MENIKMATI RUMAH BETANG SUKU DAYAK

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/menikmati-rumah-betang-suku-dayak.html
Menikmati Rumah Betang Suku Dayak. Sebuah bangunan rumah kayu bergaya tradisional yang membentang panjang, besar, dan menjulang dari permukaan tanah yang ditopang oleh tiang-tiang pondasi yang memiliki ketinggian +/- 2,5 meter dari tanah dan beratapkan dari daun kelapa. Terlihat dengan jelas sebuah teras yang luas dan panjang seperti sebuah dermaga kapal yang berada di tepi laut yang berada di hadapan saya ini merupakan fenomena unik dan menarik yang dimiliki oleh masyarakat suku Dayak dari daerah Kalimatan Barat.

Menurut informasi yang saya terima rumah betang suku dayak ini meiliki panjang +/- 186 meter yang terdapat 36 pintu teras, dan masing-masing pintu tersebut merupakan pintu masuk rumah dari masing-masing keluarga. Dan masing-masing keluarga berdasarkan nomor pintu rumah yang disesuaikan dengan nomor urut keluarga, seperti anak pertama, anak kedua dan seterusnya.

Menurut informasi yang terima dari petugas anjungan rumah adat Kalimantan Barat TMII, rumah tradisional Betang biasanya di gunakan oleh Suku Dayak Kanayatn di daerah Desa Sahamp, Sengah Temila dan sekitaran kota Pontianak Kalimantan Barat.

Lanjut.....
Yang menjadi daya tarik dari rumah tardisional Betang dari suku Dayak ini adalah kehidupan mereka yang hidup akan satu atap rumah tersebut dapat berjalan seperti biasa, dan tidak terbayang akan sebuah keramaian rumah Betang aslinya yang menjadi hunian masyarakat di daerah asalnya, pasti keramaian rumah tidak kalah ramainya dengan keramaian sebuah pasar kali ya... apalagi kalau masing-masing keluarga memiliki anak kecil. he,, he,, he,,,

Informasi selanjutnya yang saya terima......
Untuk penghuni rumah Betang rata-rata masyarakat masih memilih kesibukan dengan cara berladang dengan membuka ladang, menebar benih padi dengan menggarapnya bersama. Sedangkan untuk kaum perempuannya rata-rata melakukan pekerjaan kerajinan seperti membuat dan mempersiapkan daun kelapa untuk atap rumah yang sudah mulai rusak, dan anyaman untuk tampah beras keperluan rumah tangga mereka.

Olah rasa dan karsa kreativitas dari masyarakat suku Dayak ini dapt kita lihat dari sebuah bangunan rumah tradisional Betang, di mana sebuah asas kebersamaan kekeluargaan yang tersirat dalam sebuah pesan gaya seni arsitektur sumah Betang ini yang menyimpan isoteris karya seni yang mencerminkan keluruhan budaya dan keshajaan masayrakat suku Dayak Kanayatn.

Menikmati rumah Betang suku dayak di anjungan Kalimantan Barat, Taman Mini Indonesia Indah yang berada di kawasan daerah Jakarta Timur, tentu tidak seindah kita menikmati rumah tradisional aslinya yang berada di kawasan daerah Kalimantan Barat. Namun, hal ini akan membuat kita lebih mengenal sebuah nilai tradisi dan budaya Indonesia lebih dekat dengan kearifan tradisi dan budaya dari masyarakat suku dayak itu sendiri yang merupakan salah satu budaya yang di miliki bangsa Indonesia. 

Tentunya hal ini akan lebih menarik jika kita bisa hadir langsung di kawasan daerah Kalimantan Barat untuk dapat langsung menikmati keselarasan kehidupan tradisional masyarakat suku Dayak dengan melakukan wisata budaya di kawasan daerah asalnya. Karena informasi yang saya terima di kawasan daerah Kalimantan Barat pun banyak wisatawan dalam negeri dan domestik sering mengunjungi rumah Betang Suku Dayak ini, untuk menyaksikan dari dekat di sana.

Menikmati Rumah Betang Suku Dayak dalam perjalanan wisata budaya di kawasan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta, tentulah kia mendapatkan sebuah pembelajaran sebuah filososi kehidupan bagi masyarkat Dayak yang kerap ter[atri dalam sebuah hasil karya seni tradisionalnya, seperti rumah adat Betang ini.




Salam wisata,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

23 komentar

rumah betang ini kontruksisnya seperti rumah panggung ya mas, keren sekali sepertinya sejuk dan asri tinggal di dalamnya :)

Bila dalam keadaan kosong mungkin sejuk dan tenang ya Mba, tapi kalau sudahpada ngumpul sama keluarga besar saya belum tahu deh :D

Salam wisata

rumah adat yang mencerminkan rasa kekeluargaan yg tinggi,, perlu dilestarikan Pak

luar biasa ya mas rumah adatnya keliahatan khas sekali ya dengan rumah panggung, pasti sangat nyaman tinggal disitu ya daripada di apartemen :D

Wah jalan2nya udah jauh aja mas. Aku belum pernah ke Kalimantan :D

Benar Mas Oyo, dan yang saya dengar malah banyak wisatawan asing yang suka melakukan kunjungan wisata budaya di daerah dengan penampilan yang unik seperti ini. :D

Salam wisata

Kalau di rumah panggung seperti ini mungkin tidak terlalu tinggi dan tetap menyatu dengan alam ya Mba, tapi kalau di apartemen nanti takut ketinggian. :D

Salam wisata

Kalau di Jakarta bisa jalan-jalan ke liling Indonesia Mba, kan tinggal ke Tmana Mini Indonesia Indah saja. he,, he,, he,, :D

Salam wisata

baru kali ini saya lihat rumah adat suku dayak, itu pun juga melalui photo di bloggnya mas Indra. suku ini sudah mulai hampir punah yaa mas, thanks mas wawasanya :)

jadi pengen jalan" gan :v

bear-benar unik ya rumah-rumah ada suku dayak ini :)

penasaran ya kalo lihat dari ulasan nya

begitu banyak yang bisa dilihat di taman mii ya pak

struktur bangunannya ndak cuma unik
tapi keliat kokoh :)

Semoga bermanfaat untuk kita semua ya Mas. he,, he,, he,, :D


Salam wisata

Silahkan Mas, bisa langsung ke tempat wisata budaya di sekitar daerah kita ko, atau langsung saja ke alamatnya tersebut di atas.

Salam wisata

Benar Mas, dan Indonesia kaya akan beragam tradisi dan budayanya. :D

Salam wisata

Silahkan Mba, bisa langsung di lihat di lokasinya. :D

Salam wisata

Benar Mba Lidya, di sana juga merupakan tempat wisata edukatif bagi kita mengenal lebih dekat tradisi dan budaya Indonesia.

Salam wisata

Benar Mas, konon bangunan rumah adat ini anti gempa mas. Enatahlah.... tapi itulah keunikan dari sebuah rumah tradisi budaya Indonesia.

Salam wisata

menarik sekali ya mas rumah nya dibawah nya ada kolam nya, bisa buat ternak ikan lele kayaknya ya hehehe pasti mantap :)

rumah kayu banyak yang tinggi2 gitu. untunk menghindari binatang buas katanya, ya

wah jadi pengen juga nih menikmati rumah betang ini, pasti sangat mengasyikkan ya mas karena suasana nya berbeda ;)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus