MENELUSURI NEGARAKERTAGAMA

http://www.ejawantahtour.com/2014/04/menelusuri-negarakertagama.html
Menelusuri Negarakertagama hasil karya Mpu Prapanca atau disebut juga dengan nama Decawaronana yang merupakan kakawin Jawa Kuna yang paling termasyur. Dalam pengucapan kita selalu menggunakan kata Negarakertagama, namun yang sebenarnya adalah Nagarakertagema.

Naska Nagarkertagama ini selesai ditulis pada bulan Aswina tahun Saka 1287 (September-Oktober 1365 M). Dan nama Mpu Prapanca bukanlah nama asli, melainkan nama pena dari penulisnya yang berarti "kesedihan", rintangan untuk tindakan utama (penyesalan, nafsu, kesombongan).

Sedangkan menurut informasi yang saya peroleh nama Nagakertagama memiliki arti sejarah pembentukan negara dan ini bukanlah nama asli sebenarnya, melainkan tambahan dari penyalin kawin tersebut pada bulan Kartika (Oktober-November) tahun Saka 1662 (tahun Masehi 1740). Menurut informasi yang dituliskan pada Mpu Prapanca sendiri didalam Nagarakertagama pada pupuh 94/2 menyebutkan ciptaannya decawaronana yang memiliki arti desa-desa.

Namun, nama yang diberikan oleh penctiptaannya sendiri ini malah dilupakan oleh masyarakat umum. Kakawin itu hingga sekarang biasa disebut Nagarkertagama. Nama ini di ambil dalam kolofon terbitan J.L Brander; iti Nagakertagama samapta.

Lanjut........
Menelusuri Negarakertagama tidak semudah membalikkan telapak tangan, di mana perjalanan dari suatu peristiwa sejarah harus dapat dirunut dengan benar dari berbagai sumber pustaka sejarah. Selain Nagarkertagama, Mpu Prapanca ternyata juga menciptakan beberapa kakawin lagi, yang memiliki nama juga disebut dalam kakawin Nagarakertagama pupuh 94/3, yaitu Tahun Saka, Lambang, Parwasagara, Bhismacaranantya, dan Sugataparwa.

Kakawin Lambang dan Tahun Saka belum selesai pada saat Prapanca menulis Nagarakertagama. Kedua kakawin itu akan dilanjutkan kemudian. Dimikianlah penciptaan Sugaragara, Bhismacaranantya, dan Parwasagara mendahului penciptaan Nagarakertagama. Apalagi yang diciptakan oleh Prapanca kemudian tidak diketahui.

Bahkan kakawin yang disebutkan dalam Nagarakertagama itu pun sebagian tidak sampai kepada kita. Namun, dia di antara lima kakawin tersebut dapat bangsa Indonesia miliki. Namun, hal ini semua masih merupakan persoalan yang menghendaki pemecahan secara disiplin ilmu sejarah dengan para ahlinya. Bila para shabat dan pembaca setia Ejawantah Wisata ingin mengetahui garis besar isi dari pupuh kakawin Nagarakertagama (Baca : Kearifan Mpu Prapanca).

Menelusuri Negarakertagama merupakan kisah kisah perjalanan wisata sejarah yang mengasyikan bagi saya pribadi, dari menelsuri jejak sejarah Kerajaan Majapahit di kawasan daerah Jawa Timur, hingga membuat sebuah catatan melalui beberapa refrensi catatan sejarah dari daftar pustaka yang bisa kita susun. Walau saya bukan dari ahli sejarah, namun kita bisa dapat  mengumpulkan buih-buih sejarah yang bisa kita dapatkan dan dedikasikan sebagai penambahan ilmu pengetahuan yang sangat berharga, karena sebuah catatan sejarah akan meberiakn informasi catatan dan palaporan langsung menganai kehidupan di masa lalu khususnya Inodnesia yang memiliki sebuah tradisi dan budaya yang akan menambah pengetahuan kita bila di gali dan dikaji. Krena tradisi dan budaya Indonesia masih menyimpan sebuah ilmu penngetahuan yang masih banyak belum terkaji. Dan catatan ini merupakan bentuk kepedulian secara pribadi untuk generasi bangsa Indonesia.



Salam wisata,

Sumber
Perpustakaan Nasional RI

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

30 komentar

jadi tahu banyak setelah baca postingan ini, terima kasih mas :)

jujur bos, saya baru tahu nama negarakertagama, apa mungkin saya yang lupa yia bos, hehehe...

dulu saya pernah belajar ini..dan mumet menghapal angka tahun2 nya..sekarang harus mau memahaminya karena ini ada pengetahuan yang harus dimiliki warga bangsa ya mas..

harus teliti ya mbak ketty menghafalkannya

sepertinya mempelajari kitab kuno dapat membuka wawasan kita tentang sejarah ya Pak

Baru tahu kalau Mpu Prapanca adalah nama pena, thanks mas atas sharingnya. Sukses ya

Sebanarnya bukan negarakertagama, namun banyak orang menyebutnya dengan nama negarakertagama. Dan nama penyebutan yang benarnya adalah Nagarkertagama. he,, he,, he,, :D

Salam wisata

Kakawin itu apa ya mas?
Mungkin suatu saat nanti di sini ada artikel yang mengupas tuntas tentang Kakawin :D

Sejarah ini saya benar-benar baru tahu :)

pengetahuan baru buat saya mengenai Negarakertagama,karena jujur saja sebelumnya saya tidak pernah tahu Mas Indra hehe,,,Terimakasih telah berbagi pengetahuan....

jadi menambah pengetahuan juga nih setelah baca ini , makasih ya mas

bukan cuma mas indra saja yg merasa asyik...saya juga merasakan, meskipun hanya membaca artikel yg diposting di sini....
keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

sebenarnya negarakertagama sudah dibahas belum yah di pelajaran sejarah kok saya lupa yah, dengan adanya postingan ini saya jadi tahu lebih banyak nih, makasih mas :)

Luar biasa ya Mas Indra. Saya turut bangga dan senang. Nice posting pokoknya pakek banget.

menilisk sejarah, apalagi dari tulisan2 kuno, tentu sangat menarik
makasih bang informasi mengenai kitab nagarakertagama

ini sama saja melakukan wisata vision, awang awang tapi kita bisa meng konstruksikan bentuk dari nagarakertagama itu seperti apa menurut versi masing-masing.
selamat pagi pak indra selamat menjalankan aktivitas

Seperti itulah Kang kira-kira pengalamannya. he,, he,,, he,,,,

Salam wisata

Sama-sama Mba, dan terimakasih atas kunjungannya ya.... :D


Salam wisata

Nanti ya Mba,,,, bila pada perjalanan wisata selanjutnya dan saya bertemu dengan istilah yang dapat membantu memberikan penjelasan kakawin saya akan coba buatkan dlam konten artikel di blog ini. :D

Salam wisata

Semoga bermanfaat infromasinya ya Kang :D

Salam wisata

Sama-sama Mba Enis, dan semoga bermanfaat.

Salam wisata

Sama-sama Mas, semoga memberikan manfaat bagi kita semua.


Salam wisata

Semoga bisa menularkan semangat kita untuk lebih mencintai budaya dan tradisi bangsa Indonsia ya Kang. :D

Salam wisata

Sama-sama Mas, semoga lebih memiliki manfaat untuk kita semua.

Salam wisata

Seingat saya waktu sekolah tidak selengkap ini deh Mas. :D
Terimakasih atas kunjungannya mas

Salam wisata

Semoga bermanfaat bagi pelestarian tradisi dan budaya Indonesia bai generasi muda ya Mas :D

Salam wisata

Sama-sama Kang, dan terimakasih atas kunjungannya.


Salam wisata

Selamat pagi Mas, semoga dengan banyaknya tradisi dan budaya bangsa Indoensia yang diangkat, akan ikut mengupayakan pelestarian dan keberadaan ya Mas. :D

Salam wisata

saya baru tahu tentang negarakertagama, setelah baca disini, tambahlagi deh pengalaman saya, walau cuma baca

banyak hal yang bisa diambil dari sejarah masa lalu ya mas, jadi kita bisa belajar dari para leluhur kita ;)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus