WISATA BUDAYA ANGKLUNG SEBUAH PESAN

Berbicara mengenai wisata budaya daerah, wisata budaya nasional, dan wisata budaya global banyak kita akan menemukan versi pendapat dari para pencetus dan penggagas konsep seperti wisata budaya ini. Inti dari wisata budaya itu sendiri merupakan pengenalan suatu jati diri bangsa yang terdiri dari sekelompok manusia yang disatukan dalam suatu wilayah yang senantiasa berproses, berkembang, bahkan melakukan suatu perubahan.

Wisata budaya merupakan salah satu perjalanan wisata yang memiliki konsep edukatif tentang suatu tradisi dan kesenian budaya suatu daerah. Dalam hal ini kita dapat mengunjungi suatu tempat pembinaan khusus kesenian tradisional di salah satu wilayah yang terdapat di daerah Bandung, Jawa Barat, Indonesia, yaitu pusat pembinaan dan pengembangan alat musik tradisional "angklung", dimana angklung yang dikenal sebagai alat kesenian tradisional dari negeri Pasundan Jawa Barat, Indonesia.

Pengalaman menarik pada saat penulis hadir bersama para peserta wisata ke salah satu pusat pembinaan kesenian tradisional angklung di wilayah Bandung, Jawa, Barat, Indonesia. Dimana kita dapat melihat dengan jelas sisi-sisi penggalian dan pengkajian peningkatan dalam peragsangan kreativitas terbentuk dalam suatu fenomena aura unik yang sangat mengasyikan untuk di lihat, disentuh, dimainkan, dan dirasakan

Infromasi yang penulis dapatkan dari hasil pertemuan dengan beberapa rekan budayawan dan kreatifitas seni dilokasi, bahwa suatu pembangunan di bidang kebudyaaan dapat dikatakan berhasil apabila suatu daerah dapat memperlihatkan perubahan peningkatan mutu dan jumlah, baik pada karya-karya budaya yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakatnya.

Wisata budaya secara umum yang bertujuan sebagai penyembatan pendekatan masyarakat antar bangsa, baik dimensi kultural maupun kemanusiannya, sudah barang tentu dari segi penyelenggaraan dunia pariwisata hal tersebut sangat penting bagi beberapa kalangan dan golongan, terutama bagi pecintai dunia budaya tradisional Indonesia.

Dari konsep wisata budaya yang penulis perkenalkan melalui website blog Ejawantah Wisata penulis berharap agar tumbuh suatu pemahaman diantara kita mengenai berbagai budaya tradisi yang dimiliki bangsa Indonesia yang dapat menumbuhkan apresiasi, yang kemudian menjadi sebuah toleransi, yang pada akhirnya tercipta suatu keindahan hidup damai dengan beragam tradisi dan budaya yang selalu terjaga dan terlestarikan di tengah-tengah masyarakat kita dan masyarakat internasional.

Dengan wisata budaya kita akan mengenal lebih dekat sebuah seni dalam tradisional budaya masyarakat suatu daerah tertentu lebih dekat. Sebuah pesan yang penulis terima dalam melakukan perjalanan wisata budaya kali ini. 

Mengenal dan mengingat lebih dekat kesenian tradisional Bangsa Indonesia dari sebuah alat kesenian tradisional angklung yang terbuat dari bambu membuat kita lebih tahu banyak arti dari sebuah pesan......


Dengan Alam mereka bisa bertahan.....
Dengan Alam mereka dapat bersinergi......
Denagn Alam mereka dapat berkarya, dan
Dengan Alam mereka pun dapat berinovasi......


"Karena Alam hanya dapat bersinergi dengan kita yang tidak mengenal pantang menyerah, dan
 tidak akan pernah mengkhianati doa kita sendiri".




Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca setia dan sahabat Ejawantah Wisata dalam melakukan program perjalanan wisata bersama kerabat, serta orang-orang yang Anda sayangi.


Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

46 komentar

Kita memang harus harus melestarikan budaya asli bangsa kita tercinta sobat... karena bila bukan kita siapa lagi.
Karena bila tidak dilestarikan anak-anak kita nantinya 10-20 tahun hanya akan mengenal angklung hanya sebatas sejarah saja

Benar sekali Kang, dan masih banyak potensi kesenian tradisional di daerah Indonesia yang dapat diangkat dan diperkenalkan dengan sudut pandang dari para netter untuk memperkenalkan dan mengangkat suatu nilai tradisi bangsa Indoensia di setiap daerahnya.

Sukses selalu
Salam Wisata

<' si . si . si 
^p tempat wisata yang bagus :)

Terimakasih Mba, semoga dapat memberikan inspirasi daerah lain untuk dapat mengembangkan potensi kesenian tradisional sebagai citra jati diri daerah setempat dalam melesarikan dan mengembangkan kesenian tradisional Indonesia.

Sukses selalu
Salam Wisata

bagus blognya, semangat melestarikan indonesia . .

Beberapa kali melihat penayangan wisata angklung saung ijo (bener nggak sih Pak ) ternyata memang benar, dengan pengelolaan yang serius dan profesional bisa menjadi obyek wisata budaya yang sangat menarik da bahkan dengan itu bisa menumbuhkan kecintaan anak bangsa terhadap buadaya asli.

Saya mengenal angklung sejak MTs, pak. Pertama tahu pas lihat thek2 di alun2 Banjarnegara. :)

Sepertinya guru2 sekarang sudah jarang mengenalkan alat kesenian ini, Pak. *di daerah saya*.

Komennya pake moderasi ya, Pak? :)
Tes komen. :D

harusnya musisi sekarang mau memasukan unsur etnik seperti yang dilakukan jaduk ferianto dkk biar kesenian tradisional tidak hilang ditelan jaman.
payahnya anak sekarang lebih suka memasukan unsur asing...

Memang angklung harus dan wajib kita lestarikan dan jangan sampai luntur atau tidak ada lagi yang tahu cara menggunakan angklung,apalagi dijaman sekarang ini semua sudah pada melupakan alat musik angklung.

Saya dulu waktu ikut International Youth Conference tahun 2009 sempat mampir di padepokan Angklung Saung Udjo atau Mang Udjo.

Bahkan saya dan kawan kawan (ratusan jumlahnya) berlatih bersama dengan mereka. Wih seru. Pulangnya kami masing masing dapat 1 buah angklung, Saya dapat yang nada C :)))

dulu waktu SD angklung itu jadi pelajaran wajib.. Makanya terkenang bgt sy sm angklung.. :)

Wah.... pasti seru tuh Kang. Apalagi dapatnya nada C. Yang selalu dimainkan angklungnya. He.....x9

Sepengalaman saya, wisata budaya bila dilakukan dengan tepat dan pas, pastinya selalu membuat kesan dalam hati dan ingatan kita.

Semoga hal ini dapat dicontoh dengan saudara-saudara kita di lokasi daerah lain ya Kang. Biar kita lebih kental dengan tradisi dan budaya kita sendiri dalam mengangkat citra kehidupan masyarakat Indonesia di dunia Internasional.

Sukses selalu
Salam Wisata

Terimakasih atas kunjungannya ya Sob.

Sukses selalu
Salam Wisata

Benar Pak Ies, Semoga akan banyak lahir rumah atau pun saung kesenian tradisional yang dapat mengangkat citra kesenian budaya bangsa Indonesia di setiap daerah.

Karena hal seperti ini msayarakat dunia internasional merasa tertarik untuk menganl lebih dekat dan belajar kesenian budaya Indoenesia.

Sukses selalu
Salam Wisata

Semoga dengan artikel ini disertai video profile yang saya buat. Dapat menjadi suatu ilham yang baik dalam memancing kreatifitas lebih inovasi lagi bukan hanya para guru, tapi kita semua untuk dpat mengangkat potensi kesenian Indonesia di setiap daerah dari sudut kaca mata blogger travelling.

Sukses selalu
Salam Wisata

Iya Mba, agar bisa lebih selektif dalam membangun komunikasi di website blog ini. Terutama bagi ang hanya meninggalkan komen untuk hanya sekedar promosi produk dan jasa mereka saja.

Maaf sebelumnya untuk ketidak nyamananya Mba. Biar rapih dan lebih terlihat komunikatif yang benar. Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya kepada para sahabat admin webmaster yang lainnya.

Sukses selalu
Salam Wisata

Yuk, kita mulai dari diri kita sendiri untuk dapat memperkenalkan dan mengangkat budaya dan tradisi Indonesia Kang. Sebab sebenarnya generasi muda itu bila diarahkan dan dibendung dengan segala tradisi yang inovasi mereka dengan sendirinya juga dapat mencintai tradisi dan kesenian tradisional Indonesia lebih dari budaya luar masuk Ko.

Dan hal ini sduah mulai dilakukan oleh beberapa pihak TV swasta yang ikut dengan gencar memperkenalkan tradisi dan kesenian daerah yang ada di Indonesia.

Sukses selalu
Salam Wisata

Bukan hanya angklung saja Sob, dan masih banyak alat kesenian tradisional yang harus kita angkat dan perkenalkan di dunia internasional dengan segala keunikan dan eistimewahannya.

Semoga hal ini dapat dicontoh oleh saudara-saudara kita dan kerabat yang ada di daerah sebagai pelaku seni kesenian tradisional untuk dapat melakukan kreatifitas yang inovasi dalam memanagemant dengan baik dan profesional.

Sukses selalu
Salam Wisata

Benar Mba, apa lagi bila kita bisa memainkannya dengan membawakan beberapa lagu.

Semoga kita dapat mengarahkan anak-anak untuk dapat mengenal dan tahu dengan denuia kesenian tradisional Indonesia.

Sukses selalu
Salam Wisata

Benaar Mba, Siapa lagi kalau bukan kita ?

Sukses selalu
Salam Wisata

kita harus mencintai budaya kita sendiri nih :)

Benar Sob, siapa lagi kalau bukan kita yan mencintai an melestarikan udaya bangsa Indonesia.

Sukses selalu
Salam Wisata

Ini di Sawung Mang Ujo ya Pak Indra? Aku suka sekali pada wisata budaya. Dan mendengar angklung termasuk yg saya suka. Ngademin hati soalnya...

keliatan banget nih isi tulisannya dibikin oelh penulis profesional, hehe...begitu lengkap, informatif dan s.e

perasaan kenal tempatnya tuh Mas..
Di Saung Udjo ya !!

seiring dengan perkembangan zaman, kolaborasi antara musik tradisional dan modern agaknya memang perlu dilakukan terus secara inovatif dan kreatif agar generasi muda sekarang tdk lupa akan keagungan nilai musik tradisi, termasuk angklung.

semoga angklung tetap lestari sebagai salah satu warisan budaya leluhur bangsa :)

ah, saya taunya angklung ya pas TK dulu pak, hehe... ssampai saat ini blm pernah liat lagi :(
salam

Benar Mba, kebetulan pada saat berkunjung ke Bandung dan mengantar wisatawan untuk mengenal lebih dekat dengan budaya negeri Pasundan Indonesia.

SUkses selalu
Salam WIsata

Bisa saja Sob. Bila sering menulis maka kita akan terbiasa dan terlatih ko. He....x9

Sukses selalu
Salam Wisata

Dikampung halaman ya Kang ? he....x9

Sukses selalu
Salam Wisata

Benar Pak, dan bukan saja untuk generasi bangsa Indoesia. Tapi juga untuk memperkenalkan kepada dunia Internasional bahwa angklung bukanlah alat musik yang kuno dan ketinggalan jaman.

Sukses selalu
Salam Wisata

Kalau bukan anak bangsa Indonesia siapa lagi Kang ? Semoga semakin dapat memberikan motifasi dan inspirasi buat padepokan kesenian tradisional daerah lainnya bagi para pelaku seni.

Sukses selalu
Salam Wisata

Minimal pernah dan dapat memainkan alat musik angklung ya Kang ? he....x9

Sukses selalu
Salam Wisata

pak,pada video angklung diatas bagus juga,tapi suara soundnya kurang jernih....hehe.
maaf sok komplen saya nya....hehehe,salam sukses untuk ejawantah wisata.

semoga angklung bisa mendunia lagi, oh ya, kalo ga salah pemecahan rekor dunia bermain angklung ada di Amerika, ngarepnya sih juga bisa dipecahin di Indonesia agar yang kenal angklung cuma bukan orang luar, tapi kita sebagai rakyat indonesia tau lebih banyak dari mereka

Saya taunya angklung yang bisa di sayur oseng-oseng pedas.. ueenaak :D

di daerah ane "Banyuwangi" juga ada kesenian angklung gan

Angklung ini mempunyai suara yang bagus sekali, apalagi bila berharmonisasi dalam sebuah nada. Sungguh, saya selalu saja terpesona oleh alunnya.

Termakasih kang, atas kritikannya. Tapi ini direkam melalui kamera poket loh Kang. He...x9 Sederhana nanmun memberikan kesan yang mendalam dalam sebuah pembelajaran.

Sukses selalu
Salam Wisata

Benar Mas, semoga angklung dan seni budaya masyarakat Indonesia dapat terus berkembang dalam melakukan inovasi untuk menyesuaikan perkembangan jamannya tanpa harus meninggalkan niloai tradisi budaya Indonesia.

Sukses selalu
Salam Wisata

Kalau sayur itu mah pasti enak Kang. He...x9

Sukses selalu
Salam Wisata

Iya Kang, semoga semua padepokan seni tradisional Indonesia dapat berkembang dan dapat mengikuti langkah inovasi yang sudah pada sukses.

Sukses selalu
Salam Wisata

Alunan yang mengasyikkan Kang bila dapat kita dengar dan mainkan bersama.

Sukses selalu
Salam Wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus