MENGENAL TARI SERAMPANG 12

http://www.ejawantahtour.com/2014/05/mengenal-tari-serampang-12.html
Mengenal Tari Serampang 12 yang merupakan seni tari tradisional dari masyarakat daerah Melayu yang berkembang di bawah Kesultanan Serdang, Kabupaten Serdang Begadai (dulu di kenal dengan Deli Serdang).

Menurut informasi keterangan yang saya terima......
Tari Serampang 12 memiliki dua belas ragam gerakan yang merupakan gerakan pokok. Dan dari dua belas gerakan Tari Serampang 12 tersebut bercerita tentang proses tahapan pencarian jodoh seseorang hingga memasuki tahap dunia pernikahan dalam membangun rumahtangga.

Ragam gerak Tari Serampang 12 satu sampai enam merupakan tahapan proses pasangan tersebut pacaran, ragam gerak tujuh sampai sembilan merupakan tahap mengikat janji atau disebut juga tunangan, ragam gerak sepuluh dan sebelas pada Tari Serampang 12 tersebut merupakan tahap pinangan atau pernikahan dan ragam gerak dua belas sudah menjadi pengantin.

Tari Serampang 12 memiliki ciri para penarinya menggunakan sapu tangan sebagai simbol pengikat. Dan para penari lelaki menggunakan pakaian dengan istilah teluk Belanga atau baju koko, sedangkan untuk penari wanitanya menggunakan baju kebaya panjang dengan kain songket.

Di dalam tariannya Tari Serampang 12 banyak menggunakan gerak kaki yang berpindah tempat, dan loncat-loncat kecil. Dalam gerakan tari ini para penarinya selalu beriringan dengan gerak tangan yang melenggang secara mengalun dan semua gerakan termasuk dalam gesture atau gerak bermakna.

Lanjut.......
Menelisik dari cerita perjalanan sejarah Tari Serampang 12 ini diciptakan oleh Sauti yang lahir pada tahun 1903 di Pantai Cermin, dan pada tahun 1940-an tarian Serampang 12 ini digubah ulang olehnya antara tahun 1950-1960.

Sedangkan nama Tari Serampang 12 dahulu dikenal dengan nama Tari Pulau Sari. Hal ini merngacu pada judul sebuah lagu yang mengiringi tarian tersebut, yaitu lagu Pulau Sari. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa nama Tari Pulau Sari diganti dengan nama Serampang 12, dan di bawah ini merupakan jawaban dari beberapa alasan tersebut, yaitu ;
  • Nama Pulau Sari kurang tepat, dan tarian ini bertempo cepat (quik step). Menurut informai yang saya terima di lokasi, nama tarian yang diawali kata"pulau" biasanya bertempo rumba, seperti Tari Pulau Kampai dan Tari Pulau Putri. Sedangkan tari Serampang 12 memiliki gerakan bertempo cepat seperti Tari Serampang Laut. Berdasarakan keterangan tersebut, tari pulau Sari lebih cepat disebut tari Serampang 12. Nama dua belas sendiri diambil dari tarian yang memiliki gerakan tercepat di antara lagu yang bernama Serampang.
  • Penamaan Tari Serampang 12 yaitu pertemuan pertama, cinta meresap, memendam cinta, menggila mabuk kepayang, isyarakat tanda cinta, balasan isyarat, menduga, masih belum percaya, jawaban, pinang-meminang, mengatar pengantin, dan pertemuan antar kekasih.
Mengenal Tari Serampang 12 lebih dekat akan membuat kita lebih banyak mengetahui khasanah kekayaan seni dan budaya tradisional Indonesia. Dan di bawah ini merupakan cuplikan tarian dari tari Serampang 12 yang di bawakan oleh para Mahasiswa dan Mahasiswi ST Telkom Bandung dalam acara pegelaran seni budaya di Jakarta.( Video : Tari Tradisional Serampang 12 )

Mengenal Tari Serampang 12 merupakan sebuah pengalaman perjalanan wisata budaya Indonesia yang saya pribadi dapatkan pada saat saya menghadiri sebuah undangan yang bertempat di Galeri Indonesia Kay, West Mall lt. 8. Grand Indonesia, Jakarta.



Salam wisata,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

7 komentar

wah tarian ini berasal dari daerah saya mas, kota medan. salam dari Medan mas Indra
horas, hehehehe

luar biasa ya budaya di indonesia, banyak tarian menarik di daerah daerah yang harus dilestarikan keberadaannya ;)

Salam kembali Mas. :D

Salam

Benar Mba, semoga kesenian tari daerah Serampang 12 ini bisa di kenal dan terus di lestarikan dan kembangkan oleh para pecinta tari kesenian tradisional.

Salam wisata

Benar Mba, mungkin karena daerah Deli Serdang termasuk rumpun Melayu juga kali ya Mba ? he,, he,, he,,, :D

Salam wisata

bagus juga ya tari serampang ini, jadi harus dilestarikan tari budaya indonesia ya mas ;)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus