MENIKMATI KEINDAHAN GUA ALAM GREEN CANYON PANGANDARAN

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/10/menikmati-keindahan-gua-alam-green.html
Gua Alam Green Canyon Pangandaran merupakan salah satu spot terindah yang menjadi tujuan para wisatawan pada saat melakukan perjalanan wisata di daerah Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Pangandaran, Jawa Barat. Wisata alam Green Canyon Pangandaran merupakan salah satu destinasi wisata cagar alam yang memiliki minat khusus. Hanya orang-orang yang suka dengan penjelahan alam sajalah yang dapat menikmati kawasan obyek wisata Gua Alam Green Canyon Pangandaran ini.

Bagi kita yang sudah pernah melakukan perjalanan mengunjungi obyek wisata Gua Alam Green Canyon Pangandaran ini tentu banyak sekali kenangan yang indah di sana. Namun, bagi kebanyakan orang yang belum pernah ke lokasi ini, akan banyak pertanyaan tentang keingintahuan mereka yang membuat penasaran tentang obyek wisata Green Canyon Pangandaran ini. Terutama bagi mereka yang dari daerah luar pulau Jawa, atau pun di luar daerah Jawa Barat. Apalagi bagi mereka yang tidak memiliki rekan atau pun keluarga di Jakarta, Bandung, Tasik, dan Pangandaran sekitarnya. Dan di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang pernah di lontarkan kepada saya setelah saya menceritakan begitu indahnya obyek wisata Green Canyon Pangandaran ini, terutama dari beberapa rekan dan pecinta Ejawantah Wisata yang berasal dari luar negeri dan juga luar Pulau Jawa.

Apa yang dapat dinikmati di kawasan Gua Alam Green Canyon Pangandaran ?
Di kawasan Gua Alam Green Canyon Pangandaran ini, kita bisa menikmati pemandangan alam yang terbentuk secara alami dari bongkahan batu alam yang membenuk stalakmit dan stalaktit, dan yang tidak kalah menarik di daerah kawasan ini kita akan menikmati aliran sungai yang berwarna hijua muda yang terbentuk secara alami pada musim kemarau, dan bila musim hujan tiba air ini akan berwarna coklat. Bila anda ingin melihat pemandangan yang indah dan cantik di Green Canyon Pangandaran bisa dilihat melalui gambar di bawah ini.
Spot Cantik Green Canyon Pangandaran:

Bagi anda yang suka melakukan petualangan di aliran air sungai yang indah, kawasan ini akan menyajikan tempat-tempat yang menarik dan menantang. Tentunya setiap permainan di lokasi ini, akan mendapat pengawalan dari team akhli yang di berikan tugas di lokasi tersebut, permainan body rafting merupakan salah satu permainan yang sangat di gemari oleh para wisatawan yang hadir di lokasi ini. Namun, jalurnya tentu berbeda dan tidak menggunakan pelayanan perahu motor dari dermaga Ciseureuh.

Bagaimana dengan kita yang hanya mau menikmati suasana Green Canyon saja ?
Bagi anda yang akan menikmati wisata di lokasi Green Canyon saja, anda dapat melakukan perjalanan menuju Gua Alam Green Canyon dari dermaga Ciseureuh. Dengan menggunakan perahu motor yang berkapasitas maksimal 5 orang penumpang. Dengan perahu motor tersebut kita akan menyusuri sungai Citandury untu menuju lokasi. Dan biaya angkutan perahu satu orangnya dapat anda lihat langsung di loket penjualan tiket perahu di dermaga Ciseuruh Green Canyon Pangandaran.

Berapa lama waktu yang di perlukan dari dermaga Ciseureuh ke lokasi Gua Alam Green Canyon ?
Waktu yang di perlukan selama perjalanan dari dermaga Ciseureuh ke lokasi Gua Alam Green Canyon +/- 20 menit dalam perjalanan normal dan lancar. Selama perjalanan kita dapat menikmati pemandangan alam di sekeliling kita yang indah, sambil menikmati aliran air sungai yang terbelah dengan jalunya jalan perahu yang kita tumpangi. Untuk jenis perahu yang akan kita tumpangi anda dapat melihatnya pada gambar photo di bawah ini silahkan dilihat.

Angkutan Perahu Green Canyon Pangandaran:

Selama perjalanan anda dapat mengambil gambar photo-photo alam selama perjalanan di  atas perahu dalam kamera photo atau pun camera handycam kesayangan anda. Namun, anda harus berhati-hati dengan kamera anda, dan persiapkanlah kain halus atau pun tisu lensa untuk menjaga kamera anda agar tidak lembab. Di lokasi Gua Alam Green Canyon Pangandaran anda dapat menylurakan ekspresi di depan kamera, di lokasi tersebut terdapat spot pemandangan indah yang dapat anda nikmati seperti gambar photo-photo di bawah ini yang saya abadikan dalam kamera silahkan dilihat.

Suasana Green Canyon Pangandaran:

Indah kan alam Green Canyon Pangandaran ?.......
Dari pengalaman saya pribadi, lokasi Green Canyon itu indah sekali, dan ini hanya ada di Indonesia loh.... beda dengan yang ada di Eropa atau pun tempat lainnya. Kalau tidak percaya datang dan nikmati keindahan alamnya.

Bagaimana dengan lokasi tempat istirahat untuk warung makannya ?
Setelah anda sampai di lokasi Green Canyon Pangandaran, ada baiknya anda memilih salah satu warung makan yang memiliki tempat istirahat di dekat lahan parkir kendaraan yang berhadapan dengan pintu masuk dermaga Ciseureuh. Pilihlah warung makan yang bersih dan memiliki tempat yang nyaman untuk beristirahat, dengan menu masakan yang cocok dengan anda. Terutama warung makan yang memiliki kamar mandi yang bersih sebagai tempat kita salin pakaian basah setelah bermain di kawasan Goa Alam Green Canyon Pangandaran.

Kapan waktu yang tepat untuk wisata pangandaran ke Green Canyon Pangandaran ?
Untuk waktu yang tepat ke lokasi ini sebaiknya anda berkunjung pada bulan musim kemarau atau sudah tidak ada hujan, yaitu antara bulan Maret - September. Hal ini agar anda dapat dengan mudah menikmati keindahan alam Green Canyon dengan air yang berwarna hijau jernih. Kalau musim hujan air di lokasi ini warnanya coklat. jadi kurang enak untuk dijadikan tempat wisata dan bermain di kawasan ini. Apalagi bila anda akan mengabadikan dalam bentuk gambar-gambar photo. Yang ada airnya berwarna coklat. he,, he,, he,,,,,,

Bagaimana untuk menuju arah Green Canyon Pangandaran ?
Untuk arah ke lokasi ini bagi anda yang melalui pintu akses jalur Jakarta, sebaiknya anda menuju ke lokasi Green Canyon Pangandaran berangkatlah pada pagi hari. Bagi anda yang menggunakan kendaraan mobil pribadi bisa melalui jalur akses tol Jakarta - Bandung lewat Cipularang, setelah itu anda dapat mengambil jalur ke arah Tasikmalaya, ambillah jalur selatan menuju Jawa Tengah. Ikuti arah petunjuk jalan sampai ketemu petunjuk ke arah Pangandaran.

Bagi anda yang akan melakukan perjalanan dengan angkutan umum, anda bisa melakukan perjalanan dari terminal bus luar kota. Kalau dari terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur, kita bisa langsung naik bus menuju Pangandaran, nanti turun di terminal Banjar, dan di lanjutkan dengan kendaraan angkutan umum 3/4 menuju ke terminal Pangandaran. Dari terminal Pangandaran anda dapat melanjutkan dengan menggunakan kendaraan ojek. Unuk biaya angkutan umum dan ojek, sebaiknya anda bertanya terlebih dahulu sebelum naik angkutan umum tersebut kepada orang-orang yang ada di sekitar terminal. Dan jangan terjebak dengan calo terminal. Kita bisa coba tanya kepada petugas kepolisian atau terminal setempat.

Jadi buat anda yang berasal dari luar Pulau Jawa, bial pintu masuk anda dari bandara Soekarno - Hatta anda dapat naik bus Damri menuju ke Kampung Rambutan, atau ke Bandung. Untuk mempermudah perjalanan anda bersama keluarga atau pun kerabat, dan dari pada repot ada baiknya anda menggunakan jasa sewa mobil

Dikarenakan waktu ke lokasi ini memerlukan waktu +/- 8 jam, ada baiknya anda langsung menuju lokasi penginapan untuk mengatur tenaga. Yang perlu kita ingat, perjalanan wisata bukan seperti kita mengikuti latihan tentara, dan memaksakan diri. Wisata itu harus dinikmati dan bukan untuk menyiksa diri atau badan kita bukan ?..... he,, he,, he,,,,

Bgaimanan dengan Penginapan di kawasan Pangandaran  ?
Untuk hotel dan penginapan di kawasan wisata Pangandaran kita tidak perlu khawatir. Anda dapat memesan hotel dan penginapan di kawasa Pangandaran dari tempat tinggal anda. Banyak hotel dan penginapan sebagai pilihan. Dari amar biasa sampai yang menggunakan AC. Namun, yang perlu diingat kawasan pangandaran suhunya panas, karena lokasinya dekat laut atau tepi pantai. Dan kalau di kawasan Green Canyon hawanya dingin. Untuk mempermudah anda dalam menumukan hotel dan penginapan di daerah kawasan Pangandaran ada baiknya anda melakukan reservasi penginapan. (Baca : Hotels di Pangandaran )

Semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi para rekan-rekan dan pecinta Ejawantah Wisata untuk menjadi bahan refrensi perjalananan wisata menuju obyek wisata Green Canyon. Selamat Menikmati Keindahan Gua Alam Green Canyon Pangandaran.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

33 komentar

Komentnya 1 kata aja boleh ya?
MUPENGG!!!
hahahahaha

Betapa indahnya gua alam green canyon Pangandaran,,, nyaris mirip luar negeri alamnya, benar2 menakjubkan!
Itu fotonya mas Indra Kusuma ya? keren mas, bisa berkunjung lgsg kesana :) Kalau saya hanya bisa lihat di webite ini, hehehe :)
Makasih nice sharenya, salam wisata!

yang paling berkesan green canyon ini pak selama ke pengandaran

Waah kalau menulis dari perjalanan sendiri, komplit ya mas ... ^__^

dulu terakhir kali ke green canyon ini waktu masih SMA, memang sangat indah sekali ya mas green canyon ini...pemandangan di sepanjang sungai menuju ke green canyon inipun tak kalah indahnya

Itu pak Indra lagi bertelor ya..? :D
Jadi kepikiran besok ke sana ah. Anak-anak nelpon mulu minta naik perahu.
Tapi kok dibilang sungai Citanduy, pak. Green Canyon bukannya sungai Ciwayang..?
Setahu aku Citanduy itu sungai perbatasan Jabar Jateng. Lokasi terdekat ke Citanduy berarti di Kalipucang, pertigaan terminal ambil arah kiri kalo kita lagi menuju Pangandaran...

Saya pernah ke sini lewat jalan darat bersama teman anak pecinta alam. Saya dkk turun dari atas, menuruni tebing curam ke bawah tanpa pengaman, beuh menegangkan. Dah di bawah asyiknya bukan kepalang. Padahal saat itu lagi kemarau, jadi airnya surut. :)

green canyon indonesia ini menjadi satu targetku

Wow fotonya keren mas.. Saya juga pernah ke Green Canyon tapi enggak dapet foto di guanya itu.. Gambarnya gelap.

Silahkan Sob boleh........ he,, he,, he,,,,,

Kebetulan saja Mba, itu photo saya, masih ada yang mau di ajak gantian photonya. Itu pun harus diarahkan dan di spot yang bagus-bagus. Kalau tidak ya, hanya jadi tukang photo aja, sama buat artikel seperti ini. He,,, he,, he,,,,,

Benar Mba, dan rata-rata orang yang pernah ke sana selalu mendapatkan kesan yang indah tentang pemandangan alamnya. Apalagi bila dapat menemukan sesuatu di balik keindahan alam di Green Canyon ini ya Mba. Tidak pernah bosen untuk ke area lokasi ini.


Salam wisata

Hanya berbagi untuk para rekan-rekan yang membutuhkan informasi obyek wisata yang dapat kita ambil nilai lebihnya Mba. he,, he,,,, he,,,,,


salam wisata

Benar Kang, apalagi kalau kita bisa mendokumentasikannya dalam bentuk video atau pun photo, wah...... indah banget dan tidak bosen untuk terus di gali dan di sambangi lokasi ini.

Salam

Kalau ngajak anak-anak ke sini pas banget Kang. Enak banget, bisa di ajak berenang di sungainya. toh aman ko.
Mengenai data nama sungai saya dapatkan di lokasi dan keterangan dari salah satu pengemudi perahu Kang. Itu pun saya komfirmasikan di lokasi dermaga tempat kita akan naik perahu di lokasi tersebut. he,, he,,,, he,,,,,,


Salam wisata

Wah..... itu kan tebingnya tinggi banget Kang, dan curam. Berani sekali ya. hebat euy.....

Salam wisata

Silahkan Sob, semoga bermanfaat. Dan selamat menimati pemandangan yang indah di Green Canyon Pangandaran.

Salam

Kebanyakan orang yang hadir di lokasi ini, saking senangnya mereka lupa menset kameranya dengan pencahayaan dan iso yang memadai, apalagi mencari dan menemukan tempat spot yang ipas sbagai penunjang pencahayaan pada saat pengambila gambar photo mas. He,, he,, he,,,,,


Salam,

Keren dan asyik banget tuh mas..bisa berwisata ke situ...
Kapan kapan boleh tuh pingin berkunjung jg :)

Silahkan Kang Budi...... nikmati suasana dan keindahaan alamnya. he,,, he,, he,,,,

Salam wisata

Sering dengar juga sih kalau di Indonesia sudah ada GREEN CANYON seperti yang ada di Ala Amerika itu heiheihiee. Makasih informasinya, dan liputannya cukup lengkap. Untuk kamera memang riskan juga dilokasi yang lembab seperti itu. DUlu waktu saya masih nenteng kamera KODAK Z81S memang sering lembab di bagian lensanya. Kini kameranya sudah dijual heiheiie. Sekarang saya pake kamera poket jADUL style

Bisa saja Kang Asep he,, he,, he,,, kalau ke tempat ini ya yang di bawa yang simpel-simpel aja ya Kang. karena riskan banget dengan kelebaban sensitif lensa dan body kamera, kalau sudah berjamur yang repot. he,, he,, he,,,,

Salam wisata

Kalau di tempat ini saya pernah mas mengunjungi nya, yakni pas kegiatan kuliah kerja lapangan (KKL) kampus hehehe Bareng-bareng temen dan dosen naik perhu menyusuri sungai dan menuju ke sebuh gua. Pokoknya asyik banget ^^

Gua green canyon ini memang coco banget untuk poto-poto karena pemandangan alam nya sangat bagus dan juga terlihat alami. Saya kebetulan masih punya dokumentasi foto-foto di gua tersebut dan saya simpan di komputer ^^

sepertinya cuma saya nih yang belum pernah ke green canyon ala indonesia :)

Seru dong ya Mba. Sempat berenang ga di sana ? he,, he,,,, he,,,,,

Pasti photo-photonya keren-keren ya Mba. Dan banyak kenangan yang indah di sana bersama teman-teman dan pengajar tentunya.

Kang Ucup bisa aja nih...... rugi loh kalau tidak pernah datang ke lokasi ini. He,, he,, he,,,,

Salam wisata

Iya pak
Lagi kepikiran pengen ke pangandaran barang 3 hari pas cuti besok. Tapi anak anak ditinggalin di rumah mbahnya, hehe

Kalau dekat dengan rumah keluarga ya lebih baik di titip di rumah Mbahnya, karena kasihan medannya Kang. hitung-hitung bulan madu berdua sama ibue. ha,,,ha,, ha,,,

saya belom pernah kesana mas..
nanti kalau ada waktu kesana deh

Waaaah keren banget ya. Untuk Jabar saya memang kurang jalan2, masih seputar Bandung, Bogor, puncak gitu2 deh :)

udah lama jadi obrolan sy sama suami. Pengen ke green canyon. Tp, masih ragu. kira2 Nai udh bs diajak body rafting blm. Kl blm kyknya nanggung bgt. Nunggu dia bisa aja :)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus