MENELISIK PERJALANAN OPLET TUA DI MUSEUM TRANSPORTASI TMII

Oplet tua. Siapa yang tidak mengenal kendaraan Oplet yang unik dan klasik ini ? Mungkin bagi para kaum tua masih mengenal jenis kendaraan Oplet tua tersebut, di mana kendaraan ini merupakan salah satu sarana transportasi umum yang pernah mengisi sisi-sisi ramai jalan raya Ibu Kota Jakarta.

Oplet merupakan salah satu kendaraan yang tidak dapat terpisahkan dengan kehidupan sehari-hari warga Jakarta pada tempo dulu, angkutan yang unik dan nyentrik ini dulu cukup dikenal dikalangan masyarakat Ibu Kota Jakarta, harga yang murah dan tidak terlalu mahal merupakan tarif yang di tawarkan kepada setiap para penumpang yang akan menggunakan jasa angkutan dari kendaraan ini.

Dari keterangan yang saya dapatkan di lokasi Museum Transportasi TMII, kendaraan oplet yang bermesin merk Austin buatan Inggris dengan bentuk ban yang dimodifikasi. Kendaraan ini berkaroseri pabrik untuk angkutan umum oplet yang pada masa lalu tempat karoserinya berada di daerah Meester Camelis.

Lanjut...........
Oplet mulai beroperasi di Jakarta sejak tahun 1930. Konon menurut cerita sejarah yang saya dapatkan di lokasi Museum Transportasi TMII, menjadi pengemudi oplet merupakan salah suatu pilihan bagi beberapa golongan masyarakat Jakarta tempo dulu, yang tidak mau memilih berkerja dengan perusahaan kolonial Belanda, dan berwiraswasta untuk mengoperasikan kendaraan oplet milik pribadinya untuk mengoperasikan kendaraan transportasi umum di Jakarta.

Itulah segelintir informasi yang saya dapatkan pada saat mengunjungi Museum Transportasi TMII dan mengunjungi area oplet tua ini. Walau terlihat tua oplet ini tetap menjadi daya tarik bagi para pengunjung di area museum ini.


Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

17 komentar

Waktu kecil masih sempat tuh kenal oplet, sebelum ada mikrolet
Sekarang cuma bisa liat di pilem si doel doang :D

Iya kang, terakhir saya naik di daerah Keramat Jati condet. He,,, he,, he,,,,

Salam wisata

Saya tahu oplet di film si dul, ternyata masih ada yah sekarang

Makasih infonya, bisa jadi pilihan nanti kalo ke TMII

oplet itu basic mesinnya apa pak ? pakai cevrolet atau apa ya ? terus jenisnya apa sama dengan datsun clurut itu ?

Belum pernah nyoba naik oplet ini.. Kenalnya pertama kali juga di film si Doel.

sepertinya saya nggak menangi oplet tua untuk transportasi ya mas. soalnya dulu pas waktu saya kecil, untuk angkutan umum sudah memakai bus semua hehe :D

Benar kang, kalau ke museum ini kita masih bisa lihat kendaraaan ini terpajang, Tapi tidak bisa di pergunakan. He,, he,, he,,,,

Salam wisata

Secara spesifikasi saya kurang memahami Mas masalah mesin oplet ini, tapi informasi yang saya dapat oplet yang pernah beroperasi untuk angkutan umum mesinnya bermerk austin.

Salam wisata

Kurang lebihnya hampir sama seperti yang ada di filmnya si Doel ko Kang. He,, he,, he,,,,

Salam wisata

Saya jga hanya merasakan di penghujung akhir perjalanan kisah angkutan umum oplet ini Mba, setelah itu beralih dengan angkutan kota lainnya yaitu mikrolet.

Salam wisata

Paklik saya sempat punya omplet jenis ini, dan digunakan sebagai kendaraan umum. Sayangnya waktu itu sering mogok dan harus dijual. Hebatnya, oplet tua ini mampu mengangkut penumpang dan barang dalam jumlah yang banyak

Berati pernah juga mengalami naik oplet semacam ini ya Pka Ies, tentunya jadi hal menarik dalam kenangan kita ya Pak Ies. He,, he,, he,,,,


Salam wisata

hohoho aku tunya oplet dari film si Doel, kalo di museum bagus gitu yaa.. antik!

Bedanya kalau di museum oplet ini tidak bisa jalan Mba. He,, he,, he,,,,

Salam wisata

Wah saya sering ke taman mini tapi belum mampir ke museum trasnportasi..kali lain harus mampir nih ..

nah ini yang bikin langka pak, merk austin saja saya baru kenal, hehehehe

He,,,, he,, he,, iya sih.... itu langka banget. Apalagi kalau gak pernah dengar dengan merek mesin ini. Sama jug sih akaya saya.

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus