CANDI PRAMBANAN ATMOSFER PUTRI RAMPING SENI ARSITEKTUR DARI SEBUAH LEGENDA RORO JONGGRANG DAN BANDUNG BONDOWOSO

http://ejawantahtour.blogspot.com/2012/09/candi-prambanan-atmosfer-putri-ramping.html
Candi Prambanan atau nama lainnya kita sering menyebut dengan Candi Loro Jonggrang (Loro dibaca Roro). Candi Prambanan terletak di perbatasan Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Candi Prambanan terleak di daerah dataran indah yang dihiasi dengan monumen arkeologi di antara sawah dan desa yang terletak di Desa Prambanan.

Candi Prambanan nampak terlihat indah bila kita memandangnya dari kejauhan, candi yang selalu membuat orang yang memandangnya menjadi terkesan dan terpesona, dan ini merupakan sarana tempat peribadatan umat beragama Hindu. Candi Prambanan di bangun pada abad 8 - 10 M.

Bangunan artistik yang menjulang tinggi ini memiliki ketinggian mencapai 47 m ( dari data yang penulis dapakan Candi Prambanan lebih tinggi dari pada Candi Borobudur, yang memilki selisih 5 m ). Dan Candi Prambanan merupakan Candi tertinggi yang ada di Indonesia, sekaligus peninggalan tempat peribadatan keagamaan yang terbaik di Asia Tenggara, dan diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

Candi Prambanan terdiri atas tiga candi utama di halaman utama, yaitu Wisnu, Brahma, dan Siwa, yang merupakan lambang Trimurti dalam agama Hindu, ketiga candi tersebut menghadap ke Timur dari halaman utama. Terletak ditengah.

Candi Siwa merupakan candi paling tinggi dan memiliki empat buah ruangan. Satu ruangan utama berisi Arca Siwa, tiga ruangan lainnya masing-masing berisi Arca Durga (yaitu istri dari Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesa (putra Siwa).

Dua candi lainnya dipersembahkan kepada atara Wisnu, yang menghadap ke utara bila kita dari halaman utama, dan satunya dipersembahkan kepada Batara Brahma, yang menghadap ke selatan dari halaman utama.

Selain itu, ada beerapa candi kecil yang dipersembahkan kepada pembantu para dewa yang berupa wahana atau kendaraan yang selalu dipergunakan untuk mengangkut, yaitu Nandini-Sang Lembu, Batara Siwa-Sang Angsa, Batara Brahma-Sang Garuda, dan Batara Wisnu. Relief yang berada disekeliling cadi menggambarkan wiracarita Ramayana.

Informasi yang diterima penulis dari sebuah katalog panduan di lokasi Candi Prambanan yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata setempat. Komplek Cnadi Prambanan ini dikelilingi lebih dari 250 candi yang ukurannya berbeda-beda yang disebut perwara.

Album Photo Wisata Candi Prambanan:

Di dalam area Candi Prambanan kita dapat menemukan sebuah museum yang menyimpan benda-benda bersejarah, termasuk batu Lingga Batara Siwa, sebagai lambang kesuburan. Menyelisik sebuah cerita masyarakat setempat berkaitan dengan keberadaan Candi Prambanan yang selalu membuat penulis tertarik untuk selalu menyelusuri sebuah pesan dari isi cerita tersebut.

Seperti kisah Bandung Bondowoso (putra Prabu Damar Maya) yang mencintai Roro Jonggrang (putri Prabu Baka). Perseteruan antar kedua kerajaan yang memperebutkan wilayah kekuasaan berakhir dengan kematian. Prabu Baka dalam perang ini dibunuh oleh Bandung Bondowoso. Sedangkan Pangeran Bandung Bondowoso terus memburu seluruh pasukan Prabu Baka, sampai tiba dikerajaan Baka.

Setibanya Pangeran Bandung Bondowoso di Kerajaan Baka ia bertemu dengan Roro Jonggrang dan jatuh hatilah si Pangeran Bandung Bondowoso ini. Namun, dikarenakan Roro Jonggrang merupakan anak dari Prabu Baka, tidaklah mungkin Roro Jonggrang menikahi pembunuh ayah kandungnya sendiri.

Namun, pangeran Bandung Bondowoso terus merayu dan tidak menyerah agar Roro Jonggrang mau meerima cintanya. Dengan kejadian ini maka Roro Jonggrang mengakalinya dengan suau permintaan dengan syarat, agar pangeran Bandung Bondowoso membuatkan sumur yang dalam yang dinamakan (jalatunda) dan candi dengan seribu arca dalam waktu semalam.

Untuk permintaan pertama Roro Jonggrang dapat terpenuhi oleh pangeran Bandung Bondowoso, sedangkan permintaan kedua pada akhir penyelesaian pembuatan candi, Roro Jonggrang Tanpa diketahui oleh pangeran Bandung Bondowoso meminta bantuan kepada warga desa agar melakukan aktifitas menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari.

Baca juga : Legenda Roro Jonggrang Di Candi Prambanan.

Dengan melihat kejadian ini pangeran Bandung Bondowoso yang pada saat waktu itu sudah menyelesaikan 999 arca tetulah maah besar, maka dengan kemarahan pangran Bandung Bondowoso ini maka, Roro Jonggrang seorang putri cantik yang dia cintai dikutuk oleh dirinya untuk menjadi arca yang ke-1.000.

Kisah inilah yang selalu terdegar di telinga kita setiap kita melihat sosok Arca Durga seorang putri yang ramping di dalam lokasi Candi Prambanan, yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai perwujudan dari Roro Jonggrang yang dikutuk oleh kekasihnya yaitu Bandung Bondowoso, dan ini menjadi bagian seni arsitektur candi yang cantik di daerah Desa Prambanan.

Banyak para wisatawan yang menanyakan kepada penulis perihal perilaku ditempat Candi Prambanan. Seperti halnya tentang adanya mitos, bila oang yang berpacaran tidak boleh datang ke lokasi Candi Prambanan. Karena  hal itu dapa menyebabkan hubungan pacarannya bisa putus.

Memang benar ada mitos yang mengatakan hal seperti itu yang penulis ketahui dari masyarakat setempat. Namun, bila kita mau melihat lebih jauh lagi, kenapa mitos ini sengaja disebar luaskan hingga orang meyakini sampai saat ini ? Penulis beranggapan dikarenakan Candi Prambanan merupakan sebuah tempat peribadatan umat beragama Hindu, masa rumah peibadatan dipergunakan untuk pacaran ? Kira-kira kalau rumah ibadah kita dipergunakan untuk berpacaran bagaimana ? (jawaban Anda cerdas)

Baiklah sahabat-sahabat semuanya. Semoga dengan artikel sederhana ini kita dapat tergugah untuk dapat menyikapi segala sesuatu dengan pikiran yang yang jernih. Dan kita harus mampu milihat akar permasalahan yang selalu timbul dari sebuah mitos itu sendiri.

Jadikanlah mitos sebagai suatu rasa penghormatan kita, dan bukan sebagai suatu kepercayaan yang harus diyakini. Dengan kita bersikap sepeti itu, maka kepedulian kita merupakan kompromi dari persetujuan bersama dalam bertoleansi dengan tidak menyakiti. Karena kepedulian yang terindah dalam hidup ini adalah kehati-hatian sikap kita untuk tidak melukai orang lain.

Dengan melakukan wisata sejarah dan budaya arkeologi, kita akan selalu mendapakan suatu pesan yang akan disampaikan dari sebuah historis cerita. Semoga perjalan dan pengalaman penulis kali ini dapat memberikan manfaat kepada para pencinta Ejawantah Wisata. Dari lokasi Candi Prambanan, anda dapat mengunjungi Candi Ratu Boko yang lokasinya tidak jauh dari Candi Prambanan.





Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

20 komentar

Kelihatannya indah.Tapi sayang mas saya belum pernah kesana :)

wah sip gan,,, kapan2 berkunjung kesana gan,,,

sy blm pernah kesana tp bbrp tahun yg lalu sy pernah makan di salah satu resto kalo gak salah namanya moro lejar.. pemandangannya keliatan prambanan.. cantik bgt pemandangannya..

Nanti suatu saat juga samapai di sana Kang. He...x9

Itu baru dari kejauhan, coba dilihat menjelang sore atau malam hari. Lebih indah deh,,,,

Mitos itu muncul mungkin karena riwayat candi yg dibangun berakhir dgn cinta yg tdk tersampaikan. Mallah cinta tragis *bondowoso ngutuk roro jonggrang

Apakah sekarang sudah boleh masuk ke dalam candi untuk liat arcanya? Krn terakhir saya ke prambanan sekitar 2009 kita tdk boleh masuk krn msh renovasi pasca gempa jogja?
Siapapun yg membuat prambanan itu sungguh hebat, krn meski di guncang gempa yg besar prambanan msh bs berdiri dg megah

tempat yg bagus untuk bermeditasi

terakhir saya datang ke sana bulan Juli belum di buka untuk umum. Tempat itu masih dalam renovasi akibat gempa bumi tempo hari. Dari informasi yang saya dapatkan proses renovasi akan memakan waktu yang lama hingga tahun 2014. Semoga tidak ada perubahan.

Sukses selalu.

Terimakasih atas penambahan informasinya.

prambanan sudah ga asik, pak
kalo mau yang lebih alami mending ke ratu boko

Candi Ratu Boko memamg lebih alami dari Candi Prambanan, karena dari tempatnya saja sudah beda. Tentunya fenomena atmosfernya pun ikut berbeda dong. He..x9

Sukses selalu.

Betapa megah dan cantiknya candi yg satu ini.

Betul sekali Kang.

Sukses selalu
Salam Wisata

Aaah, jadi nggak sabar pengen segera kesini besok akhir bulan.
Hehehe
Salam ransel
:)

Silahkan mas Lutfi semoga informasinya bermanfaat.

Salam wisata

gan info nya sangat lah bermanfaat .. moga ada info lagi yang bermanffatt thanks

saya belum pernah kesana kapan saya kesana ya :P

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus