TEMPAT WISATA KONSERVASI ALAM TAMBLING

http://www.ejawantahtour.com/2014/03/tempat-wisata-konservasi-alam-tambling.html
Tempat Wisata Konservasi Alama Tambling - Tambling mungkin banyak orang yang tidak mengenalnya. Tambling merupakan salah satu kawasan konservasi alam baru yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung Barat, dengan luas wilayah mencapai 45.000 hektar, dan menjadi salah satu tempat tujuan wisata bagi para pecinta alam dan ilmuan lingkungan hidup.

Konon, dulunya Tambling ini merupakan kawasan tempat berburu hewan, karena populasi hewan yang melimpah pada saat itu. Dan sejak tahun 2001 kegiatan berburu di kawasan Tambling sudah dilarang seiring masuknya pihak swasta yang tertarik menjadikan kawasan Tambling ini sebagai kawasan konservasi alam.

Tambling banyak menyimpan kekayaan alam, khususnya satwa langka yang dilindungi, salah saatwa langka yang dilindungi di kawasan ini adalah harimau Sumatera yang kini keberadaan populasinya menurut data berada diangka +/- 300 ekor di Pulau Sumatera.

Selain harimau Sumatera yang menjadi salah satu icon tempat wisata konservasi alam di Tambling ini, namun di tempat lokasi wisata ini masih memiliki tempat yang indah dan dapat dinikmati dalam perjalanan wisata petualangan, yaitu Danau Sleman. Menurut informasi data yang saya peroleh, Danau Sleman memiliki luas 850 hektar dan terletak di dalam kawasan Tambling.

Kawasan Danau Sleman sendiri merupakan tempat habitat beragam satwa, di mana tempat ini sekelilingnya di tumbuhi pohon mangrove. Dan tidak jauh dari Danau Sleman ini kita bisa menemukan segerombolan kelelawar yang hidup bebas di kawasan ini. (Baca : Mengenal Menara Mercusuar Tambling)

Tambling ini juga memiliki tempat kawasan potensi sejarah, di mana di dalam kawasan ini kita dapat menemukan sebuah bangunan menara tua berbentuk mercusuar yang usianya lebih dari 100 tahun, dan bangunan menara itu hingga sampai saat ini masih kokoh berdiri di sana.

Dan bukan hanya kekayaan flora fauna saja yang di miliki di kawasan tempat wisata konservasi alam Tambling ini, tempat ini juga memiliki peranan penting dalam menjaga kestabilan iklim. Di mana Tambling juga merupakan tempat pertemuan arus air hangat dari Samudera Pasific dan arus air dingin dari Samudera Hindia. Itulah sebabnya kawasan Tambling juga memiliki beragam satwa biota laut yang bisa dinikmati oleh para wisatawan bila hadir di tempat wisata Tambling ini.

Saat ini kawasan Tambling dalam kesehariannya dikelola oleh pihak ketiga atau swasta. Atas izin kementrian kehutanan Republik Indonesia, mereka bertanggung jawab dalam mengelola kawasan dan menjaga perkembangan populasi satwa endemik yang ada di kawasan tersebut.

Tempat Wisata Konservasi Alam Tambling dengan keanekaragaman yang dimilikinya membuat tempat ini menjadi sebuah kawasan hutan hujan tropis dataran rendah yang masih tersesisah ditengah ancaman defortasi yang terus menggila di Indonesia. Tempat wisata konservasi Tambling bakwase yang menyejukan dengan kehdairannya yang dibutuhkan oleh bangsa Indonesia sebagai penyeimbang kestabilan ekosistem di atas muka bumi ini.






Salam wisata.

Sumber :
www.tamblingwildlife.com
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

49 komentar

jauh kang, saya banjarmasin :v

tapi btw makasih sharingnya

semoga saja dipeliahra dan dirawat dengan baik ya tempat wisata konservasi alam tambling ini

Yup.... bisa mampir kalau ada kesempatan nanti di tempat wisata ini. :D


Salam wisata

Amiiiiin...... malah sekarang perkembangannya di sana sudah bagus loh Mba, dan banyak para wisatawan asing yang berkunjung ke tempat wisata konservasi alam Tambling ini.

Salam wisata

Setiap daerah punya keunikan tempat tersendiri ya mas..asal para masyarakat dan juga para petingginya saling mendukung satu kota itu akan nampak asli dengan menonjolkan kebudayaan dan wisatanya

Sayang ya masih dikelola oleh pihak swasta. Padahal kalau Pemerintah Daerah mau mengelolanya sendiri dengan baik kan bisa jadi sumber pendapatan asli daerah juga.

pengen bnget deh kayak nya kesaana mas..
tapi jauh juga ya hehehe. nice Post

dari ceritanya pasti tempatnya sangat indah Mas :)

Wah baru denger mas, kalau ada wisata itu.. hehe

wah baru tahu ni kalau ada tempat wisata tambling ini... jadi pengen kesana pak.. kayanya menawarkan nuansa petualangan.. :)

wah 45000 HA, luas sekali yah Kang Harimau skitar 3000 ekor berarti masih lumayan banyak juga ( populasi ) Harimaunya,,,,,Nice Info Kang ,,,,

semoga saja selalu seperti itu ya Mba.... :D

Salam wisata

Mungkin ada kerja sama antara pemerintah daerah juga dalam hal in Sob, karena kan ini termasuk dalam wewenang wilayahnya juga... :D

Salam wisata

Kalau ke sana enak sih sama romongan ya Sob, sebabnya melalui konservasi alam sih... :D


Salam wisata

Tergantung kita bisa menikmatinya atau tidak sih.... :D


Salam wisata

Minimal bisa tahu ya Sob,,,,, :D

Salam wisata

Wisata alam memang seperti itu Mas :D
Penuh dengan jelajah dan petualangan. :D

Salam wisata

Memang luas kang, Dan maaf jumlah angka Harimaunya kelebihan banyak bukan 3000 tapi 300 ekor. Sudah di ralat . xixixixixi..... :D


Salam wisata

Tempatnya lumayan jauh ya, harus nebrang dulu, tapi sepertinya berwisata ke konservasi alam Tambling ini perlu di coba :)

Semoga tidak lagi ada yg sembunyi-sembunyi berburu hewan langka lagi di sana. (y)

hmmm...ada harimau sumatera juga pak ya.... pengen banget lihat apalagi tahu jumlahnya udah gak banyak lagi...

hadir kembali kang di blog yg keren ini :)

Danau sleman di sumatera juga...
Moga makin berkembang

Kok tidak tampil tulisannya ya....?

mantap mas,, lanjutkan sharingnya ya
jangan lupa follow dan kunjangannya mas.

Silahkan Kang, bila da waktu dan kesempatan bisa di coba untuk melakukan wisata observasi di tempat wisata Tambling. :D

Salam wisata

Sekarang sudah di lrang unuk berburu di sana Sob, :D

Salam Wisata

Kalau di kawasan ini ada harimaunya yang di dalam kandang ko Mas. :D

Salam wisata

Terimakasih atas kunjungannya Sob :D

Salam wisata

Dauanyanya indah sekali Mba di sana. :D

Salam wisata

Tulisan yang mana ya Mba ? Semua tampil tuh....

Salam wisata

Saya kurang tau kalo alam tabling dan juga blm pernah ksana. oya, Sepertinya poto propil sampean di kawah sikidang wonosobo-banjr ya ms..:D salm kenal dari saya orang wonosobo..:D

sepertinya gersang gitu ya bang tempatnya,dilihat dari fotonya, tetapi nuansa mentari sore kali ya yang indah disana

luar biasa ya pemandangan alam nya di tempat wisata konservasi. Jadi masyarakat dan pemerintah harus bisa menjaga kondisi alam nya ya mas agar tidak rusak, karena konservasi :)

Terimakasih atas kunjungannya.

Salam wisata

Salam kenal kembali Mas :D

Salam wisata

hehe,, iya mas.. trimakasih ya??

wah saya baru tahu mas tempat wisata konservasi alam tambling, cuma agak jauh yah dari tempat saya, makasih sharingnya mas :)

klira2 siapa yang membangun menaranya yia bos?

Sebanrnya tidak gersang Mba, hanya gambar pgoto yang di tampilkan bernuansa sunset saja. Bagus ko tempatnya :D

Salam wisata

Benar Mba Eka, dengan konsep wisata konservasi alam seperti ini, kita akan di ajak mengenal alam lebih dekat dengan upaya nyata pelestarian hutan dan satwanya sekaligus. :D


Salam Wisata

Semoga suatu hari bila ada waktu dan kesempatan bisa belibur di tempat wisata Tambling ini ya Kang :D

Salam wisata

Menara mercusuar di tempat wisata konservasi alam Tambing ini di bangun pada jaman Kolinial Belanda sekitar tahun 1879, seperti informasi yang ada di dinding menara bos. :D

Salam

Mas Indra, bagaimana caranya untuk bisa berkunjung ke Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, khususnya menara suar Belimbing?
Perizinannya bagaimana?
rute dan Akses jalannya gimana?
Kendaraannya bagaimana?

Terimakasih :)

Taman Barisan nasional Bukit Barisan di kawasan Tambling bila di tempuh dari kota Lampung lumayan jauh Mas, dan jalan aksesnya melalui darat. +/- 8 jam keadaan normal. Dan untuk masalah peijinannya dan informasi lebih jelasnya bisa mengunjungi website resmi bisa cari di Google tamblingwildlife(dot)com, di karena kawasan wisata ini sudah di kelola oleh mereka, nanti semuanya akan jelas di sana. Waktu itu saya sebagai tamu juga sih Mba. :D

Semoga jawaban saya dapat membantu ya Mas. :D


Salam wisata

Salam kenal, Mas,

Bagaimana saya bisa berkunjung ke Tambling Wildlife Nature Conservation?

Tks

Silahkan mas, bisa mengunjungi sumber websitenya yang tertera di atas untuk berkunjung ke sana mas. Semoga bermanfaat.

Salam wisata

cara akses ke tambling gimana ya kalo dari kota bandar lampung??

kaloboleh tau cara akses kesana gimana ya? kata nya sih gak bisa sembarang orang bisa masuk situ?

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus