MENIKMATI SENJA DI PANTAI KARANG NINI PANGANDARAN

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/10/menikmati-senja-di-pantai-karang-nini.html
Menikmati Senja Di Pantai Karang Nini Pangandaran - Pantai Karang Nini Pangandaran merupakan salah satu obyek destinasi wisata pantai yang masih alami. Letak pantai yang berhadapan dengan samudera Indonesia, serta berdekatan dengan hutan tropis yang jaraknya tidak jauh dari bibir pantai. Pantai Karang Nini yang berlokasi di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucuang +/- jaraknya 83 km dari Kabupaten Ciamis. Jawa Barat.

Jalan setapak menelusuri pinggir hutan tepi pantai yang berbatu di sertai area tanah yang berundak membentuk bukit-bukit kecil merupakan jalan yang harus kita tempuh dari area parkir kendaraan menuju lokasi tepi pantai. Jarak dari area parkir kendaraan hingga ke Pantai Karang Nini tersebut berjarak +/- 500 meter.

Suara deburan ombak yang memecah disertai dengan angin laut yang kencang, dan suara burung, serta hewan lainnya di sekitaran dinding hutan tropis merupakan suasana yang diciptakan alam dalam menyambut kehadiran setiap pengunjung di lokasi pantai.

Apa yang  menjadi daya tarik Pantai Karang Nini Pangandaran ?
Pantai Karang Nini Pangandaran memiliki daya tarik pesona alam yang sangat indah, bila kita sampai di lokasi pantai ini pada keadaan sore hari kita dapat menikmati pemandangan sunset yang tenggelam di tepi pantai melalui dinding karang hutan tropis yang berada di pinggir pantai ini.

Dari pengalaman saya pribadi, bila kita sampai pada waktu sore hari pada jam 17.00 WIB, segeralah mengambil posisi daerah dataran tinggi atau bukit di sekitar tepi pantai. Anda akan menemukan suatu pemandangan yang bagus pada saat udara cerah di arah sebelah barat Pantai Karang Nini ini.

Bila waktu masih terlalu siang dan cukup lama, turunlah ke pinggir pantai, di mana kita dapat bermain pasir laut di tepi bibir pantai yang indah. Pantai ini banyak memiliki batu karang yang dapat dijadikan spot obyek pengamblan gambar photo. Salah satunya anda dapat mengambil gambar photo di sebuah kaang besar yang memiliki cerita legenda tentang Pantai Karang Nini.

Bila anda membawa tripot, anda dapat mengabadikan gambar photo diri anda sendiri, seperti apa yang anda bisa lihat di bawah ini. Timer pada kamera bisa kita aktifkan, maka kita tinggal mengambil pose yang kita suka.

:

Cerita Legenda Pantai Karang Nini Pangandaran.
Konon menurut cerita legenda masyarakat di daerah tepi Pantai Karang Nini Pangandaran yang menjadi latar belakang yang terdapat di photo saya tersebut di atas merupakan batu karang yang berasal dari seorang wanita tua yang sedang menunggu suaminya mencari nafkah di laut yang tidak kembali pulang dan tahu kabar keberadaannya pada waktu itu.

Dengan pengabdian seorang nenek atau nini dalam bahasa Sundanya, yang menanti kepulangan suaminya, dia bermohon kepada Tuhan agar dia tetap di posisinya sambil menunggu kepulangan sang suami dari mencari ikan di laut. Hingga tubuh si nenek tersebut menjadi batu karang di tepi pantai ini. 

Secara garis besar cerita dari legenda pantai Karang Nini Pangandaran ini, mengingatkan kepada kita semua sebuah arti pembelajaran hidup, dari sebuah kesetiaan cinta dan kasih sayang sepasang manusia yang tidak mengenal batas ruang dan waktu. 

Bagaimana cara sampai ke lokasi Pantai Karang Nini Pangandaran ?
Untuk sampai ke lokasi Pantai Pangandaran saya sarankan agar anda menggunakan kendaraan pribadi. Karena jalan menuju ke lokasi area parkir pantai Pangandaran sangatlah jauh, dan harus melalui jalan berliku-liku di pinggiran tebing perkebunan hutan tropis yang harus kita lalui dengan medan yang tidak mudah.

Untuk angkutan Bus Pariwisata menju ke lokasi ini, jalannya sangat aman, apalagi untuk kendaraan pribadi mobil, dan kendaraan motor roda dua. Namun yang harus diperhatikan adalah kendaraan yang anda bawa menju ke lokasi Pantai Karang Nini Pangandaran haruslah dalam keadaan sehat dan tidak berumur tua mesinnya. Terutama untuk kondisi ban kendaraannya harus sehat dan aman.

Jalur jalan mana yang harus dipilih untuk sampai di lokasi Pantai Karang Nini Pangandaran ?
Untuk jalur kendaraan yang bisa anda lalui bila dari arah Jakarta dan Banten menuju daerah Pangandaran dengan menggunakan kendaraan, anda dapat melalui jalur jalan tol Jakarta - Bandung lewat Cipularang. Dan yang dari arah selatan Bogor dan sekitarnya anda dapat melalui jalur puncak mengarah ke Bandung.

Bila posisi kendaraan sampai di ujung pintu tol Cipularang Bandung, ambillah arah menuju Tasikmalaya, ikuti arah penunjuk jalan yang terdapat di setiap persipangan jalan hingga anda akan menumukan arah jalur menuju ke aran Pangandaran. Bila sampai di daerah Pangandaran anda tinggal mencari lokasi Desa dan nama kecamatan yang tertera di atas, atau anda dapat mencari tahu dari petunjuk arah jalan menuju Pantai Karang Nini Pangandaran ini.

Bagaimana dengan tempat peristirahatan di Pantai Karang Nini Pangandaran ?
Untuk lokasi tempat peristirahatan di lokasi Pantai Karang Nini Pangandaran, anda dapat berisirahat di beberapa warung makan sederhana yang menyajikan makanan ringan di dekat area parkir kendaraan. Namun, saran saya sebelum memesan makanan dn minuman di warung-warung tersebut, tidak salahnya anda menanyakan dulu mengenai harganya. Hal ini agar anda tidak kaget dengan harga yang akan di ajukan nantinya kepada kita.

Bagaiman dengan penginapan atau hotel di kawasan Pangandaran ?
Untuk penginapan di kawasan wisata Pangandaran kita tidak perlu khawatir, karena di lokasi ini sudah banyak terdapat penginapan dalam bentuk hotel dari kelas melati maupun kelas VIP yang akan menjadi tempat persitirahatan kita pada saat melakukan perjalanan wisata di kawasan Pangandaran. Kita bisa mempersiapkan penginapan di kawasan wisata Pangandaran dengan menghubungi Hotels di kawasan Pangandaran 

Apakah masih ada tempat menarik lainnya di kawasan Pangandaran ?
Kawasan Wisata Pangandaran memiliki tempat obyek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi. Terutama bagi para wisatawan yang memiliki jiwa petualang. Dan ada beberapa obyek wisata di kawasan Pangandaran yang pernah saya kunjungi dan dapat menjadi refrensi perjalanan wisata anda di kawasan Pangandaran seperti : Goa Rengganis, Situs Batu kalde, dan Green Canyon. Obyek wisata tersebut dapat anda kunjungi setalh anda mengunjungi obyek wisata pantai dengan Menikmati Senja di Pantai Karang Nini Pangandaran.



Salam wisata,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

46 komentar

wah, pengetahuanmu dlm berwisata sangat luas ya sob..
kpn ya aku bisa berlibur ke tempat2 wisata. hari2 ku hanya dipenuhi dengan kerjaan yg numpuk di meja kerja sob..

pangandaran itu asik. Cuma jauh bgt ternyata. Tp pengen jg sesekali sy ke sana lagi :)

Kawasan Wisata Pangandaran memang sering saya dengar. Namun seingat saya sih belum pernah mampir ke tempat ini. Hmmmmmmmm kapan ya

Untuk berbagi informasi dalam hal pengalaman dunia wisata paling nikmat Sob, apalagi kalau kita sebagai pelakunya yang pernah erkunjung ke daerah tersebut. Sipakna hari untuk menikmati hidup Sob, sambil menenangkan urat-urat saraf yang menegang dalam aktifitas keseharian kerja kita. He,,, he,, he,,,,,


Salam wisata

Bnar Mba, apalagi bagi kita yang suka akan dunia wisata dengan alam, di kawasan ini sangat banyak menyimpan potensi yang menarik dari pemandangan, seni, sejarah, dan budayanya. Tidak kalah menarik dengan derah wisata lainnya yang ada di Indonesia.

Salam wisata

Suatu hari nanti pasti bisa ke lokasi ini kang, palagi kalau Kang Asep yang meliput pasti seru. he,,, he,, he,,,,,

Salam wisata

Tempatnya masih alami ya pak, tapi sayang sangat jauh dari Madiun. Hehe

ke pangandaran dulu pas tahun1999 mas.... sekarang sudah banyak berubah ya....

Benar Mba, Kalau dari tempat parkiran mobil menuju pantainya saja kita harus melalui jalan setapak yang berjarak +/- 500 meter hingga sampai ke pantainya. Belum lagi jalannya. Jalan yang harus di tempuh dengan menelusuri hutan tropis di lokasi ini. Kalau bagi yang suka dengan dunia petualangan alam ini tempat yang ideal banget.

Salam wisata,

Kurang lebihnya masih sama Kang, karena kawasan ini belum banyak yang mengunjungi dan masih terlihat asri.

Salam wisata

Pernah ke pangandaran sih, Pak. tapi pas masih keciil. :D
Pemandangannya bagus, transportasinya juga mudah.

Kalau berdoa tuh yang bagus2 saja ya, Pak. Menyedihkan kalau sampai jadi batu karang.

Namanya juga cerita legenda Mba, mungkin kalau jaman sekarang doanya pasti beda, jangan-jangan minta jodoh lagi sama Tuhan sebagai pengganti. he,,, he,, he,,,,

Salam wisata

udah berkali2 ke pangandaran belom pernah ke karang nini ini, padahal jaraknya lebih deket ya dibandingkan pangandaran

Keren potonya... Jadi makin pengen ke pangandaran...

Pangandaran ada pantai Karang Nini? Baru tau.. ^_^
Kemana aja ya saya

Lokasinya masih alami Kang, lain dari obyek wisata yang ada di kawasan Pangandaran lainnya. Sunyi, indah berpadu dengan aroma hutan tropin dan suara habitat kehidupan hewan di sekitar hutan tersebut. He,,, he,,, he,,,,,


Salam wisata

Yuk Ke Pangandaran Mba, kalau dari Batam tinggal turun di airport dan sewa mobil langsung menuju lokasi kurang lebih waktunya paling 12 jam sudah sama istirahat. he,,, he,, he,,,

Salam wisata

Nah loh...... memangnya kemana Mba ? he,, he,,, he,,,, Yuk ke pantai yang indah ini Mba.

Salam wisata

Ke pangandaran udh bbrp kali.........tp ke karang nini skali itupun hanya msuk lewat trus klr ke pantai pangandarannya.........daerah pangandaran itu asyik untuk berlibur

Pemandanganya sungguh indah dan masih alami. cerita legendanya sungguh penuh dengan falsafat, arti dari sebuah kesetian dan pengorbanan dalam menempuh kehidupan.

Aiihh....bisa lihat sunset, itu bisa jadi tempat yang bagus buat para photo hunter ^___^
Salam hangat dari anak Sulawesi :)
Ditunggu kunjungan baliknya ^o^/

Lokasinya pantai karang nini Pangandaran benar2 luar biasa ya mas,,, seperti di luar negeri aja alamnya. makasih sharing yg bermanfaat!

wah asyik juga nich bisa menikmati pemandangan saat senja di pantai pangandaran. Saya dulu pernah kesana juga tapi di pantai apa namanya saya lupa hehe :D pokoknya yang dulu pernah kena stunami getu :)

o z loading blog ini lumayan berat mas hmmm :)

Wiiih bagus juga ya pantainya, tapi kok rasanya pantai yang satu ini masih asing di telinga saya ya mas, apa karena saya kudet ya hehehe

Benar Mba, apalagi bagi para pecinta dunia petualang, banyak pilihan wisata alam yang menarik di daerah ini. lain kali bisa mampir ke lokasi pantai ini.

Salam wisata

Tidak kalah menarik dengan pemandangan alam pantai lainnya yang ada di daerah lain Indonesia Sob.

Salam wisata

Yup,,,,,,,, sunsetnya lain dari yang lain Mba, di sini kita bisa lihat sunset ngumpat di balik dinding bukit batu karang yang merupakan dinding hutan lindug yang berada di pinggir panati Karang Nini ini, langsung ke TKP !

Salam wisata

Padahal ini belum keluar Jawa loh Mba. he,,, he,,, he,,,,,


Salam wisata

O,,,,,, saya juga lupa tuh mba, pantai apa yang kena sunami daerah ini.

Untuk loading blog, mungkin tadi waktu Mba Eka masuk pas lagi ada sedikit perbaikan, karena saya tadinya mau masang musik, setelah saya coba beberapa kali, ternyata memberatkan dan akhirnya saya tinggal. Sekarang sudah normal kembali.

Salam wisata

Nama pantai ini sebenarnya sudah banyak beredar, namun masih jarang orang yang mau mengunjungi, karena tempatnya yang masih sukar di jangkau dengan angkutan umum. Dan biasanya hanya para petualang atau rombongan keluarga dan remaja yang suka dengan wisata alam, mereka yang berkunjung ke lokasi ini. Padahal pantainya masih alami, dan memiliki pemandanganyang indah pada sore hari.

Salam wisata

karang nini....memory tempo dulu sama si dia....hehe
jadi teringat dia....duh

Pernah punya kenangan indah bersamanya ya Kang, hm,,,,,, romantis banget........


Salam wisata

Waktu say ake PAngandaran gak tau ada pantai karang nini pak

belum pernah kesana
padahal sering bolak balik ke pangandaran. malah sempat 3 tahun jadi orang sana
payah ya..?

Pantai ini memang belum cukup di ekplore Mba, padahal tempatnya indah banget, Nanti kalau ke Pangandaraan bisa mampir ke lokasi pantai ini lagi ya Mba. he,, he,,, he,,,


Salam wisata

jarang main ke pantai ini ya Kang ? Dulu mungkin belum terkenal atau masih jarang orang yang datang, karena pantainya memang jaraknya jauh dari jalan besar, dan harus melalui jalan yang berliku dan naik ke arah hutan tropis si Kang. Tapi jalannya bagus ko.

Salam wisata

Assalaamu'alaikum wrt.wb, mas Indra...

Kisahnya tragis sekali ya sehingga wanita tua itu menjadi batu hanya kerana mahu menunggu suaminya pulang dari laut. Apa foto menunggu wanita tua itu sama sih kayaknya foto mas Indra di atas...hehehe. Pemandangan pantai waktu senjanya menarik dan indah tetapi kenapa satu aja fotonya, ya. Selamat berlibur dan dipaparkan kisah selanjutnya.

Salam hormat dari Sarikei, Sarawak.
SITI FATIMAH AHMAD

untuk ukuran saya, pangan daran sangat jauh dari peredaran saya pak.
joja aja belum sempat ke pantainya apalagi pangandaran.

Walaikumsalam Wr Wb........

Kisahnya memang tragis bun, bisa sebagai suatu pembelajaran bagi setiap pasang anak manusia bahwa kesejatian hanaya mampu di ukur degan kematian. (he,, he,, he,,,)
Kalau photo saya sedang menunggu nasi bungkus Bun. Maklum lagi nahan lapar habis jalan seharian. ha,,, ha,, ha,,,,
Photonya sengaja saya tauh satu saja bun, biar tambah penasaran. karena bila menyaksikan secara langsung lebih indah dari pada lihat di dalam hail gambar photonya. Ha,, ha,, ha,,,,

Salam wisata,

Siapa tahu suatu hari nanti bisa sampai ke lokasi ini. Dari lokasi Cilembu dekat loh Kang ? he,, he,, he,,,,

Salam wisata.

Kayaknya kena sindrom lokal, pak. Merasa jadi warga sana, jadinya kurang tertarik dengan obyek yang ada. Seperti sekarang setelah jadi orang Jogja, malah banyak obyek dekat-dekat rumah yang belum pernah nginjek. Padahal sebelum pindah ke Jogja, suka mikir pengen menjelajah semua tempat asik di Jogja

Kacaw ya..?

Bukan kacau Kang, itu jiwa asli petualang memang sudah menyatu sama Kang Rawins. Buktinya,,,,,,,,, orang pada suka kerja yang dekat, tapi Kang Rawin malah suka kerja yang jauh. He,,, he,,, he,,,,,
Pangglian alam bawah sadar kali Kang, bawaaan lahir. xixixixixi......


Salam

Pantai yang indah dengan karang yang hebat2. Baru sekali ke sana dan harus sekali lagi jika pas mudik ke Ciamis.
Makasih :)

Kawasan Ciamins sebenarnya banyak memiliki obyek wisata alam yang indah loh Kang, namun belum banyak orang yang mengeksplore daerah kawasan ini. Jadi masih sepi. padahal pantainya dan kawasannya indah banget.

Salam wisata

Selain Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, dan Pantai Batu Hiu, Pantai Karapyak dan Pantai Madasari, Kabupaten Pangandaran masih memiliki satu pantai yang wajib dikunjungi, yaitu Pantai Karang Nini.

Pantai ini memiliki keistimewaan yaitu letaknya yang berada di balik rerimbunan hutan. Perpaduan wisata pantai dan hutan niscaya menawarkan pengalaman yang berbeda.

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus