MENGENAL MENARA MERCUSUAR TAMBLING

http://www.ejawantahtour.com/2014/03/mengenal-menara-mercusuar-tambling.html
Mengenal Menara Mercusuar Tambling - Menara ini di bangun pada jaman kolonial Belanda sekitar tahun 1879, dan menurut informasi meara Tambling merupakan salah satu situs bersejarah yang menjadi salah satu saksi bisu meletusnya Gunung Krakatau yang menjadi legenda pada tahun 1883, di mana [ada masa itu kta semua tahu dari beberapa sumber daftar pustaka bahwa letusan Gunung Krakatau mengakibatkan air bah tsunami dengan gelombang ketinggian mencapai +/- 50 meter.

Hal yang menarik dari cerita legenda letusan Gunung Krakatau inilah yang membuat kita jadi berpikir, bahwa akbat dari gelombang tsunami dari letusan Gunung Krakatau bisa mencapai wilayah lebih dari ratusan kilo meter, dan abunya pun ikut terbawa hingga ke beberapa negara. Namun, salah satu keajaiban yang nyata hingga kini masih bisa kita lihat bahwa menara mecusuar Tambling yang letaknya tidak jauh dari pusat letusan Gunung Krakatau di Selat Sunda ini, sampai hari ini masih berdiri kokoh, sedangkan tinggi dari menara Tambling ini hanya bekisar +/- 70 meter.

Menara Mercusuar Tambling ini berada di lokasi kawasan konservasi alam di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung Barat. Kondisi bangunan menara ini cukup tinggi dan terlihat memprihatinkan, dan bila kita masuk di dalamnya kita akan menemukan sebuah anak tangga yang akan menghantarkan kita menuju puncak menara, namun bila kita perhatikan banyak anak tangga yang sudah rapuh dan sebagian fisiknya sudah banyak yang patah. Jadi bila kita akan naik hingga ke puncak menara ini harus berhati-hati karena, dikhawatirkan kita akan jatuh ke bawah.

http://www.ejawantahtour.com/2014/03/mengenal-menara-mercusuar-tambling.html

Mengenal Menara Mercuas Tambling dari dekat kita akan menemukan sebuah tulisan yang menempel di dinding menara yang memberi tahukan informasi tentang keberadaan menara ini. Di sana kita bisa melihat bahwa menara mecusuar ini di bangun pada masa Raja Willem III pada tahun 1879. Dan informasi yang saya terima di lokasi, untuk bahan dasar material pembangunan menara ini langsung di datangkan dari negeri Belanda. Dan sekarang menara ini berada di bawah otoritas Departemen Perhubungan Dirjen Perhubungan Laut , dan memiliki nama lain : "Instalasi Menara Suar Belimbing DSI 2290"

Untuk mengunjung merana Mercusuar Tambling tidak mudah, karena lokasi ini di jaga ketat oleh pihak pemerintah yang di beri tugas terutama dari pihak polisi kehutanan yang di beri tugas untuk menjaga kelestarian laan konservasi alam di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan. Namun, bila kita akan hadir di lokasi ini kita bisa menghubungi pihak swasta yang mengolah Taman konservasi alam ini untuk melakukan reservasi. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat sumber website resmi yang terdapat dalam artikel yang saya tulis ( Baca : Tempat Wisata Konservasi Alam Tambling)

Fungsi menara mercusuar Tambling ini konon di gunakan sebagai sarana untuk memantau alur pelayaran dari Teluk Semangka menuju ke Teluk Lampung, dan jalur arah balik dari Teluk Lampung menuju Teluk Semangka, bagi kapal-kapal yang berlayar dari Samudera Hindia. Dengan posisi letak yang strategis di tepi pantai, maka lokasi ini pada masa tersebut di bangunlah menara ini pada masa pemerintahan Belanda.

Mengenal Menara Mercusuar Tambling dari dekat akan membuat kita mengenal sebuah nilai positif dari segi kekuatan arsitekturnya yang hingga kini masih berdiri tegak dan kokoh walau sudah berusia ratusan tahun, dan hal yang tidak kalah menarik bangunan ini mengingatkan kita akan sebuah pembelajaran kepada kita bahwa apa yang terjadi di masa silam merupakan pelajaran yang bisa di ambil di masa kini untuk menghadapi sebuah masa depan yang lebih baik, karena kekutan dan keteguhan yang memiliki pondasi dasar yang kuat dan kokoh, tidak akan tergerus oleh jaman dan terbawa arus.





Salam wisata,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

18 komentar

Peninggalan rsejarah yang tertinggal hingga ratusan tahun, warisan tangan-tangah kokoh yang membangun penuh kasih. Mengajarkan kita, kerja sama yang baik antara bahan, pekerja, arsitek dapat bertahan hingga turunan akhir manusia. Kesan saya setelah membaca Mengenal Menara Merccusuar Tambling.
Salam sukses.

Melihat dari tahun pembuatan sejak 1878, memang harus diakui,,bahwa bangunan bersejarah ini memang berkualitas tinggi, sehingga mampu bertahan hingga sekarang, sungguh berbeda dengan bangunan yg dibuat di zaman kini…hampir tak ada yg bisa bertahan hingga ratusan tahun.
Namun sungguh sangat disayangkan, bila bangunan bersejarah ini dibaikan perawatannya oleh pemerintah, apalagi sudah ada bagian2nya yang keropos…apa harus ada korban, baru pemerintah turun tangan memperbaikinya ya….padahal ini adalah salah satu situs bersejarah yang sangat penting…agar kita tidak lupa akan kisah-kisah sejarah masa lalu..yang bisa menjadi pembelajaran untuk menghadapi masa depan….
Keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

ohh jadi seperti itu ya mas menaranya hebat masih kokoh dan kuat menaranya ..

Sebuah reportase perjalanan khas ejawantah wisata ...
tidak saja menikmati secara fisik ...
namun selalu menggali cerita menarik di balik obyek wisata tersebut

salam saya Pak Indra Eja

(31/3 : 1)

Sayang tangganya sudah rapuh ............. semoga pemerintah mau merenovasi menara ini ........ semoga juga bisa ke sini setelah menaranya di renovasi :D

ternyata sudah cukup lama juga ya mas menara mercusuar nya di bangun. dari jaman belanda :)

Ya ampun...aku lahir dan besar di Lampung aja belum pernah tahu, jadi malu

Semoga bermanfaat ya Sob, terimakasih sudah berkunjung :D

Salam wisata

Semoga bangunan ini bisa terus di pertahankan dengn rehabilitasi dan pemeliharaan sebagai situs bangunan cagar budaya yang terus di pelihara.

Salam wisata

Iya Mba, semoga bermnfaat dan kita dapat melestarikan situs bersejarah dari menara mercusuar di Tambling ini ya.... :D

Salam wisata

Terimakasih Om Nh18 atas kehadiran dan supportnya.:D

Salam wisata

Silahkan langsung ke lokasi Mba, agar bisa lihat dari dekat. :D

Salam wisata

Terimakash atas kunjungannya.

Salam wisata

Benar Mba, dari situs bangunan bersejarah menara mercusuar Tambling ini kita akan mendapat sebuah pembelajaran yang berharga juga ya... :D

Salam wisata

Semoga suatu hari kelak bisa mengunjungi tempat ini ya Mba, biar bisa menikmati dari dekat. :D

Salam wisata

Menara marcusuar yang dulunya berjaya pastinya sekarang sudah tidak terawat lagi... inilah hal yang paling memilukan ya pak..

Semoga saja situs ni terus bisa di rawat, bahkan di manfaat dengan baik ya Kang.

Salam wisata

kalau lihat dari foto yang sama2 itu kayak udah berkarat, ya. Sebaiknya di perbaiki biar terus terjaga :)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus