KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT SUKU BAJO

http://www.ejawantahtour.com/2014/09/kearifan-lokal-masyarakat-suku-bajo.html Kearifan Lokal Masyarakat Suku Bajo.-  Suku Bajo merupakan suku yang dikenal dengan sebutan gypsi laut, dan keberadaannya bukan hanya di Indonesia, namun hingga ke daerah negeri tetangga yaitu Thailand dan Philipina.

Mayoritas masyarakat suku Bajo ini berikar menjadikan laut sebagai sahabat alam dan memilih laut diantara luasnya daratan sebagai tempat penghidupan mereka. Sulawesi bagian dari ribuan pulau di Indonesia yang menjadi salah satu tempat persinggahan masyarakat suku Bajo.

Masyarakat suku Bajo di sini mayoritas telah memeluk agama Islam, dan rata-rata mereka memiliki kehidupan di atas bentang samudera alias sebagai manusia perahu. Perahu kecil yang dijadikan rumah mereka untuk mengarungi lautan yang luas. Dan permukaan laut yang membentang luas menjadi fenomena pemandangan alam di depan rumah mereka.

Di rumah perahu para keluarga dari suku Bajo tinggal, dan mereka tinggal bersama sanak keluarga untuk membangun kebahagian dan mengikuti bisikan hati. Di belakang rumah perahu masyarakat suku Bajo terdapat perahu kecil yang dikaitkan sebagai pelengkap sarana transportasi tambahan. Dan perahu kecil tersebut sewaktu-waktu dapat dilepaskan untuk berburu ikan di laut lepas.

Keterbatasan akan ruang yang ada di rumah perahu, tampaknya tidak dirasakan sempit bagi mereka masyarakat suku Bajo. Bahkan menurut informasi yang saya terima. di dalam rumah perahu tersebut dihuni dengan 3 kepala keluarga yang mempunyai satu keturunan darah.

Lanjut.........
Masyarakat suku Bajo memandang laut sebagai saudara dan setengah kehidupannya mereka habiskan dengan luasnya laut. Bagaikan burung mencari makanan yang bebas, dari ujung ke ujung masyarakat suku Bajo telah menjelajahi kemegahan birunya sang liga. Ilmu kelautan dan cara hidup yang santun menjadi adat tradisi yang terwarisi oleh masyarakat suku Bajo dari nenek moyang mereka.

Bagi masayrakat Bajo laut merupakan media Tuhan dalam membentuk segala keberkahan. Di laut mereka tinggal, mereka dapat makan, mereka dapat menemukan kesenangan, dan di laut pula mereka membuang segala bentuk kesedihan.

Laut yang luas megah dan kaya, ikan yang beranekaragam serta matahari yang berlimpah merupakan simbol kebaikan alam semesta bagi masyarakat suku Bajo yang menawarkan pesona keindahan yang siap memberikan kehidupan bagi mereka yang memahami alam dan turut menjaganya.

Kearifan lokal Suku Bajo memberikan sebuah pembelajaran bagi kita bahwa dengan sikap yang santun serta pemanfaatan alam yang bijak menjadi sentuhan kelestarian setiap keberkahan yang di berikan oleh Tuhan untuk masayrakat suku Bajo ini.

Lanjut.........
Matahari tak pernah berhenti menyapa embun pagi yang selalu menyinari kehidupan mereka. Di atas laut lepas dengan tiang kokoh yang terpancang batu karang masyarakat suku Bajo yang tetap menjunjung tinggi bumi pertiwi Indonesia.

Salah satu kelebihan dan kemampuan dari orang Bajo salah satunya adalah melakukan penyelaman tanpa bantuan alat pernapasan apapun hingga ke dasar laut, namun sekali-kali mereka terlihat muncul kepermukaan air laut untuk menyambung napas untuk meneruskan kembali perburuan ikan di dalam air laut kembali.

Hanya berbekal kacamata renang dan tombak yang khas, orang Bajo mampu berenang hingga ke dasar laut untuk mencari ikan atau pun kerang hanya seperlunya sebagai memenuhi kebutuhan kehidupan mereka hari ini dan esok hari.

Berapapun jumlah hasil tangkapan ikan, mereka selalu menyapa dengan sebuah senyuman sebagai umpan balik yang terbaik untuk lautan luas yang senantiasa memenuhi segala kebutuhan kehidupan masyarakat suku Bajo.

Lanjut..........
Bila tidak mengembara di laut, orang Bajo singgah di daerah yang memiliki gelombang ralativ tenang di sebuah teluk yang memiliki daratan. Seperti di lokasi inilah mereka mendirikan rumah-rumah panggung sederhana sebagai tempat persinggahan mereka, ketika rumah-rumah perahu mereka berlabuh.

Selain melaut masyarakat suku Bajo juga kerap menggarap sepetak lahan ladang untuk menanam umbi-umbian dan sayuran yang mereka butuhkan sebagai pelengkap makan keluarga. Kosep hidup sederhana dan peyelarasahan dalam sebuah kearifan lokal tradisi masyrakat suku Bajo atau orang sama berjuang mempertahankan kehidupan mereka.

Namun, dari semua potret kearifan lokal masyarakat suku bajo ini ada yang menarik perhatian bagi diri saya di lokasi ini. Di mana dibawah langit dan teriknya matahari mereka selalu teguh menjadi saksi bahwa rahmat Tuhan tidak akan pernah berhenti. Langkah maju yang tidak pernah terhenti, kokoh berdiri menatap langit merupakan wujud dari kepercayaan diri bagi mereka. Meski lautan menjadi tanah air bagi mereka yang tidak berteritorial namun, nama Indonesia tetap di hati sanubari masyarakat suku Bajo ini.

Kearifan Lokal Suku Bajo mengajarkan kepada kita bahwa manusia dan alam merupakan sebuah keserasian Mahakarya Tuhan Yang Maha Esa.  Di mana manusia sebagai simbol keberlangsungan dan keharmonisan kehidupan alam raya sebagai sahabat tempat penghidupan yang selalu diisi dengan sebuah senyum ringan tanpa beban, hidup bersama alam tanpa kesulitan yang menjadikan sebuah barometer cinta kasih mereka terhadap alam. Itulah sebuah pembelajaran dari Kearifan Lokal Masyarakat Suku Bajo.[]


Salam wisata,

Sumber Photo : www.nature.or.id

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

30 komentar

sebenarnya banyak ya mas kekayaan alam dan keunikan budaya dalam kehidupan masyarkat indonesia, sayangnya peme4rinta mungkin gak pernah mau tau akan hal itu. saya juga baru tau kalau suku bajo itu cenderung memilih hidup sebagai manusia perahu karena beberapa hal, baik dari mata pencarian maupun dari tata cara hidup yang telah diturunkan secara turun temurun. terima kasih atas informasi yang menarik dan membangun ini. salam sahabat blogger dan ditunggu kunjungan baliknya di bengkel blogger.

indonesia banyak sekali kearifan lokal yang bisa kita pelajari dan memberikan kita sentuhan akan budayanya serta potensi yg ada disana. Super sekali

indonesia ini sangat kaya akan suku-suku dan kekayaan alamnya pun banyak dan indah-indah disetiap daerahnya, salam perkenalan ya pak

luar biasa ya suku bajo ini, bisa mempertahankan kearifan lokal hingga sekarang, ini bisa dicontoh untuk masyarakat kota agar bisa arif dan bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya alam indonesia ya mas :)

nggak bisa mbayangi gimana sehari-hari hidup diatas air nih mas,sepertinya suku bajo punya jiwa yang pantang menyerah karena terbiasa dengan kerasnya alam

tapi...
masyarakat kota tidak arif
lebih banyak menghancurkan lingkungan

suku Bajo memang unik...namun keunikan itu membuat mereka menjadi hidup tanpa fasilitas kehidupan yang layak....smoga saja suku bajo bisa hidup lebih layak lagi..
keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

kekayaan dan kebudayaan dari Indoensia beragam ya mas, maka sangat sayang jika tidak dilestarikan dan dijaga, karena dikhawatirkan akan diambil oleh negara lain :D

ternya Suku Bajo juga ada di negara thailand da filiphina ya Mas, kira'in cuma di negara kita aja adanya Mas

Gak akan habis sekalipun budaya Indonesia dan alamnya kita gali terus menerus untuk bahan tulisan. Begitu ya Pak Indra

Saya sudah lama mendengar tentang SUku Bajo ini kang, tapi hanya di dlm buku pelajaran saja di sekolah yg hidupnya di atas laut, jadi gak salah yah kalo selama ini ada judul Lagu Neneg Moyaku Seorang Pelaut .. :) makasih informasinya kang :)

kesadaran akan menjaga lingkungan sendiri memang sangat jarang dilakukan oleh masyarakat modern ya mas, jadi kita patut bersykur suku bajo ini masih terus eksis menjaga lingkungannya agar tetap lestari sepanjag masa ;)

Kayaknya tentram banget yaa gan :)

Semoga ini menjadi sebuah nilai aset yang dapat dilestarikan dan di akomodir dalam hal positif ya mas, karena kearifan lokal masayrakat suku bajo ini sangat kental sekali dan cukup dikenal di kalangan masayrakat internasional akan keberanian mereka mengarungi samudera.

Salam wisata

Benar mas, Indonesia memiliki kearifan lokal yang beragam dan salah satunya adalah karifan lokal masyarakat suku Bajo ini.

Salam wisata

Salam perkenal kembali mas, dan terimakasih telah berkunjung.

Salam wisata

Terkadang kita harus bisa jeli dengan melihat kearifan masyarakat lokal yang ada di Indonesia, seperti dari suku Bajo ini yang memberikan banyak pembelajaran untuk kita semua ya Mba :D

Salam wisata

Salah satu kearifan lokal dari Suku Bajo yang dikenal adalah keberanian mereka mengarungi dunia samudera mas, karena kehidupan meraka selalu di habiskan di atas lautan, dan hal ini sudah terjadi secara turun temurun.

Salam wisata

Untuk itulah mab, kita harus banyak belajar hal positif dari kearifan masyarakat lokal suku Bajo yang memberikan pembelajaran dalam kehdiupan dan cara pandang mereka tentang lingkungan.

Salam wisata

Untuk merubah sebuah tradisi dan kebiasaan dari masyarakat lokal Suku bajo memang tidak mudah ya Mas, namun merkea bukan berati tidak dapat hidup layak seperti halnya masyarakat yang lainnya, dan hal ini sedikit demi sedikit telah dilakukan oleh masyarakat di sana.

Salam wisata

Benar mas, semoga saja masayrakat dan pemerintah dapat bekerjasama dalam hal memelihara dan melestarikan dengan berkesinambungan bersama sebuah nilai tradisi dan budaya masyarakat lokal yang telah berakar anak pinak di sana.

Salam wisata

Benar Mas, Masayrakat Suku Bjo memang terkenal sebagai pengarung samudera yang tangguh, jadi tidaklah heran bila kita dapat menemukan kehidupan dari suku Bajo ini berada di kawasan negara lain.

Salam wisata

Benar Mba, tradisi dan budaya masayrakat Indonesia bila kita gali dari setiap sisi akan bisa dikembangkan dan kita akan mendapatkan suatu pembelajaran dari apa yang tersirat sebuah pesan moral dan etika yang ada, terutama dengan kosep tradisi kehidupan mereka secara turun temurun yang telah mengakar.

Salam wisata

Benar Kang, mengenal lebih dekat darisebuah tradisi masyarakat suku Bajo , kita akan membuka kembali pelajaran yang pernah kita dapat di bangku sekolah yang mengajarkan bahwa bangsa Indonesia di kenal sebagai bangsa yang nenek moyangnya seorang pelaut, dan ini merupakan salah satu bukti nyata, bahwa bangsa Indonesia merupakan pelaut yang ulung. :D

Salam wisata

Suku bajo memang terkenal karena orang "laut" ada mitos yang mengatakan jika orang bajo kerja di darat, tidak bakal sukses.

Cuma kadang miris saja kalau sudah melihat pencemaran di lautan dan pengambilan ikan secara berlebihan. Kasihan lautnya. Kasihan juga masyarakat yang kadang bergantung pada kondisi lautan, seperti masyarakat bajo ini.

wah, pantas aja kalau mereka tersebar ke beberapa egara

Suku Bajo berjasa dalam menjaga keseimbangan alam. Berbeda dengan orang-orang kota yang cenderung merusak alam.

saya baru tau akan suku bajo ini pakdhe. dihh, byk jg ya suku" di indonesia. unik" lg namanya. memang indonesia ini kaya akan suku, adat dan istiadat, budaya serta wisata dan sumber daya alam... ah, kayanya Indonesia ku :)

hmm, berarti suku bajo ini sdh bercampur dgn negara tetangga ya pakdhe. wah meluas klo gtu yaa..

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus