MENIKMATI RUMAH ADAT BALUK

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/menikmati-rumah-adat-baluk.html
Menikmati Rumah Adat Baluk yang merupakan rumah adat dari suku Dayak Bidayuh, Kalimantan Barat. Sebuah bangunan rumah yang di bangun dengan batang-batang pohon sebagai penyanggah, dan dari bangunan rumahnya terlihat berkonsep arsitektur tradisional yang unik dan masih alami

Bangunan ini menjulang tingi, dan untuk sampai di sana kita harus melewati anak tangga yang terbuat dari kayu dan batang bambu sebagai pegangan untuk membantu kita hingga sampai di pelataran bangunan yang tinggi tersebut.

Bentuk bangunan rumah adat Baluk ini konon memiliki diameter +/- 10 meter, dan ketinggian tiang kayu penyanggah bangunannya memiliki ketinggian +/- 12 meter sekitar 20 batang kayu lebih. Rumah adat Baluk ini merupakan gambaran kedudukan dari seorang Kamang Triyuh yang menjadi panutan dan harus dihormati bagi masyarakat suku Dayak Bidayuh.

Menelisik lebih jauh tentang budaya dan tradisi dari masyarakat suku Dayak Bidayuh, saya mendapatkan informasi pada saat berkunjung di tempat wisata budaya anjungan Kalimantan Barat TMII, bahwa kegiatan ritual dari masyarakat tersebut salah satunya adalah Nyobeng. Di mana ritual tradisi masyarakat Nyobeng ini merupakan salah satu upacara adat Hliniau sebagai bentuk permohonan keberkatan, kesejahteraan, dan kedamaian yang diperuntukan bagi kaum lelakinya, sedangkan untuk kaum wanitanya bersama Nambok. Permohonan ritual tradisi ini ditunjukan kepada Sang Pencipta alam semesta.

Bila teman-teman dan pembaca setia Ejawantah Wisata ingin melihat dan menyaksikan rumah adat baluk dengan kehidupan masyarakat suku asli Dayak Bidayuh teman-teman bisa berkunjung langsung ke daerah kawasan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Di daerah tersebut kita bisa langsung menikmati keindahan tradisi dan budaya masyarakatnya yang masih kental dan akan banyak pembelajran yang bisa kita ambil dari sisi positifnya, di mana hal ini merupakan salah satu bagian kekayaan tradisi dan budaya Indonesia yang beragam corak dan warna.

Menikmati Rumah Adat Baluk mengingatkan akan sebuah pembelajaran kita sebagai manusia, yang selalu dapat menyatukan diri dengan alam dan memiliki rasa menghormati akan seorang pemimpinnya tanpa harus menjelekan pimpinankepala suku adat yang telah di tunjuk  melalui proses musyawarah mufakat. Sebuah pembelajran yang selalu memiliki pesan moral dan noma dalam membangun dan mencipkan sebuah kehidupan harmonisasi demi keindahan kepanutan dalam hidup berbangsa dan bernegara yang selalu di ajarkan kepada kita semua.



Salam wisata,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

7 komentar

RUMAH ADAT BALUK ini unik ya Pak. mungkin karena mereka tinggal di hutan jadi bisa menghindari hewan buas dan nyamuk juga :)

wuih ngeri juga ya rumah adatnya, apa kuat tuh dengan penyanggah seperti itu Mas...???

abanyak yang pakai rumah panggung ya mas, mungkin lebih nyaman kali ya dengan model rumah seperti itu :) kalau rumah saya sih biasa aja hehehe :D

Kalau lihat dari pola kehidupan masyarakatnya sih seperti itu ya Mas, :D

Salam wisata

Kalau menurut informasi yang saya terima sih rumah seperti itu memang di gunakan di sana Mas. he,, he,, he,,, :D

Salam wisata

Biasnya di pakai oleh pemanggu adat Mba rumah seperti itu. He,, he,, he,,, :D

Salam wisata

rumah adatnya agak tinggi juga ya mas, pasti harus naek tangga ya :)
kalau saya malah lebih suka rumah tingkat aja :)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus