WISATA FLORES DAN CERITA LEGENDA PULAU KOMODO

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/11/wisata-flores-dan-cerita-legenda-pulau.html
Wisata Flores Dan Cerita Legenda Pulau Komodo - Cerita legenda masyarakat Pulau Komodo yang sampai hari ini terdengar di kalangan para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo. Dan hampir rata-rata para wisatawan yang hadir di lokasi Pulau Komodo dalam melakukan perjalanan wisata di kawaan Flores Nusa Tenggara Timur, Indonesia, mendapatkan cerita legenda ini dari pemandu wisata lokal daerah tersebut, yang berasal dari masayrakat setempat yang berprofesi sebagai pemandu wisata.

Kisah cerita legenda Pulau Komodo berasal dari sebuah cerita yang mengisahkan beberapa waktu yang hidup di sebuah desa seorang pemuda yang menikahi seorang wanita bernama Putri Naga yang datang dari negeri seberang. Tidak lama kemudian setelah menikah sang putri hamil dan melahirkan bayi kembar.

Kelahiran bayi dari sang Putri Naga dalam kisah legenda Pulau komodo ini, kedua anaknya yang kembar tersebut memiliki bentuk yang berbeda. Yang satu anak bayinya berupa manusia, dan yang satunya lagi berupa seekor kadal. Karena malu, maka anak bayi sang Putri Naga yang menyerupai kadal di buang dan di asingkan ke sebuah Pulau.

Lanjut kisah cerita legenda Pulau Komodo.......
Dalam keterangan cerita legenda Pualu Komodo ini, hari demi hari berjalan hingga kedua anak kembar tersebut beranjak besar, sampai suatu hari salah satu anak tersebut melakukan perburuan, dan akan memanah salah satu hewan komodo, dan seketika itu pula sang ibu mencegahnya, "jangan kau bunuh dia nak, dia adalah saudara kembarmu", ujar sang ibu. Seketika itu pula sang anak kaget dan menjawab, "mana mungkin aku memiliki saudara kembar seekor komodo bunda ?"

Dalam penjelasan sang Putri Naga dalam kisah cerita legenda Pulau Komodo kepada salah satu anaknya yang bertanya tentang kemustahilan bahwa dirinya memiliki saudara kembar seekor Komodo, mala sang ibu pun menjelaskannya kepada anaknya, "Beberapa tahun yang lalu bunda melahirkan bayi kembar, anak tersebut adalah dirimu dan komodo tersebut. Cobalah kamu lihat di tangan komodo tersebut, ada tanda lahir yang sama denganmu". Dan benar saja di lengan mereka berdua ada tanda lahir yang sama. Dan ada akhirnya si anak pun mengurungkan niatnya untuk membunuh si komodo tersebut yang menjadi saudara kembarannya.

Dari kisah cerita legenda Pulau Komodo yang berasal dari tanah Flores NTT inilah, yang membuat salah satu daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi Pulau Komodo tersebut. Walau pun kesimpulan dari cerita legenda tenatng Pulau Komodo ini hanya berupa mitos belaka. Dan memang di area Pulau Komodo kita juga akan dapat menikmati sajian pemandangan tepi pantai yang indah yang terkenal dengan nama Pantai Pink (merah jambu). Dimana pasir pantainya tersebut berwarna merah muda, dan airnya sangat jernih. Cobalah lihat di photo di bawah ini yang merupakan foto yang menghadp ke Pantai Pink di Pulau Kodomo. Indah bukan ?..........

Photo Pulau Komodo :
Bagi teman-teman yang akan berkunjung ke Pulau Komodo dan melakukan perjalanan wisata Flores, anda dapat masuk dari daerah Labuan Bajo di mana lokasi tersebut terdapat bandar udara yang siap menampung kedatangan anda melalui udara. Andapun dapat dengan mudah mendapatkan informasi harga Tiket pesawat termurah dari agen perjalanan wisata yang berada di sekitar anda. Untuk penerbangan kekawasan Flores ini anda dapat menggunakan jasa penerbangan nasional Indonesia seperti Garuda Indonesia Airline. Dan untuk penginapan anda bisa melihat informasi hotel dan penginapan di lokasi Labuan Bajo.

Semoga cerita kisah legenda Pulau Komodo yang terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata yang merupakan cagar budaya dan alam yang di lindungi oleh badan dunia PBB ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita untuk berkunjung di kawasan Wisata Flores Nusata Tenggara Timur Indonesia. Anda dapat menikmati keindahan salah satu pantai pink Indonesia di pualu komodo ini.




Salam wisata,
Sumber : 
Dari kisah cerita masyarakat Pulau Komodo.
Foto milik Kang Haris Maulana.
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

39 komentar

sebuah tempat tidak akan menarik bila tidak ada kisah dibaliknya.

ingin terbang ke flores dan salaman dengan komodo sambil mengucapkan selamat karena komodo berhasil terpilih sebagai salah satu dari keajaiban dunia :)
tapi belum ada uang jalannya :D

Nanti kalau sudah salaman dengan komodonya, diajakin ngopi breng sama ibundanya loh Kang si Putri Naganya. he,, he,, he,,,,,


Salam,

andaikan cerita komodo itu bukan mitos....
tapi entah lah,tidak ada yg idak mungkin didunia ini...,jika tuhan menghendaki apa saja bisa terjadi.

Cerita legendanya sungguh unik. Aku belum pernah liat hewan komodo secara langsung.

@.@) ada lagi foto pulau komodo ini?
cantik luar biasa ....
coba kalau pemerintah lebih peduli sama pulau pulau lainnya atau tempat wisata lainnya yang ga kalah cantiknya ~
jadi pengen liburan kesana Dx

saya juga lho kang ucup mas indra pengen banget kesana..oya mas indra kan itu nyebrang kan atau langsung sampai ke pulaunya dengan pesawat???

ternyata begitu ceritanya, anak kembar yang berbeda nasib. malang sekali yah si komodo, jika benar cerita itu , sungguh disayangkan jika komodo itu dibunuh huhu :(

Jadi lebih tahu sekarang latar belakang tempat wisata ini :)
Dan semoga aja tempat ini pula selalu menjadi tempat wisata andalan negeri ... :)

Pinjem dananya dulu sama mas indra ...juga boleh kok kang ucup..hehe

itulah salah satu keunikan pulau komodo, selain binatang komodo yang jadi kekhas an dan hanya ada dipulau tersebut, ternyata legendanya pun unik.

cuman kalau jaman sekarang ada putri bernama putri Naga....serem juga kalau saya harus menikahinya....padahal kalau nama putrinya itu Putri Shinta gituh...kan mempesona....;o)

ternyata ceritanya begitu ya Kang. seorang bayi kembar...

jaid begitu ya cerita legenda pulau komodo, berharap suatu saat nanti bisa berkunjung kesana.. menikmati keindahan wisata setempat :)

@ jenx indah >>> kalau mau ke Pulau Komodo kita harus menyebrang dulu Mba dari Labuan Bajo, dan pesawatnya mendarat di Labuan Bajo

@budi os 19 >>>> boleh-boleh nanti di tampung ya sama Kang Budi he,, he,, he,,,,

@ Asep >>>> kalau komodo doyan ngopi, nanti malah di pakai sebagai merek dagang loh Kang. he,,, he,, he,,,,

Kalau bukan mitos seru kali ya Kang cerita dari Pulau Komodo ini. he,, he,, he,,,


Salam,

Nanti kalau ke Pualu komodo bisa lihat dari dekat kang hewan komodo tersebut.

Salam,

Itu baru yang terlihat dari jauh kang, bagaimana kalau dari dekat. Pulau Komodo ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang memandangnya.

Salam,

Iya kang, itulah cerita yang beredar di kalangan masayrakat sana tentang Komodo.

Salam,

Lokasi Pulau Komodo lebih dikenal dan banyak dikunjungi oleh paa wisatawan mancanegara kang, mereka berdatangan dari berbagai belahan dunia, hanya ingin menikmati keindahan alam di sekitaran sana yang indah dan melihat dari dekat hewan komodo ini.

Salam,

Betul kang Lembu, paling enak si nama putrinya seperti itu. ha,, ha,, ha,,,

Salam,

Benar kang, cerita yang menarik untuk ditelusuri di kawasan ini.

Salam wisata

Begitulah cerita yang beredar dan menjadi suatu cerita legenda di masyarakat di sekitar daerah Pulau Komodo dan sekitarnya.

Salam,

Wah kok kisah ceritanya sangat menarik ya mas. Bayi kembar yang berbeda jenis. Sangat aneh memang. Tapi mungkin hanya mitos ya. Tapi dari cerita tersebut, bisa menjadikan daya tarik tersendiri di pulau komodo ini. Jadi penasaran saya ingin berkunjung kesana, tapi ongkosnya yang belum punya hehe ^^

ikuuuut doooonk ke pulau komodo. .

Kisah Yg Menarik. . .
Insya Allah Minggu depan ksn bersama keluarga besar. . .

Ternyata pulau komodo juga ada kisah cerita legendanya ya mas,,, saya baru tahu, hehehe :)
Kisahnya sangat mengharukan, saudara kembar yg dibuang ke hutan karena malu punya anak kadal. Bisa dkembangkan lagi nih ceritanya, hmmm ^_^

kalo kesana saya juga mau ikut mbak Eka, biar tahu pulau komodo secara langsung, hehehe :) ongkosnya numpang mas Indra aja, hohoho ^_^

Yang Pasti Komodo adalah Binatang PURBA yang masih bertahan sampai saat ini dan Hanya ada di P. Komodo Flores NTT - Indonesia !!!

Yuk siap-siap kita berangkat. He,, he,,he,,,

Salam

Boleh....... yuk ke Pulau Komodo Sob.

Salam,

Asyik dong, bisa melihat pemandangan yang indah. jangan lupa main di pantai Pink nya Kang.

Salam wisata

Ceritanya kalau di panjangkan akan menjadi sebuah novel Mba. He,, he,, he,,,,


Salam wisata

Betul itu Sob,,,,,,,

Salam wisata

saya ingin pergi ke Pulau Komodo..

moga bisa keturutan.. :D

mantap pak tulisannya ... salam kenal :)

Semoga dapat menikmati kawasan destinasi wisata daerah pulau komodo, dan menjadi bahan refrensi perjalanan wisata nantinya ya Sob.

Salam wisata

Salam kenal kembali Sob, dan terimakasih atas apresiasinya.

Salam wisata

wah kapan2 kalau ada dana pengen maen lah kesitu

salah satu seven wonder in this world, mampir di warung kita juga ya sablon gelas plastik di jakarta

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus