WISATA BELANJA DI PASAR BOLU TANA TORAJA

Wisata Tana Toraja tidak lengkap bila kita tidak membeli buah tangan atau pun oleh-oleh khas dari masyarakat Tana Toraja. Bagi sahabat yang akan melaukan wisata belanja di daerah Tana Toraja, para sahabat dapat berkunjung ke salah satu Kecamatan daerah Rantepao, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Dimana daerah Rantepao ini kita akan dapat membeli barang-barang khas Tana Toraja seperti pakaian, tas, dompet, dan kerajinan lainnya. Untuk kopi khas Tana Torja yang terkenal dengan kualitas kopi dan aromanya yang khas seperti Robusta dan Arabika kita bisa menemukan di pasar tradisional Bolu di dareah Rantepao.

Di pasar tradisonal Bolu ini kita juga dapat menemukan kalung manik-manik antik nan indah buatan asli masyarakat Tana Toraja. Dan,,,,,,, jangan lupa menyaksikan tradisi jual beli unik mingguan untuk melihat transaksi kerbau dan babi yang sedang dilelang pada saat pasar mingguan di area ini. Kerbau atau tedong dan babi, banyak di perjual belikan di area pasar ini hingga mencapai lebih dari 500 ekor. Suatu pemandangan atraksi jual beli unik dan menarik yang dapat kita saksikan di pasar ini.

Pasar Bolu juga merupakan salah satu pasar pusat  kerbau terbesar di dunia. Di karenakan di pasar ini terdapat pasar hewan kerbau yang di perjual belikan setiap minggunya. Dan yang menjadi tolak ukur nilai jualnya, kerbau-kerbau tersebut dilihat dari warna kulit, bulu, postur, tanduk, dan tanda-tanda di bagian tubuh lainnya. Dan untuk jenis-jenis kerbau yang di perjual belikan adalah, :

  1. Kerbau Saleko, yaitu jenis kerbau bule yang dikenal dengan harga yang mahal. Harga kerbau ini bisa mencapai ratusan juta rupiah.
  2. Kerbau Bonga,  yaitu jenis kerbau yang memiliki postur kepala yang mirip dengan kerbau Saleko, dan postur tubuhnya berwarna hitam atau kelabu.
  3. Kerbau Teken Langit, yaitu jenis kerbau yang memiliki tanduk silang ( satu menghadap ke atas dan yang satu lagi menghadap ke bawah).
  4. Kerbau Balian, yaitu jenis kerbau dari hasil pengkebirian.
  5. Kerbau Kudu, yaitu jenis kerbau berwarna hita biasa dan harganya paling murah dari jenis kerbau lainnya.
Dalam masyarakat Tana Toraja kerbau memiliki peranan penting bagi strata budaya kehidupan meraka. Hal ini dijadikan simbol strata ekonomi atau disebut dengan nama "tedong" sebagai simbol kemakmuran untuk masyarakat Tana Toraja. Tidaklah heran jika pada saat upacara adat kematian atau yang dikenal dengan nama "Rambu Solo" hewan inilah yang menjadi tolak ukur kemakmuran bagi keluarga yang mengadakan upacara adat tersebut.

Dan untuk jual beli hewan babi di pasar tradisional ini harganya pun bervariatif, tergantung ukuran jenis babi yang akan diperjual belikan. Namun, untuk babi yang memiliki corak warna belang pada postur tubuhnya harganya lebih murah dari pada harga hewan babi yang memiliki postur tubuh yang berwarna hitam pekat.

Bagi sahabat dan kerabat yang akan melakukan perjalanan wisata Tana Toraja penulis menyarankan agar mengetahui objek-objek wisata Tana Toraja yang akan menambah wawasan pengetahuan kita sebelum kita berkunjung ke Tana Toraja. Di kawasan pasar Bolu Tana Toraja ini, anda juga dapat melakukan perjalanan wisata belanja kuliner jajan pasar dari hasil produksi daerah sekitarnya.

Untuk di daerah pasar tradisional setempat kita akan temukan buah-buahan unik seperti tamarella atau terong belanda dan makanan khas masyarakat Tana Toraja di sana. Di daerah Tana Toraja ini kita juga dapat menikmati wisata kuliner Tana Toraja.

Untuk mempermudah kita dalam melakukan perjalanan wisata Tana Toraja, saran penulis sebaikmya kita mencari informasi tempat sewa mobil untuk melakukan perjalanan wisata Tana Toraja bila kita akan melakukan perjalanan bersama keluarga.

Wisata belanja Tana Toraja akan lebih nikmat bila kita bisa melakukannya bersama keluarga dan kerabat pada saat melakukan perjalanan wisata Tana Toraja, dengan mempersiapkan perjalana dan mendapatkan informasi penginapan Hotel di Tana Toraja maka kita dapat mengatur waktu luang perjalanan untuk menikmati kawasan Tana Toraja.



Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus