FESTIVAL DANAU SENTANI 2013 PESAN BUDAYA DARI NILAI LELUHUR

Festival Danau Sentani 2013 akan digelar pada tanggal 19 - 22 Juni 2013 selama empat hari. festival danau Sentani ini digelar berpusat di Pantai Khoikote, Sentani Jayapura, Provinsi Papua, Indonesia. Even ini akan menjadi momentum khusus untuk menampilkan sejumlah budaya asli Sentani dan kekayaan budaya suku-suku hidup di sekeliling Danau Sentani yang nyaris hilang.


Kegiatan Festival Danau Sentani 2013 yang akan ditampilkan adalah atraksi budaya di darat dan di atas kapal dalam pertunjukan Isolo (tarian di atas perahu), pagelaran tari budaya sesuai ritual adat Sentani, perjalanan wisata, pameran seni kerajinan, dan wisata kuliner.

Acara Festival Danau Sentani 2013 akan meilbatkan sekitar 1.000 penari dari 26 kampung adat ondoafi (tokoh masyarakat adat) yang akan tampil melakukan atraksi menari di atas perahu. Satu grup terdiri dari 40morang yang akan berpegang di atas perahu, dari 20 kampung dan 20 ondoafi. Peperangan di perahu dan di darat dalam paade itu merupakan bagian dai upacara adat sakral rakyat Sentasi yang dilestarikan sejak dulu.

Informasi dari ketua panitia Festival Danau Sentasi 2013, Frits Mauris Felle belum lama ini di Jakarta mengatakan dalam Festival Danau Sentani 2013 ini akan banyak digelar banyak lomba. Diantaranya lomba menganyam rambut, lomba suling tambur, dan lomba tari pergaulan Yosim Pancar.

Festival Danau Sentani 2013 akan diikuti 24 ondoafi di sekitar Danau Sentani. Dan juga diikuti partisipasi dari kabupaten, seperti Kerom; Sami; Mambramo Raya; Kota Jayapura; dan kabupaten-kabupaten di pegunungan, seperti Wamena, Nabire, Mappi, Boven Digul, dan Fak-Fak dari Provinsi Papua Barat. Dari acata ini ada 29 kabupaten yang di undang untuk hadir dalam acara ini.

Tahun ini Festival Danau Sentani 2013 mengangkat sebuah tema "One For All" yang berarti "Satu untuk semua". Festival tahun ini masuk pada putaran Festival tahun ke-5 dari kegiatan rutin tahunan daerah Sentani,  Jayapura, Irian Jaya, Indonesia. Semoga infomrasi ini dapat bermanfaat untuk para pecinta dan penggemar Ejawantah Wisata.



Salam wisata,

Sumber :
Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Jayapura.

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

12 komentar

makasih gan atas infonya,,,,,
kapan ya bisa ke sna lihat festival secara langsung

Sama-sama, semoga bermanfaat dan bisa hadir kesana suatu hari kelak. Amiiin.

Salam wisata,

Indonesia memang penuh daya tarik ..

Onfoafi itu apa artinya Pak Indra ?. Apa semacam suku atau kampung gitu ?. Yang jelas ajang seperti ini perlu ditiru daerah lain karena ajang seperti ini sangat penting untuk promosi pariwisata juga pelestarian budaya lokal

Benar Pak Ies Ondoafi yaitu kepala suku. Dan memang sudah saatnya kita sebagai masyarakat Indonesia bergerak bersama untuk meperkenalkan budaya bangsa Indonesia dengan even seperti ini untuk dikenal oleh dunia internasional.

Salam wisata

Iya Mba, tidak kalah seru dengan negeri lainnya.

Salam wisata

Inilah keindahan Indonesia

Salam wisata

Festival yang menggugah keinginan untuk melihatnya. Sayang jauh sekali dan biaya ke sana juga cukup tinggi ya.
Hanya harapan semoga kelak bisa menyaksikan acara yang pastinya menarik ini.
Trims infonya Pak :)

Kalau punya kesempatan untuk melihat dan meliput acara ini keren banget deh Kang.

Salam wisata

pak beneran udah nyampe kesana..?
keren dong mbok aku diajakin dong

Bisa saja Kang Rawin nih, mbo aku yang diajak ke Kalimantan he,,x9

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus