FESTIVAL BUDAYA BAU NYALE LOMBOK

http://www.ejawantahtour.com/2014/02/festival-budaya-bau-nyale-lombok.html Festival Budaya Bau Nyale Lombok merupakan salah satu pagelaran budaya masyarakat Lombok. Upacara Festival Bau Nyale atau yang sering di sebut dengan Festival Nyale ini biasanya di lakukan pada bulan ke sepuluh kalender Sasak pada waktu dekat dengan bulan purnama. Dan informasi yang saya terima dari nara sumber tokoh masyarakat setempat Festival Bau Nyale ini selalu di lakukan pada bulan Febuari sekitar tanggal 14 dan 15 di Pantai Lombok Selatan, dan acraa ini di adakan di Pantai Seger Indah dekat Kuta, di sebuah daerah yang disebut Putri Nyale oleh masyarakat setempat.

Konon mitos di balik cerita dari asal-usul Festival Budaya Bau Nyale Lombok ini dari cerita seorang putri Mandalika yang merupakan putri dari kerajaan besar yang disebut "Yellow Flower" yang terkenal hingga ke seluruh pelosok negeri. Putri Mandalika ini terkenal sangat baik dan sangat dicintai oleh orang-orang dari kerajaan tersebut. Sehingga banyak orang yang ingin menikahinya, dan menimbulkan masalah antara kerajaan yang berbeda dan sang Putri pun tidak dapat memilih di antara mereka tanpa memberikan keputusan yang menyebabkan sang ayah mengambil jalan keputusan.

Lanjut.............
Raja Kuripan yang merupakan ayah dari Putri Mandalika akhirnya mengumpulkan semua saingan calon suaminya. Dan memerintahkan kepada anaknya agar memberikan keputusan pilihan sebelum matahari terbit keesokan harinya. Dikarenakan perasaan takut dari dalam hati pikiran Sang Putri yang ditimbulkan dari pilihannya itu dapat menyebabkan perang. Sang Putri pun mengambil pilihan untuk tdak memilih dari salah satu pelamar dirinya.  Dari pada memilih salah satu si pemalar dirinya, dia lebih memilih menyerahkan dirinya kepada semua orang, dan sang putri pun melemparkan dirinya ke Pantai Seger. Namun, sebelum Sang Putri melemparkan dirinya ke Pantai Seger, Sang Putri pun berpesan bahwa dia akan kembali setiap tahun sebagai tanda bahwa dia tidak akan pernah meninggalkan rakyatnya.

Lanjut...........
Melihat kejadian ini, semua orang yang melamar (sang pangeran) mencari Sang Putri ke laut. Bukannya mereka menemukan Sang Putri, malah mereka menemukan cacing laut warna-warni. Menurut cerita seorang pendeta lokal, atau yang di sebut dengan dukun, tubuh sang putri telah berubah menjadi cacing laut ini, dan dengan demikian mareka menjadi simbol bagi masayrakat asli Sasak.

Terlepas dari sebuah cerita kebenaran mitos masyarakat daerah setempat, tentu hal ini merupakan suatu tradisi budaya yang menarik untuk ditelusuri, di dalamnya terdapat sebuah pembelajaran yang sangat menarik. Bahwa sebuah pengorbanan untuk sebuah kerajaan atau pun negara lebih penting dari pada harus mengedepankan sebuah perasaan cinta untuk seseorang.

Adapun mitos budaya masyarakat suku Sasak ini merupakan perbedaan yang bukan harus di perdebatkan, namun menjadi suatu hal menarik sebagai daya tarik wisata budaya yang sangat unik dan. Karena kenapa ?..........  Karena pada acara puncak Festival Budaya Bau Nyale Lombok ini seorang dukun yang pergi ke laut untuk mengamati Nyale pemijahan dapat memprediksi sebuah panen padi di masa depan, berdasarkan dari jumlah cacing laut yang di dapat dari hasil penangkapan.

Sebuah tangkapan cacing pada acara Bau Nyale  yang baik merupakan tanda panen padi di tahun ini juga akan baik. Bau Nyale secara tradisional di kaitkan dengan kesuburan, dan sebagai  bagian dari upacara ritual budaya di daerah kawasan ini. hasil tangkapan cacing laut dari ritual Bau Nyale ini biasanya di masak dan di hidangkan sebagai lauk untuk makan bersama.

Dengan adanya kegiatan Festival Budaya Bau Nyale Lombok ini, biasanya di kawasan ini akomodsinya sudah banyak di kunjungi para wisatawan domestik dan mancanegara yang akan menikmati perayaan tahunan ini. Akan banyak atraksi seni budaya yang akan di gelar pada acara ini, dari "Preceason" (orang berkelahi), adu pantun dalam bentuk puisi tradisinal, dan lain-lain.

Secara rasional sifat cacing berfungsi untuk peleburan tanah dalam proses kesuburan tanah, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan bila di konsumsi, apalagi bagi para penderita penyakit types.  Bila kita dapat mengambil pelajaran yang positf lebih jauh dengan sebuah analisa pikiran sehat, kita akan banyak menemukan pembelajaran yang berarti dari sebuah pesan yang tersirat dari kegiatan yang dilakukan oleh masayarakat Suku Sasak melalui Festival Budaya Bau Nyale Lombok ini.

Anda tertarik mengikuti kegiatan Festival Budaya Bau Nyale Lombok ini ?........ dari pada penasaran, anda bisa langsung hadir di daerah Pulau Lombok bersama keluarga dan orang-orang yang anda sayangi. Di sana anda dapat melihat lebih dekat  keindahan seni dan budaya dari masyarakat Suku Sasak.




Salam wisata,
Info Hotel Dan Penginapan Lombok.

Sumber :
Cerita Budaya Suku Sasak.

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

47 komentar

semua event adat pasti ada sejarahnya ya mas :D tapi keren tuh sepertinya festival bau nyale di bali ini, semoga suatu saat saya bisa menyaksikan festival budaya unik bali ini :)
mkasih telah berbagi ceritanya :D

Ini festival budaya Bau Nyale di lombok Mba bukan di Bali, memang nama kawasannya sama namanya "Kuta". Dan di Lombok ada juga nama "Kuta" orang mereka serumpun ko. :D :D :D

Salam wisata

Met malam gan .....
hehehe gak sempet baca nih :D

festival nihh.. saya simak dlu mas

walah ... kok bisa barengan .... sekarang aku juga pas lagi nulis bau nyale buat buku cerita anak tapinya .... hehhehehhee

setiap daerah pasti mempunyai seni dan budaya, serta adat istiadat yang berbeda-beda ya mas. Budaya bau nyale yang ada di lombok ini sangat khas dan menarik. Merupakan salah satu icon budaya di pulau lombok ya mas :)

keren juga istilahnya yellow flower ya hehe

Makasih infonya Mas, jadi tau nih budaya lombok :D

jadi pengen ke lombok nih mas...menarik acaranya..

Wah mitosnya menarik, mengorbankan diri untuk menyelamatkan rakyatnya, daripada harus berperang sama pelamar yang ditolak.
btw, waktunya bersamaan dengan valentine ya mas ..

waktu ke lombok awal tahun lalu, tidak sempat lihat festival ini, padahal pelaksanaannya hanya berapa hari saja setelah kami pulang dari Lombok, namun karena jadwal dan tiket pesawat sudah ada...ya apa boleh buat......kami harus pulang...mudah2an lain waktu bisa ke lombok lagi,
salam dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Pagi gan.... makasih sudah berkunjung ya :)

Salam wisata

Mau ikut Gan ? beres-beres dulu ya ? :D

Salam wisata

Minimal yang ini terbitnya lebih dulu ya Mba ....... :D :D :D

Salam wisata

Benar Mba budaya Bau Nyale sudah cukup di kenal oleh para wisatawan domestik dan mancanegara, bahkan bila acara ini akan di gelar biasanya kawasan ini akan meulai di seibukan melayani para tamu dari luar daerah.

Salam wisata

Walau jamannya kerajaan dulu sudah mengenal istilah yellow flower ya Sob :D

Salam wisata

Bisa main ke sana mas :D

Salam wisata

Sip bisa langsung ke lombok mas, tempatnya indah banget.......

Salam wisata

Dibalik cerita setiap mitos ada sebuah pembeljaran ya Kang. :D

Salam wisata

Sayang sekali ya Mba tidak sempat, padahal acaranya seru banget, bisa menikmati suasana pantai bersama warga dan keluarga di sana. Mudah-mudahan suatu hari bisa mengikuti acara budaya bau nyale tersebut ya Mba, tentunya dengan mas har dan anak-anak sekalian. :D :D :D

Salam wisata

sepertinya pernah membaca kisah itu entah di mana

Kunjungan perdana sob...
Wah ini blog tentang wisa ya.... Keren :)

Banyak sekali festival yang di adakan di Indonesia, banyak pula yang tidak saya ketahui pak

Saya bangga jadi orang Indonesia yang banyak memiliki keanekaragaman adat dan kebudayaan di tiap daerah masing-masing, sudah sepatutnya kebudayaan daerah ini kita jaga dan lestarikan :)

wah jadi penasaran, ingin menyaksikan langsung nih.

ceritanya menyatu antara cacing dan sifat cacing sendiri yang menyuburkan tanah, sebuah budaya lokal yang kaya akan nilai nih pak.
wisatawan datang pengusaha lokal senang.
hehehe

yah belum kesampaian maen ke lombok.. siapa tau ketmu cacing warna warni hehe

menarik juga kisahnya....

Regards,
-Strider-

wah boleh juga ceritanya :)

mampir ya http://nandarious.com

keren mas festival bau nyale nya.. saya suka yang ada history-history nya gitu.. :)

Waah kisah yang menyedihkan .. tapi benar kata mas Indra ... ada pembelajaran di dalamnya. Ulasannya keren (Y) :)

Ayo di mana baca kisah bau Nyalenya Kang ?..... :D

Salam wisata

Silahkan Kang Heri dilanjut....:D

Salam wisata

Benar mba di Indonesia banyak sekali bentuk festivalnya, apalagi kalau dari setiap daerah menampilkan seni budayanya. Itulah salah satu kekayaan seni budaya kita ya Mba. Semoga bermanfaat.

Salam wisata

Benar Mas, jagan sampai kita kehilangan jati diri akan budaya kita sendiri ya Mas.

Salam wisata

Silahkan kang bisa langsung hadir ke sana. he,, he,, he,,,

Salam wisata

Dengan adanya pelestarian sebuah nilai budaya, kita akan selalu dapat membangun daerah kita endiri ko Mas. he,, he,, he,, :D

Salam wisata

Kalau mau ke temu cacing warna-warni di Lombok pilih waktu yang tepat ya mas. he,, he,, he,,, :D

Salam wisata

Kisah yang sangat mengharukan bang. :D

Salam wisata

bila bisa menarik garis merah dari cerita budaya bau Nyale ini, kita akan dapat pembelajrannya ya Sob. Semoga bermanfaat.

Salam wisata

nyale liat bentuknya aja udah ngeri, gimana makannya ya, pak..?

Semoga bermanfaat untuk kita semua ya Mba.

Salam wisata

Makannya lewat mulut Mas,,,, :D

Salam wisata

Wah saya pernah nonton festival ini di tivi mas. Nyale itu bentuknya kayak cacing dan berwarna hijau kan.?

Benar Mas, Nyale itu adalah caing yang berwarnan warni dan salah satunya ada yang berwarna hijau. :D

Salam wisata

Sama-sama Mas, siap meluncur ke TKP.

Salam Wisata

Setuju, ini bukan untuk di perdebatkan.. Tapi untuk di lestarikan sebagai bukti keragaman budaya bangsa kita :)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus