FESTIVAL ERAU KUTAI KARTANEGARA 2013 TELAH DIGELAR


Festival Erau Kutai Kartanegara akan diadakan dari tanggal 30 Juni -  7 Juli 2013 nanti, dan akan dimeriahkan oleh 12 negara yang akan ikut meramaikan acara Festival Erau ini, yaitu Perancis, Belgia, Yunani, republik Cezhnya, Togo, India, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Mesir, dan Kanada. Mereka akan secara bergiliran mempertunjukan kesenian dan budaya negeri meraka di acara Festifal Erau.

Informasi yang dilansir pemberitaan media massa elektronik dan cetak, serta informasi melalui website resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegaradan pada hari Minggu pagi (30/6/2013) kemarin sebagian peserta telah melakukan gladi bersih persiapan untuk pembukaan acara Festival Erau Kutai Kartanegara tersebut. Dan pembukaannya telah dilakukan pada Minggu malam 30 Juni 2013 kemarin di stadion Rondong Demang

Festival Erau Kutai Kartanegara merupakan festival tahunan yang diikuti tim kesenian dari 7 Kabupaten / Kota wilayah kesultanan serta sanggar seni budya di kabupaten Kutai Kartanegara

Sejarah Erau.......
Dalam catatan sejarahnya Erau pertama kali di lakasakana pada saat upacara tijak tanah dan mandi ke tepian Aji Batara Agung Dewa Sakti berusia 5 tahun. Yang setalh dewasa Aji Batara Agung Dewa Sakti diangkat menjadi Raja Kutai Kartanegara yang pertama kalinya pada tahun (1300-1325). Dan pada saat pengangkatan raja pertama di Kerajaan Kutai Kartanegara inlah upacara Erau selalu diadakan di daerah tersebut.

Dalam perkembanganya, upacara Erau selain sebagai upacara penobatan Raja Kertanegara, upacara semacam ini juga sering digunakan untuk pemberian gelar dari Raja kepada tokoh atau pemuka masyarakat yang dianggap berjasa terhadap Kerajaan.

Dan upacara Erau sendiri pelaksanaannya dilakukan oleh Keraton atau Istana dengan mengundang seluruh tokoh pemuka masyarakat yang mengabdi kepada kerajaan. Mereka datang ari seluruh pelosok wilayah kerajaan dengan membawa bekal bahan makanan, ternak, buah-buahan, dan juga para seniman. Dalam upacara Erau ini Sultan serta kerabat Keraton lainnya memberikan jamuan makan kepada rakyat dengan memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya sebagai tanda terima kasih Sultan atas pengabdian rakyatnya.

Berakhirnya masa pemerintahan Kesultanan Kutai Kartanegara pada tahun 1960, wilayah tersebut berubah menajadi daerah otonomi Kabupaten Kutai. Dan tradisi Erau tetap dipelihara dan dilestarikan sebagai pesta rakyat dan festival budaya yang menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Kutai dalam rangka memperingati hari jadiKota Tenggarong. source


Satu hal yang akan dipertunjukan dalam Acara Festival Erau ini yakni adanya kebersamaan antara pihak keraton dan masyarkat, baik melalui kegiatan di luar keraton dan di dalam keraton. Dengan tradisi makan bersama sajian menu tradisional khas Kutai, serta pegelaran seni tradisionalnya di sepanjang jalan utaman sejauh 2 kilometer, dan yang tidak kalah menariknya akan diakan upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, seni khas Nusantara, seni mancanegara, sejumlah lomba olahraga baik lomba tradisional perahu naga dan lomba perahu motor. Acra Festival ini juga akan dimerihakan serangkaian kegiatan paeran, kuliner dan pesta rakyat.

Acara Festival Erau digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, dan didukung Kementrian Pariwisata dan Perekonomian Kreatif (Kemenparekraf).

Bagi rekan-rekan dan sahabat Ejawantah Wisata yang berada di daerah Kutai Kartanegara dan sekitarnya, atau pun bagi sahabat yang akan berkunjung ke daerah Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, jangan lewatkan momen indah dalam even Festival Erau 2013 ini ya. Dan bagi yang akan menyusul dengan pesawat terbang bisa langsung peesan tiket pesawat online.




Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

2 komentar

acaranya bisa mempromosikan budaya daerah ya

Omku juga katanya mau nonton festival ini, Pak. .
Dia lagi di Bontang. . .

Meriah sepertinya. . .

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus