NASI TUMPENG KULINER INDONESIA

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/09/nasi-tumpeng-kuliner-indonesia-simbol.html
Nasi tumpeng kuliner Indonesia memiliki dasar filososi bagi masyarakat Indonesia, dan merupakan suatu cermin dasar yang mempersentasikan kuliner masayarakat Indonesia dan telah dijadikan suatu ikon kuliner Indonesia.

Sebagai masayarakat dan warga negara Indonesia tentunya hal ini sangat mewakili setiap daerah yang berada di daerah Indonesia. Dikarenakan hampir disemua daerah Indonesia mengenal dengan "Nasi Tumpeng" yang padat akan pesan filosofinya. Dan hampir setiap acara syukuran, ataupun hajatan sering kali menu utama Nasi Tumpeng sering kita jumpai. Baik itu yang berukuran besar, sedang, maupun kecil.

Nasi Tumpeng selalu memilki ciri khas yang sama, dan pola pada pembagian pemotongan setiap ujung atau pun kerucut pada potongan pertama yang selalu dibagikan kepada orang terdekat dan lebih tua, atau pun yang kita sayangi, dengan kata lain puncak potongan Nasi Tumpeng dibagikan kepada orang-orang yang memilki suatu nilai berarti pada acara tersebut.

Banyak visualisasi yang kita dapatkan dari sebuah Nasi Tumpeng, baik dari sebuah penampilan dan rasanya. Dan mudah untuk dibuat dengan bahan-bahan yang kaya dengan citra rasa kuliner daerah Indonenesia. Pembelajaran dari filosofi yang mudah didapat dari sebuah Nasi Tumpeng ini adalah, kita dapat merasakan kebersamaan dalam melakukan makan bersama sehingga tanpa terasa terjalin hubungan pertemanan yang harmonis yang tercipta dalam suasana tersebut.

Dalam hal suatu proses penilaian secara pribadi penulis, Nasi Tumpeng memiliki beberapa suatu nilai lebih, dimana Nasi Tumpeng dapat membangun sebuah cerita, dengan dilengkapi ragam lauk pauk yang mudah dikombinasikan dari beberapa kuliner tradisional daerah Indoensia di tempat lainnya.

Seperti yang penulis lakukan pada saat menemani beberapa tamu atau pun sahabat dari negara yang berbeda. Mereka sering bertanya mengenai makanan khas tradisional Indonesia yang kaya akan citrasa bumbu yang lezat dan menyehatkan. Langkah termudah untuk memperkenalkan mereka akan sebuah kuliner tradisional, adalah dengan mengajak mereka untuk terlibat langsung dalam suatu acara yang menyediakan suatu hidangan Nasi Tumpeng. Dengan kesederhanaan yang terdapa dalam menu makanan yang berada di Nasi Tumpeng, kita dapat menginformasikan banyak hal.

Dari banyak dan ragam penyajiannya Nasi Tumpeng yang penulis pernah lakukan dalam penyajian menu wisata kuliner Indonesia yang tersaji kita dapat melihat dan merasakan suatu perpaduan usaha sederhana yang tercipta dalam suatu pesan yang akan tersampaikan di dunia internasional bahwa dengan bersatunya daerah yang memiliki suatu tradisi yang banyak ragamnya, Indonesia merupakan suatu negeri yang indah dan kaya akan sebuah citra rasa bumbu kuliner yang kaya akan pesan keindahan dalam sebuah keserasian hidup dalam damai.

Ada juga pertanyaan yang selalu membuat penulis merasa teriris hati dengan pertanyaan yang mereka lontarkan kepada kami, "Kenapa sekarang ini banyak kejadian pemberitaan malah sebaliknya, bahwa Indonesia tidak bisa menjalankan sebuah filosofi yang menjadi pegangan amanat dari pendahulunya ?"

Jawaban penulis kepada pertanyaan terseut biasanya. "Sebuah fenomena kecil yang dilakukan para oknum yang hanya dapat memakan sebuah hidangan menu makanan dari Nasi Tumpeng yag selalu mereka hadapi dalam sebuah acara atau event tertentu, tanpa mau mencerna untuk dapat diciptakan dalam kehidupan mereka dengan hasil karyanya untuk masyarakat dan negaranya."

Indonesia memiliki berbagai macam kuliner tradisional, seperti surabi, sate padang, papiong, lamang baluo, gudeg kendil, urap, kopi jos, dan masih banyak lagi ragam dan rasa dari setiap daerah. Sedangkan dalam acara tumpengan, biasanya seluruh aneka ragam makanan tradsional ini turut mendampingi menu utama yaitu nasi tumpeng. Sebuah simbol dan semboyan yang dapat kita artikan dalam hal positif untuk menanamkan rasa kebersamaan sesuai maksud dan tujuan dari filosofi yang terdapat dalam acara nasi tumpeng.

Dengan berbagai ragam macam kuliner yang dimilki masyarakat Indonesia, dengan rasa unik dan pengembangan inovasi cerdas, merupakan suatu citra rasa yang dapat membuat masyarakat internasional pun ingin lebih mengenal jauh dari sebuah keunikan penampilan dan rasanya, serta makna yang terkandung didalamnya mengandung sebuah pesan keindahan untuk kebersamaan. Dan ini hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia. Selamat menikmati Nasi Tumpeng Kuliner Indonesia.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

42 komentar

mantap nih, makanya pasti rame2..hehehe

Nasi Tumpeng didaerah saya sekarang sudah tidak lagi berebut untuk memperolehnya dan tidak perlu dibuat besar, penyajiannya cukup ukuran sekali makan dan hanya 1 yang lebih besar sedikit untuk mewakili yang lainnya, bukannya menghilangkan tradisi buat 1 nasi tumpeng yang gede. tapi untuk pemerataan dan semua dapat yang sama.

Tumpeng ini rasanya enak,,namun sekarang saya sudah jarang menikmatinya

Kalau makan sendirian kekenyangan Kang. He,,, he,,, he,,,,

Salam wisata

Betul kang, tapi tetap satu tujuan dalam makna yang sama.

Salam wisata

tempo hari sebelum puasa, untuk memperingati HUT kota Blitar, digelar nasi tumpeng dalam jumlah yang sangat banyak sekaligus masuk MURI kalo nggak salah. Hampir tiap RT di kota Blitar mendapat undangan membuat nasi tumpeng. Sayanya saya tinggal di kabupaten dan agak jauh dari kota jadi nggak bisa ikutan

makan tumpeng bareng jejer jejer, guyub rukun seduluran sak lawase, hehehe.
kalau tidak habis di bungkus dengan daun pisang buat oleh-oleh orang rumah, ada nasi uduk dengan padangan jangan kare, mantap pak indra. kalau bancakan tumpengan mbok ya saya di kirimi pak, hehehehe

Saya terima pesanan nasi tumpeng loh. Hehehe...

Acaranya pasti seru tuh Pak Ies, bisa guyup dengan warga ya..... semoga terus ddapat dilestarikan.

Salam wisata

Seru ya Kang, kalau ngeguyub gitu.... pasti berkesan tuh.....

Salam wisata

asalamualaikum
nasi tumpeng sampai sekarang masih jadi kuliner yang paling tradisional
jenis makanannya dan penyajiannya itu

Nasi tumpeng itu INDONESIA BANGET....... top deh. #BANGGA

beneran kuliner asli indonesia
warisan leluhur yang suka menggunakan bentuk gunungan sebagai simbol harmonisasi alam. sayang filosofi itu sudah jarang sampe ke anak anak sekarang. taunya kalo tumpeng ya makan rame rame...

Nasi Tumpeng kalo dalam bahasa inggris jadinya apa ya ?? hahaha :D

"I Like Nasi Tumpeng"

SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] dari pemuda asal Mempawah yang menetap di Jogja, gak suka marah apalagi mencela, mudah-mudahan bisa senantiasa membuat orang lain bahagia dan semoga anda berkenan dengan komentar saya, haha :D

di tp saya..kalo pas ada acara tujuh belasan aja mas...bisa makan tumpeng rame2...hehehe :)

Boleh tuh Mba, ikut nyobain ya .......

Betul Mba, malah sekarang menjadi icon makanan Indonesia.

Salam wisata

Saya juga bangga,,,,, apalagi kalau makan rame-rame nasitumpengnya.

Makanya Kang, postingan ini merupakan salah satu penyebaran informasi untuk para generasi bangsa untuk di ketahui secara luas. Biar jangan asal makan aja, tapi artinya tidak tahu.

Salam wisata

Eh...... senangnya yang habis jalan-jalan si abang. he,,,, he,,, he,,,,,

Salam wisata

Sama satu lagi mas.... acara siraman manten. he,,,,he,,, he,,,,,

Salam wisata

Nasi tumpeng selama ini tahunya tinggal makan saja ternyata banyak makna yang terkandung dibalik nasi tumpeng ini

hehe posting cerdas dan jarang terlintas dipikiran penulis lainnya.. memang nasi tumpeng ini hanya bisa ditemui di indonesia. masakan yang sarat makna dan falsafah ini, selain rasanya ngangenin jug aklo dikampungku sering bisa dimakan gratis,,

ide menarik pak siapa tahu ada yang terinspirasi membuka restoran nasi tumpeng. hehe

"nasi tumpeng" merupakan masakan khas Indonesia,,, biasanya pada acara hajatan di jawa pasti ada nasi tumpengnya.
saya paling suka memotong ujungnya, lalu saya makan, hehehe :)
informasi yg sangat menarik!

Aku kalau makan nasi tumpeng paling senang sama tempe garingnya, Pak Indra. Enak banget kriuk-kriuk..Beruntungnya kita hidup sebagai bangsa Indonesia, kulinernya tak terbatas..

nasi tumpeng memang sangat cocok untuk disajikan saat event-event tertentu, atau mungkin untuk acara selamatan. pasti sangat meriah kalau ditambah dengan ingkung ayam hehehe :D

biasanya nasi tumpeng suka ada urapnya. Itu yg sy tunggu :D

harusnya diprint trus tempelin ke setiap tiang listrik biar penyebarannya lebih luas. paling paling tar ditangkep satpol pp
heheh...

Alhamdulillah........ bapak ini bisa mendapatkan ide dari postingan ini. He,,,, he,,,, he,,,,


Salam wisata

Iya Bang......... bangsa Indonesia menajdi makanan sebabagi bahasa simbol untuk berkomunikasi kepada masyarakat luas melalui simbol dan filosofi hidup yang terdapat di setiap makanan tradisionalnya.

Salam wisata

Merupakan suatu kehormatan dapat memotong atau pun menerima hasil potongan ujung nasi tumpeng Mba. He,,, he,,, he,,,, Semoga tradisi yang leha menjadi icon kuliner ini, dapat terus bisa di lestarikan dan di ambil makna pembelajaran, baik untuk masayrakat bangsa Indonesia.


Salam wisata

Betul Mba, nasi tumpeng sudah merupakan bentuk keseragaman dan kekayaan kuliner Indonesia.

Salam wisata

Iya Sob, apalagi kalau ada ingkung ayamnya, Buat ngeriung rebutan enak banget deh. He,,,, he,,, he,,,,

Salam wisata

Urapnya rasa bumbu yg khas banget ya Mba, kayanya enak banget tuh.......


Salam wisata

wkwkwkwkwk...... nanti satpol PP nya diajak makan bareng sekalian.

nasi tumpeng itu terkenalnya sepertinya ada dijawa ya mas,

Iya bang, dan merupakan icon makanan tradisional Indonesia. Dimana di dalamnya terdapat banyak rupa sayuran khas Indonesia dengan segala bentuk dan rasa bumbu tradisional Indonesia. Terimkasih telha berkunjung , semoga bermanfaat.

Salam wisata

kalau makan sambil rebutan nanti yang makan nya nggak cepat, kasihan nanti nggak kebagian hehehe :D

Ya reikonya sendiri makan sisaan bumbu ayamnya, kan masih ada lauk yang lain. He,,,he,,, he,,

Just wish to say your article is as amazing. The clearness
in your post is simply cool and i can assume you are an expert on this subject.
Fine with your permission let me to grab your feed to keep up to date with forthcoming
post. Thanks a million and please carry on the
gratifying work.

Pretty! This was a really wonderful article. Many thanks for providing
these details.

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus