SENDANG SEDAYU DIENG SENDANG KUNO PERADABAN HINDU

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/08/sendang-sedayu-dieng-sendang-kuno.htmlSendang Sedayu Dieng merupakan objek wisata yang berbentuk sumur yang berlokasi di dataran tinggi Dieng, tepatnya di sebelah utara area Darsamala Dieng. Lokasinya tidak jauh dari komplek Candi Arjuna Dieng, yang berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dari informasi yang penulis dapatkan di lokasi. Sendang Sedayu Dieng memiliki peran penting dalam acara budaya Dieng, yaitu sebagai media penjamasan terhadap anak-anak penduduk asli Dieng yang berambut gembel, sebelum rambutnya di potong.

Sendang Sedayu atau Sendang Maerokoco memiliki bentuk persegi empat yang dikelilingi oleh tumpukan batu yang tertata rapih di pinggirannya, dan merupakan salah satu mata air kuno.

Sendang Sedayu memiliki air yang jernih, dan kedalamannya +/- 3 meter, serta tidak pernah mengalami kekeringan pada musim kemarau. Hal ini disebabkan di area sekeliling Sendang Sedayu yang berlokasi di dataran tinggi dan dikelilingi tumbuhan pepohonan dan lahan perkebunan sebagai resapan air.

Sendang Sedayu keberadaannya sudah ada pada masa peradaban Hindu dulu; dan dijadikan bagian dari sarana fasilitas persiapan para perziarah untuk membersihkan diri sebelum melakukan kegiatan ritual upacara keagamaan di komplek Candi Dieng.

Bagi para sahabat atau para pecinta Ejawantah Wisata yang akan mengunjungi objek wisata Dataran Tinggi Dieng, kita dapat menemukan dengan mudah lokasi Sendang Sedayu ini. Sebelum mengarah ke area komplek Candi Arjuna lokasi Sendang Sedayu berada di sebelah kanan dari pintu gerbang masuk komplek Candi Arjuna Dieng.

Dari objek wisata Sendang Sedayu ini rekan-rekan dapat menikmati keindahan sebuah situs bangunan candi bersejarah di dalam Komplek Candi Arjuna dengan mengunjungi Candi Semar, Candi Arjuna, dan candi-candi lainnya di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Semoga pengalaman perjalanan wisata penulis bermanfaat untuk para sahabat dan rekan Ejawantah wisata untuk mengenal tempat wisata Dieng Plateua yang salah satunya salah Sendang Sedayu


Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus