TIPS MENDAPATKAN MANFAAT BERWISATA

http://ejawantahtour.blogspot.com/2014/01/tips-mendapatkan-manfaat-berwisata.html
Tips mandapatkan manfaat berwisata bisa berbagai macam bentuk dan cara. Dari setiap obyek wisata yang kita kunjungi pastilah terdapat sebuah pemandangan atau pun cerita yang menarik di sana. Dengan menikmati sisi keindahan alam, seni budaya, sejarah, dan beragam kehidupan masyarakat di lokasi tersebut.

Berwisata bukan hanya menghibur diri, atau pun melampiaskan diri kita dari rasa lelah dengan segala bentuk aktifitas keseharian. Namun lebih dari itu, kita akan mendapat manfaat dari setiap perjalanan wisata yang kita lakukan bila kita bisa mengambil dari segi nilai lebihnya. Dibawah ini saya akan berbegi selama ini yang saya jalankan.

Ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan manfaat dari berwisata, yaitu ;


  1. Pergunakanlah kamera kita sebagai bahan pembuat dokumentasi yang berkesan. Dari pemandangannya hingga suasananya yang menarik. Terutama carilah yang menurut kita unik di lokasi tersebut. Contohnya ; dari keseniannya, tradisinya, budayanya, cerita sejarahnya, serta bagai mana kita bisa  mengetahui cara menikmati kuliner tradisonal Indonesia, dan masih banyak lagi yang bisa kita ambil dalam gambar photo.
  2. Buat catatan kecil dalam smartphone yang kita bawa mengenai apa yang kita dapatkan di sana. Atau kita bisa menggunakan buku kecil untuk mencatat apa yang kita lihat dan kita rasakan di lokasi  atau selama perjalanan. Biarakn tulisan itu mengalir apa adanya yang ada dalam pikiran dan yang kita rasakan.
  3. Bila kita tidak mudah lupa, kita bisa membuat catatan kecil melalui akun media sosial dengan memposting photo-photo di sertai keterangan sedikit. Tapi metode ini sangat memiliki  titik lemah dari hasil dokumentasi photo kita yang bisa diambil dengan orang lain tanpa di beri nama terlebih dahulu. Namun, pilihan tetap di tangan para teman-teman juga sih.....
  4. Bagi yang suka dengan belanja, kita bisa melihat sebuah peluang usaha yang dapat kita kembangkan dari setiap tempat kunjungan wisata di tempat hail pengrajin olahan produksi Indonesia yang tidak kalah bagusnya. (kalau ini yang ada di Indonesia loh....) kalau di negara lain perlakuannya pun sama.
  5. Setelah kita kembali, letakkanlah semua peralatan file data catatan dan photo kamera atau smartphone hasil perjalanan wisata kita. Dan jangan di sentuh beberapa hari sampai rasa lelah kita hilang.
  6. Setelah rasa lelah kita hilang barulah kita buka dari gambar-gambar photo tersebut. Dengan melihat gambar photo-photo tersebut akan membawa kita dalam suasana perjalanan kembali. Dan anda bia membaginya dengan mebuat folder khusus dari masing-masing tempat atau pun tema pada photo tersebut. Contohnya anda dapat mereview perjalanan wisata anda. Dengan satu gambar photo satu cerita seperti : "Jembatan Cinta Khatulistiwa"
  7. Dari masing-masing photo anda bisa manfaatkan sebagai file berharga anda untuk membuat sebuah cerita yang berdasarkan gambar photo-photo yang di hasilkan, disini kita bisa menuangkan dalam bentuk tulisan di website blog atau pun draff pembutan buku yang sedang anda susun.
  8. Dari photo-photo yang unik anda bisa ikuti untuk perlombaan kontes photo nantinya. Syukur-syukur anda bisa menang nantinya. 
  9. Bagi kita yang melihat prospek usaha lain, bisa melakukan hubungan tindak lanjut dengan para produsen yang anda temukan di kawasan obyek wisata untuk menjalankan usaha baru atau mengembangkan usaha anda lainnya.
  10. Bagi anda yang masih di bangku sekolah pun, tentunya sudah bisa melihat peluang dalam hal mendukug materi pelajaran dengan hasil karya photo dan tulisan yang anda dapat di lokasi. Lebih dari itu, anda dapat menuangkan dalam bentuk tulisan di website blog dengan hasil photo dan karya tulisan anda masing-masing untuk berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan yang kita dapatkan pada saat melakukan perjalanan wisata.
Hal tersebut diatas merupakan tips dari pengalaman saya pribadi saya dan juga beberapa rekan blogger traveler dalam menyusun dan membangun website blog untuk memperknalkan dunia pariwisata Indonesia yang pernah kami lakukan. Jadi hal ini lebih mudah bila kita bisa melihat dan memanfaatkan dari hal yang mudah untuk nantinya akan bermanfaat bagi setiap orang yang akan merasakan dari hasil kreativitas kita. Semoga tips mendapatkan manfaat berwisata ini bisa bermanfaat untuk para pecinta Ejawantah Wisata semuanya.




Salam wisata,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

34 komentar

Tips2 nya belum saya lakukan smua,,,,,
paling susah kalau bercerita ,,,hehegege

salam wisata juga mas

semua point di atas membuat saya kesengsem untuk segera pulang kampung...mengajak si buah hati pergi ke Parangteritis...selama ini sama sekali belum pernah diajak ke pantai...beberapa waktu lalu sudah merencanakan trip ke Bengkalis, namun ternyarta kesibukan ayah tak bisa ditunda, jadi gagal deh berwisata ke pantai di Bengkalis yang berjarak 4 jam dari tempat tinggal kami yang NB adalah pantai terdekat.

betul sekali, kalo wisata gk sambil foto foto ya gk bakalan terasa wisatanya, seperti hambar hehe

Mantapps nih tips nya ..
thanks ya

kamera sepertinya sudah menjadi peralatan wajib bila kita hendak berwisata. Saya aja kalau gak bawa kamera, rasanya mati gaya :D

Semoga bermanfaat kang, terutama bagi para pecinta dunia traveling. he,, he, he,,

Salam wisata

Untuk bercerita sebenarnya mudah Mba, dengan melihat dan menginga apa yang kita tahu dan rasakan, bisa jadi sebuah tulisan ko. Bila ingin menambahkan dengan informasi ilmu pengetahuan kita bisa mendapatkannya dari refrensi keterangan di lokasi atau pun buku dan bacaan lainnya, dengan tidak mengenyampingkan sumber berita yang harus di sertakan tentunya.

Salam wisata,

Suata saat pasti bisa ko Mba, dan senang bila kita dapat menuangkan dokumentasi dalam bentuk artikel yan bermanfaat untuk berbagi infonmasi. Semoga hal sederhana ini dapat menjadi ladak amal ibadah kita. Dan jadinya perjalanan wisata kita akan lebih berguna dan bermanfaat ya Mba.

Salam wisata,

Benar Mas, apalagi di setiap obyek wisata pasti memiliki cerita dan pemandangan yang unik dan eksotis lain dari pada yang lainnya. tergantung kita mengangkatnya dari segit sudut pandang yang mana ya. Asalkan photo-photo yang dihasilkan dapat bercerita sebagai penguat artikel yang ada. Semoga bermanfaat.

Salam wisata,

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ya Sob.

Salam wisata,

He,, he,,he, sepertinya seperti itu ya Mba. dengan kamre kita akan dapat megabadikan suatu momen ya Mba, Apalagi bila informasi dan momennya sangat penting serta unik yang kita temkan di lokasi atau pun selama perjalanan wisata.

Salam wisata

kren nih tipsnya untuk traveling lagi nantinya.. gk kepikir sih kalo jalan2 kyk gitu..hehe

Semoga bermanfaat ya Sob, minimal kita bisa membuat sesuatu dari hal yang sederhana. he,, he,, he,,,

Salam wisata,

Motret terus ikut lomba atau kontes mesti kalah terus mau diceritain kadang susah dapat inspirasi...ruwet ya mas

Kalau saya yang pastinya mengabadikan tempat wisatanya dengan berfoto dan membeli cindra matanya mas yang saya buru. Biar lengkap nanti kenang kenanganya hehehe

Tidak harus lomba Mba, ini kan buat domukentasi miliki pribadi di website blog, dan kalau toh ikut lomba atau kontes kita juga sudah punya persiapan. barang kali saja ada milik, minimal pengaruh untu trafik pengunjung itu ada dan pengalamn kita suatu saat akan mebuahkan hasil ko. he,, he, he,,,

Salam wisata

Benar Mas. Dengan mengabadikan tempat dan photo-photo itu akan lebih berkesan ya. Apalagi kalau ketempat belanja cinderata matanya, pasti untuk kita jadikan koleksi dan kenagan juga bagus tuh. he,, he, he,,,

Salam wisata

Tips Nya mantap banget Mas

Ijin bookmark artikel "tips mendapatkan manfaat berwisata", tips yang bagus, trims!

mantap nih tipsnya mas..bsa dicoba klau lgi berwisata

saya lebih suka bawa kamera sendiri mas, sehingga bisa foto-foto disana tempat wisata. Kalau belanja oleh-oleh itu sudah pasti,. Nah kalau buat catatan kecil ini saya belum pernah sama sekali hehehe tapi boleh juga dicoba ya :)

sangat bermanfaat semua tips di atas.. kamera memang harus dibawa bagi merakamkan memori indah..

kalo aku sih yang penting bisa nyenengin anak anak
jarang bisa berinisiatif soalnya, lebih banyak berfungsi jadi sopir :D

Tips tips yang membuat diri ini semakin bersemangat menyambut WEEKEND. Traveling memang sangat menyenangkan kami sekeluarga

Happy traveling Kang Asep, semoga bermanfaat. he,, he, he,,

Salam wisata

banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari berwisata ini, yakni bisa belajar bersyukur ya mas atas anugrah yang diberikan oleh yang diatas, selain itu, kita juga bisa poto-poto di tempat yang bagus hehehe sekalian buat narsong :D

semoga bermanfaat ya Sob.

Salam wisata

Silahkan kang, semoga bermanfaat ya....


Salam wisata

Semoga bermanfaat tips berwisata ini Sob.

Salam wisata

membawa kamera foto sendiri akan membauat kita lebih leluasa ya Mba pada saat berwisata. Tinggal di tambah membuat catatan kecil saja. :)

Salam wisata

Berwisata tanpa membawa kamera sepertinya ada yang kurangya Ka ? Semoga tips ini bermanfaat.

Salam wisata

Kalau jadi supir itu juga sebuah inisiatif untuk keluarga ko, minimal biar irit tanpa sewa sopir Kang. :)

Salam wisata

Semoga tips ini bisa bermanfaat dan menjadi sebuah catatan kecil yang mudah diingat ya Mba.

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus