PESAN SILUET SENJA DI PANTAI GELAGAH KULON PROGRO YOGYAKARTA

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/01/pesan-siluet-senja-di-pantai-gelagah.html
Pantai Gelagah merupakan salah satu objek wisata pantai yang terdapat di daerah Yogyakarta. Pantai Gelagah yang berlokasi di daerah Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Pantai Gelagah terkenal dikalangan masyarakat sebagai tempat wisata pantai yang sangat digemari. Dari perjalanan penulis menuju ke Pantai Gelagah Kulon Progo Yogyakarta penulis mendapatkan dua alternatif jalan untuk menuju Pantai Gelagah.


Jalan pertama bila kita dari arah Yogyakarta atau pun arah timur, berjalanlan menju ke selatan melewati jalan Bantul dan berbelok ke kanan menuju jalur Bantul-Purworejo. setelah sampai di daerah Palbapang ambillah arah barat, maka kita akan mendapatkan petunjuk menuju arah Pantai Gelagah ini.

Jalan yang ke dua, bila kita dari arah Yogyakarta berjalan ke barat melewati jalan Yogyakarta-Wates-Purworejo dan beloklah ke arah kiri setelah menemui arah penunjuk Pantai Gelagah. Arah jalan ini sangat mudah dilalui bagi kendaraan pribadi atau pun bus pariwisata.

Sepanjang jalan  menuju Pantai Gelagah, kita akan disuguhkan pemandangan hijau dengan hamparan sawah yang luas. Segala pernak-pernik kehidupan pertanian masyarakat desa tersebut dapat kita lihat sepanjang jalan menuju Pantai Gelagah. Pemandangan ini seakan bercerita tentang kehidupan keadaan mereka dalam kesehariannya kepada kita.

Suara gemuruh ombak yang memecah saling bersahutan memanggil setiap jiwa yang hadir di lokasi Pantai Gelagah. Kesan pasir  putih pantai yang landai, seakan mengajak kita untuk menikmati bersama dalam alunan suara alam yang dapat meresap seluruh jiwa yang hadir di lokasi ini.

Dari setiap destinasi pariwisata mengenai Pantai Gelagah yang penulis ketahui, hampir semua menceritakan hal yang sama. Tentang keadaan pantai dan fasilitasnya pantai ini. Hal ini yang membuat penulis merasa terpanggil untuk menggali sebuah potensi Pantai Gelagah ini yang masih tersembunyi.

Walau perjalanan menuju Pantai Gelagah penulis bersama rombongan sampai menjelang sore hari. Hal ini tidak membuat rasa putus asa untuk dapat menemukan yang unik di Pantai ini. Informasi yang penulis dapatkan, ternyata di daerah Pantai Gelagah kita akan menemukan laguna dan tempat agrowisata buah naga. Dan ternyata fasilitas di Pantai Gelagah sangat terbilang lengkap.

Sebelum sampai diujung bibir pantai, kita akan mendapatkan sebuah objek wisata laguna yang akan membawa kita unuk berkeliling danau sepanjang 3 kilometer dengan kedalaman kurang lebih hanya 3 meter. Terdapat barisan perahu yang terparkir di pigir laguna yang dapat kita sewa untuk berkeliling hingga batas area pemecah ombak di pinggir Pantai Gelagah.

Informasi yang penulis dapatkan dari salah seorang pengemudi perahu yang tidak mau disebutkan namanya di tempat ini, sewa perahu pada hari biasa dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000,- (tiga puluh ribu rupiah). Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur sebuah perahu dikenakan biaya sewa seharga Rp. 50.000,- (lima puluh ribu)

Menelusuri daerah Pantai........
Kelapangan dataran Pantai Gelagah sungguh memberi kesempatan bagi siapa saja yang hadir di lokasi ini untuk merentangkan pandangan ke seluruh penjuru. Pandangan dalam arah sejauh mata memandang, terlihat sebuah garis horizonal yang mempertemukan langit dan lautan dengan awan putih yang menggantung, terasa hempasan angin yang membelai jiwa, dengan menatap dua warna biru berpadu dalam sebuah cerita misteri yang menjadi sebuah legenda hingga kini.

Dalam penelusuran penulis di Pantai Gelagah, penulis menemukan berbagai penginapan yang siap menampung pengunjungnya yang berniat untuk menghabiskan malam panjang di  Pantai Gelagah ini. Namun, maaf dikarenakan terbatasnya waktu hingga membuat penulis lupa menanyakan harga untuk penginapan didaerah ini. Pantai Gelagah kita juga dapat menemui tempat wisata agrowisata yang dapat kita kunjungi berupa perkebunan buah naga yang sangat memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Agrowisata Kusumo Wanadri salah satu yang penulis temui dilokasi ini. Kita dapat melihat jenis tanaman buah naga merah, dari yang baru mulai berbunga hingga buahnya yang siap dipetik. Sayangnya pada saat penulis sampai di lokasi tempat agrowisata ini sudah tutup.

Menjelang Senja.........
Tanpa terasa perjalanan penulis untuk mendampingi peserta rombongan wisata ke lokasi ini pun tidak bisa terlalu lama. Dengan hadirnya waktu senja yang akan meninggalkan wajahnya, para peserta pun mempersiapkan diri untuk menaiki bus pariwisata yang kami pergunakan dalam perjalanan kali ini.

Dalam perasaan berat hati melalui detik-detik terakhir ditepi Pantai Gelagah, ternyata suatu pemandangan eksotis indah tersenyum dengan terhembusnya angin dalam pesan yang membuat setiap mata yang tertuju kearahnya dibuat terperangah. Tersentak kaki penulis pun menjadi kaku seketika. Dengan segala upaya penulis mengabadikan fenomena alam ini dalam sebuah kamera photo yang memberikan keindahan tersendiri di Pantai Gelagah.

Ternyata Pantai Gelagah menyimpan pemandangan eksotis yang tidak kalah menarik pada saat senja akan meninggalkan kehidupan ini. Pengalaman yang mengasyikan disertai jawaban keindahan eksotisme alam yang indah.

Walau kegiatan wisata di Pantai Gelagah ini akan mulai sepi menjelang sore hari. Namun, keindahan yang ditampakkan oleh Pantai Gelagah ini, akan terlihat pada saat sore hari. Apalagi bagi para pecinta dunia photography.

Bagi para sahabat yang menginginkan perjalanan wisata ke Pantai Gelagah, penulis menyarankan agar memilih penginapan di daerah Yogyakarta. Dan bagi sahabat yang akan melakukan perjalanan wisata dengan konsep Backpaker, kita akan menemukan penginapan murah di daerah tepi pantai ini.

Semoga perjalanan wisata penulis ke Pantai Gelagah Yogyakarta dapat menjadi sebuah refrensi objek wisata Pantai daerah Yogyakarta yang dapat para sahabat kunjungi pada saat melakukan perjalanan menuju ke tempat wisata Yogyakarta.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

22 komentar

weh,,saya baru denger tuh sob nama pantai gelagah,,padahal saya pernah nyasar di Bantul,,hehe...

Masih jauh dari Bantul Sob, pantai ini ada di Kbaupaten Kulon Progo Yogyakarta. Suatu hari nanti jadi bisa main ketempat ini. Tempat yang indah dan tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya yang ada di daerah Indonesia dan di belahan dunia lainnya.

Sukses selalu
Salam Wisata

wuihh keren foto2 siluet coba niar yang foto2 siluet itu

sy taunya parangtritis ajah *ketauan jarang bgt ke jogja.. hehehe..

postingan mengenai pantai...apapun nama pantainya, senantiasa menimbulkan sensasi tersendiri :-)

Ya...., nanti lain kali Niar yang ambil photonya ya !

Sukses selalu
Salam Wisata

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memnambah pengetahuan dan wawasan objek wisata di daerah Yogyakarta ya Mba.

Sukses selalu
Salam Wisata

Benar sekali kang, setiap pantai akan selalu memberikan sautu sensasi tersendiri bagi para penikmat wisata pantai.

Sukses selalu
Salam Wisata

Saya pernah ke pantai Gelagah. Memang indah ya...
dan ombaknya lebih aman dr pada parang tritis.

Yogya dan sekitarnya banyak pantai bagus. Dan semuanya punya khasnya sendiri2.

Mas Indra jalan-jalan teruuus...

Yogyakarta yang sungguh mempesona.Budaya dan alamnya tak habis ditelisik. Pantai Gelagah sering mendengar namanya tapi belum pernah kesana kayaknya Pak Indra..

Benar Mba, tapi suara dan modelnya tetap menggelegar juga sih Mba. He....x9.

Memang sudah menjadi pekerjaan saya Mba harus jalan-jalan. He...x9

Sukses selalu
Salam Wisata

Coba deh Mba, pasti kalau Mba Evi kesana akan menemukan view gambar photo yang indah dengan ulasan artikel indh yang Mba Ei mainkan dalam setiap aksaranya.

Sukses selalu
Salam Wisata

Saya pernah ke sana sekali, tapi sudah lama Pak. Jaman kuliah

wah mas nemu aja tempat-tempat esklusif seperti ini , tempat yang ngggak bosan memandangnya sampai kapanpun

Walau tempatnya mungkin tidak sekomplit sekarang, namun pantainya pasti kelihat lebih eksotis dan alami ya Pak. Semoga dapat mengingatkan masa-masa kuliah dulu ya Pak.

Sukses selalu
Salam Wisata

Ya, ya, sudah menjadi tugas kita untuk dapat membantu memperkenalkan dan mengangkat potensi pariwisata yang ada di Indonesia untuk lebih banyak dikela oleh masyarkat luas bahkan dunia internasional.

Sukses selalu
Salam Wisata

di indonesia banyak sekali ya tempat tempat untuk berlibur, seronok kalau boleh jalan jalan semua tempat

Boleh bila ada waktu mainlah ke Indonesia bang. Ada cerita unik dan tempat-tempat yang seronok untuk dinikmati.

Sukses selalu
Salam Wisata

Pernah kesana waktu adik masih kuliah di Jogya...sudah hampir 7 tahunan

Semoga dapat mengingatkan perjalanan wisata tempo hari ya Kang.

Sukses selalu
Salam Wisata

Pantai Gelagah, saya baru dengar namanya Pak.
Yang sering saya dengar dan pernah sekali berkunjung yaitu Pantai Parang Tritis saja.
Pantai Gelagah sebelah mana Pantai Parang Tritis Pak?

kalo sy sih nyebutnya pantai glagah, lebih enak lewat jalan wates (jalur selatan jogja-purworejo). abis dari pantai ini bisa langsung ke pantai trisik sekalian beli ikan laut. :)
*pengen pulang kampung

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus