SEJUTA DATA BUDAYA INDONESIA

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/sejuta-data-budaya-indonesia.html
Sejuta data budaya Indonesia merupakan sebuah acara yang di lakukan oleh para pelaku dan pecinta tadisi seni dan budaya Indonesia di Jakarta.

Salah satu data budaya Indonesia yang ada adalah alat kesenian angklung yang terbuat dari bambu dan berasal dari daerah Jawa Barat. Melalui acara ini kami para undangan di suguhkan sebuah pentas seni angklung yang di kemas dalam konsep modern yang di bawakan oleh para Mahasiswa dan Mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB).

Menikmati wisata angklung modern tentunya akan membuat kita mengenal lebih jauh alat kesenian tradisional angklung yang berasal dari Jawa Barat ini lebih jauh. Angkulng yang terbuat dari sebuah bambu yang di buat oleh tangan-tangan trampilan pelaku seni ini pun dapat berkaloborasi dengan kreatifitas seni yang mengasyikan.

Pentas seni anklung modern bisa di saksikan di setiap rumah seni atau pun tempat wisata yang mengadakan acara pegelaran atau pertunjukan seperti ini. Ada banyak pembelajaran bagi kita yang ikut menyaksikan pagelaran seni seperti angklung modern. Bukan hanya berwisata namun juga kita dapat mengenal lebih jauh alat tradisonal angklung yang berasal dari Jawa Barat ini.

Perjalanan wisata menikmati angklung yang di mainkan secara modern ini saya temukan di tempat wisata Galeri Indonesia Kaya yang berada di daerah kawasan Thamrin Jakarta. Tempat arenanya berada di sebuah Mall di lantai 8.

Dari segi hiburan kita akan menikmati alunan musik angklung yang menawan yang di bawakan oleh para peserta, namun di lokasi Galeri Indonesia Kaya ini sering sekali di adakan pentas kesenian tradisonal atau pun tradisi dari daerah Propinsi yang ada di Indonesia. Seperti pada saat acara Sejuta Data Budaya Indonesia ini.

Manfaat dari menikmati wisata angklung modern ini bersama keluarga dan anak, tentu saja kita dapat memperkenalkan kepada anak-anak kita sebuah konsep wisata yang bersifat edukaitf dengan memperkenalkan seni budaya bangsa Indonesia dari cara yang menyangkan dan menghibur. Hal ini sangat tepat dengan sebuah konsep wisata, bahwa perjalanan wisata itu harus bisa memberikan konsep yang menyangkan dan menghbur.

Menikmati wisata angklung modern ini, saya saksikan pada saat bertemu dengan para pelaku seni budaya dari berbagai komunitas yang peduli tentang tradisi seni dan budaya yang berada di setiap daerah Propinsi Indonesia di daerah Jakarta.

Coba kita lihat dalam tayangan video yang saya ambil dalam pertunjukan pentas angklung modern ini yang di bawakan oleh para anak-anak mahasiswa dan mahasiswi dari universitas Institut Teknologi Bandung di bawah ini yang mebawakan sebuah musik angklung "Medley Western Pop" (Video : Medley Wastern Pop - Angklung KPA ITB )

Menikmati wisata budaya Indonesia tentu merupakan langkah sederhana yang bisa di lakukan oleh setiap diri kita untuk dapat memberikan support dan memperkenalkan budaya bangsa Indonesia dengan keluarga dan kerabat terdekat. Karena di dalam sebuah kesnian budaya tradisonal terdapat sebuah pembelajaran ilmu pengetahuan yang benayak memiliki nilai norma postisif yang terus dapat di kembangkan, dan hal ini merupakan sebuah jati diri dari kekayaan khasanah budaya bangsa Indonesia.

Sejuta data budaya Indonesia merupakan sebuah gerakan penyelamatan data-data kekayaan nilai sebuah tradisi seni dan budaya Indoensia. Dengan menikmati wisata angklung modern seperti ini merupakan suatu perjalanan wisata yang mengasyikan bagi diri saya pribadi dan tentunya bagi banyak orang, di mana melalui sarana pertunjukan ini kita bisa ikut mengenal dan melestarikan budaya bangsa Indonesia yang begitu indah dan tidak tertelan dengan sebuah perubahan jaman modern, namun ia dapat terus menyelaraskan keberadaannya tanpa harus mengenyampingkan dari setiap keunikan yang di milikinya, sehingga membuat kita sadar bahwa kekayaan seni dan budaya Indonesia itu seungguh luar biasa.




Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

15 komentar

luar biasa ya banyak juga data budaya di negeri ini, kita sebagai warga negara indonesia harus bangga ya mas ;)

bila dikemas kayak begini aq yakin kedepannya budaya tradisional akan digemari anak muda yamas

Indonesia membutuhkan generasi yang penuh kretif dan inovasi Mba, dalam mempertahankan dan mengembangkan tradisi seni dan budaya masyarakatnya. :D

Salam wisata

Benar Mas Yanto, dan Indonesia hanya memerlukan generasi yang banyak bertindak dari aksi dari pada hanya meperdebatkan tanpa melakukan upaya dalam hal melestarikan tradisi seni dan budaya bangsa ini ya... :D

Salam wisata

Tak download dulu videonya mas,, kalau lihat langsung lama..

saya antusias sekali untuk ini. mari kita lestarikan budaya bangsa

Gerakan budaya yg patut diapresiasi..

Angklung musiknya menarik, trasa riang saat dimainkan

aku suka lihat pertunjukan angklung

dulu waktu SD, pelajaran musik di sekolah adalah angklung. Jadi kangen main angklung

Benar Kang, karena Indonesia mebutuhkan para generasi yang sangat antusias dalam hal melindungi aset tradisi seni dan budaya yang di miliki dari panggilan hati murni masyarakatnya.

Salam wisata,

Silahkan Mas, semoga bermanfaat.

Salam wisata

Benar Kang, dan kita sebagai blogger ikut mensupport memperkenalkan tradisi dan budaya masayrakat Indonesia dan kekayaan alamnya melalui hasil karya yang dapat bersinergi untuk kemajuan bersama negeri tercinta ini ya.... :D

Salam wisata

Sama Mba, bahkan kalau di modivikasi seperti ini musik angklung terasa lebih nikmat di dengar sepertinya ya.... :D

Salam wisata

Yuk main angklung Mba, di mulai dari nada do ya..... he,, he,, he,,, :D


Salam wisata

tidak kalah dari luar negeri (y)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus