CANDI ARJUNA DATARAN TINGGI DIENG

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/08/candi-arjuna-dataran-tinggi-dieng.htmlCandi Arjuna dataran tinggi Dieng merupakan salah satu situs bangunan candi yang berada dalam Komplek Candi Arjuna. Letak Candi Arjuna pintu mukanya berhadapan dengan pintu muka Candi Semar. Candi Arjuna lokasinya beralamat di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.

Candi Arjuna dataran tinggi Dieng yang berdenah dasar persegi, dengan luas +/- 4 meter persegi yang berdiri di atas batur setinggi +/- 1 meter persegi, dapat kita lihat di sisi sebelah barat candi yang memiliki anak tangga untuk menuju pintu masuk ruangan tubuh candi. Pintu Candi Arjuna yang dilengkapi bilik dan penampilannya sedikit menjorok keluar dari tubuh candi.

Menelusuri setiap dinding Candi Arjuna dataran tinggi Dieng di bagian luar tubuh candi di sisi selatan, barat, dan utara kita akan menemukan sebuah hasil karya seni batu alam candi pada setiap relung tempat meletakkan arca di dinding luar Candi Arjuna. Di atas pintu masuk Candi Arjuna kita bisa dapat menemukan hiasan berupa Kalamakara.

Pada ambang relung Candi Arjuna diberi bingkai dengan hiasan pola kertas tempel dan Kalamakara di atasnya. Pada setiap kaki bingkainya dihiasi dengan pahatan kepala naga dengan mulut menganga. Tepat di pertengahan di pertengahan dinding bawah relung terdapat Jaladwara (saluran air).

Melihat dan memperhatikan atap Candi Arjuna, kita bisa melihat atap candi yang berbentuk kubus tersusun, semakin ke atas bentuknya semakin mengecil, sayangnya bagian atas puncak atap candi sudah rusak. Dan pada masing-masing kubus di setiap sisi atap Candi Arjuna terdapat relung yang di setiap sudutnya terdapat hiasan berbentuk seperti mahkota bulat berujung runcing. Namun, sebagian besar hiasan tersebut sudah rusak.

Di sebelah kiri Candi Arjuna berdiri candi candi yang berjajar, dari Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Candi Puntadewa memiliki bentuk yang hampir mirip dengan Candi Arjuna, sementara Candi Srikandi dan Candi Sembadra sedikit lebih kecil dan pendek.

Berdasarkan informasi cerita pemandu wisata lokal dan masyarakat sekeliling area candi dataran tinggi Dieng. Candi Puntadewa yang berada di tengah-tengah Candi Srikandi dan Sembadra sebagai penengah bagi kedua kakak beradik yang sama-sama menjadi istri dari Arjuna tersebut.

Mendengar dari kisah cerita tersebut diatas, bisa kita simpulkan bahwa sosok-sosok bangunan candi yang berada di area komplek Candi Arjuna merupakan sebuah simbol keluarga kecil dari negeri kahyangan yang bahagia. Dan hal ini menjadi suatu pesan tersendiri bagi setip pengunjung yang melakukan wisata di  tempat wisata Dieng Plateau di area Komplek Candi Ajuna Dataran Tinggi Dieng.

Indahnya taman hijau yang ditumbuhi pohon-pohon cemara dan tanaman bunga yang indah di rasakan oleh penulis di sekeliling Komplek Candi Arjuna dataran tinggi Dieng menghadirkan nuansa keindahan di tengah kedamaian serta keheningan sejuknya udara di hari yang cerah pada saat penulis hadir di kawasan Komplek Candi Arjuna dataran tinggi Dieng.

Semoga pengalaman penulis dalam melakukan perjalanan wisata Dieng di area Komplek Candi Arjuna ini, dapat memberikan pengalaman positif bagi para sahabat dan pecinta Ejawantah Wisata pada saat akan melakukan perjalanan wisata di area lokasi Candi Arjuna dataran tinggi Dieng. Para sahabat dapat mengunjungi informasi Harga Tiket Masuk Dieng.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

29 komentar

waktu kesana, ibue ncip lagi hamil tua. jadinya ga sempat turun, pak. angkat tangan didepan tangga, hehe

Tiap membaca postng di sini, komentar tetapku,
"Someday, i'll be here!"

Rasanya senang sekali membaca tentang wisata di Indonesia. Ada rasa keinginan kelak jalan-jalan mengelilingi nusantara.

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Indra...

Begitu banyak sekali candi-candi tinggalan zaman silam yang ada di Jawa Tengah ya. Kalau di Jawa Timur dan Jawa Barat, apakah terdapat juga candi-candi sedemikian sama ?

Tentu sekali kewujudan candi-candi tinggalan sejarah ini menjadi obyek wisata yang menguntungkan negara Indonesia.

Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. :D
SITI FATIMAH AHMAD

atap candi yang rusak kenapa kok nggak dipugar ya Pak, kan sayang kalo makin lama makin tergerus.
Kawasan dieng dengan segala pesonanya memang sering saya dengar, hanya saja belum punya kesempatan kesana

dataran tinggi dieng, pada jaman dulukala nya sepertinya jadi tempat kesukaan para wayang ya...buktinya candi arjuna dan srikandi adanya di dataran tinggi dieng.

saya belum pernah kesana, ternyata di dieng ada candinya ya...

belajar sejarah dari postingan ini

Kembali mempelajari sejarah masa silam, walau hanya dalam bentuk tulisan tapi sudah cukup memberikan informasi tambahan tentang peninggalan bangunan sejarah bangsa ini.
Thank gan postingannya

Salam Takzim
Perjalanan wisata yang biasa tetapi akan luar biasa jika ditulis dan dibagikan ke khalayak seperti ini, semoga hal seperti ini bisa diikuti para pecinta wisata.
Salam Takzim Batavusqu

Mas Rawins ikut turun juga nda? Atau masih senang naik naik. Biasa manjat tower sih jad maunya nda mau turun turun. Enaknya naik ke atas hiheiheiehieiehiee

Itu akibat tuntutan pekerjaan Kang Asep, jadi kang Rawin selalu trampil untuk monitor dari atas menara. Malas turun kalau sudah naik. xixixixi,,,,,,,,,,,,,

Saya juga memiliki cita-cita untuk dapat mengunjungi negeri nusantara yang indah ini Mba. Memang indah dan selalu ada hal yang baru yang bisa kita ketahui di setiap sisi objek wisatanya.


Salam wisata

Walaikumsalam wr.wb.....

Terimakasih bunda, semoga website blog ini dapat menjadi refrensi perjalanan para sahabat dan kerabat bunda yang membutuhkannya dari sudut kacamata yang berbeda. Semoga bermanfaat dari kisah cerita pengalaman saya setiap mengunjungi obyek-obyek iwsata yang ada di Indonesia ini.

Salam wisata

Untuk pemugaran di beberpa titik candi-candi Dieng telah banyak dilakukan oleh pihak pemerintah daerah setemapt yang dibantu oleh masyarakat setempat Pak. mungkin hal ini dikarena letak posisi medan di area Dieng antara satu objek dengan objek yang lainnya agak berjauhan, dan membutuhkan waktu. Semoga lambat laun titik-titik spot objek yang ada di dataran tinggi Dieng bisa dilakukan pemugaran secara berkala.

Salam wisata

He,,,, he,,,, he,,,,, sampai hari ini saya belm menemukan literaturnya Pak.

Salam wisata

Iya Mba, di dataran tinggi Dieng terdapat titik-titik spot candi. maka dikenal dengan komplek candi Hindu tertua yang ada di pulau Jawa.

Salam wisata

Semoga bermanfaat Mba, dan terimakasih telah berkunjung.

Salam wisata

Sama-sama kang, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak di kolom komentar ini.

Salam wisata

Semoga bisa saling membarikan manfaat dalam berbagi pengetahuan. terimakasih kang telah berkunjung dan meninggalkan jejak komentar dalam konten ini.

Salam wisata

belum pernah kesana. Dari dulu ingin sekali pergi mengunjungi candi, pertama kali say aberharap bisa ke bprpbudur dulu :)

enak juga kayaknya jalan2 kesana apalagi udaranya sejuk :)

Semoga pengalaman ini bermanfaat dan dapat menjadi refrensi perjalanan wisata nanti ya Sob. Dan suatu hari nanti juga bisa sampai di lokasi ini ko Sob. Jangan lupa liputannya ya. He,,, he,, he,,,

Salam wisata

Tentunya Mba, Indonesia memang paling enak untuk dikinjungi dan dinikmati dari setiap sudut pandangnya.

Salam wisata

lokasi deket ke dieng tapi kok ya sepertinya gak ada waktu ke sana,ternyata sangat indah pemandangan dan berbagai objek wisata di dieng.

Bukan hanya pemandangannya yang indah Sob, tapi kita kana mendapatkan segala bentuk informasi yang bersifat edukatif di obyek wisata Dieng ini.


Salam wisata

ga juga pak
kadang suka yang naik turun juga
*naek angkot...

keren boss, kapan ya saya bisa ke dieng?
terima kasih sudah berbagi info, salam.

Sama-sama Kang, semoga bermanfaat.

Salam wisata

sebuah candi menawan se menawan tokoh arjuna

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus