KAWAH SIKIDANG DIENG PANORAMA ALAM DI BALIK CERITA LEGENDA RAJA KIDANG

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/08/kawah-sikidang-dieng-panorama-alam-di.htmlKawah Sikidang Dieng merupakan salah satu kawah vulkanik yang masih aktif, dan terletak di dataran tinggi pegunungan Dieng. Kawah Sikidang ini terletak di Wilayah Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.

Pemandangan alam di kawasan Kawah Sikidang memiliki nuansa mempesona bagi para wisatawan yang berkunjung ke dataran tinggi pegunungan Dieng. Dengan penampakan aktivitas vulkanik kawah Sikidang yang memikat daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya.

Ada banyak hal menarik yang dapat kita temukan di kawasan Kawah Sikidang ini, dari makanan jajan tradisional, souvenir khas Dieng, pertunjunkan senibudaya tradisional masyarakat setempat, hingga fenomena alam yang unik dan klasik disekeliling area kawah sikidang yang dapat kita temui di lokasi ini.

Pada saat penulis menelusuri pintu masuk area Kawah Sikidang terdengar suara musik kesenian tradisonal yang dimainkan oleh sekelompok seniman dengan pakaian yang has daerah setempat untuk menghibur setiap pengunjung yang hadir di lokasi kawah sikidang ini. Hal ini menambah suasana menjadi terhibur, terlihat disekeliling pemain tersebut ada beberapa wisatawan asing yang ikut menari dalam alunan musik yang dimainkan oleh mereka.

Legenda Kawah Sikidang...........
Menelisik sebuah kisah Cerita Legenda Kawah Sikidang yang berasal dari cerita seorang Sang Raja bernama Kidang Garungan yang memiliki kepala berbentuk kidang (rusa), yang terpasang pada papan informasi di area kawah sikidang. Dalam keterangan tersebut dikisahkan Raja Kidang Garungan yang hendak meminang Ratu Shinta Dewi yang terkenal akan kecantikannya, menolak lamaran sang Raja secara halus dengan memberi sebuah syarat untuk dibuatkan sumur yang dalam.

Pada saat Sang Raja Kidang telah menyelesaikan sumur tersebut, Ratu bersama para pengawalnya mengubur hidup-hidup Sang Raja Kidang Garungan yang masih berada di dasar sumur. Hal inilah yang membuat Sang Raja Kidang menjadi marah dan mengakibatkan bumi bergetar dengan mengeluarkan uap dan air panas yang berpindah-pindah layaknya seekor kidang (rusa) yang melompat-lompat. Dalam kemarahanannya Sang Raja Kidang Garungan mengutuk sang Ratu, bahwa semua anak keturunannya akan memiliki rambut gimbal. Dari cerita Legenda masyarakat inilah, terjadinya asal mula mitos penduduk asli masyarakat Dieng yang berambut gimbal.

Masih dalam area Kawah Sikidang.........
Kita dapat menikmati perjalanan disekeliling are Kawah Sikidang dengan menggunakan kendaraan bermotor yang dapat kita sewa di area Kawah Sikidang ini. Menikmati area tanjakan bebatuan dan menyeberangi aliran air panas yang kecil dengan menggunakan speda motor tril bersama pasangan di area ini merupakan petualangan yang mengasyikan bagi sebagian orang.

Bagi kita yang yang tidak suka berpetualang dengan speda motor di area Kawah Sikidang Dieng, kita bisa memilih permainan lainnya seperti berkuda, bersepeda, atau pun dengan permainan lainnya. Namun, dalam menikmati permainan di area Kawah Sikidang Dieng ada baiknya kita harus berhati-hati, dikarenakan area yang terdapat di area sekeliling kawah sikidang Dieng sangat berbahaya penuh batu. Ada baiknya kita menggunakan masker penutup hidung untuk menjaga kesehatan paru-paru kita di area ini. Hal ini disebabkan bau belerang yang berada di daerah sekitar lokasi ini sangat tajam, dan kurang baik bagi kesehatan paru-paru kita.

Banyak spot indah di lokasi kawah sikidang untuk para sahabat yang mencintai dunia photography dan video maker lokasi dataran tinggi Dieng akan membuat kita untuk mendapatkan spot gambar yang indah. Dari fenomena vulkanik gunung berapi hingga pemandangan alam yang indah dapat kita temui di lokasi ini. Jadi bila rekan-rekan memiliki kesempatan hadir di kawah sikidang ini, ambilah photo-photo dengan sudut panorama pemandangan alam indah yang dapat kita temukan pada cuaca cerah di area ini.

Spot spot yang indah dan memiliki nilai situs sejarah di dataran tinggi Dieng, bisa kita dapatkan dilokasi lainnya dengan mengunjungi halaman tempat wisata Dieng Plateau.

Semoga pengalaman perjalanan penulis di area Kawah Sikidang Dieng dapat memberikan ssesuatu yang bermanfaat bagi para sahabat dan rekan-rekan Ejawantah Wisata untuk menambah refrensi tempat perjalanan wisata yang ada di objek wisata Kawah Sikidang dataran tinggi Dieng.


Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

12 komentar

Legenda Kawah SIkidang ini apa sudah pernah diangkat menjadi sebuah film dokumenter? Apakah sudah pernah ada media yang mempublikasikan atau mempromosikannya?

ke dieng pas masih sd jadi udah lupa euy...

Hmm...berkunjung ke blog ini semakin pengen ke Dieng deh :|

Sepengetahuan saya sih belum ada, hanya dunia blogging saja yang selalu mempublikasikan, namun hanya di ambil tidak dari titik legenda dan spot-spot yang bagus-bagus untuk wilayah ini. Kita berharap ada yang berani mengangkat cerita ini, atau pun membuat gambar video maker di lokasi ini untuk sekalian untuk mempromosikan potensi yang bagus ini Kang.

Salam wisata

Nah,,,,, sekarang tempanya pasti sudah sedikit berubah dan tertata rapih. Yuk, ke Dieng lagi sob.

Salam wisata

Semoga bermanfaat ya Mba, dan akan semakin asyik loh kalau bisa berkunjungi dan mengabadikan photo-photo yang indah di Dieng.

Salam wisata

keren panoramanya, kpan-kpn jdi pengen ke sana ne...
:)

bearti kalau yg punya rambut gimbal di kidang [asli org dien], bisa jd keturunan sang Ratu yg dikutuk oleh Raja itu ya?

Btw, di dekat kawah gak pakai masker getu gak sesak napas pak? Saya pas kesana sdh agak siang dan uapnya kawah lumayan banyak jd pakai masker dr tisyu deh

Rugiloh kalau gak sempet ke Dieng Sob.


Salam wisata

Menurut ceita dari data yang saya dapatkan dilokasi seperti itu Mba ceritanya, dan siapapun bisa melihatnya melalui papan pengumuman.

Sebenarnya sesak juga, namun pada sesi pengambilan gambar photo masker dibuka dulu Mba, biar tidak seperti orang sakit. He,,, he,,, he,,,
Dan pada posisi pengambilan gambar photo ya harus bisa ngatur nafas, agar janagn boros nafasnya.


Salam wisata

paling males ke sikidang, pak
ga tahan baunya, hehe

Kalau masalah bau belerang siapa yang suka sih Kang, Tapi kalau untuk pemandangannya, pasti suka. He,,, he,, he,,,,


Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus