PESONA MUSEUM NASIONAL BAGAI ATMOSFER SEJARAH INDONESIA


Museum Nasional  sering kita sebut dengan Museum Gajah. Dikarenakan dihalaman depan museum ini terdapat patung gajah yang terbuat dari perunggu. Patung gajah yang terletak di halaman Museum Gajah merupakan salah satu hadiah pemberian hadiah kenang-kenangan dari Yang Mulia Somdej Praparamintrama Chulalangkorn dari Thailand yang pada waktu itu diberikan kepada pemerintahan Batavia, pada saat melakukan kunjungan pertamanya ke Indonesia (9 Maret - 15 April 1871).


Dari catatan sejarah informasi yang penulis dapatkan. Gedung Museum Nasional Indonesia dibangun pada tahun 1862. Dan pembangunan ini memang sejak awal dirancang untuk dijadikan museum. Museum Nasional Indonesia tersimpan koleksi milik Bataviaash Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, yaitu sebuah lembaga independen pembentukan pemeintahan Belanda yang memiliki misi memajuka penelitian di bidang seni dan ilmu pengetahuan.

Dan bangunan Museum Nasional Indonesia resmi berfungsi sebagai museum pada tahun 1868. Sebenarnya cikal bakal Museum Nasional sudah ada sejak Bataviaash Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (perkumpulan Kerajaan Batavia tentang seni dan ilmu pengetahuan) didirikan pada tanggal 24 April 1778 oleh pemerintah Belanda di Jalan Kalibesar beserta dengan koleksi buku dan benda budaya yang kemudian menajadi dasar untuk pendirian Museum Nasional Indonesia, dan berubah nama menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia (LKI) pada bulan Januairi 1950. Dan pada tanggal 17 Setember 1962 LKI mewariskan pengelolaan museumnya kepada pemerintah Indonesia.

Photo  :

Pada masa pemerintahan Raffles pada tahun 1811 -1816, Museum Nasional ini sempat dipindah ke bangunan yang sekarang berada di Jalan Majapahit No. 3. Setelah kolekasi memenuhi museum, pada tahun 1862 Gubernur Jendral JCM Radermacher memerintahkan pembangunan gedung baru di Jalan Merdeka Barat No. 12, yang sekarang dikenal dengan nama Museum Nasional.

Hadir di Museum Nasional Indonesia kita dapat menyaksikan sebuah fenomena bangunan megah yang tua. Namun, selalu menyinari atmosfer cahaya yang membuat kagum bagi para pengunjungnya yang dapat mengambil ilmu dari kunjungan di museum ini. Bangunan yang mengagumkan, dan jumlah koleksinya paling banyak di antara seluruh museum yang ada di Indonesia.

Photo:

Kini Museum Nasional memiliki dua unit gedung megah, dan telah berhasil menyelamatkan 142.000 koleksi. Seluruh koleksi yang memiliki nilai edukatif kultur yang berada di Museum Nasional ini terbagi menajdi 7 jenis dan ditata sedemikian rupa serta terklarifikasi menurut tema yang ada.

  1. Yang pertama adalah koleksi Prasejarah. Dimana kita akan diajak masuk menikmati atmosfer masa-masa ketika manusia belum mengenal tulisan. Koleksi yang ada disini antara lain ; kendi, kelang, tenkorak homo erectus, dan bejana.
  2. Kita akan menikmati koleksi arkeolgi yang meliputi arca, peralatan upacara, perhiasan, dan prasati.
  3. Kita akan menemui koleksi keramik yang kebanyakan berasal dari China.
  4. Kita akan menikmati koleksi Numismatik dan Heraldik yang terdiri atas medali dan mutu uang yang pernah berlaku pada zaman kerajaan serta masa penjajahan.
  5. Kita akan menikmati koleksi Etnografi. Dimana diruang ini kita akan disuguhkan benda-benda adat dari daerah-daerah di nusantara ini yang menampilkankeragaman akan kekayaan bangsa. 
  6. Kita akan memasuki ruang Geografi, dan
  7. Barulah kita akan memasuki ruang sejarah yang menampilkan perabot-perabot rumah.

Tidak semua koleksi yang dimiliki Museum Nasional Indonesia ini dipamerkan. Dari total 142.000 koleksi yang dimiliki museum ini, hanya sekitar 30 persen saja yang dapat dinikmati oleh para pengunjungnya. Seluruh tema koleksi yang diusung di Museum Nasional Indonesia telah mengerucut menjadi tema besar yang memberi pesan bahwa Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat luar biasa.

Photo  :

Benda-benda koleksi yang berada di Museum Nasional merupakan benda yang didapat dari penggalian arkeologi, hibah kolektor sejak masa Hindia Belanda dan juga dari pembelian. Koleksi keramik dan koleksi etnografi Indonesia di Museum Nasional ini merupakan yang terbanyak dan terlengkap di dunia. Museum Naional juga merupakan museum pertama dan terbesar di Asia tenggara

Museum Nasional merupakan informasi penting bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia dari masa ke masa. Sangat disayangkan bila kita mengunjungi Ibu Kota Jakarta namun kita tidak menyempatkan diri untuk menuju ke Museum Nasional. Selain tempatnya yang asri, banyak sekali ilmu yang akan kita dapat bila kita menyempatkan diri untuk mengunjungi Museum Nasional ini


Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus