MENYUSURI SENDANG GOA RENGGANIS LEGENDA TELAGA BIDADARI PANGANDARAN

http://www.ejawantahtour.com/2012/09/menyusuri-sendang-goa-rengganis-legenda.html Sendang Goa Rengganis merupakan salah satu tempat wisata alam yang berloksi di daerah Pangandaran, Jawa Barat. Pertama kali penulis berkunjung di tempat ini, rasa gamang selalu menghantui perasaan  pada saat menyelusuri daerah ini. Suasana hening dan sakral mulai terasa pada saat pertama penulis menginjakkan kaki ditempat ini. Aura mistis menyeruak di antara dedaunan dan batang pohon yang merambat.

Dengan perasaan keingintahuan penulis untuk menyelusuri tempat ini menjadi modal semangat tersendiri untuk menyaksikan lokasi ini yang menurut cerita airnya sangat jernih. Dimana di tempat ini kita dapat menjumpai pemandian Dewi Rengganis yang terletak di ujung jalur wisata kawasan Cagar Alam Pananjung yang terbuka untuk umum. Jika kita menemukan jalan buntu yang tertutup gua setinggi kurang lebih 3 meter itulah tempat Sendang Goa Rengganis.

Bila kita menyelusuri lokasi ini, kita akan sampai disebuah tempat, dimana kita dapat menemukan para penunggu tempat ini. Yaitu para pemandu wisata budaya yang dengan segenap hatinya akan melayani para wisatan yang hadir ditempat ini, baik itu wisatawan asing maupun domestik selama 24 jam, terutama bagi mereka yang mempunyai minat khusus terhadap tradisi budaya.

Informasi yang penulis dapatkan  tentang khasiat air Pemandian Dewi Rengganis disekitaran penduduk lokasi ini , dan beberapa daftar pustaka legenda masyarakat terdapat banyak versi yang berbeda. Salah satunya versi cerita tentang sepasang kekasih bernama Dewi Siti Samboja dan Raden Anggalarang. Karena perkawinan mereka tidak disetujui oleh orangtua Raden Anggalarang, maka mereka kabur dan mendirikan kerajaan di Pananjung.

Seiring berjalan waktu kerajan yang mereka bangun dan pimpin tumbuh dan berkembang pesat.Memiliki hasil bumi yang berlimpah, rakyanya pun menjadi makmur. Namun, kemakmuran ini memicu terjadinya perebutan kekuasaan oleh orang-orang yang haus harta dan tahta. Bajak laut dari seberang lautan yang dipimpin Kalasamudra mengobarkan sebuah pemberontakan besar. Pertempuran sengit pun terjadi, bala tentara dari kedua belah pihak bayak yang tewas di medan pertempuran. Dalam pemberontakan itu Raden Anggalarang terbunuh.

Dalam situasi yng kacau Dewi Siti Samboja melarikan diri dan menghilang. Konon menurut cerita legenda, Sang Dewi moksa, lepas dari ikatan dunia fana tanpa meninggalkan jejak. Jasadnya pun lenyap tidak berbekas. Peristiwa moksanya Dewi Siti Samboja yang bergelar Dewi Rengganis itu terjadi di telaga mata air tempat pemandian keluarga raja ini.

Entah bagaimana awal mula ceritanya hingga menyebar dari mulut ke mulut, mengenai kabar bahwa barang siapa mandi di telaga ini akan membawa rasa keberuntungan dalam hidupnya, serta awet muda. Mitos ini berkembang dari tahun ke tahun hingga secara perlahan-lahan tempat semakin sering dikunjungi bagi mereka yang memiliki niat khusus dan para wisatawan yang hanya sekedar ingin mencari tahu pembuktian informasi ke tempat ini dengan segala historis sejarah dan budayanya..

Pada saat penulis hadir ditempat ini penulis mendapatkan beberapa orang yang sedang melakukan kegiatan ritual khusus berhari-hari. Dan demi menyangkut privasi pribadi seseorang kegiatan pengambilan gambar photo pun ditiadakan oleh penulis secara pribadi.

Perilaku mereka yang penulis lihat sangat bermacam-macam, dari sekedar mengambil air dengan galon, mandi sambil berdoa. Terlepas dari kepercayaan sebagian orang tentang khasiat air di tempat ini, Pemandian Dewi Rengganis telah menjadi salah sati tempat favorit yang dikunjungi para pesinden dan pelaku seni lainnya.

Tidak hanya para pelaku seni saja yang hadir ditempat ini. Dari informasi pemandu wisata ditempat ini, setiap menjelang Pilkada pemandian Sendang Goa Rengganis ramai dikunjungi oleh mereka yang memiliki kepentingan khusus.

Sendang Goa Rengganis merupakan salah satu tempat wisata alam yang di miliki Indonesia yang berada di Kawasan Pangandaran, Jawa Barat. Banyak cerita sejarah dan budaya yang sebenarnya memiliki pesan dan pembelajaran tersendiri yang penulis tangkap secara pribadi untuk dapat dijadikan contoh untuk kita, yaitu sebuah semangat dan kesetiaan seorang pemimpin negara dan pemimpin rumah tangga yang disertai kesetiaan seorang  istri dalam menjaga kehormatan negara dan pribadinya hingga dia memilih menyingkir dan menghilang dimana rimbanya. demi sebuah harga diri.

Semoga pengalaman perjalanan penulis dapat menambah pengetahuan para sahabat-sahabat dalam berbagi informasi.



Salam Wisata.
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

25 komentar

Rengganis? wow, itu juga nama salah satu puncak di pegunungan Argopuro Kang.. apa ada hubungannya ya?

Kayaknya tempat wisata ini belum terekspose padahal ada kisah yang menarik di sana.
Terima kasih infonya yang menarik dan bermanfaat.
Salam hangat dari Surabaya

Alangkah bagusnya kalo blog wisata ini dimapping ke domain sendiri biar lebih bagus...

Salam hangat

Sampai dengan hari ini saya belum mendapatkan informasi yang tepat Kang. Jadi mohon maaf saya belum dapat menjawabnya.

Sukses selalu.

Benar sekali Pak Dhe, mungkin tempat ini lokasinya terlalu terpencil, dan biasanya hanya para pecinta wisata obsevasi alam yang menyukai lokasi seperti ini dan selalu dihubungkan dengan hal yang mistis.

Sukses selalu.

Terimakasih atas masukannya.

Sukses selalu.

Saya baru tahu ada tempat wisata ini dari sini Pak Indra..Semoga suatu saat berkesempatan berkunjung ke sana

ternyata ada latar kisah kesetiaan yang melatarbelakangi terbentuknya sendang goa ini , sungguh menakjubkan :)

yang aku tau itu mah tempat menyepinya susana si sundel bolong
hehe

Silahkan Bu, semoga bermanfaat.

Semoga lebih banyak orang lebih mengenal tempat ini dari sejarah dan budayanya yang memilki hisori tersendiri bagi kita untuk menambah pengetahuan.

Sukses selalu

Salam Wisata,

Untung waktu saya kesana saya tidak menemukan dia.

Bukan hanya nama puncak gunung, Kang Lozz juga nama Kereta Api dan nama salah satu tetangga saya

Setiap tempat-tempat unik, seringkali berhubungn dengan mitos-mitos tertentu. ini juga bisa menarik minat dan rasa penasaran orang

aku malah belum pernah kesonoooo >___<

Sebenarnya tempat yang menarik banget, Gan.

Tapi sayang kok fotonya cuma 1 saja napa, ya?

Di dalam artikel saya sudah menjelaskan, kenapa saya tidak melakukan dokumentasi ditempat itu. Terimasih.

Suatu saat ini bisa menjadi bahan rujukan bila akan menuju kesana Mba.

Really your blog is very interesting.... It contains great and unique information. I enjoyed to visiting your blog. It's just amazing.... Thanks very much for the share.

bleh tau g sumber informasi sejarahnya?
cz tempat itu terlalu bnyak cerita mistisnya juga pa lagi pda malam2 tertntu...pi lepas dari itu tempatnya ckup bagus airnya juga menyegarkan..

Sumber informasi sejarah bisa kita dapatkan di area setempat melalui tokoh-tokoh masyarkat, atau pemandu wisata lokal setempat yang menguasai sejarah didaerah tersebut.

Salam Wisata,

Sya prnah mandi di sana...memang bner air ny jrnih dan sejuk...konon ktanya kli mandi d sendang itu d krumuti ikan2..insya alloh brtanda baik..ini pngalaman sya entah kbetulan atau memang bnr ada nya..krena dlu wkt sy mndi d sna tmpatnya msih bebas bsa trun..langsung k kolam..dan kbetylan ktika sy sdg mandi..sy d krumuti ikan bnyak ada yg mrah ada jg yg htam..krn sy kget..sy lari k drat..tp org2 d sna blg klo itu prranda baik..swaktu sy mandi..sy tdk lupa brdoa pd alloh swt..bhwa sya ingin bhagia sperti org lain..mndapat suami yg baik..dan sholeh..srta msih prjaka tak pduli wlau bda umur jauh..krn wkt itu sy sdg ptus asa mngalami kgagalan rmh tg sdh 2xdan slalu mndaptkan suami bkas org..sprti yg sy blg td..entah kbetulan atw bnr .akhir ny doa sya alhamdulillah trkabul..skrang sy bsa hdup bhagia brsama suami mski bda umur dua plh thun..dan pnya stu org ank prempuan yg brumur empat thun.

Pengalamannya luar biasa sekali, semoga apa yang didapat bisa dijaga dengan baik ya Mba, dan itu pun semua karena kehendak Alloh SWT, senang bisa berbagi pengalaman di sini.

Salam wisata

tempat saya juga ada telaga yang namanya rengganis gan :D

iya sampai sekarang pun Ibu Dewi Rengganis Masih Hidup (ganti jasad).

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus