SEJARAH ASAL USUL NAMA GUNUNG KEMUKUS

http://www.ejawantahtour.com/2013/11/sejarah-asal-usul-nama-gunung-kemukus.htmlSejarah asal-usul nama Gunung Kemukus ini berasal dari cerita sejarah Pangeran Samudro putra dari salah seorang raja dari Kerajaan Majapahit dari ibu selir yang bernama R. Ay. Ontrowulan. Dimana pada saat perjalanan kembalinya Sang Pangeran dari berguru untuk mendalami ajaran agama Islam dari Kyai Ageng Gugur yang berasal dari Desa pandan Gugur yang merupakan kakanya sendiri ( baca : Cerita Sejarah Pangeran Samudro)

Singkat cerita pada perjalanan kembali pulang menuju Demak bersama kedua abdinya Pangeran Samudro jatuh sakit panas dan meninggal dunia, lalu di kebumikan di daerah "Dukuh Samudro" atau sekarang dikenal dengan nama "Dukuh Mudro".

Pada awalnya keadaan di lokasi Makam pangeran Samudro terlihat sepi dan jarang dijamah orang taua pun dikunjungi orang. karena lokasi terletak di tangah hutan belantara yang lebat, serta banyak di huni oleh binatang buas. Namun, sedikit-demi sedikit keadaan berubah setelah daerah tersebut dihuni oleh para penduduk.

Dari keterangan beberapa penduduk dan tokoh masyarakat setempat yang sempat berbincang-bincang dengan saya dilokasi, konon dulu di atas bukit tempat Pangeran Samudro dimakamkan, apabila menjelang musim hujan atau pun kemarau tampak kabut-kabut hitam seperti asap ( bahasa jawa : kukus). Karena hal itulah penduduk setempat menyebut bukit tersebut dengan sebuatan "Gunung Kemukus".

Namun, obyek wisata ini juga terkenal menjadi obyek wisata sex, namun hal ini menjadi keliru dari para ulah oknum yang menyalah artikan sebuah pesan amanat dan menjadi kesalahan yang diperbuat selama turun temurun hingga sekarang. Ada baiknya anda mencari kebenaran dari cerita tersebut dengan membaca tulisan artikel saya tentang obyek wisata Gunung Kemukus untuk ritual kekayaan. Hal tersebut merupakan tindakan yang tidak benar dan terlalu meleceng dari kisah sebenarnya tentang Sejarah Pangeran Samudro dan cerita sejarah dari Sendang Ontrowulan yang terdapat di lokasi Gunung Kemukus.

Semoga informasi yang saya dapatkan di lokasi daerah Gunung Kemukus ini, dapat membantu atau pun memberikan informasi tentang cerita asal usul nama Gunung Kemukus di daerah Desa Pendem, kecamatan Sumber Lawan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

28 komentar

Oh kukus asap ya, saya kira roti kukus haha. Mantap cerita sejarahnya sahabat. :)

Majapahit selain mewariskan situs purbakala ternyata juga memberikan nama untuk gunung kemukus ya mas,,, tapi sayangnya banyak disalahgunakan oleh orang2 sekarang sebagai wisata maksiat, hmmm baru tahu saya...
Makasih telah berbagi wawasan ^_^

Pernah denga situs ini.
Ternyata ini to asal usul namanya. (y)

hehehehe, maap sebelumnya, saya baru dengar tentang gunung kemukus baru dari blog ini, dan beru nemu blog yang mau ngulas tentang kekayaan alam indonesia, lanjutkan kang....

Semoga bermanfaat ya Sob,

Salam wisata,

Bila dilihat dari perjalanan sejarahnya melalui cerita sejarah ini, maka akan terlihat jelas bahwa masa-masa ini merupakan masa transisi dari peralihan Majapahit ke Demak, dan mulainya masuk agama ISlam di tanah jawa untuk berkembang.

Salam wisata

Sudah menjadi suatu kebiasaan orang jawa untuk memudahkan dalam ingatan dalam menyebutkan sebuah tempat atau nama ya Mba. he,, he,,he,,,

Salam wisata

Terimakasih atas apresiasinya Kang.

Salam wisata,

Gungung kemukus tempatnya selalu rame dan tidak pernah sepi. Asik untuk mencari hiburan dan kepuasan batin :)

oalah dalah kemukus itu dari tembung kukus toh...
cuma yang bikin penasaran kabut-kabut hitam seperti asap itu apa yaa?

kok mengerikan nggih Pak kalo digunakan dan disalah gunakan untuk kegiatan seperti itu. Mengerikan kalo salah dalam menerjemahkan esan sejarah

Sebuah nama, pasti mempunyai kisah tersembunyi dibalik nama tersebut. Bisa tentang mitos atau mungkin orang yang berjasa di daerah tersebut, sehingga daerah tersebut di namai dengan nama tersebut. Luar biasa gunung kemukus ini. Tempat yang penuh misteri :)

lokasi gunung Kemukus ini memang asyik bagi para petualang, namun jangan sampai salah sarah dalam memilihnya ya Kang. he,, he,, he,,,,

Salam wisata

kalao tempat yg penuh misteri itu bukan gunung kemukus mbak Ririn, tapi gunung merapi. Karena ada maklampirnya dalam film misteri dari gunung merapi, hohoho ^_^
salam blogwalking ^^

Benar kang itulah asl-usul dari nama gunung tersebut yang sebenarnya adalah sebuah bukit.

Salam

Benar Pak, bisa jadi ini merupakan pekerjaan dari salah satu oknum kelompok yang memanfaatkan hal ini, namun sayangya sejarah di lencengkan jauh sekali.

Salam,

Benar Mba, dimana-mana ada cerita yang bersumber dari sebuah cerita masyarakat yang dijadikan legenda.

Salam,

saya baru ngeh kalau kemukus itu asal kata dari kukus (awan/kabut hitam), dan ternyata gunung yang lebih terkenal dengan wisata sex dan pesugihan itu ternyata ada makam pangeran samudro...soalnya pernah ada yang ngajak maen ke gunung kemukus...untung waktu itu saya tolak...;o)

Benar Kang, justru lokasi tersebut yang menjadi icon nya adalah tokoh Pangeran Samudro, namun sayangnya ada beberapa oknum yang melencengkan perjalanan sejrah dari pakem yang sebenarnya, padahal hal tersebut terjadi karena mereka salah mengartikan dari maksud pesan sebenarnya yang di sampaikan almarhum sebelum menumukan ajalnya.

Salam,

Tempat obyek wisata memang kerap tak lepas dari nilai sejarah ya mas :)

Benar Mas Bud, setiap tempat yang memiliki nilai historis sejarah yang terdapat di Indonesia memang banyak dan beragam.

Salam wisata,

waaah... jadi tau sejarah nih ane :D

pdhl awal sejarahnya adlh ingin belajar agama islam. Tp malah akhirnya disalah artikan oleh byk org menjadi objek wisata yg kurang baik

Semoga bermnafaat cerita asal usul nama gung kemukus ini ya Sob.

Salam wisata,

Sayang sekalai banyak orang yang di butakan tentang cerita sejarah tokoh penyebar agama Islam di daerah Gunung Kemukus ini dengan salah penafsiran dari sebuah pesan, yang pada akhirnya dapat menjerumuskan banyak orang dan mebuat citra yang buruk bagi obyek wisata gunung kemukus ini sebenarnya.

Salam wisata,

baru kepikiran kalo kemukus dari kata dasar kukus
ada benarnya juga sih. lintang kemukus berarti bintang berasap
buntut meteor dianggap asap kali dalam pandangan mata awam..

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus