KEBUN RAYA BOGOR OBJEK WISATA KEBUN BOTANI TERTUA DI ASIA

Kebun Raya Bogor, siapa yang tidak kenal dengan nama Kebun Raya Bogor ?  Kebun Raya Bogor merupakan salah satu objek wisata observasi alam yang berlokasi di pusat jantung Kota Bogor, Jawa barat, Indonesia. Berjarak kurang lebih 63 km dari pusat Ibu Kota Jakarta.

Dari beberapa sumber informasi yang penulis dapatkan, Kebun Raya  Bogor  memiliki area seluas 80 hektar serta dipenuhi pepohonan dengan 15.000 jenis koleksi pohonan dan tumbuhan. Dan tercatat sebagai kubun botani tertua di Asia.

Kebun Raya Bogor sangat cocok sebagai tempat untuk kegiatan wisata edukasi observasi alam. Dari pengamatan penulis dilokasi, lokasi Kebun Raya Bogor  juga terdapat museum hewan (museum zoologi), perpustakaan, koleksi anggrek, serta pusat riset dan pengembangan  biologi.

Dimana ribuan koleksi spesies tanaman tropis dikelompokan sesuai jenisnya, misalnya dari spesies keluarga palem, bambu, jahe, dan pastinya pohon tua yang langka dan umurnya mencapai ratusan tahun kita dapat jumpai di Kebun Raya Bogor.

Koleksi tanaman dari zaman penjajahan Inggris dan Belanda semuanya ada di Kebun Raya Bogor  ini. Jadi jangan heran bila kita berkunjung di lokasi Kebun Raya Bogor ini kita akan menemukan tanaman pohon dan tumbuhan yang usianya sudah tua, bahkan sudah langka sekalipun.

Pengalaman penulis pada saat membawa rombongan wisata observasi alam ke lokasi Kebun Raya Bogor, merupakan even perjalanan yang tidak penulis sia-siakan. Pada saat peserta wisata mengerjakan segala tugas aktivitas yang diberikan kepada gurunya untuk mengerjakan Lembar Tugas Sekolah. Maka, waktu luang yang penulis miliki untuk mencari lebih banyak tahu dari  lokasi Kebun Raya Bogor ini pun penulis pergunakan secara maksimal.

Dimulai dari sebuah kantor pusat informasi Kebun Raya Bogor, penulis mencoba untuk berkenalan dengan beberapa nara sumber yang dapat penulis ajak bicara ringan dan santai untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya untuk penulis tuangkan dalam sebuah artikel tulisan di website blog ini.

Informasi sejarah Kebon Raya Bogor.......
Awalnya Kebun Raya Bogor merupakan bagian dari hutan buatan yang telah ada pada masa  Prabu Siliwangi (1474-1513) dari Kerajaan Sunda (sumber : Prasasti Batutulis). Taman ini dibuat dengan maksud untuk menjaga kelestarian lingkungan, dan di jadikan untuk memelihara benih-benih kayu langka pada saat itu.

Hutan buatan ini sempat terlantar setelah Kerajaan Sunda ditaklukan oleh Kesultanan Banten. Berkembang kembali pada pertengahan abad ke-18, ketika Gubernur Jenderal van der Capellen membangun rumah peristirahatan di salah satu sudut hutan buatan ini.


Awal Dibangunnya Kebun Raya Bogor.......
Pada tahun 1800-an, Gubenur Jenderal Thomas Stamford Raffles ternyata pernah tinggal di Istana Bogor yang lokasi tidak jauh dari Kebun Raya Bogor ini. Beliau sangat tertarik untuk mengubah halaman Istana Bogor menjadi kebun yang cantik. Dengan dibantu para akhli botani, maka berdirilah taman  yang bergaya Inggris klasik. Salah seorang yang ikut mendesain Kebun Raya Bogor adalah W. Kent, dia adalah orang yang ikurt membangun Kew Garden di London, Inggris.

Pada tahub 1814, Olivia Raffles (istri dari Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles) meninggal dunia dan dimakamkan di Batavia. Untuk mengenang Ibu Negara Jawa pada saat waktu itu, maka didirikanlah sebuah Monumen Lady Raffles. Dimana monumen tersebut berada di dalam salah satu area Kebun Raya Bogor hingga sekarang.

Kebun Raya Bogor diresmikan pada tanggal 18 Mei 1817 dengan nama "s'Lands Plntentuin Buitenzorg". Dalam perjalanan sejarahnya Kebun Raya Bogor mempunyai beberapa nama dan julukan. Antara lain : s'Lands Plantentuin, Syokubutzuer (pada zaman pendudukan Jepang), Botanical Garden of Buitenzorg, Botanical Garden of Indonesia, Kebun Gede, Kebun Jodoh, dan Kebun Tete.

Nama-nama julukan yang unik, yang disandang oleh lokasi Kebun Raya Bogor ini. Hal ini membuat penulis tertawa geli dalam hati. Namun, karena yang diajak bicara adalah orang yang lebih tua maka, penulis mencoba menahan rasa ingin tertawa lepas mendengar beberapa nama julukan yang disebutkan oleh salah seorang nara sumber tersebut.

Belum sampai puas obrolan penulis dengan beberapa nara sumber di kantor informasi Kebun Raya Bogor dengan ditemani makanan gorengan dan kopi yang penulis pesan dari pedagang yang terdapat di halaman depan pagar pintu masuk Kebun Raya Bogor. Obrolan harus terhenti dengan waktu berakhirnya rombongan melakukan wisata observasi di lokasi Kebun Raya Bogor ini. Dan harus melajutkan rangkaian perjalanan wisata menuju lokasi lain.

Yang terpenting pada saat kita akan melakukan wisata di lokasi Kebun Raya Bogor ada beberapa tips
  1. Usahakan agar memnggunakan pakaian lengan panjang, atau pergunakanlah lotion anti nyamuk untuk melindungi kulit kita dari gigitan serangga. 
  2. Bawalah topi, air dan makanan secukupnya. Karena di dalam area tidak terdapat orang berjualan makanan.
  3. Bagi yang tidak membawa bekal air dan makanan, kita bisa coba mampir ke salah satu cafe yang terdapat tidak jauh dari lokasi pintu masuk untuk mencoba makanan khas Sunda.

Bagi Anda yang hadir dengan menggunakan pesawat terbang. Tujuan tempat landing pesawat yang anda perlu ketahui adalah Bandara Soekarno - Hatta. Dari sana Anda bisa menggunakan Bus Damri Airport untuk tujuan Bogor.

Lama perjalanan dari Airport Soekarno-Hatta ke bogor kurang lebih 2 jam (bila lancar). Setelah sampai di Bogor, anda dapat menggunakan taksi untuk mencari alamat hotel. Dapatkan informasi penginapan Hotel Murah Kawsan Bogor

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi atau pun taksi. Anda dapat menuju lokasi ini dengan mudah melalui akses jalan Toll Jagorawi arah keluar pintu Toll Bogor. Setelah lampu merah Baranangsiang, ambillah arah kanan. Dan tidak berapa jauh Anda akan menemukan lokasi Kebun Raya Bogor ini.

Semoga pengalaman perjalanan wisata penulis di lokasi Kebun Raya Bogor ini, dapat menjadi sebuah refrensi perjalanan wisata para sahabat-sahabat semua pada saat hadir di Kota Bogor. Dan jangan lupa bila main dilokasi Kota Bogor beli makanan asinan Bogornya juga ya ! Dan Selamat menikmati perjalanan wisata Anda.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

36 komentar

wah keren sob infonya, kapan ane bisa kesana yah.

Kebun raya Bogor emang jadi salah atu tujuan yang mau saya datangi bersama anak dan istri Pak. Makasih ya informasinya.. :)

Kpana-kapan juga boleh Sob. Yang penting ada waktu dan kemauan. He...x9

Sukses selalu
Salam Wisata

Semoga bisa menjadi bekal cerita kepada anak pada saat mengunjungi Kebun Raya Bogor ini ya Sob.

Sukses selalu
Salam Wisata

Alhamdulillah saya sudah dua kali masuk kebon raya Bogor.
Semoga tetap terjaga kebersihan, kelestariannya
Terima kasih reportasenya
Salam hangat dari Surabaya

Terimakasih kembali Pak Dhe sduah semapat berkunjung ke objek wisata Kebun raya Bogor ini. Dan semoga tetap dapat terjaga dan dilestarikan untuk generasi penerus bangsa Indonesia.

Sukses selalu
Salam Wisata

penasaran ma kebun raya bogor...belum pernak k sana.ternyata tiketnya terjangkau yaa pak....^^

Jadi inget waktu ke sana berdua sama suami. Adem banget suasananya.
Makan di cafe Daun, indah pemandangannya.

Selalu puas dengan artikelnya mas Indra.

Salam sukses....

kalau di jawa timur, ada kebun raya purwodadi lho om gag kalah bagus sama kebun raya bogor :D

Ya Mba, tiketnya relatifmurah dengan informasi dan suasana yanga ada di Kebun Raya Bogor Mba.Bisa sebagai sarana wisata hiburan bersama keluarga.

Sukses selalu
Salam Wisata

Yuhuy..... ikut senang Mba dapat mengembalikan suasana kehangatan bersama suami dalam perjalanan wisata di lokasi Kebun Raya Bogor. Apalagi dengan cafenya Daunnya yang menawarkan hidangan ala masakan Sunda yang memiliki khas yang menggoda bagi para pecinta kuliner tradisional Indoensia. Hm..... mantap !

Sukses selalu
Salam Wisata

Wau.... ternyata Indonesia memiliki banyak objek Kebun Raya yang sangat bagus dan indah. Semoga kita dapat menggali dan merawat serta mengembangakn potensi daerah pariwisata untuk dapat ikut meningkatkan potensi perekonomian masyarakat daerah ya Niar.

Sukses selalu
Salam Wisata

dulu waktu kecil bbrp kali org tua ngajak ke KRB. Skrg saya malah blm pernah ngajak anak2 kesini.. Pengen ah sesekali ngajak anak2 kesini :)

Datang, dan nikmati kembali bersama anak dan keluarga ya Mba. Pasti akan mengingatkan bostalgia kita waktu bersama bapak diajak bermain di lokasi ini.

Sukses selalu
Salam Wisata

kok jadi kaya kontes ya sob,,,heehe...
sukses aja deh sob...

sdh beberapa kali ke kebun raya, mas. sayangnya selalu saja ndak bisa menikmati semua objek yang terhampar di sana.

owh, macam taman flora ek..

Nah kalau ke Kebun Raya Bogor, saya pernah mengunjunginya sewaktu studitour di SMA dulu

dulu aku sering ke kebun rata bogor apalgi saat bunga bangkai mulai mengembang ...

jadi ingat saat2 bersama teman2 sekerja :)

Yup.... bisa aja Sob, terimakasih ya.

Sukses selalu
Salam Wisata

Saking luasnya ya Pak, mungkin untuk seharian menikmati objek semua yang ada di sini kita akan kehabisan waktu ya Pak.

Sukses selalu
Salam Wisata

Benar..... datanglah ke Kebun Raya Bogor, maka kita akan mengenal lebih dekat keindahan taman flona yang unik dan langka.

Sukses selalu
Salam Wisata

Patinya banyak pengalaman dan kenangan ya Kang.

Sukses selalu
Salam Wisata

Bunga bakai merupakan salah satu tanaman langka yang menjadi primadona di objek lokasi ini Mba. Apalagi kita bisa mengabadikannya pada saat berkembang ya Mba.

Sukses selalu
Salam Wisata

Wah wah, kunjungan pertama tapi udah terkesima dengan penjelasannya. Dari sejarah,tips hingga cara menyampainya...

kunjungan pertama dan salam kenala

*************************************************

Salam kenal kembali Sob, semoga dapat memberikan informasi untuk menambah pengetahuan kita bersama.

Sukses selalu
Salam Wisata

siapa tidak kenal..?
yakenal banget pak, orang dulu tempat aku pacaran disana...
*lempar panci

wah ane malah belum prnh ke bogor kapan yah bisa maen ke bogor

He....x9 ternyata mitos pacaran di Kebun Raya bogor dapat membuat hubungan menjadi putus itu ternyata tidak terbukti ya Kang.

Sukses selalu
Salam Wisata

Kapan-kapan aja juga boleh Sob. He...x9

Sukses selalu
Salam Wisata

Saya dah bolak-balik Bogor, tapi belum pernah ke Kebun Raya Bogor. *tepok jidat* Makasih infonya, Mas. Menarik. Mudah-mudahan bisa main ke sana dalam waktu dekat. :)

Wah..... jangan kekerasan tepok jidatnya, nanti benjol loh. He...x9. Lanjut ke lokasi saja Sob.

Sukses selalu
Salam Wisata

Hi it's me, I am also visiting this web page on a regular basis, this site is actually good and the people are in fact sharing pleasant thoughts

I think that is one of the most significant information for me. And i am happy studying your article. However wanna observation on few general things, The web site taste is wonderful, the articles is actually great : D. Excellent job, cheers.

Nice blog here! Also your web site loads up very fast! What host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my site loaded up as fast as yours lol

Wah, lagi lagi kebun raya bogor, ingin sekali kesana namun belum ada kesempatan :D

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus