PANDUAN WISATA DIENG PLATEAU

http://www.ejawantahtour.com/2014/03/panduan-wisata-dieng-plateau.html
Panduan Wisata Dieng Plateau – Panduan perjalanan wisata ini saya buat bagi para sahabat dan teman-teman dan pembaca Ejawantah Wisata untuk menuju tempat wisata Dieng Plateau. Di mana tempat wisata Dieng merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak di minati oleh para wisatawan baik dari domestik dan mancanegara.

Dieng yang terletak di salah satu dataran tinggi antara dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lokasi ini di kenal memiliki obyek pemandangan alam yang indah, dengan beragam keunikan seni budaya dan sejarah yang berasal dari jaman peradaban Hindu Kuna.

Namun, sebelum kita mengikuti panduan wisata Dieng Plateau ini, ada baiknya kita harus mempersiapkan segala keperluan dan kebutuhan kita selama perjalanan wisata di tempat wisata Dieng. Karena kawasan tempat wisata Dieng berada pada ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut, dan di kelilingi oelh pegunungan yang sangat indah, dengan suhu 15 – 10 derajat celcius., bahkan pada musim kemarau suhu di lokasi Dieng bisa mencapai 3 -5 derajat celcius.

Barang-barang yang harus kita persiapkan untuk menuju tempat wisata Dieng antara lain :
  1. Baju hangat dan jaket. 
  2. Sarung tangan dan topi kupluk atau penutup kepala yang dapat menutupi telinga. 
  3. Penutup hidung Minyak angin atau penghangat tubuh. 
  4. Kaos kaki Sepatu kats. 
  5. Obat PKKK sebagai persediaan. 

Tempat wisata Dieng memiliki obyek wisata dengan lokasi yang saling berdekatan. Namun, hal yang harus di perhatikan bagi kita yang baru pertama kali ke tempat wisata Deing di lokasi kita akan banyak menemukan tempat penjualan tiket retribusi di setiap obyek wisata Deing, dengan harga yang beragam.

Untuk mempermudah perjalanan wisata kita Dieng, dalam satu hari kita bisa mengunjungi 2 titik lokasi obyek wisata. Bila kita mengunjungi obyek wisata Komplek Candi Arjuna di tempat wisata Dieng pertama kali, kita akan mendapatkan harga dengan dua lokasi obyek wisata. Yang satunya yaitu obyek wisata Kawah Sikidang.

Bagaimana agar perjalanan kita di lokasi tempat wisata Dieng agar tidak bingung ? Bagi para sahabat bisa mengikuti pengalaman perjalanan wisata saya pada saat di lokasi Dieng. Usahakan kita masuk dalam kawasan tempat wisata Dieng pada waktu pagi hari, hal ini agar mempermudah pengaturan perjalanan wisata kita di tempat wisata Dieng.

PANDUAN WISATA DIENG PLATEAU

08 : 30 – 11 : 30 WIB ===> Mengunjungi Komplek Candi Arjuna Dieng.
  • Di lokasi Candi Arjuna Dieng kita dapat mengunjungi :
  • Museum Soeharto – Withlam (Situs Timor-Timor).
  • Sendang Sedayu. Candi Arjuna.
  • Candi Semar.
  • Candi Puntadewa.
  • Candi Sembadra. Candi Srikandi.

11 : 30 – 13 : 00 WIB ===> Gunakan waktu untuk istirahat, makan, Sholat dan bergeser ke lokasi Kawah Sikidang Dieng ( Harga tiket di kawasan Komplek Candi Arjuna Dieng sudah termasuk Kawah Sikidang) itu kalau belum ada perubahan ya.......

13 : 00 – 15 :00 WIB ===> Kita dapat menghabiskan waktu untuk menikmati wisata di tempat wisata Kawah Sikidang. Setelah itu anda bisa menikmati wisata belanja di tempat wisata Dieng dan kembali ke penginapan atau kembali ke daerah asal keberangkatan.

Bila Kita Menginap di Kawasan Tempat Wisata Dieng. Bagi kita yang akan melakukan penginapan di kawasan Dieng, saran saya lebih baik waktu sore hari kita pergunakan untuk mengunjungi kawasan desa atau penduduk setempat, namun kalau keadaan fisik telah lelah lebih baik kembali ke penginapan untuk mempersiapkan tenaga bila akan menikmati keindahan panorama alam sunrise di lokasi Dieng yang dapat di lihat dari bukit Sikunir (Gardu pandang) dan di kawasan Komplek Candi Arjuna.

Bila selesai acara ini, kita bisa melanjutkan perjalanan wisata Dieng menuju ke lokasi lain, atau pulang. Dan perjalanan wisata Dieng kita selesai sampai di sini. Panduan wisata Dieng ini hanya sebuah gambaran dari pengalaman pribadi saya melakukan perjalanan wisata Dieng, dan sifatnya tentative. Dapat teman-teman sesuaikan keadaan dan kondisi pada saat melakukan perjalanan wisata di lokasi Dieng.

Bagi para sahabat dan pembaca setia Ejawantah Wisata yang akan mengetahui keadan dan situasi tempat wsiaat Dieng dapat melihat melalui penayangan di dalam video di bawah ini.

Video Dieng Trip  :

Bagi Kita yang akan melakukan perjalan wisata ini dengan menggunakan transportasi kendaraan umum alias tidak membawa kendaraan pribadi kita bisa menggunakan jenis transportasi sebagai berikut :

Bila menggunakan transportasi Bus : Dari Jakarta atau tempat daerah lain kita bisa mencari jurusan Bus Menuju Wonosobo. Dan turun di terminal Bus Wonosobo. Dari terminal Wonosobo kita bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Bus Kecil jurusan Dieng – Batur. Jarak tempuh waktunya dari terminal bus Wonosobo ke lokasi +/- 45 menit.

Bagi yang naik kereta api kita bisa turun di stasiun Purwokerto. Dan dilanjutkan menuju ke daerah Wonosobo dengan menggunakan bus. Dan sisanya kita bisa mengikuti arahan seperti di atas. Bagi yang para sahabat yang berada di luar Pulau Jawa dan menggunakan pesawat terbang, Kita bisa memilih dari lokasi daerah Yogyakarta atau Semarang. Setelah itu perjalanan dapat di lanjutkan menuju daerah Wonosobo, lalu ke Dieng.

Saran saya, bila kita masih canggung berjalan wisata seperti tersebut di atas, ada baiknya kita membawa mobil pribadi atau rental mobil. Dan bagi para sahabat yang berada di lokasi luar Pulau Jawa anda dapat menggunakan jasa rental mobil online dari Kota Semarang atau pun Yogyakarta.(Baca : Sewa Mobil )

Panduan Wisata Dieng Plateau akan membantu para sahabat untuk memberikan solusi perjalanan wisata ke tempat wisata Dieng, dan ini di buat berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam melakukan perjalanan wisata di Dieng. Yang perlu kita ingat bahwa, perjalanan wisata merupakan perjalanan liburan yang tidak menyebabkan badan kita harus merasakan seperti kerja rodi, jadi apapun konsep perjalanan wisata kita di tempat wisata jadikanlah perjalanan wisata tersebut dapat dinikmati bersama keluarga dan orang-orang yang kita sayangi,

Dengan memiliki atau pun membuat panduan Wisata Dieng Plateau maka kita akan lebih terarah perjalanan wisata di lokasi Dieng. Dan kita akan lebih mengenal pesona keindahan alam Indonesia dari setiap sudut keunikan yang tidak pernah kita temkan di negeri mana pun bahwa Indonesia adalah negeri yang indah kaya dengan beragam keunikannya.




Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

43 komentar

pernah sih nyasar ke dieng tapi untung rutenya tahu memang dieng tempat wisata yang keren. jangan lupa bang kalau mampir kesanna jangan lupa singgah di tempat saya ya kabupaten purworejo

terimakasih mas atas panduan wisata dieng plateau, siapa tau saya nanti mau berwisata ke dieng plateau, khan sudah tau dari keterangan postingan kang Indra

Salam

Sip Kang, nanti kalau ke Dieng lagi saya coba kontak ya......:D

Salam wisata

Silahkan di gunakan Kang Panduan Wisata Dieng Palteau nya, semoga bermanfaat dan dapat menikmati perjalanan wisata di tempat wisata Dieng bersama keluarga dan orang-orang yang di sayangi.

Salam wisata

wah saya belum pernah kesana bang..

kalau udah di planing bagus juga. jadi gak harus cari-cari lokasi yang akan dikunjungi. saya pulang kampung di solo, lumayan juga jarak tempuhnya ya..

Kalau ada waktu dan kesempatan bisa di coba berkunjung di tempat wisata Dieng Mba. :D

Salam wisata

Kalau dari Solo lumayan Sob, bisa sekitar +/- 4 jam sampai di tempat wisata Dieng. Masih dekat kalau saya dari Jakarta. :D

Salam wisata

Saya sudah 11 tahun tinggal di Semarang, tapi untuk wisata ke Dieng belum pernah Mas. Terima kasih panduannya, barangkali nanti ada kesempatan ke sana, Insya Allah saya pergunakan panduan ini.

Salam,

Belum pernah kesana sob,,, hehe

sebaiknya kalau pengen tahu lebih jauh, harus ada pemandu nya ya mas saat berwisata di dieng. Kalau dulu saya nggak ada pemandu nya, jadi nya ya nggak tau apa-apa waktu kesitu hehe :D

21.000 meter di atas permukaan laut? 2.100 m dpl kali? Gunung Merapi saja 3.000 m dpl kok.

Semoga bermanfaat ya Kang, Selamat menikmati perjalanan wisata di lokasi Dieng :D

Salam

Lain kali bisa mampir ke sana Sob kalau ada wktu dan kesempatan. :D

Salam wisata

Tergantung keperluannya si Mba, tapi kalau mau bisa mendapatkannya di lokasi setempat dengan pemandu resminya di lokasi. :D


Salam wisata

He,, he,, he,,, makasih Sob, kelebihan angkanya. Dan sudah di perbaiki.:D
Semoga bermanfaat.

Salam wisata

saya belum pernah kesana mas tapi kabar dari teman2 memang cuaca dingin dan jaket tebal tidak boleh ketinggalan

berguna itu panduan wisatanya. Biar jalan2nya maksimal. Thx, ya :)

Ya ampun aku kesana Lebaran kemarin berangkatnya kesiangan, jadi sampai Dieng udah gelap, fotonya sedikit :(

saran saya kepada para pembaca. sebelum anda bepergian ke suatu tepat rekreasi, alangkah baiknya mencari referensi terlebih dahulu di blog Ejawanta Wisata ini. Mengapa? karena disini dijelaskan secara gamblang dan jelas panduan tempat wisata anda perlukan.

Setiap mau berwisata pasti ada hal yang harus di persiapkan ya . termasuk ke wisata dieng ini :)

saya kirain dieng plateau tuh di luar indonesia ternyata masih di pulau jawa yaa, namanya seperti di filippina atau thailand
thanks tipsnya mas :)

kalo ke dieng jangan lupa mampir ke banjar bos, jangan lupa juga es dawetnya, hehehe...

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Indra....

Didoakan sihat dan mendapat rahmat Allah SWT dalam usaha membantu teman-teman untuk berwisata dengan nyaman.

Banyak juga ya mahu disediakan sebagai bekalan ke Dieng Plateau ini. Tapi buat mereka yang suka ke tempat tinggi dan sejuk, pasti semua bekalan apa pun tidak menjadi masalah, malahan menimbulkan rasa teruja untuk cepat sampai ke sana. Panduan memang penting untuk sampai ke destinasi agar tidak tersesat dan menimbulkan beban jika tidak bersedia. Thanks atas maklumatnya kerana bisa diguna untuk pergi ke tempat lain yang sama kondisinya.

Salam hormat dari Sarikei, Sarawak. :D
SITI FATIMAH AHMAD

ingat dieng jadi iengat kemarin dikasih carica asal dieng

kalo pake mobil pribadi dari arah purwokerto, mendingan masuk lewat banjarnegara. banyak spot asik di rute itu walaupun rada jauh di jalanan kampungnya ketimbang lewat wonosobo. dan kalo mau nginep, kayaknya baju hangat doang ga cukup, pak. musti bawa istri juga...
*sampluk panci

perjalana wisata memang butuh planning ya pak.. pengalaman saya wisata tidak pakai planning jadinya tidak bisa maksilmal.. banyak tempat yang jadinya batal dikunjungi..

Iya Mba, lebih baik persiapkan kondisi fisik dan bawa perlengkapan yang bisa mensesuaikan diri kita di lokasi deh. Semoga bermanfaat ya Mba.

Salam wisata

Silahkan Mba, semoga bermanfaat.

Salam wisata

Kasus ini banyak di almai para wisatawan yang baru pertama kali dateng ke Dieng Mba, Bila kita hanya menyediakan waktu untuk di tempat wisata Dieng 1 hari bisa mengikuti panduan di atas. Kalau 2 hari satu malam tinggal di tambah, dan yang terpenting mengatur tenaga dan kondisi fisik di tempat yang dingin ya Mba :D

Salam wisata

Terimakasih atas apresiasi dan suportnya Kang Bud, ini hanya berbagi pengalaman daninformasi saja, agar para pembaca mendapatkan informasi sebelumnya dari pengalaman. Sukses juga untuk Kang Budi :D


Salam wisata

Benar Kang Heri, Semoga bermanfaat bagi teman-teman dan pembaca Ejawantah Wisata ya.... :D

Salam wisata

Sama-sama Sob, semoga semaikn banyak orang yang mengunjungi Indonesia untuk berwisata. Karena Indonesia itu indah dan unik seklai.

Salam wisata

Benar Sob, Es Dawet Banjar fantastik dan enak banget. :D

Salam wisata

Walaikumsalam Wr Wb.......

Amiiin.........
Terimakasih atas doanya bunda. Semoga pengalaman ini dapat membantu para sahabat dan pembaca setia Ejawantah Wisata untuk menuju tempatwisata Dieng, karena temanpat wisata Dieng memiliki keindahan alam dan beragam senia budaya yang unik hingga kini masih terpelihara dengan baik.

Salam wisata,

Asyik dong Mba, he,, he,, he,,, :D

Salam wisata,

Terimakasih Kang atas penambahan solusi atau alterntif lain dengan pemandangan yang bagus-bagus. Dan yang penting sih memang harus bawa istri bagi yang punya. Jangan lupa juga anak-anak di bawa juga ya.... :D

Salam wisata

Kalau tidak ada planing biasanya kita bingung ya Mas, apalagi banyak maunya, sampai kita lupa obyek wisata yang akan di kunjungi posisinya nagacak dan jaraknya. :D

Salam wisata

keren ya mas dieng plateau, saya jadi pingin ke wonosobo utk menikmati indahnya wisata dieng plateau, hmmm :)
makasih sharingnya :D

Dieng sangay dekat sekali dengan daerah saya tuh mas :)

Salam :) dari MAKINTAU.com

Keren mas. Dengan begini parasahabat blogger dan orang yang akan berwisata ke dieng bisa terbantu dengan panduan di atas ya mas..

wah kemarin liyat acara tv show ngomongin tentang dieng nih yg konon katanya banyak anak gimbal.. hehe berarti disana suhunya seperti ijen ya harus pake baju hangat :)

saya juga pengen kesana mas, tapi apa daya jarak yang menjadi kendala :D

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus