MENGENAL MENHIR NUSA TENGGARA TIMUR

http://www.ejawantahtour.com/2014/03/mengenal-menhir-nusa-tenggara-timur.html
Mengenal Menhir Nusa Tenggara Timur - Sejarah merupakan suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau. Apa pun yang sudah terjadi dan terlewati merupakan proses perjalanan sejarah itu sendiri. Dengan wisata sejarah kita akan tahu setiap kejadian yang dapat di ungkapkan dari fakta otentik yang ada.

Informasi tentang batu menhir ini merupakan hasil perjalanan wisata sejarah saya bersama keluarga di kawasan Museum Nasional Indonesia, Jakarta Pusat. Di mana pada obyek ini kita akan lebih banyak tahu bahwa pada jaman "megalitik" kawasan di daerah Indonesia banyak sekali bentuk "menhir" yang di hasilkan, dan masing-masing memiliki filosofi dan arti tertentu bagi kehidupan masyarakat di kawasan tersebut.

Menhir merupakan sebutan untuk batu panjang yang berdiri tegak, dan batu ini di buat pada masa megalitik atau yang dikenal dengan sebutan jaman batu besar. Dari informasi yang saya dapatkan di lokasi Museum Nasional Indonesia, "menhir" dibuat sebagai batu peringatan yang erat kaitannya dengan pemujaan arwah nenek moyang atau leluhur.

Pada awal proses pembuatan menhir ini dibuat hanya batu polesan biasa dan tanpa motif, namun perkembangannya "manhir" di buat dengan berbagai variasi motif hias yang umumnya mengandung makna tertentu. Biasanya hal ini berkaitan dengan nenek moyang dan lambang kebesaran yang di anut oleh mereka.

Lnjut.........
Menhir yang ada di Museum Nasional Indonesia kita akan menemukan beberapa motif hias, geometris, binatang, dan muka manusia atau topeng. Pada menhir dari Nusa Tenggara Timur yang kami temukan di kawasan area Museum Nasional Indonesia ini, kita bisa lihat dari gambar photo bahwa "menhir" tersebut dilengkapi dengan motif hias binatang kadal pada bagian depan dan belakang badan menhir, semoga dapat membantu teman atau pun pembaca setia Ejawantah Wisata mengenal menhir Nusa Tenggara Timur dari dekat.

Pada bagian depan menhir, motif hiasan kadal tampak digayakan (distilir) sehingga menyerupai muka manusia. Motif hias kadal dianggap sebagai lambang nenek moyang, dan dipercaya memiliki kekuatan magis untuk menolak bala. Di Nusa Tenggara Timur, menhir biasanya didirikan di depan kuburan seorang tertua atau yang di sebut tokoh masyarakat dan seseorang yang memiliki status sosial tinggi. Pendirian mehir ini dilengkapi bebagai motif hias dan ada pula yang dilengkapi dengan arca di atasnya sebagai lambang orang yang meninggal.

Mengenal Menhir Nusa Tenggara Timur dalam perjalanan wisata sejarah kali merupakan suatu proses pembelajaran yang bisa kita terapkan dalam dunia pendidikan. Terutama bagi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Di mana mereka akan mendapatkan segala bentuk informasi ilmu pengetahuan sambil bermain.





Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

34 komentar

ini menhirnya yang dimuseum nasional emang cuma satu ya ?
coba ada foto menhir yang lainnya :D

Menhir yang buat pemujaan waktu dulu kan? Kebetulan sejarah saya nyampe disini materinya..

saya baru tahu mengenai menhir NTT gan..

Kebetulan menhir yang dari Nusa Tenggara Timur cuman satu photonya Mba, tapi di area sini banyak jenis menhir yang lain, dari beberapa daerah. Namun kalau di bahas jadi satu kayanya kurang enak deh :D

Salam wisata

Betul Sob, terimakasih atas kunjungannya. :D

Salam wisata

Semoga bermanfaat dan nambah pengetahuan untuk kita ya Sob :D

Salam wisata

Itu foto yang deket menhir itu siapa ya masss.....

Oooo, itu anak saya Sob. :D


Salam wisata

Jadi ingat pelajaran waktu SMP

sungguh unik sejarah mengenai menhir itu..

Wah di situ banyak patung menirnya mas. Di daerah tempat saya tinggal kok nggak ada ya mas hehehe

menhir ternyata dari NTT ya Mas Indra, good info :D

ternyata indonesia kaya dengan barang2 prasejarah....

Harus sering-sering ke ejawan wisata nih, untuk lebih mengenal budaya Nusantara.
Ilmu baru buat kami Kang tentang Menhir dari NTT, terimakasih share ilmunya.

luar biasa ya mas ternyata banyak sekali peninggalan-peninggalan jaman dahulu di indonesia yang ditemukan. Itu artinya indonesia mempunya kekayaan sejarah yang luar biasa untuk dipelajari dan di teliti ya :)
thanks mas atas share nya ya ;)

Semoga bisa mengingatkan kembali tentang sejarah yang pernah ada di Indonesia ya Kang, dan keberadaannya tetap dapat telestarikan untuk generasi muda Indonesia.

Salam wisata

Bnar Ka, karena keunikan inilah akan membuat sebuah nilai sejarah akan benda ini tetap terlestarikan di Museum. :D


Salam wisata

Mungkin di sini kali ya Mas Nady patung menhirnya :D

Salam wisata

Menhir bukan hanya dari NTT Sob, kebetulan saja yang di bahas yang dari asal daerah NTT. he,, he,, he,,, :D

Salam wisata

Itulah yang menjadi salah satu keunikan nilai sejarah Indonesia yang sampai hari ini masih terjaga dan di lestarikan ya Sob.....


Salam wisata

Sama-sama Kang, semoga bermanfaat bagi yang memerlukan informasi ini. Dan Indonesia itu indah loh..... :D


Salam wisata

Benar Mba Eka, dan Indonesia memiliki keindahan nilai sejarah yang luar biasa :D


Salam wisata

salam wisata gan..
indonesia memang kaya gan tapi yg saya bingunkan knpa indonesia g maju" yah :D

Jawabannya ada pada masing-masing individu ya Sob, Dan mulaiilah dari diri sendiri itu lebih enak di banding menyalahkan dan menghandalakn :D

Salam wisata

wah saya baru tahu kalau batu besar tersebut namanya Menhir mas, padahal udah ribuan tahun tapi masih bisa kita lihat sampai sekarang yah mas, perlu dilestarikan memang :)

Benar skali Mas, semoga informasi tentang batu menhir dari Nusa Tenggara Timur ini bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan untuk kita semua ya.... :D


Salam wisata

Wah kalau wisata seperti ini paling asyik bersama keluarga atau sendirian aja,. Dengan buku catatan, dan kamera di tangan, saya sudah berkhayal sudah seperti dalama adegan dalam film film aja yang mengambil lokasi syuting di Museum ini Hiheihiehiee. Selalu menceriakan, mencerdaskan dan memberi inspirasi jika berkunjung ke obyek wisata sejarah seperti ini

Benar Kang Asep, museum bila di jadikan tempat wisata itu enak juga loh..... :D

Salam wisata

kirain menhir itu batu yang ada tulisannya pak.. ternyata ukurannya besar dan berupa ukiran gitu..

batunya juga sudah di ukir, berarti orang zaman dulu mempunyai jiwa seni yang tinggi yaa mas :)

membaca kata menhir, syaa mendadak inget tokoh Obelix hihi

Masih ada satu yang terlupakan mas :)

Itu to ...putri Kang Indra :)
Namanya Leony ya Kang kata temen2 .. ? :D

Iya dah..... terserah deh :D

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus