TRAVELING KE TAMAN DUA BELAS SHIO DI TMII

http://www.ejawantahtour.com/2014/08/traveling-ke-taman-dua-belas-shio-di-TMII.html Traveling Ke Taman Dua Belas Shio Di TMII,- Tempat yang asri dengan segala bentuk ornamen prasasti yang menggambarkan semua jenis shio yang menjadi kepercayaan dari masyarakat Cina yang dapat kita temukan di daerah lokasi Taman Budaya Tionghoa di kawasan area TMII, Jakarta Timur.

Jalan-jalan di dalam area TMII, saya menemukan sebuah taman lengkap dengan cerita budaya dari masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia. Di tempat ini kita dapat mengetahui bentuk dari masing-masing shio yang digambarkan oleh masyarakat Tionghoa yang menjadi sebuah tradisi kehidupan mereka.

Informasi yang saya dapatkan di lokasi, shio merupakan simbol binatang dari masyarakat Cina yang menggambarkan tentang perputaran siklus 12 bulan kalender di setiap tahun. Dalam kalender Cina, awal tahun di mulai dari akhir bulan Januari dan juga awal bulan Febuari, Dan bagi masyarakat Cina, sitem penanggalannya tersebut masih sering digunakan untuk menyambut acara besar, seperti memperingati "Tahun Baru Cina" atau yang dikenal dengan sebutan Imlek.

http://www.ejawantahtour.com/2014/08/traveling-ke-taman-dua-belas-shio-di-TMII.html

Lanjut..........
Informasi yang tidak kalah menarik yang saya dapatkan pada saat berkunjung di taman Dua Belas Shio ini adalah tentang sebuah cerita legenda ke dua belas shio tersebut. Menurut cerita legenda masyarakat Cina kuno, ke dua belas shio yang dikumpulkan dalam satu hari untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin dalam perjalanan siklus selama satu tahun yang di adakan oleh Sang Pencipta Alam.

Dalam kontes tersebut Sang Khalik menyatakan, "Bagi siapa pun yang berhasil menyeberangi sungai akan mendapatkan kesempatan pertama untuk memimpin, dan sisanya akan mengikuti dibelakangnya sesuai urutan kehadiran mereka,

Dalam pelaksanaan kontes ini, kucing memberitahukan berita aik ini kepada sahabat baiknya yaitu tikus, dan mereka setuju dan sepakat untuk pergi bersama keesokan harinya. Namun, pada saat kontes dimulai Tikus tidak membangunkan si Kucing yang sedang tidur lelap. Dan akhirnya si Kucing pun tidak mengikuti kontes ini, karena tertidur lelap sepanjang hari.

Dengan kecerdikannya, si Tikus menaiki punggung si Kerbau pada saat perlombaan berlangsung. Dengan postur tubuh yang kuat si Kerbau pun mampu  melintas sungai dengan susah payahnya, dan setalah akan sampai di seberang sungai, maka si Tikus yang berada di pundak si Kerbau pun meloncat ke tepi darat dan sampai lebih dahulu dari pada si Kerbau. Dan si Tikus pun menjadi pemenang dalam lomba kontes tersebut. Serta binatang yang terakhir sampai dan menyeberangi sungai adalah si Babi yang pemalas.

http://www.ejawantahtour.com/2014/08/traveling-ke-taman-dua-belas-shio-di-TMII.html

Dari cerita legenda inilah, maka si Tikus menjadi tahun awal dari Shio di tahun penanggalan Cina, dan di akhiri oleh shio Babi. Dan dari cerita legenda shio inilah permusuhan anatara binatang Tikus dan Kucing berawal, sehingga samapai dengan hari ini kedua binatang tersebut masih sulit untuk hidup dengan akur.

Mengunjungi sebuah obyek wisata di kawasan Taman Dua Belas Shio di TMII ini, kita akan dapat banyak mendapatkan informasi positif untuk menambah ilmu pengetahuan kita. Di mana kita dapat mengetahui sebuah perbedaan dari suku bangsa dan ras yang berbaur di masyarakat Indonesia dapat hidup berdampingan dan menghargai satu dengan lainnya, dan ini dapat kita lihat di tempat wisata budaya Taman Mini Indonesia Indah.

Di bawah ini saya sertakan video pada saat mengunjungi tempat wisata Taman Dua Belas Shio di TMII, semoga dengan penyajian ini dapat menggambarkan sebuah tempat wisata yang bisa kita kunjungi di sana.


Dari cerita legenda tentang ke dua belas Shio, hinga sejarah perjalanan dan tradisi masyarakat Tionghoa di Indonesia, dapat kita temukan di lokasi ini. Dan teman-teman serta pembaca setia Ejawantah Wisata dapat melakukan Traveling Ke Taman Dua Belas Shio Di TMII.[]





Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

31 komentar

layaknya mengunjungi seluruh indonesia bila pergi ke TMII yamas.makasih sharingnya,saya jadi mengerti tentang cerita shio

bagi yang belum hafal nama-nama shio sangat direkomendasikan untuk mengunjungi taman ini ya Pak :)

Sama-sama mas semoga bermanfaat cerita tentang legenda ke 12 shio ini. :D

Salam wisata

loch...film 12 shio nya itu sendiri kan baru mau akan tayang...ngga seru dong kalau saya baca ini duluan...hiyah ngga coba?

search saja google...pasti bakal kenal juga jeh...

*cling...kaburrr

saya belum pernah ke tmii, di Surabaya juga ada yang ornamen-ornamen Cina gitu di Kenjeran :)

saya baru tahu ada taman ini di TMII. Thx, infonya :)

tayangnya dimana kang Lembu,,,,,di misbar yah hehe

sayamah seumur umur baru sekali Kang Indra berkunjung ke TMII..itupun dulu swaktu masih tinggal di Jakarta hadeuhh jadi kepengen kesana lagi dech hehe

duh saya sudah lama tak ke TMII,
shio untuk sebagian budaya memang sangat penting ya Pak.

Jadi disebut Taman dua belas Shio karena di tempat tersebut terdapat Shio yang jumlahnya ada dua belas ya kang, saya belum pernah kesana, jadi belum tahu. Terima kasih ya kang informasinya :)

jadi penasaran nih pengen kesana , bentuk shio lucu - lucu yah hehe :D

di ANtv kang....tapi baru.."Segera"....hehe

Iya mas, semoga nanti kalau main ke Jakarta bisa mampir ke lokasi wisata TMII ini, jadi bisa lihat dari dekat ya... he,, he,, he,, :D

Salam wisata

Taman dua belas shio ini enak juga ko mba, kalau untuk bertamasya bersama anak-anak di sana. Semoga bermanfaat ya mba :D


Salam wisata

Kalau saya dekat dari rumah Kang, jadinya sering ke TMII, karena tempat wisata ini memiliki kenangan. he,, he,, he,,, :D



Salam wisata

Benar Mba, bila ada waktu dan kesempatan bisa singgah di tempat taman dua belas shio TMII ini ya mba. :D

Salam wisata

Benar Kang, di taman tersebut ada 12 jenis hewan yang jadi perlambang shio untuk warga China. he,,, he,, he,,, :D

Salam wisata

Silahkan Sob, langsung ke lokasi Taman Dua Belas Shio TMII saja. :D

Salam wisata

wah saya baru tahu nih kang ada taman 12 shio di TMII, kapan-kapan boleh nih tamasya ke sana :)

Ke taman Mini sama gue kenapa gak ngajak-ngajak ke sini mas .... hadewww sukanya diem-diem jalan sendiri :P

Sudah lama sekali saya tidak ke TMII. Ternyata sekarang ada tempat ini di sana ya Mas.. Boleh juga dicoba untuk dikunjungi suatu saat nih.. :)

Belom penah ke TMII

ternyata ada tempat kyk gituan yak pak.
Ngomong2, shio ntu ngaruh nggak sih sama kita?

thanks

jadi ingat serial baru di salah satu televisi swasta tentang kisah dua belas shio......keep happy blogging always,,,salam dari makassar :-)

Di Batam juga ada patung 12 shio gini mas Indra... Berjajar di pintu masuk Mega Wisata Ocarina.

wuiih.. halan halan terus..pakdhe...ikut dunk.. eh..shio pakdhe..apa eaa..hihihih

walaupun namanya taman mini, tapi gak mini ya pak, saya belum pernah menjelajahi semua lokasi

sekalipun belum pernah menginjakan kaki di TMII Mas, kalau di empat saya adanya bukit 12 Mas :)

dengan kita berwisata ke TMII maka kita bisa tahu banyak mengenai 12 macam shio yah kang, keren pisan kang :)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus