SEJARAH SENDANG ONTROWULAN GUNUNG KEMUKUS

http://www.ejawantahtour.com/2013/11/sejarah-sendang-ontrowulan-gunung.html
Sejarah Sendang Ontrowulan Gunung Kemukus merupakan sebuah "sendang" atau sumur tempat pemandian di mana cerita seorang ibu yang akan berjumpa dengan anak kandungnya yang telah meninggal, dengan mata airnya yang tidak pernah kering. Sendang Ontrowulan ini berada di lokasi Gunung Kemukus daerah Desa Pendem, Kecamatan Sumber Lawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Alikisah cerita sejarah Sendang Ontrowulan yang saya dapatkan dari cerita beberapa tokoh masyarakat yang terdapat di lokasi Gunung Kemukus. Konon pada masa lalu setelah menerima kabar dari abdi dalem Pangeran Samudro tentang wafatnya pangeran dalam perjalanan menuju Demak dari hasil perantauannya untuk belajar dan mengkaji Ilmu agama Islam. Namun, dalam perjalanan kembali ke Demak Sang Pangeran terserang penyakit panas yang menyebabkan dirinya meninggal dunia dan pada akhirnya di makamkan di sekitar kampung tempat beliau mengabdikan dirinya. (baca : Sejarah Pangeran Samudro),

Lanjut cerita..........
Sultan Demak yang melanjutkan berita ini kepada R. Ay Ontrowulan (Ibu kandung dari Pangeran Samudro) Mendengar berita meninggalkan sang Pangeran tersebut, maka sang bunda pun memutuskan untuk menyusul menuju tempat Pangeran Samudro dimakamkan. Kepergian Ibu pangeran Samudro pun di hantar serta di dampingi oleh seorang abdi dalem setia sang Pangeran.

Perjalanan Ibunda Pangeran Samudro menuju pusaran (makam) anaknya, sang ibunda pun berniat untuk bermukim di daerah dekat makam anaknya sambil merawat makam anaknya. Sesampainya di pusaran (makam) Pangeran Samudro, sang ibu pun memeluk pusaran anak kandungnya yang merupakan anak satu-satunya yang sangat dia cintai. Sampai pada suatu ketika ia merasa bertemu kembali dengan putranya dalam pertemuan gaibnya. Dia bisa merasakan kehadiran sang Pangeran dengan menatap mukanya yang jelas sambil berbincang-bincang.

Dalam pertemuan dengan anaknya sang Ibu Pangeran Samudro pun berkata, "Oh..... Ananda begitu sampai hati engkau meninggalkan aku, siapa lagi yang akan kujuntuk sebagai gantimu, hanya engkau satu-satunya putraku dan aku tidak dapat berpisah denganmu".

Jawab Pangeran kepada Ibunya, " Oh, ibunda, Bunda tentu tidak dapat berkumpul dengan Ananda. Sebab ibunda masih berbadan jasmani, dan selama belum melepas raga bunda tidak dapat bersamaku. Untuk itu bunda harus bersuci dahulu di sebuah "sendang" yang letaknya tidak jauh dari tempat ini".

Setelah terbangun dan tersadar dari pertemuan dengan putranya, sang ibu pun bangkit dan pergi ke sebuah sendang yang dikatakan putranya untuk melakukan bersuci diri. Setelah itu, rambutnya yang sudah terurai dikibas dan dijatuhkanlah bunga-bunga penghias rambutnya. Dimana menurut cerita yang saya dapatkan, konon bunga-bunga tersebut tumbuh mekar menjadi pepohonan "Nagasari" yang dapat dijumpai di sekitar lokasi Sendang Ontrowulan di kawasan Gunung Kemukus hingga sekarang.

Lanjut cerita.....
Karena keyakinan dan tekadnya sang Ibu dari Pangeran Samudro dalam melakukan lakon prihatin di kawasan sendang tersebut, maka beliau akhirnya dapat mencapai tingkatan "muksa" secara gaib, dan sampai hari ini badan jasmaninya tidak dapat ditemukan. Hal ini dikarenakan tidak seorang pun yang tahu kemana perginya R. Ay. Ontrowulan (Ibunda Pangeran Samudro) yang hilang tidak tahu rimbanya. Untuk mengenang peristiwa tersebut, maka tempat ini di berinama "Sendang Ontrowulam"

Mendengar kisah sejarah Sendang Ontrowulan Gunung Kemukus di daerah Sragen ini dari beberapa tokoh masyarkat setempat dan dilengkapi dari berbagai sumber cerita dari beberapa literatur sejarah, maka kita lebih mengetahui tempat sejarah yang menjadi salah satu icon obyek wisata di daerah kawasan Gunung Kemukus ini. Tentunya hal ini agar icon yang berkembang di tengah masyarakat tentang obyek wisata di kawasan daerah ini tidak identik dengan kawasan obyek wisata Gunung Kemukus untuk ritual kekayaan. Ini merupakan hal pelencengan sejarah yang di lakukan oleh beberapa oknum dengan mensalah artikan cerita legenda sejarah tokoh besar  yang terdapat di kawasan Gunung Kemukus, Sragen Jawa Tengah.

Bila kita akan mengunjungi daerah kawasan obyek Gunung Kemukus ini, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu cerita dari Sejarah Pangeran Samudro, Asal Usul Nama Daerah Gunung Kemukus,

Semoga cerita sejarah tentang Sendang Ontrowulan di kawasan Gunung Kemukus ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang kawasan obyek tersebut.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

89 komentar

Baru tau dan ngedenger tempat obyek wisata berikut cerita sejarahnya mas..
Trims ya mas Indra..buat informasinya :)

Sama-sama Mas Budi, semoga bermanfaat untuk bisa meletakan suatu nilai sejarah dengan kondisi yang sebenanrnya di lokasi obyek wisata yang memiliki potensi seperti dikawasan Gunung Kemukus ini tepatnya di lokasi Sendang ontrowulan.

Salam,

GUnung Kemukus saya kira gunungnya panas kayak di kukusan :)
Btw apakah potensi wisatanya sudah tergarap dengan baik baik...
Maklum biasanya pemerintah jarang memperhatikan yang beginian

Semog atergarap dengan baik ..wisata Gunung ini... suka penjelasanya :)

Untuk potensi wisata di daerah ini menurut penilaian saya secara pribadi belum tergaram secara maksimal, karena masyarakat luas masih identik terhadap kawasan ini hanya menjadi obyek wisata yang berbau klenik negatif. Bila saja hal ini dapat di optimalkan dengan baik, maka keadaan di kawasan ini akan bisa tercipta dengan adanya sebuah desa wisata yang lebih berpotensi dari pada yang ada.

Salam Wisata

Amin...... semoga saja ya Mas, dan terimakasih atas apresiasinya.

Salam wisata

terusterang baru dengar kali ini, tapi saya tertarik untuk kesana, mungkin nanti kalau ada libur saya akan kesana meski dengan alasan untuk menghibur stres

Masih seputar gunung kemukus ni mas hehe :D

Tapi memang gunung kemukus itu sangat terkenal, terutama di Jawa Tengah dan D.I.Y. Jadi rasanya nggak gaul kalau nggak tahu gunung kemukus hehe :D

Sejarah itu emang penting bro

Banyak juga kisah2 dari gunung kemukus ya mas
jadi lebih tau

SOb, makasih ya telah memperkaya pengetahuan kami dengan banyak hal. termasuk cerita mitos dan legenda seperti ini. Tentu bukan sesuatu yang harus diyakini sebagai fakta sejarah, tapi dengan ini kami bisa tahu legenda setiap tempat di negeri ini :)

wah sejarah memang harus diinget apalagi sejarah daerah asal dengan begini kita akan berbagi info tentang daerah masing masing :) biar jika ada tour sudah dapetin info nya terlebih dahulu :)

baiklah kang, saya tidak akan terjerumus pada hal yang mendatangkan syirik, menyetukutan Allah Ta'ala.
saya akan menarik pelajaran dari sejarah sendang ontrowulan ini, bahwa kasih sayang seorang ibu dan lebih umumnya orang tua itu tidak akan pernah luntur, apapun akan dilakukan untuk anaknya. Semoga saya dan pak indra serta teman teman lain terhindar dari perbuatan menyianyiakan anak kita yang akan menjadi generasi dari darah daging kita.

jawa tengan emang kota wisata sejarah ya mas,,,,
pengen banget puter" di sono lagi.. :)

sejarah yang baru saya tau, ternyata tempat wisata banyak juga sejarah nya

Kaitan dengan Gunung Kemukus .. Bapak saya bilang, itu tempat orang ritual pak ... Apa sendang ini juga sering dipake ritual pak ?

jadi pengen kesana.... heheh cerita ttentang ontrowulan ini juga menarik mas.... heheh

Lengkap banget pembahasannya, saya belum pernah kesini, paling nggak ada referensi buat kesana, lanjut....

saya baru tau mas tentang gunung kemukus ini, menarik sekali ya ceritanya

saya membayangkan sepertinya dibalik keindahan sendang ontrowulan ini tersimpan misteri yg berbau istis, hmmm :)
Tapi saya rasanya ingin berkunjung kesana utk melihat pemandangan alamnya yg indah, hehehe ^_^

tempat bersejarah yg harus dijaga oleh bangsa sampai kapanpun

Dari postingan ini jadi tahu latar belakang sejarangnya pak

Silahkan Kang...... semoga bermanfaat, dan kalau ke sana akan mendapatkan informasi atau pun spot pemandangan yang indah lainnya.

Salam wisata,

Benar Mba Ririn, namun keindahan alamnya tidak kalah ko untuk di eksplore dari pada tempat ritualnya. Jadi bukan hanya sebagai obyek wisata minat khusus berziarah saja temapt ini, tapi lebih dari itu.

Salam wisata

Benar mas Didi, sejarah yang tidak usah di belokaan dari maksud dan tujuan pesan yang terdapat di dalamnya. Dan hal ini lebih mengarah kepada hal yang positif. terimakasih atas kunjungannya Mas.

Salam wisata,

Semoga informasi ini bermanfaat bagi para generasi penerus bangsa dalam mengartikan sebuah nilai sejarah sesungguhnya, apalagi pada tempat obyek-obyek wisata yang dapat mebantu wilayah tersbut untuk dapat meningkatkan perekonomian daerah dalam tingkat mikro.

Salam wisata,

Sama-sama Kang Haris, semoga bermanfaat. Indonesia memang kaya akan cerita sejarah dari setiap obyek destinasi wisatanya yang indah, dan sangat menjadi potensi untuk masyarakat daerahnya tersebut bila mengarah dalam hal yang positif seperti di daerah Gunung kemukus ini.

Salam wisata

Benar mas, semoga bermanfaat. Dan bisa menjadi bekal untuk sama-sama memperkenalkan dan meluruskan sebuah sejarah yang mengarah ke positif.

Salam wisata,

Amiiiiin........ semoga doa dan harapan kita semua dari niat baik ini terkabul ya Mas.

Salam wisata

Benar mas, namun bukan hanya Jawa Tengah saja yang memiliki potensi suatu nilai sejarah yang melengkapi keindahan alam Indonesia yang unik dengan seni dan tradisinya, bahkan di setiap daerah yang terdapat di Indonesia tentunya juga ada dan memiliki cerita tersendiri dalam hal keunikan perjalanan masing-masing sejarahnya dengan seni tradisonalnya yang tidak akan habis bila kita gali terus.

Salam wisata,

Benar Mba Vina,,,,,,, karena sejarah tetap akan berjalan sesuai keberadaan tempat tersebut, dan akan menjadi suatu inti dari setiap icon obyek wisata yang selalu dapat kita kunjungi untuk dapat mengambil pemebelajarannya dari apa ang di sampaikannya dengan maksud yang mengarah kepada hal positif.

Salam wisata,

Benar Mas M. Fanirifanto, obyek wisata ini memang identik dengan obyek wisata minat khusus sebagai tempat orang yang akan menjalankan ritual, termasuk dengan sendang Ontrowulan.

Namun, dari keterangan beberapa tokoh masyarakat setempat yang saya temui dan berbagai sumber daftar pustaka yang saya dapatkan, dari perjalanan sejarah sendang ontrowulan seperti ini Dan tidak ada salahnya bila kita meluruskan sejarah agar persepsi tentang obyek wisata ini tidak menjadi suatu nilai negatif di mata masyarakat. Pilihan kita kembalikan kepada diri masing-masing orang tersebut.

Terimakasih atas kunjungan dan apresiasinya Mas.

Salam wisata,

Terimakasih Mas Ahmad Zaelani atas aprisiasi dan kunjungannya, semoga bermanfaat dalam hal mengarahkan yang sesuai dengan cerita dan maksud dari sebenarnya dari sejarah sendang ontrowulan Gunung kemukus ini.

Salam wisata,

Terimakasih Sob, semoga bisa menambah wawasan kita bersama, dalam hal berbagi informasi yang mengarah kepada sejarah dengan cerita yang menagrah kepada hal positif.

Salam wisata,

Cerita yang mengharukan Kang, seberapa besar cinta dan kasih sayang seorang bu kepada anak tunggalnya. Hingga di arela melakukan hal seperti dalam cerita tersebut.

Salam,

Pemandangan alamnya lebih indah ari pada cerita mistisnya di kawasan obyek wisata sendang Ontrowulan mba. Silahkan datang ke sana, dan jangan salah jalan ya. He,, he,, he,,,,

Salam,

Untuk cerita sejarah di kawasan Sendang Ontrowulan yang sangat memiliki cerita legenda perjalanan seorang ibu yang bersedia melakukan tapa dan lakon spiritual seperti ini, memang harus di jaga Kang, Namun, hal ini kalau bisa jangan di jadikan suatu tempat orang berbuat sesuatu hal yang melanggar norma agama dan susila. Ada pembelajaran yang dapat memberikan hikmah positif bagi para pengunjung bila kita dapat menangkap atau mengerti maksud dari cerita legenda ini sendiri disampaikan kepada masyarakat luas.

Salam,

Semoga bermanfaat ya Mba cerita dari legenda sejarh sendang Ontrowulan ini, bagi anak-anak kita. Semoga sesuai dengan kamsud dan tujuan positif dari cerita tersebut dalam kita mengambil hikmah positifnya.

Salam,

kalau dijelaskan secara mendalam tentang objek wisata di Indonesia memang gak bakal habis,
semuanya beragam dan unik di tiap daerahnya milik ke unikan tersendiri.
termasuk dari objek wisata gunung Kemukus ini,
wooow

saya seperti bertambah wawasannya dengan membaca artikel keren disini :)

Pemandangan yg indah menjd daya tarik tersendiri akan tp wisata ini ya mas..
Kapan2 kalo ada kesempatan pingin juga mampir ..hehe :)

Betul mas , dan mudah - mudahan dengan mengetahui Cerita sejarah tentang kawasan Gunung Kemukus yang sebenarnya ini dapat mengalahkan cerita sejarah yang di lencengkan oleh para oknum ...

Obyek wisata Indonesia memang unik, apalagi kalau obyek wisata gunung kemukus ini yang banyak menyimpan cerita sejarah salah seorang tokoh besar di dalamnya.

Salam wisata

Semoga bermanfaat artikelnya ya Mba, semoga semakin banyak yang mengetahui cerita ini sebenarnya dari sebuah kisah cinta kasih sayang sang ibu kepada anaknya di kawasan obyek wisata gunung Kemukus ini.

Salam wisata

semoga gn kemukus semakin dikenal krn keindahan alamnya bukan krn hal2 mistik. Lagian gak baik jg berurusan sm yg mistik2 :)

dari nama sendang terasa indah
dan saat baca ceritanya terasa kebawa kekisah sejarah

Nyimak kisah wisata dari blog ini ^^

Terima kasih sudah berbagi informasi ya ^^

kisah atau cerita di balik suatu tempat merupakan daya tarik untuk mengunjungi suatu tempat. dari kisah, timbul penasaran, dari penasaran timbul niat, dari niat, akhirnya benar-benar mengunjungi situs atau tempat itu...

Benar Mba, karena keindahan alam Gunung Kemukus itulah yang bisa dinikmati bai para pengunjung yang luas tanpa di nodai dengan niatan yang kurang baik.

Salam,

Nama sendang Ontrowulan yang bersala dari nama seorang ibu yang sangat menyayangi anaknya yang merupakan salah sorang tokoh besar sebagai penyebar agama Islam di kawasan Gunung Kemukus.

Salam,

Semoga bermanfaat ya Mba......

Salam wisata,

Benar Mba, untuk itulah kita bisa lebih mengenal dari lokasi obyek wisata yang akan kita kunjungi dengan maksud dan niatan yang baik pula.

Salam wisata,

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Indra....

Saya kagum dengan usaha mas Indra yang sanggup mencari banyak informasi untuk memeriahkan kehebatan penulisan yang disajikan sebagai usaha menarik minat pembaca mengunjungi sesuatu tempat wisata.

Usaha mas ini banyak manfaatnya untuk kemudahan para wisatawan seperti saya jika berencana untuk mencari tempat yang menarik dan memuaskan hari.

Mudahan blog mas Indra akan menjadi sumber rujukan utama bagi mereka yang berniat untuk melakukan perjalanan yang menjadi kenangan indah dalam hidup. Semoga menjadi amal ibadah di kemudian hari.

2 jempol buat blog wisata yang hebat ini. :D
Salam hormat takzim dari Sarikei, Sarawak.

SITI FATIMAH AHMAD

Sragen ya? hmm saya coba luangkan waktu ke sana minggu depan deh :)

Sejarah yang aku baca disini beda banget dengan apa yang aku dengar. Wisata yang menjadi tempat esek esek, biar doa terkabulkan, konon cerita.

mampir lagi sambil baca Sejarah Sendang Ontrowulan Gunung Kemukus sampe tuntas :)

Wah saya baru pertama mampir nih :) ternyata sahabat-sahabat saya pada ngumpul disini ^_^

lintang kemukus menunjukkan bencana ya pak kalau tidak salah? hehehe

Obyek wisata seks? Wwaah ada2 saja ya mas ...
Cerita2 di balik terbentuknya sendang spt ini menarik juga ya. CUma mungkin ada yang nyata ada yang imajinasi ya?

Setuju, saya juga salut. Mas Indra konsisten. Semoga tetap semangat ngeblog dengan tema ini ya Mas :)

mantap gan :D jgn lupa mampir ke

Andrekocak Blog

Sejarah yang sangat menarik untuk di telisik lebih mendalam terkait dengan sendang ontrowulan yang berlokasi di gunung kemukus ini. Kita ambil hikmahnya saja mana yang baik kita anut dan yang tidak baik, jangan ditiru ya mas hehehe :D
Salam ^^

Terima kasih lho pak, atas artikelnya.
menambah wawasan saya betapa Indahnya bumi pertiwi kita ini.

Kalau membaca cerita-cerita seperti ini saya semakin penasaran, apalaghi terkadang ornag sangkut pautkan dengan cerita-cerita magis, bener gak Om?

salah satu tempat wisata yang harus dimasukan dalam daftar tempat yang wajib dikunjungin ini :)

cerita tentang wisata, dapat membuat daya tarik seseorang untuk bisa mencapai tujuan nya masing-masing.......hehehehheehehhe
salam kenal ea bg indra,

cerita nya bagus,,,,,,,,
salam kenal bg indra ea...?

saya kesini malem malem mau numpang ngopi, soalnya ngga sempet baca tuntas deh....sekalian mau ngasih pelukkan hangat gituh deh.

@ Bunda Fatimah >>> Walaikumsalam wr, wb....... Terimakasih atas bentuk apresiasinya dari bunda Siti Fatimah Ahmad, semoga bermanfaat juga untuk yang lainnya. Hal ini hanya bersifat berbagi informasi pengalaman yang di dapat bun. Semoga bermanfaat ya.

@ Mugniar >>> Terimakasih juga buat sahabat Mba Mugniar, semoga infoormasi ini bermanfaat untuk melihat hal positif dari setiap tokoh yang menjadi cerita legenda masyarakatnya. Apalagi bil hal ini memang ada dalam cerita sejarahnya, dan menyangkut tokoh agama yang jauh sekali dikenal dari cerita sebenarnya di kawasan Gunung Kemukus tersebut.

Silahkan Kang, dengan banyaknya orang yang mengunjungi obyek wisata Gunung Kemukus Sragen ini, dan di angkatnya sebauh cerita tokoh dengan mengikuti sejarah yang sebenarnya, maka kita akan dapat memperbaiki penilaian negatif tentang obyek wisata ini melalui media internet ini Sob. Semoga akan mendapatkan berita yang lebih positif dengan hasil gambar yang lebih mantap lagi.

Salam,

Dengan melihat cerita sejarah tentang tokoh yang ada sebenarnya di kawasan Gunung Kemukus ini, sebab-musababnya bukan seharusnya menjadi obyek wisata sex, karena di lokasi ini terdapat kisah seorang tokoh penyebar agama Islam di daerah kawasan ini, dan bukan cerita tentang hubungan cinta antara anak dan ibu kandungnya.

Salam,

Semoga cerita legenda sejarah dari obyek kawasan Gunung Kemukus yang sebenarnya ini dapat menambah wawasan dan merubah penilaian daerah kawasan obyek wisata Gunung Kemukus di daerah Sragen bukan lagi menjadi obyek kawasan sex yang melanggar norma susila dan agama.

Salam,

Terimakasih atas kunjungannya Sob, dan biasanya memang kami selalu saling silaturahmi (BW).

Salam,

Yang nyata ya cerita sejarah yang saya dapatkan dari beberapa sumber informasi di lokasi dengan beberapa dafatar pustaka tantang tokoh yang menadi legenda cerita masyarakat di kawasan daerah Gunung Kemukus ini, sedangkan yang berimajinasi ya...... itu bagi mereka yang berharap sesuatu bila berkunjung ke lokasi ini dengan tidak di dasari ilmu agama, dengan logika keimanannya.

Salam,

Apanya yang mantap Gan ? Jari tangannya lagi sakit ya ? ha,, ha,, ha,,,

Salam

Benar Mba, cerita yang manyangkut sendang Otrowulan di kawasan Gunung Kemukus ini, memang sangat menarik untuk di telusuri. Karena di dalamnya terdapat banyak pembelajaran yang dapat di ambil dalam hal positif.

Salam wisata

Cerita magis di setipa kawasan obyek wisata di suatu daerah biasanya ada dan sering kita temkukan di setiap kawasan obyek wisata, dimana cerita-cerita tersebut di jadikan sebuah mitos yang merupakan salah satu kepercayaan dari cerita masyarakat setempat. Namun, di mana dari setiap cerita mitos yang kita dapatkan di lokasi sebenarnya memiliki maksud dan pembelajaran yang positif dari benang merah atau maksud tujuan yang sebanrnya. Namun, dikarenakan masing-masing pemahaman orang berbeda, terjadilah salah penafsiran. Sedangkan dari sebuah cerita legenda itu dibuat merupakan bagian dari bentuk penyampaian yang berisikan ilmu norma dan budi pekerti yang selama ini dikenal oleh kita. Hanya itu sih Mba yang saya tahu..... he,, he,, he,,,,

Salam wisata,

Silahkan Sob, semoga bermanfaat untuk mengambil hal yang positifnya dari tempat obyek wisata ini.

Salam wisata

Salam kenal kembali Kang Zamzami..... terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

Salam wisata,

Kirain saya tidak sempat ngopi tadi di rumah Kang ha,, ha,, ha,,,,,

Salam wisata

mayan buat bekel nanti klo udah gede :D

Klau masih kecil mainnya jangan jauh-jauh ya, nanti hilang. ha,, ha,, ha,,,,

Salam wisata

Silahkan mas, labih banyak yang memperkenalkan obyek wisata gunung kemukus dengan penilaian positif, maka kita dapat ikut menghapus penilaian negatif tentang obyek ini secra perlahan.

Salam wisata,

Jadi ingat pelajaran waktu sekolah ya kang Agus. Ha,,, ha,, ha,,,,

padahal aslinya om agus lebih tertarik ke sejarah pangeran samudra nya pak..
*kayak aku...

Wah .. bagus itu pak .. semoga hal negatif di tempat ini hilang pak .. Namun kalau keyakinan tentangnya tidak surut, susah juga ya pak ..

Kalau untuk urusan sejarah, aku tidak ragu lagi sama Kang Rawin dan Kang Agus. Mantap deh kalau sudah ngupas..........

Salam wisata

Kalau masalah keyakinan kita kembalikan kepada individunya Kang, namun sejarah dan identitas negatif tidak salahnya kita kembalikan kepada cerita sebenarnya, dan penilaian yang negatif dapat lebih surut dari pada penilaian positif yang sebenarnya. tinggal kita menganggkat dan memperkenalkannya dari segi sudut pandang yang mana.

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus