TAMAN WISATA ALAM PANANJUNG PANGANDARAN KEINDAHAN LUKISAN ALAM DI BELAHAN BUMI INDONESIA

http://ejawantahtour.blogspot.com/2012/10/taman-wisata-alam-pananjung-pangandaran.html
Taman Cagar Alam Pananjung, Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia merupakan salah satu objek wisata yang dapat membuat diri kita  terpesona dengan akan keindahan alamnya yang menegangkan hati, namun dapat memperkaya pengalaman jelajah serta pengetahuan kita yang mengasyikan.


Belum lengkap rasanya bila belum menikmati indahnya Pantai Pangandaran, Jawa Barat tanpa menjelajah ke dalam Taman Cagar Wisata Pananjung.Dari informasi yang penuis dapatkan, kawasan Taman Wisata Cagar Alam Pananjung luasnya sekitar 532 hektar, yang terdiri dari hutan wisata 37,70 hektar dan cagar alam kawasan lautnya mencapai 470 hektar. yang mana ketiganya menjadi kesatuan wilayah yang utuh di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Indonesia.

Di Taman Cagar Alam Pananjung kita dapat menemukan beragam jenis tumbuhan pohon. Saking banyaknya pohon besar di kawasan Taman Cagar Alam Pananjung, penyinaran matahari pun agak sulit untuk mencapai kepada tanaman-taman yang kecil yang berada di sekeliling Taman Cagar Alam Pananjung untuk mendapatkan sinar matahari.

Tanaman Jati merupakan salah satu yang mendominasi kawasan Taman Caga Alam Pananjung. sang emas hijau yang sudah tumbuh dari zaman VOC pada tahun 1651. Tanaman pohon Jati menjadi peneduh dan membuat para pengunjung tetap dalam suasana udara segar tanpa harus kepanasan..

Menelusuri Taman Cagar Alam Pangandaran penulis dan peserta wisata alam dapat menikmati suara-suara alam yang timbul dari seriap gerakan pohon yang ditiup angin, kicauan burung dan teriakan kera-kera yang berkeliaran menyapa kehadiran kami di Taman Cagar Alam Wisata Pananjung.

Selain burung dan kera, ada banyak satwa lain yang hidup di kawasan Taman Cagar Alam Pananjung, diantaranya trenggiling, lutung, landak, ayam hutan, ular hijau, biawak, dan lainnya. Menyaksikan kehidpan flora fauna yang unik di alam bebas, serta menjelajahi napak tilas sejarah dan budaya di kawasan Taman Cagar Alam Pananjung sangatlah mengasyikkan setiap para wisatawan yang penulis bawa hadir di Taman Cagar Alam Pananjung.

Menelusuri goa-goa yang ada di Taman Cagar Alam Pananjung dengan cerita historis dan mitos-mitos yang terbentuk di daerah Pananjung yang selalu membuat keingin tahuan bagi para masyarakat internasional untuk mengetahuinya.

Seperti situs Candi Hindu Kuno yang dikenal dengan Situs Batu Kalde. Konon situs atu kalde ini merupakan arc sapi sebagai penjelmaan Raden Arya Sapi gumilang, seorang menteri pertania dari Kerajaan Pananjung, yang semasa hidupnya ia menjabat dan memiliki reputasi yang baik serta berhsil memenuhi seluruh kebutuhan rakyat Pananjung melalui sistem logistik yang dijalankan dengan maksimal. Berkat jasa-jasanya, maka Raden Arya Sapi Gumarang mendapat penghargaan dari raja.

Setelah meninggal penduduk mengenangnya dengan membuatkan pahatan batu kubur yang menyerupai sapi "jantan" (lelaki). Di kalangan penduduk setempat, arca sapi ini dikenal dengan nama "kalde" (bahasa Sunda) yang dalam pengertian bahasa Indonesia berarti "keledai". Sampai saat ini oleh masyarakat setempat situs batu kalde dianggap sebagai tempat yang sakral dan penuh kenangan.

Suasan di sekitar Situs Batu Kalde dapat penulis rasakan sangat tenang dan khidmat. Penulis dapat merasakan aura magis yang terpancar dari bebatuan yang berada disekitar Situs Batu kalde yang membawa diri ini merasakan suasana masa lalu, seperti yang diceritakan oleh seorang rekan pemandu wisata Taman Cagar Alam Pananjung yang bertugas untuk membimbing perjalanan penulis bersama para peserta wisata di Taman Cagar Alam Pananjung.

Taman Cagar Alama Pananjung tidak hanya menyajikan keindahan alam dan cagar alamnya saja. Namun ia banyak menyimpan cerita sejarah yang menarik untuk dijelajahi dan disimak Bagaikan menyusun sebuah puzzle masa lalu dimasa sekarang.

Setelah menikmati keindahan hutan Taman Cagar Alam Pananjung, saatnya penulis dan peserta wisata menikmati keindahan pantai pasir putih Pangandaran. Banyak kegiatan yang dapat kita lakukan di tempat ini, seperti menaiki perahu dan melihat terumbu karang dengan berjemur di pantai bagigemar melakukannya.

Dan jangan lewatkan objek wisata Pangandaran lainnya yang pautut di kunjungi dan dinikmati seperti Petualangan di Sendang Goa Rengganis dan objek wisata Green Canyon Pangandaran.

Dan bagi sahabat yang membutuhkan penginapan di daerah Pangandaran, dapat mengisi formulir pemesanan hotel secara online di bawah ini. Isilah formulir di bawah ini dengan benar, maka anda akan mudah, cepat dan tepat menemukan ketersedian kamar hotel penginapan dengan harga yang relatif murah.  Anda akan dapat memilih harga yang sesuai dengan kebutuhan dengan keperluan anda.



Semoga pengalaman perjalanan penulis bersama para sahabat Ejawantah Wisata kali ini dapat menambah pengalaman anda sebagai bahan pembelajaran bahwa kehidupan alam tidaklah tergantung kepada manusia, namun kehidupan manusialah yang selalu membutuhkan alam.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

8 komentar

Kok gak titampilkan foto-foto yang fokus tentang keindahan di sekitar lokasinya , Bang?

wah jaman dulu juga ada penghargaan untuk menteri yang sukses, hanya saja saya berpikir kok pake nama sapi ya Pak. Kan banyak nama baik lainnya hhh

Masukan:
mungkin perlu ditambahkan bagaimana cara pengunjung mencapai lokasi wisata alam ini, kalo naik kendaraan umum dari mana saja, kalo naik kendaraan pribadi gimana. Trus ada nggak sarana penginapan, sarana ibadah, dan sarana pendukung lainnya. Ini hanya masukan saja Pak. dan mungkin bisa diterapkan pada postingan lainnya, karena artikel disini sangat bermanfaat untuk banyak orang. Maaf nggih Pak atas tambahan saya

sayang pantainya kotor dan pedagangnya semrawut ya
satu satunya kenangan terindah dari pangandaran adalah kereta apinya
kayaknya dah ga bakalan bisa ngalamin lagi

Kami untuk sementara ini hanya menampilkan photo-photo gambar perjalanan kami bersama peserta wisata yang telah kami lakukan, agar suasana dan ekspresi para pengunjung yang datang ke setiap objek dapat menggambarkan suasana tempat dan perjalanan wisata bersama kami. Masukan yang bagus untuk kami.Terimakasih.

Sukses selalu dan salam wisata.

Saran yang baik untuk kami pertimbangkan Pak Ies. Namun,isi dari setiap postingan artikel di dalam website blog ini baru saya tonjolkan keunikkan dan daya tarik objeknya dari sudut ilmu pengetahuan. Agar diketahui oleh masyarakat luas dalam berbagi untuk mencintai wisata Indonesia, dan didukung photo gambar ekspresi peserta wisata yang memberikan gambaran bagaimana perasaan mereka pada setiap lokasi objek wisata.

Sukses selalu dan salam wisata.

He....x9 mas Rawins ini petualang juga yang memilki pengalaman yang unik rupanya.

Sukses selalu dan salam wisata.

Biasanya klo lagi sumpek sama Ibukota salah satu pilihan tempat liburan paling cepet dijangkau ya pangandaran ini kang... sayang bener kata kang rawins sekarang agak kotor pantainya :)

Pangandaran memiliki objek wisata alam yang sangat menarik untuk ditelusuri. Dan pada waktu hari liburan tiba dimana para pengunjung banyak berdatanagan di tempat ini, maka keadaan pantai dan sekelilingnya terlihat kotor. Semoga para pengelola dan pengunjung dapat terus mensosialisasikan sadar bersih lingkungan di tempat-tempat objek wisata seperti ini.

Namun, bila kita menuju ke Taman Marga Satwa Pananjung ini, tempatnya begitu asri dan alami, beda dengan pantainya.

Sukses selalu dan salam wisata.

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus