FENOMENA KATEDRAL TERBUAT DARI BATU LAHAR DI PERANCIS

Berkunjung ke negara Perancis bukan saja kita hanya mengunjungi sebuah negara yang bernuansa romantis dan  terkenal dengan sebutan salah negaa modis. Salah satu sudtut kota Clermont di Prancis kita akan menemukan sebuah situs bangunan unik dan bernilai seni tinggi.

Secara georafis letak kota Clemont dikelilingi oleh rantai gunung berapi yang masih aktif terbesar di Eropa, dan menjadi salah kota kunjungan wisata di Prancis, dimana kota ini juga terdapat bangunan-banguan yang terdiri dengan menggunakan bahan dasar batu vulkanik.

Dimana di Kota Clemont-Ferrand Perancis kita akan menjumpai situs bangunan gereja unik bernama La Cathedrale de Notre-Dame de I'Assomption, dimana masyarakat setempat dan paa wisatawan sering menyebutkan bahwa bangunan Katedral Clemont-Ferrand ini dikontruksikan dari batu lahar hitam.

Dari catatatan sejarah narasumber pembangunan katedral ini dimulai pada tahun 1246 di bawah Uskup Hughes de la Tour, seorang teman dari Raja Saint Louis. Usia tua Katedral Romanesque tidak dimusnahkan, namun secara bertahap digantikan oleh bangunan Gothis sehingga pelayanan ibadah dapat terus berlangsung. Gereja Katedral ini dirancang oleh arsitek Jean Deshamps, Katedral Clemont baru model setelah katedral Gothic besar utara Perancis.

Sebuah bangunan gereja Katedral dengan pilar-pilat tinggi yang membentuk lengkungan menyempit, dengan kapel-kapel lebar yang sejajar di ruang paduan suara sekitar sisi dalam katedral. Pemandangan interior yang unik dan bernilai seni tinggi terlukis dalam jendela-jendela kaca patri yang disertai lukisan-lukisan dinding bergaya gotik.

Di dalam Gerje Katedral Clemond -Ferrand para pengunjung dapat menemukan ruang bawah tanah yang berasal dari abad ke-10 di bawah lantai paduan suara. Dimana di ruang bawah tanah ini juga terdapat lukisan dinding yang berasal dari abad ke-13, dan dindingnya di cat dalam gaya romawi, yang menggambarkan sebuah adegan dari kelahiran dan pelayanan Kristus.

Gereja Katedral ini merupakan satu-satunya bangunan yang tersisa dari Katedral Romawi sebelumnya. Di dalamnya terdapat 2 sarkofagus indah yang berasal dari awal munculnya Kristen Clemont., yang masing-masing sakofagus berasal dari abad ke-4 dan abad ke-5. Dan bangunan Gereja Katedral ini didirikan melanjutkan sisa-sisa struktur bangunan  katedral Romawi sebelumnya.

Sebuah nilai seni arsitektur perpaduan kreatifitas manusia dan alam bernilai seni tinggi. Semoga artikel ini dapat menambah refrensi untuk daftar objek perjalanan wisata para sahabat dan pecinta Ejawantah Wisata yang akan melakukan perjalanan menuju Perancis. Semoga bermanfaat.


Salam wisata,

Sumber :
Sacred Destination





Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

6 komentar

wow perancis mungkin harus nabung dulu berapa tahun nih Pak baru bia kesana

informasi menarik, biar nambah pengetahuan jg

andesit termasuk batu lahar kan..?
berarti banyak dong bangunan batu lahar di kita juga

Iya, Kang. Malah lebih bergaya unik kalau di Indonesia. Hanya saja dalam penggunaan bahasanya lebih mebuat orang terlihat spektakuler.

Salam Wisata

Nanti Kang, nunggu menang kontes kalau kita ke sana.

Salam wisata

Sip kang, terimakasih atas kunjungannya.


Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus