DIBALIK CERITA MITOS DAN LEGENDA GUNUNG TIDAR

Dibalik cerita mitos dan legenda Gunung Tidar. Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Tidar ? Gunung Tidar yang treletak di daerah Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Selatan, Jawa Tengah. Gunung ini dikenal sebagai paku buminya Pulau Jawa bagi kebanyakan orang atau pun masyarakat Jawa yang masih menganut ajaran kejawen secara turun temurun.

Dari sebuah cerita mitos dan legenda Gunung Tidar di kalangan masyarakat kejawen, konon pada masa lalu dilokasi Gunung Tidar ini telah turun Dewa untuk menancapkan paku di tengah-tengah Pulau Jawa, dan paku ini terbentuklah sebuah gunung yang kita kenal dengan nama Gunung Tidar.

Terlepas dari sebuah cerita mitos dan legenda tentang Gungung Tidar tersebut, ternyata secara geografis letak Gunung Tidar ini memang terletak di tengah-tengah Pulau Jawa. Sedangkan dalam pandangan ajaran agama yang saya anut, sebuah gunung yang terdapat di atas permukaan bumi ini. dikatakan sebagai paku bumi untuk menjaga keseimbangan pergerakan bumi dalam bergerak pada porosnya, dan hal ini telah terbukti secara ilmiah dalam bidang ilmu geologi.

Sedangkan dalam sebuah cerita legenda atau pun sejarah yang beredar di masyarakat sekitar Gunung Tidar hingga sekarang ini. Cerita masyarakat tentang legenda perjuangan Syekh Subakir dalam menaklukan jin sakti penguasa Gunung Tidar yang menyerupai Kiai Semar yang pada saat waktu tersebut lokasi sekitar Gunung Tidar masih merupakan hutan lebat dan menjadi istana penghuni para bangsa lelembut.

Dari catatan berbagai sumber yang saya peroleh, Kiai Semar yang di ceritakan di lokasi Gunung Tidar ini, tidaklah sama dengan tokoh Semar yang ada di dunia pewayangan yang kita kenal. Karena dari cerita lakon tokohnya sangat berbeda dengan cerita lakon tokoh Semar yang terdapat dalam pewayangan.

Dalam cerita legenda sejarah Gunung Tidar, tokoh Kiai Semar yang di taklukkan oleh seorang penyebar agama Islam dari Turki kala itu yang bernama Syekh Subakir yang datang ke daerah kawasan Gunung Tidar untuk berdakwah, dan mendapat perlawanan dari Kiai Semar dengan bala tentaranya berupa para lelembut atau sebangsa jin dari kawasan Gunung Tidar dan sekitarnya. Dan singkat cerita Kiai Semar dan bala bantuan tentaranya dapat dengan mudah di kalahkan oleh Syekh Subakir.

Lanjut dari cerita sejarah legenda Gunung Tidar, sang pemimpin Jin Kiai Semar yang dapat dikalahkan dengan mudah, seblum lari dari peperangan ini, dia bersumpah pada suatu saat akan kembali ke Gunung Tidar, kecuali bila rakyat dan masyarakat di daerah gunung Tidar rela menjadi pengikut Syekh Subakir. Dan sampai saat ini, kehidupan masyarakat di daerah sekitar gunung Tidar hidup damai dengan keyakinan mereka masing-masing.

Cerita mitos dan legenda masyarakat Gunung Tidar ini secara sepintas sulit di cerna secara logika, namun cari cerita ini kita bisa menangkap sebuah pesan pembelajaran  yang tersirat dari cerita mitos dan legenda tersebut. Dimana antara hak dan yang batil tidak akan mampu bis menjadi satu, dan untuk menjadi suatu keyakinan apa yang menjadi suatu kepercayaan tidaklah mungkin kita untuk tidak memiliki suatu pendirian yang tidak komitmen, bila hal ini bisa terjaga, makakita akan selamat dari setiap gangguan kebatilan yang siap mengganggu dalam kehidupan ini.

Cerita mitos dan legenda Gunung Tidar ini saya dapatkan pada saat saya mengunjungi daerah kawasan Kota Magelang, Jawa Tengah dimana saya berkenalan dengan salah seorang warga masyarakat yang berjualan di daerah pinggir jalan raya Magelang - Yogyakarta pada pertengah bulan Juli 2013 yang lalu. Perkenalan singkat dengan pedagang tua sambil ditemani obrolan secangkir kopi dan jajanan pasar, dengan asyiknya sang bapak menceritakan hal ini kepada saya.

Semoga cerita mitos dan legenda dari masayakat Gunung Tidar dari kawasan kota Magelang ini dapat menambah cakrawala pengetahuan kita tentang sebuah arti yang tersirat dalam sebuah cerita mitos dan legenda yang berada di tengah-tengah masyarakat tersebut, dengan tidak menghakimi dengan sebuah pendapat dimana kita tidak mau mengerti dan menangkap maksud dari apa yang diciptakan dari sebuah cerita mitos dan legenda tersebut. Dan kita dapat menangkap dengan pandangan positif dari balik cerita mitos dan legenda Gunung Tidar ini.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

38 komentar

Hak dan batil merupakan sesuatu yang bertentangan
sesuatu yang batil selalu berusaha untuk menghancurkan sesuatu yang hak dan menguasainya

salam dari pamekasan madura

Gunung Tidar menyimpan cerita legenda dan mistis juga ya mas,,, dan itu sudah tentu menurut saya :)

Rupanya sekarang mas Indra mulai menyinggung hal-hal berbau mistis, hehehe :)
Menurut bapak Much. Choiri, redaktur 'Jurnal Sastra dan Seni' FBS Unesa, hal-hal yg berbau spiritual sangat menarik utk ditulis.
Saya pernah mencoba menulis artikel bertopik ilmu jawa. Hasilnya, banjir trafik dan pertanyaan, hehehe :)
Terakhir, banyak dicopas oleh dukun palsu di internet, hohoho ^_^

menambah pengetahuan buat saya juga pak

Benar kang, namun dengan pesan yang tersirat tersebut kita bisa mengambil makna dan maksud dari tujuan positif minimal untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Salam Wisata

Hanya mencoba sedikit mengulas jejak lama yang pernah saya geluti di website blog sebelah. Dan memang benar, tulisan seperti ini akan menjadi sasaran empuk para dukun yang mempromosikan diri di dunia internet, dan mengopasnya untuk target pangsa pasarnya. Itu sudah [ernah saya coba melalui website blog sebelah. he,, he,, he,,,

Salam wisata

Kita ambil sisi positifnya saja agar mendapat informasi baik dari cerita dari gunung tersebut.

Semoga bermanfaat dari apa yang tersirat untuk kita semua ya Mba dari setiap cerita mitos dan legenda masyarakat di setiap daerah.

Salam wisata,

Begitu ceritanya ya mas..saya malah baru tau kalau ada kyai semar justru yang bukan dari pewayangan..setau saya cuma romonya petruk,bagong,dan kang gareng

cerita mitos dan legenda yang ada mewarnai tempat-tempat wisata di indonesia, merupakan salah satu daya tarik buat para turis lokal ataupun mancanegara untuk mengunjungi tempat tersebut....sepertinya kalo nggak begitu...hambar rasanya bila mengunjungi suatu tempat tanpa mitos dan legenda... salam :-)

Benar Sob, dengan mengambil nilai posotofnya maka akan selalu dapat menciptakan harmonisasi kehidupan yang lebih indah ya.....

Salam wisata,

Kalau mau di kupas mungkin memerlukan waktu yang tidak sedikit mba, dan akan terbagi menjadi beberapa konten cerita. he,, he,, he,,,,

Salam wisata

Benar Kang, tinggal SDM para pemandu wisata saja yang harus dapat membungkusnya dengan cerita menarik dan dapat menetralisir dan melogikannya, agar para tamau wisatawan akan mendapat sebuah cerita nilai lebih dari yang lainnya. kembali kepada pelayanannya saja ko. he,, he,, he,,,,,


Salam Wisata,

Saya juga sering mendengar kisah Syeh Subakir ini Pak, yang beberapa orang ditempat saya meyakini kalo tokoh ini sebagai 'pembabat' tanah Jawa. Saya sendiri juga nggak begitu paham.
Dan setiap gunung yang ada di jawa ini sepertinya memiliki cerita yang berbau mistis ya Pak

berulang kali saya baca,tetep aja bingung mo koment apa , ,
salam kenal mass .

Benar, gunung adalah paku sebagai penyeimbang bumi, kala paku-paku tersebut di cabut, beterbangan maka terjadilah kegoncangan.

Wah, cerita legenda yang sangat menarik. Semoga Kiai Semar tidak kembali lagi ke Gunung Tidar, dan biarlah masyarakat di sana hidup damai penuh suka cita :)

Wah jadi tau nih kalau dari semua itu ada legenda di dalamnya. Informasinya sangat bermanfaat dan menambah wawasan buat generasi muda

saya senang sekali membaca cerita berbau mitos dan sejenisnya, dengan adanya mitos maka muncul yang namanya paranormal, tugasnya adalah mencermati orang orang normal alias orang waras. jadi paranormal itu sebenarnya orang tidak normal yang mengawasi orang waras/normal.
ealaah..malah melenceng..
iya kyai subakir memang menancapkan tumbal di pulau jawa entah daerah mana pak, masih simpang siur..

Di setiap gunung di setiap daerah pasti mempunyai cerita masing2 yang unik, tapi ya itulah yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Entah nyata atau mitos belaka, jangan terlalu percaya cuma menghormati saja :)

Memang benar sih pak Ies, seua gunung di kawasan daerah indonesia berbebau misitis, Dan banyak segi positis pembelajaran yang dapat kita ambil dari sertiap cerita mitos dan legenda dari sisi pesan yang tersirat.

Salam wisata,

Terimakasih atas penambahannya Kang, semoga bermanfaaat bagi para generasi muda mengartikan dalam segi positif.

Salam wisaata

Terimakash Kang, semoga merekapun dapat mememtik hal pesan intisari yang positif dari cerita mitos dan legenda masayraat ini.

Salam wisata

Hebatnya ceita dari sebuah mitos dan legenda, orang-orang tua dulu membuatnya ini sebagai sebuah pesan yang bertujuan baik, bagia anak cucu dan para generasi muda Kang. He,, he,, he,,,,


Salam wisata

Iya itulah yang menarik Mba dari sebuah nitos dan legenda dari setiap masyarakat di setiap daerah. Pasan tang terserirta di dalamnya yang jarang sekali orang dapat melihat secara positif untuk maksud dan tujuannya.

Salam wisata

Salam kenal kembali.......

Salam,

Wah .. saya yang dekat malah baru tahu mitos ini pak ...
Salam kenal .. dari Magelang..

cerita-cerita seperti ini adalah mutiara peninggalan leluhur yang sangat berharga

mbak Indah berarti suka nonton ria jenaka ya, hehehe ^_^

Benar atau tidaknya memang sebagian masyarakat sepertinya masih mempercayai mitos ini...makasih infonya

Salam kenal kembali Mas, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam wisata

Benar bang, dan yang lebih penting kita dapat menangkap dari yang tersirat dari maksud dan tujuan sebuah cerita mitos yang menjadi legenda masyarakat.

Salam wisata,

terimakasih kembali Kang, semoga cerita mitos dan legenda ini, dapat tetap dilestarikan dengan mengetahui maksud dan tujuan yang tersirat sebenarnya.

Salam wisata,

om agus ternyata suka mengamati orang tak normal ya..?
pantesan suka bener mantengin blogku :(

kita musti memahami kearifan lokal peninggalan leluhur. dibalik semua mitos pasti ada suatu pesan yang disampaikan. semua terangkai menjadi mitos karena budaya kita memang cenderung ke arah lisan dan bukan tulisan. wajar bila dalam rentang ratusan tahun ceritanya jadi berkurang atau bertambah bumbunya sehingga seringkali dianggap tak masuk akal oleh suatu generasi

pemahaman sebagian besar saudara kita masih banyak yang terpengaruh unsur ghaib. sepertinya kita tak pede berjalan diatas logika secara dominan. harus ada dorongan dari unsur yang tak terlihat dan punya kekuasaan yang maha.

bisa jadi itu trik kampanyenya syeh subakir dalam menyebarkan ajarannya. agar cepat dapat pendukung, dibuatkan kisah mistis untuk menebar ketakutan akan kembalinya pasukan jin setan marakayangan. dengan cara itu, masyarakat setempat jadi lebih getol belajar agamanya...

*sekedar opini liar aja, pak...

Itulah salah satu kelebihan dari Om Agus kang. he,,, he,,he,,,

Mantap Kang, sebuah opini yang kontra biasanya akan menimbulkan suatu terapi kejut yang mengarahkan dan menyadarkan kita akan satu titik menuju alam bawah sadar biasanya kang. he,, he, he,,,,,,

Pantesan perusahaan saya pake nama "TIDAR" ...
Ternyata mitos'y seperti itu toh..
Hi.hi..

Hebat juga ya kiai subakir bisa mengalahkan raja jin kiai semar. Kok sama-sama kiai kok perang? hehehe aneh dech :)

Tapi menarik sekali ceritanya. Saya tahunya tidar itu hanya universitas saja, ternyata ada juga ya gunung tidar hehee :D Padahal gunung nya kan kecil. Masih gedhe gunung semeru dan gunung apa disebelah nya itu hehe :D

Mungkin dapat ilham dari cerita mitos seperti ini kali ya Kang. He,, he,, he,,,

Salam

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus