata. Pada saat inilah peran dari seorang tour leader dimulai.

Setelah mengatur semua peserta wisata beserta barang bawaannya yang di masukan dalam bagasi. Setelah semuanya telah siap di dalam kendaraan, tugas selanjutnya kemudian para tour leader men cek semua anggota rombongan sesuai dengan absen yang telah disiapkan oleh msing-masing ketua rombongan. Dalam situasi ini minimal tour leader harus bisa menghafal muka dari setiap peserta dengan ciri khas beragam.

Setelah semua komplit, maka tour leader atau pun ketua rombongan meminpin doa sebelum berangkat menuju kawasan obyek wisata, hal ini dilakukan agar selama dalam perjalanan wisata dapat berjalan lancar tanpa halangan sesuatu apa pun dan semuanya selamat hingga kembali pulang. Setelah prosesi doa bersama, barulah seorang tour leader mempersilahkan pengemudi untuk menjalankan kendaraannya.

Diawal perjalanan kinerja dari seorang tour leader akan terlihat oleh para peserta wisata, dari dia mulai melakukan perkenalan dirinya beserta sekilas tentang profil perusahaan biro perjalanan tempat dia bekerja, dan memperkenalkan crew kendaraan dari pengemudi utama, pengemudi cadangan hingga (kernet jika ada).  Hal ini merupakan standar pokok dari pelayanan agar para peserta wisata mengetahui dengan siapa dan biro perjalanan wisata mana yang sedang melayani perjalanan wisata mereka.

Photo Tour Leader sedang menjalankan tugas :

Setelah masa pengenalan, selama perjalanan wisata seorang tour leader harus mampu melakukan komunikasi aktif kepada peserta rombongan wisata yang dia pimpin. Dari jalan yang di lalui, dan sekilah destinasi menarik di beberapa titik-titik menarik yang dilewati selama perjalanan wisata bersama rombongan.

Dalam hal ini setiap tour leader harus memiliki pengetahuan yang luas dari destinasi obye-obyek wisata yang akan di kunjungi. Dari cerita sejarahnya, cerita legendanya, bahkan yang terpenting adalah bagaimana para peerta mendapatkan certa atau pun informasi menarik selama perjalanan. Tentunya hal ini harus disampaikan bukan dengan cara bahasa buku, melainkan dengan cara komunikasi aktif kepada para peserta tour.

Dari pengalaman saya menjadi seorang tour leader, ada seorang rekan saya yang menerangkan destinasi obyek wisata ddengan menggunakan bahasa buku yang di catat lalu dia membacanya di depan, dan pada saat itu pula suasana perjalan menjadi seperti menaiki mobil pribadi. Apalagi adakalanya saya menemukan beberapa teman yang berprofesi sebagai tour leader, dia selalu menggunakan hand phonenya untuk melakukan browsing dengan mencari website yang berisi tentang bahan destinasi obyek wisata. Seketika itu pula, saya mendengar ada seorang peserta mengatakan bahwa destinsi yang dibacanya bersumber dari website blog yang dia miliki. Dan apa yang terjadi..........? ? ? tentu saja teman saya langsung bingung. Dan suasana berubah menjadi kaku.

Dalam menyikapi keadaan seperti ini, kita dituntut kesabaran dan kemahiran akan sebuah informasi pengetahuan, dan cara berkomunikasi di depan orang banyak, terutama dalam hal membangun komunikasi aktif agar suasana tidak membosankan selama perjalan wisata. Dan satu hal yang harus di perhatikan bagi seorang tour leader dalam mempresentasikan sebuah destinasi wisata di depan halyak ramai jangan pernah meremehkan hal sekecil apa pun.

Dalam perkembangan dunia teknologi internet yang dapat diakses dengan cepat, biasanya orang mudah mengkroscek keterangan dari ilmu pengetahuan dari dunia internet. Apalagi sekarang dunia informasi mudah di akses di lokasi mana saja selama masih terdapat jalur akses internet. Seorang tour leader senior saja bila tidak mengikuti perkembangan informasi ilmu pengetahuan tentang destinasi obyek wisata yang akan dikunjungi reputasinya bisa jatuh oleh peserta rombongan wisatawan. Apalagi kalau mereka merasakan kekecewaan atas pelayanan perjalanan, biasanya mereka langsung menshare ke akun media soaisl mereka.

Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya bila anda akan menjadi seorang tour leader, saran saya banyaklah membaca buku atau pun artikel yang memuat destinasi obyek wisata yang berhubungan dengan sejarah, seni budaya, kuliner, dan ilmu pengetahuan lainnya. Karena hal ini akan menjadi tolak ukur penilaian peserta akan kinerja anda ddalam memberikan pelayan kepada para peerta tour.

Apalagi bila anda menerima tugas sebagai tour leader yang mengalmi perjalanan wisata panjang berhari-hari harus bersama para peserta, biasanya saya mendapatkan tugas sebagai tour leader pada saat melakukan perjalanan wisata menuju obyek wisata


Dari pengalaman dan analisa saya secara pribadi tentang potensi dunia internet dalam mengakses dengan cepat segala keperluan dan kebutuhan informasi dunia pariwisata khususnya Indonesia, maka lahirlah suatu ide gagasan yang pada awalnya ide ini saya berikan untuk membangun dan mensuport beberapa biro perjalanan wisata untuk mereka gunakan atas kesepakatan bersama.

Sehingga ide ini saya lahirkan dalam sebuah konsep website blog yang berbeda, dan yang saya berinama Ejawantah Wisata.  Hal ini merupakan ide sederhana saya secara pribadi dari konsep seorang blogger biasa yang di tambah dengan beberapa pengalaman dan ilmu pengetahuan yang saya dapatkan sebagai seorang blogger yang senang menuliskan sesuatu informasi yang bermanfaat untuk berbagi dalam hal informasi dunia pariwisata.

Bagi rekan-rekan dan pecinta Ejawantah Wisata yang akan melakukan perjalanan wisata di musim liburan atau pun pada saat anda akan melakukan perjalanan wisata, saya berharap agar teman-teman dapat menjadikan hal ini sebagai pedoman standar apa yang menjadi peranan bagi seorang tour leader dalam melayani selama perjalanan wisata anda nantinya.

Hal tersebut di atas merupakan tugas penting bagi para tour leader untuk mampu mengkordinasikan perjalanan wisata bersama rombngan yang dia pimpin, agar para peserta wisata dapat merasakan pelayanan secara maksimal selama perjalanan wisata berlangsung, dari mulai keberangkatan hingga pemulangan rombongan wisata sampai ketempat semula.

Untuk mencegah atau pun memperkecil permasalahan yang biasa timbul pada saat kita akan melakukan perjalanan wisata, dari pengalaman saya biasanya saya menjalankan beberapa tips sebagai berikut ;


Semoga beberapa tips dan pengalaman pribadi saya selama menjalankan peranan sebagai tour leader di atas dapat membantu anda untuk mengatasi permasalahan yang sering timbul pada saat kita akan melakukan perjalanan wisata.




Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

22 komentar

banyak baca itu kayanya wajib bagi seorang tour leader ya mas, jangan sampai kalah sama yang di pimpinnya dong hehe...

Memang keberadaannya di rasa perlu untuk memandu perjalanan di saat berwisata ya mas :)

suatu tanggng jawab yang besar, menjamin para wisatawan tetap nyaman, puas dan senang selama dalam perjalanan wisata. Tentunya seorang tour leader harus banyak mempunyai wawasan yang luas mengenai berbagai objek wisata ya Pak?

sukses dalam menjalankan tugas, Pak Indra...!!!

Menarik sekali ya mas bisa wisata menghasilkan uang dan juga bisa sharing lokasi juga pengalaman....perlu dicontoh...

ini dia mas seharusnya wisatawan itu harus puas ,senang dan tetap puas ..agar mereka tidak berpikir sia-sia jalan2 .. ^^

memanjakan wisatawan memang perlu pengalaman dan wawasan yang luas ya pak, begitu juga dengan gaya bahasa serta gestur tubuh yang familiar, jangan menjadi tour leader yang asal njeplak saja, kalau gitu semua orang juga bisa.
pak indra akan memanjakan wisatawannya dengan penuh humor dan pengetahuan.

Seorang tour leader memang harus memiliki kemampuan lebih mas.. baik itu secara ilmu maupun hubungan dengan orang lain atau komunikasi .. tugasnya memang cukup berat mas..

tour leader harus mengerti rombongan juga ya pak

Leader tour ini memang sangat berperan sekali bagi perjalanan wisata. Pasalnya, dia bisa memandu dan menjelaskan suatu tempat yang akan dituju, misalnya obyek wisaata. Jadi rasanya ada yang kurang jika berwisata tanpa ada pemandu wisata nya ya mas :)

tour leader menguasai berbagai macam bahasa ya mas, selain itu harus cerdas dan pandai mengasuh para wisatawan :)
perlu jam terbang tinggi tentunya utk menjadi seorang tour leader yg profesional :)

Benar mas, bila tour leader tidak memiliki penegetahuan yang matang akan mebaut dirinya anati bingung menghadapi peserta nya, apalagi pada jaaman sekarang semua serba cangggih dan mudah diakses melalui internet. he,, he,, he,,,


Salam,

Keberadaan tour leader sangat di perlukan untuk mengetasi setiap permalahan yang timbul di selama perjalanan wisata mas.

Salam,

Iya Mba, bukan hanya pengetahuan yang luas, namun dia juga haurs mampu memiliki fisik yang kuat dalam emndukung semua pekerjaaan yang menjadi tanggung jawabnya. Itu dari pengalaman saya pribadi sih mba pada saat membantu peran menjadi tour leader.

Salam,

Dari sisi perjalanan wisata memang mereka harus memiliki wawasan an fisik yang baik, namun untuk melihat suatu peluang tentunya banyak para rekan-rekan yang berprofesi seperti ini berbagi kisahnya melaui versi mereka masing-masing,

Salam,

Inti dari orang berwisata adalah senang dan terhibur, tinggal bagaimana kita dapat memberikan pelayanan dari versi yang tidak terlalu monoton dan membosankan saja.

Salam wisata,

Itu semua kembali kepada diri orangnya ko mas, siapa pun bisa melakuannya asal dia mau terus tetap belajar.

Salam wisata,

Benar mas, tugas menjadi tour leader tidaklah seenak yang terlihat mereka bisa menikmati jalan-jalan saja. Namun, tanggung jawab mereka yang lebih utama dapat melayani rombongan selama perjalanan wisata hingga kembali ke tempatnya semula dengan selamat.

Salam wisata

Benar Mba, kalau tour leader tidak bisa mengerti bagaimana dia harus dapat menjelaskan dan membangun komunikasi aktif oleh peserta rombongan wisata, kasihan juga para pesertanya. Tidak ada bedanya mereka jalan-jalan sendiri atau keluarga (pribadi) dibanding dengan paket. Tentunya harus memiliki nilai lebih.

Salam wisata

Om indra cocok nih jadi team leader blogger hehe

Peran serta dari tour leader tersebut bukan hanya dapat memandu, namun dia juga haru dapat mengusai medan dan pengetahuan setiap kawasan yang harus di laluinya. Walau tidak harus 100 %, namun sebagai penambahan wawasan tidak salahnya setiap tour leader harus memiliki wawasan yang luas dan cakap dalam berkomunikasi dengan siapapun.

Salam wisata

Tidak juga Mba, yang terpenting pengetahuan tentang wawasan pengetahuan tentang kawasan atau pun daerah yang akan dilalui dan dikunjungi, dan untuk tour leader yang menguasi bahasa asing itu juga harus dituntut hal yang sama.

Salam wisata

Setiap blogger bisa ko jadi tour leader Kang, namun belum tentu tour leader bisa menjadi blogger yang mahir. he,, he,, he,,,,,

Salam wisata,

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus