MENGENAL INDUSTRI KREATIF WAYANG KULIT

http://ejawantahtour.blogspot.com/2014/05/mengenal-industri-kreatif-wayang-kulit.html
Mengenal Industri Kreatif Wayang Kulit.- Industri kerajinan yang memadukan seni, tradisi, budaya dan sejarah warisan leluhur bangsa Indonesia sebagai bentuk pengejawantahan kelangsungan keberadaan wayang kulit sebagai salah satu identitas tradisi dan budaya bangsa Indonesia.

Dalam perjalanan wisata budaya dan sejarah kali ini saya menemukan sebuah workshop pengrajin industi kreatif pembuatan wayang kulit di salah satu even Festival Museum Internasional di dalam sebuah gedung area Museum Nasional Indonesia di Jakarta.

Konon menurut catatan sejarah, sayang kulit diciptakan oleh Raja Jayabaya dari Kerajaan Memenang atau sekarang disebut Kediri sekitar abad ke-10. Awalnya sang Raja Jayabaya menciptkan wayang sebagai sebuah gambaran roh para leluhurnya yang di goreskan di atas daun lontar, dan bentuknya ditiru dari gambaran relief-relief cerita Ramayana pada Candi Penataran di Blitar.

Seiring berjalannya waktu dunia seni wayang mengalami perubahan, dari perubahan seni tardisi budaya wayang itulah kita dapat menemukan beberapa jenis wayang yang terdapat sekarang ini, seperti contohnya ; wayang kulit, wayang kayu, wayang rumput, wayang orang, wayang golek, dan masih banyak lagi untuk jenis-jenis wayang yang ada di Indonesia. Untuk mengetahui jenis wayang golek silahkan (Baca : Wisata Budaya Mengenal Wayang Golek).

Lanjut......
Informasi yang saya dapatkan, wayang kulit pada umumnya terbuat dari kulit kerbau. Hal ini dikarekana kulit kerbau tidak banyak mengandung minyak sehingga proses pengeringannya bisa cepat antara 4 sampai dengan 5 hari. Dan,,,,, yang lebih membuat saya takjub adalah wayang kulit bisa bertahan lama hingga 100 tahun atau lebih, jika dirawat dengan benar.

Konon wayang kulit menurut ceritanya memiliki mitos tersendiri bagi mereka yang percaya dan meyakininya setiap masing-masing tokoh wayang kulit ini memiliki penjaganya sendiri. Namun, hal ini tidaklah perlu di perdebatkan, karena hal ini tinggal kembali kepada masing-masing individu manusianya saja.

Lanjut...........
Mengenal industri kreatif wayang kulit kita dapat mengetahui bahwa dalam seni pembuatan wayang kulit ini harus terlihat hasil pembuatan yang halus dengan keterampilan seni yang tinggiuntuk mengerjakannya, karena pekerjaan ini hanya dapat di lakukan oleh tangan-tangan trampil pelaku seni wayang kulit. Ciri pembuatannya pun harus melambangkan ketelitian serta ketinggian seni yang di hasilkan oleh si pembuatnya. Terutama hasilnya harus dapat menggambarkan watak-watak dari tokoh-tokoh wayang yang dibuatnya di atas kulit tersebut.

http://ejawantahtour.blogspot.com/2014/05/mengenal-industri-kreatif-wayang-kulit.html

Pada tahap proses pembuatan wayang kulit setelah mendapatkan kulit kerbau yang bagus dan siap di lukis, biasanya pebuatan watak-watak tokoh wayang terlebih dahulu dibuat di atas kertas putih tipis. Konon dari informasi yang saya dapat watak-watak wayang ini diasaskan kepada watak-watak wayang kulit Melayu purba, dimana kemahiran dan kreativitas amat sangat di perlukan dalam membuat watang wayang kulit yang halus dan menarik.

Setalah itu memasuki proses penjenisan corak dan motif yang perlu disusun dengan terautr dan sesuai dengan watak wayang yang dibuatnya. Dan biasanya watak wayang kulit Melayu berukuran +/- 71 sentimeter panjang dan lebarnya tidak lebih dari 30 sentimeter.

Hasil lukisan tokoh wayang yang di kertas kemudian digunting atau dipotong mengikuti profil, dan ditempel di kulit dengan menggunakan lem yang dapat larut dengan air. Setelah itu kulit lalu di pahat. Setalah proses pemahatan, kulit lalu di bersihkan dengan menggunakan air dicusi hingga bersih tanpa tertinggal bekas kertas yang menempel di dinding kulit hasil pahatan.

Kulit yang telah di cuci lalu dibiarkan mengering, bila sudah kering baru masuk dalam tahap pewarnaan. Untuk proses pewarnaan juga di butuhkan faktor ketelitian, karena warna juga dapat memaikan peranan penting pada bentuk wayang kulit, dan ia dapat memberikan perbedaan antara watak-watak yang lembut dan watak-watak yang garang pada sosok tokoh dari wayang tersebut.

http://ejawantahtour.blogspot.com/2014/05/mengenal-industri-kreatif-wayang-kulit.html

Setelah proses pewarnaan wayang, watak-watak wayang tersebut lalu akan dipeerkuat dengan sebilah bambu yang diraut membentuk bulat leper serta runcing dibagian pangkalnya, dan kemudai dikat tegak di tengah-tengah wayang tersebut. Bambu ini berfungsi sebagi tulang untuk berdiri bagi wayang kulit.

Setelah semua proses berjalan lancar, maka hasil pembuatan wayang kulit pun telah selesai, dan untuk setiap hasil pembuatan wayang kulit tentu saja memiliki arti dan simbol bagi para penggemarnya masing-masing. Apalagi bagi para pecinta seni dunai wayang kulit, dan hasilnya dari produksi industri kreatif wayang kulit Indonesia sudah cukup di kenal di kalangan pasar internasional.

Mengenal Industri Kreaif Wayang Kulit melalui perjalanan wisata budaya kali ini tentu membuat saya dan juga para pecinta dunia seni dan tradisi budaya Indonesia baik domestik mauppun mancanegara membuat semakin tahu keindahan dan keunikan dari kesenian tradisonal wayang kulit ini. Dimana dalam sebuah keindahan terdapat makna dalam perwujudan cipta karsa, cipta rasa, yang akan membuat sebuah identitas bangsa Indonesia di kenal di dunia intrenasional melalui wayang kulit ini.



Salam wisata


Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

25 komentar

wah.... ternyata pembuatannya membutuhkan proses yang panjang yia bos... kalo boleh tahu rata2 harga per wayang berapa yia bos?

ternyata cara buatnya tergolong sulit ya :)

Sudah selayaknya kita melestarikan wayang, bner ngga gan? ;)

Untuk tetap melestarikan budaya dan tinggalan leluhur,kita terutama yang muda memang harus tetap menjaganya agar tidak hilang ditelan waktu.contohnya dengan pengrajin seperti yang diulas diatas

baru tau sy pak, wayang kulit terbuat dari kulit kerbau ..hehehe kirain dri kulit sapi yg dah biasa dipake untuk buat bedug ,,,, :D

betul sekali, hanya orang-orang tertentu yang bisa buat wayang kulit :)

Budaya wayang yang harus terus dilestarikan keberadaannya.
Setiap tahun acara sedekah bumi di desa saya selalu menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk.
Salam.

dulu tetangga saya ada yang bisa bikin wayang kulit Pak, walaupun bukan seniman sunguhan, tapi pesanan yang datang padanya cukup banyak. tapi sayang, setelah beliau meninggal nggak ada yang mewarisi keahlian membuat wayang kulit tersebut

wayang kulit adalah salah satu warisan budaya leluhur yang wajib dilestarikan,,,dan dengan adanya industri kreatif ini tentunya bisa menjadi salah satu cara pelestarian wayang kulit...jangan sampai nasib wayang kulit sama dengan budaya asli indonesia yg sudah diklaim hak ciptanya oleh negara2 lain.....,
di rumah ku ada dua wayang kulit, yakni Bima dan Krisna......,
keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Wayang kulit juga bagus mas dijadikan sebagai media pengajaran, saya juga telah membuat makalahnya di anekamakalah.com. terima kasih

saya jadi tau sejarah awalnya wayang kulit ini tercipta, rupanya Raja Jayabaya dari Kediri itulah penggagasnya yah...yang perlu diselidiki adalah kenapa cerita wayang sangat erat hubungannya dengan kisah kisah mahabarata gituh ya?...kenapa tuh kang?

Proses pembuatan batik memang membuatuhkan waktu yang panjang Mas, dan mengenai harganya relatif sih Mas, tapi waktu di sana saya tidak sempat bertemu dengan si bosnya, karena masalah harga ada pada bosnya Kang. Itu informasi yang saya dapatkan.

Salam wisata

Cara mebaut wayang kulit memang mebutuhkan waktu proses berjalannya waktu yang tidak singkat Mba, maka dari itu wayang kulit memiliki nilai seni hasil kreatiifitas yang tinggi.

Salam wisata

Kalau bukan kita siapa lagi ya Sob, yang akan melestarikan wayang kulit ? :D

Salam wisata

industri wayang kulit ini termasuk langka ya mas... biasanya turis asing membeli produk2 seperti ini sebagai cinderamata :)

saya dangat suka pertunjukan wayang kulit :D

Benar Mas, karena kerajianan wayang kulit bila tidak dilestarikan oleh kita sendiri sebagai generasi muda maka akan hilang dan punah.

Salam wisata

Wayang kulit biasa di buat dengan kulit kerbau mas, karena bila menggunakan kulit sapi teralu banyk mengandung minyak sih katanya, jadi agak lama keringnya. :D

Salam wisata

Benar mas, dan hanya orang yang memilki jiwa seni di bidangnya saja yang dapat mebuat wayang kulit dengan baik dan bagus ya.... :D

Salam wisata

Benar Mas, tradisi wayang kulit memang harus di lestarikan agar budaya bangsa Indonesia tetap terjaga keberadaannya.

Salam wisata

Sayang sekali ya Mas tidak ada seoang anaknya yang mewariskan bakat dan keteltenan bapaknya sebagai pembuat wayang, seandainya saja bisa bertahan tentu bisa mengasilkan untuk keluarga dan tentunya juga untuk lingkungannya.

Salam wisata

Industri kreatif pembauatan wayang kulit merupakan salah satu upaya nyata bagi para pelaku seni tradisi dan budaya wayang kulit untuk dapat terus melestarikan tradisi dan budaya bangsa Indonesia, semoga para pelaku usaha ini dapat terus bertahan dan mengembangkan hasil produksi agar bisa go internasional ya kang. :D

Salam wisata

Benar mas, wayang kulit bisa menjadi sebuah sarana pengajaran dan sangat cepat di serap di kalangan masayrakat yang masih menyukainya. Semoga sukses dan berhasil ya makalahnya.

Salam wisata

kalau urusan yang menjelaskan kisah lakon wayang kulit ada hubungannya dengan kisah Mahabarta nanti kepanjangan Kang :D

Semoag bermanfaat ya Kang untuk kita semua.

Salam wisata

Benar Mba, dan wisatawan asing sangat suka akan produk tardisi dan budaya bangsa Indonesia, semoga saja ini merupakan sebuah peluang bagi industri wayang kulit di tanah air.

Salam wisata

salah satu cara melestarikan budaya ya

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus