ANGKLUNG KEINDAHAN SENI TRADISIONAL BAMBU JAWA BARAT


Angklung berasal dari bahasa Sunda (angkleung-angkleungan) yang memiliki sebuah arti pergerakan angklung pemain dan suara "Klung" yang bersasal dari instrumen. Sedangkan dalam teori lain menyebutkan bahwa "angklung" dibentuk dari dua unsur kata Bali, yaitu Angka dan paru-paru.Dari informasi pustaka ditempat kesenian angklung yang penulis dapatkan Angklung yang seperti itu memiliki nada lengkap.


Angklung merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat, Indonesia, yang terbuat dari bambu yang menempel ke bingkai bambu. Dengan kemungkinan transmisi budaya ke tempat lain seperti Malaysia & Filipina selama beberapa abad. Dan pada awal abad 20 pada masa Hindia Belanda, angklung diapdosi di Thailand, di mana disebut angklung  (อังกะลุง).

Dalam catatan sejarah yang penulis dapatkan dari beberapa sumber, angklung dibawa ke Siam pada tahun 1908 oleh Luang Pradit Pairoh, musisi kerajaan dengan ikut rombongan HRH Pangeran Field Marshal Bhanurangsi Savangwongse of Siam, yang melakukan kunjungan kerajaan ke Jawa pada tahun itu. Namun pada saat ini angklung sangat populer di seluruh Asia Tenggara, dan  angklung telah di nobatkan menjadi warisan seni budaya dunia internasional oleh lembaga dunia UNESCO pada tamggal 19 November 2010

Dari catatan penulis (Sumber : Dr. Goneman), angklung sudah menjadi alat musik faorit dari seluruh nusantara Indonesia bahkan sebelum era Hindu. Sedangkan menurut (sumber : Jaap Kunst) selain di Jawa barat Angklung juga berada di Sumatera Selatan dan Kalimantan, Lampung, Jawa Timur dan Jawa Tengah yang sering disebut dengan instrumen.

Photo  :

Pada jaman periode Hindu pada saat Kerajaan Sunda, angklung memainkan peranan yang sangat penting, karena pada waktu itu selalu digunakan dalam upacara adat. Dimana angklung dimainkan untuk menghormati Dewi Sri atau disebut juga (dewi kesuburan) yang diyakini untuk memberkati tanah dan kehidupan mereka. Angklung juga menandai waktu untuk berdoa, dan telah dimainkan sejak abad ke-7 di Kerajaan Sunda.


Angklung tertua usia 400 tahun yang terkenal dengan nama "Angklung gubrag". Angklung gubrag dibuat pada abad ke-17 di Jasinga, Bogor, Indonesia. Dan angklung antik lainnya disimpan di Sri Baduga Museum, Bandung, Jawa Barat Indonesia. Sedangkan tradisi angklung tertua disebut "Angklung Buhun" (Sunda : "Angklung Kuno") yang berasal dari Kabupaten Lebak, Banten, Indonesia. Dan yang biasa memainkannya Anklung Buhun ini adalah orang-orang Baduy yang berasal dari pedalaman Provinsi Banten, Indonesia selama upacara Seren Taun panen.

Photo :

Pada tahun 1938, Daeng Soetigna dari Bandung, Indonesia menciptakan angklung yang didasarkan skala diatonis bukan pelog tradisional atau skala slendro. Sejak itulah angklung menjadi populer, karena digunakan sebagai mata pelajaran seni pendidikan dan hiburan, dan bahkan dapat menyertai intrumen musik Barat dalam sebuah paelaan musik orkestra. Dan salah satu pertunjukan pertama angklung dalam sebuah pegelran orkestra berlangsung pada saat Konferensi Bandung tahun 1955. 

Photo :

Dan pada saat sekarang ini kita dapat merasakan sebuah perpaduan inovasi karya seni tradisional angklung dengan sentuhan irama musik tradisional modern angklung di  "Saung Angklung" yang telah menyebar di pelosok Indonesia. Salah satunya yang terkenal adalah Saung Angklung Udjo yang berada di Bandung Jawa Barat, yang telah tercatat sebagai rumah produksi angklung terbesar di dunia internasional. 

Tradisional bukanlah suatu hal yang selalu tertinggal dan menjadi barang kuno tidak berharga, namun dia dapat menjadi yang unik dan bernilai tinggi bila saja kita dapat mencintai dan mengembangkan dalam seni kreatifitas, selamat menimati wisata budaya angklung.


Salam Wisata, 
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

2 komentar

Pengen dong dikasih angklungnya..

hehe

Silahkan langsung dimainkan.

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus