PESONA KEINDAHAN GILI MATRA PULAU LOMBOK

Indonesia yang membentang di garis khatulistiwa perairan nusantara menopang aneka kehidupan hayati. Laut tropis seluas 5,8 juta meter persegi menutupi hampir 70% juta Km persegi wilayah Indonesia. Samudera itu bersentuhan langsung kurang dengan +/- 17.000 pulau besar dan kecil yang membentuk bibir pantai tropis sepanjang +/- 95.186 km persegi.

Perpaduan unik antara letaknya di pinggang bumi variasi iklim dengan interaksi lintasan arus dua samudera menjadikan bentang laut nusantara Indonesia kaya akan keanekaragaman sumber daya ikan dan lingkungannya. Ragam ekosistem bisa kita jumpai, mulai dari ekosistem pantai, muara, mangrove, laut terbuka, padang lamun, trumbu karang, hingga laut teluk.

Kedalaman laut Indonesia memendam hamparan trumbu karang yang ditempati lebih dari 500 spesies dari 70 lebih generasi trumbu karang. Taman air dangkal ini membentuk reung-relung ekologi yang didiami ratusan ikan karang, alga, krustacea, molusca, mamalia dan reptilia laut.

Komunitas biota laut dan trumbu karang ini berpadu membentuk surga bawah laut yang indah berdampingan dengan ekosistem trumbu karang terserak hampir sekitar 12 juta hektar ekosistem Padang Lamun.

Topografi dasar samudera pun tak kalah menarik, segala rupa dasar laut bisa dijumpai di Indonesia, paparan dangkal, palung laut, lereng landai hingga curam gunung api. Meski hening dan gersang laut celuk yang didiami kehidupan ekosistem laut.

Photo  :

Pulau Lombok yang merupakan sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan selat alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini berbentuk bulat dengan semacam ekor di sisi barat daya yang panjangnya +/- 70 km. Luas pulau yang mencapai 5.435 km persegi, menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di Pulau ini adalah Kota Mataram.

Sekitar 80% di Pulau Lombok adalah dari masayrakat suku sasak, sebuah suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa Bali. Kedekatan inilah yang mebuat pulau ini pada dasa warsa tahun 1990-an mulai dikenal oleh para wisatawan mancanegara. Dan pada tahun 2007 merupakan awal sektor pariwisata Lombok mulai berkembang dan daerah yang paling terkenal adalah Gili Matra.

Gili Matra merupakan 3 (tiga) pulau kecil yang berada satu garis lurus di sebelah Utara Pulau Lombok, masuk dalam Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Pulau yang paling dekat dengan Pulau Gili Air yang merupakan pusat pemerinahan dari Desa Gili Indah, disusul dengan Gili Meno dan yang terjauh adalah Desa Gili Trawangan.

Untuk mencapai ke 3 (tiga) daerah Gili tersebut dapat melalui beberapa alternatif jalan, apabila kita dari arah Mataram dapat melalui dua jalur arah, yaitu ; bisa dari arah Senggigi dengan pemandangan pantai dan laut dihiasi dengan barisan pohon kelapa yang sangat indah nan menawan. Bisa juga dari arah Usuk dengan kesejukan rindngan pohon-pohon disepanjang jalan yang dihiasi oleh ratusan satwa monyet liar, kedua arah tersebut berujung pada wilayah Pemenang.

Sampai di Pemenang penulis masih melanjutkan perjalanan +/- 1 km lagi untuk bisa sampai di Bangsal. yaitu sebuah pelabuhan kecil mungil  yang berada di barat laut Lombok sekitar. Pelabuhan inilah yang merupakan tempat untuk melanjutkan perjalanan penulis bersama rombongan menuju Taman Wisata Perairan Gili Matra.

Photo :

Setiap sudut di Bangsal terlihat hiruk pikuk orang dengan kesibukannya masing-masing seperti para wisatawan yang mengantri untuk naik kapal perahu, pedagang kaki-5 yang menjula cindera mata, para buruh yang memanggul barang kebutuhan rumah tangga, nakhoda kapal yang saling berebut penumpang, dan masih banyak kegiatan lainnya yang dilakukan oleh masyarakat di sekitaran pelabuhan dari pemantauan mata penulis di lokasi.

Biaya yang dibutuhkan untuk mencapai ke Gili tidaklah mahal, harga terjangkau dan dapat dilihat tarifnya pada papan informasi yang ada di loket penjual tiket kapal. Namun, bila kita menggunakan sistem publik, jangan heran kalau penumpangnya berdeak-desakan dan diangkut bersama bahan makanan dan juga sayur-sayuran. Maklum saja ketiga pulau terebut adalah pulau kecil dengan jumlah pengunjung yang banyak. Jadi untuk memenuhi kebutuhannya masih dipasok dari pulau induk yaitu Pulau Lombok.

Kawasan Gili Matra merupakan salah satu daerah primadona wisata di Kabupaten Lombok Utara, dengan wisata bahari sebagai atraksi wisata andalan di kawasan daerah ini. Kawasan ini juga terkenal dengan pantai pasir putihnya. Kondisi laut yang jernih dengan berbagai jenis ikan serta keanekaragaman trumbu karang khususnya dari trumbu karang biru atau "blue corel".

Photo  :

Jenis atraksi wisata yang memungkinkan untuk dapat di lakukan antara lain menyelam, snorkeling, memancing, berjemur dan berpetualang dengan menggunakan parahu kaca. Jika beruntung pada saat melakukan penyelaman, kita dapat melihat dan memegang penyu yang telah akrab dengan para penyelam. Hal inilah yang menajdi salah satu daya pikat para wisatawan domestik dan mancanegara untuk menikmati liburan di pantai Lombok Gili Matra.

Gili Air adalah Gili yang terdekat dari Lombok. Hal ini juga yang menyebabkan paling padat penduduknya, dan kita akan banyak menemukan tumbuhan pohon dari pada di daerah Gili yang lainnya. Penduduk di daerah Gili Air bersala dari suku Sasak, Mandor, Bugis, dan Makasar. Di daerah kawasan Gili Air ini kita akan menemukan budaya yang unik dan berbeda dari budaya Lombok. Mata pencarian masyarakat yang bermayoritas adalah nelayan, petani serta pembuat perahu.

Keragaman masyarakat Pulau Gili Air Lombok yang berjumlah +/- 1.000 jiwa. Dan sebagian besar akomodasi di wilayah ini dikelola oleh penduduk lokal. Sementara beberapa hotel kelas atas dikelola oleh investor asing. Dan hanya ada beberapa hotel mewah kelas atas yaitu kamar dengan AC, kolam renang, TV dan lain-lain di wilayah Gili Air ini.

Sebagian lokasi tempat tinggal di Pulau Gili Air ini terletak di daerah sisi selatan, barat dan timur pulau. Pulau yang terlihat dengan tenang dan santai, sehingga membuat pulau ini sangat populer di kalangan pasangan untuk menikmati bulan madu para wisatawan yang membutuhkan wilayah yang tenang dan indah.

Setelah menikmati panorama keindahan alam di wilayah Gili Air, penulis bersama rombongan bergeser menyeberang ke wilayah Pulau Gili Trawangan, yaitu sebuah pulau yang termasuk ke salah satu deretan 3 (tiga) pulau Gili Matra di Lombok.

Gili Trawanga sekilas wilayah ini sama dengan Pulau Gili Air, keadaan oceanografi dengan pantai yang datar dan berpasir putih membuat penulis seolah-olah masih berada di wilayah Pulau Gili Air. Namun perbedaan yang menonjol di wilayah Gili Trawangan ini dengan Gili Air adalah luas daerah wilayahnya. Karena Gili Trawangan merupaan pulau terluas di bandingkan dua pulau lainnya, yaitu Gili Air dan pulau Gili Meno.

Photo  :

Adat isitiadat budaya di daerah Gili Trawangan masih banyak dipengaruhi oleh budaya Bugis dari Sulawesi Selatan, karena sebagian besar atau sekitar 75% penduduk Desa Gili Trawangan berasal dari Suku Bugis. Selain itu juga di wilayah ini terdapat suku sasak, Bali, Jawa dan juga Madura.

Dominannya orang-orang Sulawesi yang berdomisili dan menjadi penduduk di daerah desa ini adalah mereka yang pertama kali mendiami pulau ini, sehingga tokoh-tokoh masyarakat yang berada di daerah ini berasal dari keturunan Suku Bugis. Dan masyarakat daerah ini sangat menjunjung tinggi peraturan yang akan dibuat dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari.

Hamparan luas area Taman Wisata Perairan yang terdapat di 3 (tiga) Gili ini pada dasaranya salah satu usaha pengembangan sektor bahari di kawasan konservasi perairan wilayah Indonesia yang bertujuan untuk kepentingan wisata perairan dan rekreasi. Yang dilatar belakangi oleh adanya harapan sektor kelautan yang dapat berberan sebagai penggerak roda perekonomian nasional, serta mampu menjadi pondasi ekonomi yang berbasis pada keunggulan komperatif yang berakar pada ekonomi kerakyatan.

Selain itu pengembangan wisata bahari yang diharapkan dapat menjaga sumber daya alam dan mempunyai efek positif bagi masyarakat daerah setempat, serta menjadi sumber devisa negara. Dimana keberadaannya harus berpegang kepada prinsip dasar untuk pengelolaannya, yaitu perlindungan, pelestarian, serta pemanfaatan yang bermaksud segala macam bentuk kegiatan yang dilakukan dalam kawasan Taman Wisata Perairan harus bisa melindungi dan melestarikan segala macam bentuk sumber daya alam yang ada terasuk flora dan faunanya.Yang pada akhirnya, segala bentuk pemanfaatan dari Taman Wisata Perairan ini mempunyai nilai tambah bagi masyarakat setempat sehingga, apa yang dilakukan oleh masyrakat berujung kepada kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Bagi sahabat yang akan menikmati liburan bersama keluarga atau pun pasangan, penulis sarankan agar memilih pulau Gili Meno yang tenang dan damai. Pesona keindahan alam di pulau ini sangat romantis dan dapat memberikan suasana tenang bersama pasangan. Anda dapat melihat daftar Hotel di Gili Meno

Di bawah ini penulis lampirkan sebuah formulir pemesanan hotel on line khusus di Desa Gili Meno. Anda dapat memilih hotel dengan perbandingan harga yang cukup murah. Banyak ragam fasilitas dan sarana yang ditwarkan pada setiap hotel yang terdapat di Desa Gili Meno ini, salah satunya hotel khusus para backpacker yang terdapat di Gili Meno, Lombok.


Dan untuk pemesanan tiket pesawatt menuju Bandara Internasional Lombok, Anda dapat memesan tiket pesawat terbang melalui formulir pemesanan tiket online di bawah ini secara online yang akan membantu Anda untuk menemukan penerbangan menuju Bandara Internasional Lombok.

Semoga informasi yang penulis berikan ini, dapat mewakili keindahan pesona alam dan postensi daerah Lombok, dengan fasilitas pemesan hotel maupun penginapan yang dapat membantu para sahabat untuk memilih hotel atau pun penginapan dengan berbagai bentuk ragam sarana yang ditawarkan di dalamnya. Di mana di kawasan ini anda dapat menikmati keindahan senja di Gili Matra Pulau Lombok bersama keluarga dan para orang-orang yang anda sayangi. Semoga semua ini dapat memberikan gambaran kepada para sahabat untuk melakukan perjalanan tempat romantis wisata ke Pulau Lombok.



Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

50 komentar

Saya cuman punya kaosnya aja nih Lombok

Yang penting kalau mau ke Lombok tidak perlu pasport Kang. He,,, he,,, he,,,

Salam wisata

ketiga gili itu indah semua ya

Hi mas/mbak, blog dan tulisannya nya bagus.., aku info buat ajak ikutan kompetisi blog, caranya gampang cuma masukin banner aja, kesempatannya banyak buat dapetin hadiah, Infonya klik aja di http://bit.ly/1b5TwGW

indah pemandangannya sob

Yes Mba,,,,,, akan membuat hati ini merasakan surga di belahan dunia nusantar Indonesia yang tidak di miliki di wilayah yang lainnya.

Salam wisata

katanya sih gambaran suasana surga itu tumpah di lombok ya kang

Terimakasih atas kunjungan dan apresiasinya.

Salam wisata

Salah satu kelebihan yang bisa kita dapatkan di ke tiga pulau tersebut SOb.

Salam wisata

Yang kita sudah diketahui halayak umum sih bukan hanya Lombok saja Kang, namun di Indonesia gudangnya pesona alam dan budaya bagai penjelmaan dunia lain yang selalu menawarkan keharmonisan kehidupan. Kalau bukan anak-bangsa Indonesia yang menjaga dan melestarikannya siapa lagi Kang. He,,,, he,,, he,,,,


Salam wisata

Paswoed Aja ya Bang :P sama hepeng yang tebal :(

he,,,,, he,,,,, he,,,,, jangan hepeng monopoli ye bang.

terumbu karangnya. Eksostis sekali.

Iya Kang, dapat membuat setiap mata yang memandangnya dari dekat menjadi terpukau akan keindahannya.

Salam wisata

Pengen juga merasakan sensasi menyelam sambil melihat terumbu karang. Oke juga buat petualangan bawah laut ya kak :-)

Iya Sob, sekali-sekali boleh juga di coba untuk menikmati sensasinya.

Salam wisata

kayaknya aku musti cari kerjaan disana kalo pengen puas jalan jalan di lombok
banyak lokasi eksotiknya ya, pak..?

dari ketiga gili itu...belum ada satupun yang saya kunjungi, padahal saya sudah melihat dari kejauhan....mungkin lain kali bila saya ke lombok lagi...:-)

Memang spesialis dalam dunia wisata ya sob. Baca sana-sini kok isinya wisata semua. Konsepnya mantep :-)

Iya mas di Lombok banyak kawasan eksotiknya, tapi kalau ngomong-ngomong cari kerja di sini khusus mas Rawin malah bingung loh kang. He,,, he,,,, he,,,,

Salam wisata

Sip Kang Har, bisa menikmati liburan dengan santai di sini.

Salam wisata

Terimakasih atas kunjungan dan apresiasinya Sob.

Salam wisata

Dr dulu pengen ke Lombok tp gak pernah keturutan... :(

Pulau lombok emank surganya wisata nih..

Semoga suatu hari bisa sampai di Lombok ya Sob.

Salam wisata

Terimakasi atas apresiasinya Sob,

Salam wisata

Berkunjung silahturrahmi sob :)

Tiap kali mampir ke mari, pengennya liburan terus deh Pak Indra..Gili Matra ini sungguh eksotis..

keren2 banget gan .. jadi pengen ke sanah.. tapi jauh :(

ada tambahan list tempat untuk d kunjungi nih... tq 4your post... suatu saat insy take a walk on there...

Wau,,,,,, kayanya Gili Matra memiliki pesona daya pikat tersendiri ya Mba Evi. Tidak akan pernah bosen bila sudah menginjakan kaki di wilayah itu. He,,, he,,,, he,,,,

Salam wisata

Yuk ke lombok.

Salam wisata

Amiiiin..... wah rugi lo kalau tidak sampai di tempat ini.

Salam wisata

Terimakasih atas kunjungannya Sob.

Salam wisata

salah satu tujuan wisata yang ada dalam agenda keluarga adalah Lombok. Sebab sodara-sodara udah banyak yang kesana dan panoramanya masih banyak yang alami.
Saya juga penasaran pingin nyelam Pak Indra.

Wah asyik tuh Pak Ies, kalau ke Lombok bisa menyelam menikmati panorama trumbukarang blue corel yang merupakan trubu karang biru terindah ke 2 didunia yang terdapat di Gili Meno, Lombok setelah Caribia. Indah sekali pak Ies. Semoga suatu saat bisa kesampaian bila ke Lombok ya Pak Ies.

Salam wisata

sama-sama Sob.

Salam wisata

Lombok di kenal dg pemandangnan wisata lautnya...kapan ya bisa ke sana :)

lombok mmg menyenangkan.. bulan lalu, kami sekeluarga ke sana. nyesel, bermalamnya nggak di gili trawangan :D

terumbukarangnya masih keliatan alami ya pak. thanks sharenya

pemandangan lautnya bagus sekali, jadi pingin kesana tp sayang berat diongkos...heheee

iya yah susah...
blogger ga buka cabang di lombok keknya
pernah sih ada yang ngajakin ke newmont
tapi gagal kebentur ijasah :(

Benar Kang, masih banyak pemandangan alam yang masih perawan dan alami di sana yang akan membuat diri kita takjub.

Salam wisata

Besok-besok kalau kembali lagi ke Lombok, bisa mampir ke sini lagi ko Sob. Semoga bermanfaat.

Salam wisata

Benar pak, masih alami. Dan senang melakukan penyelaman di daerah sana dengan instruktur yang profesional.

Salam wisata

Mudah-mudahan suatu hari bisa ke lokasi ini ya Mba bersama keluarga. Amiiiin.....

Salam wisata

Sebagai negara kepulauan keindahan pantai2 di Indonesia jelas nggak ada matinya, apalagi Lombok. Pengen banget aku kesini, nabung2 dulu nih... moga2 bisa segera mendarat disana aminn :)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus