SAUNG ANGKLUNG MANG UDJO SANG LEGENDARIS SENI TRADISIONAL ANGKLUNG INDONESIA


Saung Angklung Mang Udjo merupakan objek wisata edukasi budaya sejarah dunia. Saung Angklung Mang Udjo merupakan sarana pendidikan dan pengembangan seni tradisional kesenian angklung yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia. Angklung yang kini telah mendapatkan suatu pengakuan dari badan dunia UNESCO pada tahun 2010, yaitu dari Badan Dunia yang membawahi salah satunya kesenian tradisional. Hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat Sunda, Jawa Barat, Indonesia.

Saung Amgklung Mang Udjo merupakan sarana tempat dimana kita dapat menikmati alunan seni musik angklung, sekaligus melihat tempat produksi angklung yang merupakan alat musik yang berasal dari Sunda, Jawa Barat, Indonesia yang terbuat dari bambu. Di Saung Angklung Mang Udjo kita dapat menikmati alunan musik tradisonal angklung tanpa terkesan kuno atau pun ketinggalan jaman.

SAUNG ANGKLUNG MANG UDJO
Saung Angklung Mang Udjo merupakan rumah, sanggar, atau pun padepokan seni kebudayaan Sunda. Saung Angklung mang Udjo memiliki luas area 2 (dua) hektar, dan terletak di antara rumah padat penduduk. Dengan berbekal kecintaannya (alm) Udjo Ngaladena bersama-sama masyarakat disekitar tempat tinggalnya membangun sebuah saung untuk dapat menghidupkan seni budaya angklung dari kesenian Sunda, Jawa Barat, Indonesia. Beliau berhasil mendirikan 8 (delapan) buah padepokan angklung di lokasi tempat tinggalnya, yang mana tempat tersebut telah berhasil menyerap dan menyalurkan bakat dan tenaga ahli seni tradisional yang berasal dari penduduk setempat.

Photo  :

(Alm) Udjo Ngaladena (1927-2001) adalah salah seorang seniman angklung dan juga sebagai pendiri Saung Angklung Mang Udjo yang didirikan pada tahun 1966. Saung Angklung Mang Udjo memiliki misi yang sangat mulia, yaitu untuk melestarikan dan mengembangkan musik yang terbuat dari bambu. Berkat kebesaran cinta kasih sayang (Alm) Udjo Ngaladena terhadap kesenian angklung yang mengantarkan bangsa Indonesia pada tahun 2010 alat musik angklung mendapatkan suatu pengakuan dari dunia internasional dari Badan Dunai UNESCO, yang menyatakan bahwa angklung merupakan warisan seni budaya dunia yang berasal dari Indoensia.

Saung Angklung Mang Udjo merupakan sarana hiburan yang dapat memberikan sajian dalam bentuk keindahan seni tradisional angklung, dan bagi para pengunjung akan merasa terhibur dan dapat menikmati proses permainan angklung secara modern. Pada saat penulis hadir bersama rombongan wisatawan, terlihat sangat jelas bahwa setiap pengunjung yang hadir ditempat Saung Angklung Mang Udjo dapat memainkan musik angklung dan berkaroborasi dengan alat musik modern yang dimainkan secara bersama-sama.
Photo  :

Keterlibatan para pengunjung dalam permainan alat musik di Saung Angklung Mang Udjo tentunya mendapatkan suatu arahan dari seorang instruktur padepokkan Saung Angklung Mang Udjo yang sudah terlatih secara profesional. Para pengunjung diberi arahan dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. hal ini dikarenakan para pengunjung yang hadir di tempat ini bukan hanya wisatawan lokal, namun wisatawan mancanegara sebagai pencinta musik tradisional angklung pun banyak yang berdatangan ke objek wisata ini.

Photo  :

Dalam momen tersebut pengunjung dapat terlibat secara keseluruhan, belajar bersama dengan suasana riang dan tidak membosankan. Tanpa terasa para pngunjung dapat memainkan alat musik angklung secara profesional secara serentak dalam seketika. tentunya hal ini merupakan pengalaman perjalanan wisata yang sangat mengasyikkan dan tidak akan mudah terlupakan bagi para peserta wisatawan yang hadir dalam acara ini.

Saung Angklung Mang Udjo juga menyediakan sarana tempat pembuatan dan penyimpanan alat musik angklung yang siap di eksport ke Korea, Jepang, Balanda, Perancis, dan Amerika. Di tempat ini para pengunjung dapat menyaksikan bagaimana cara pembuatan alat musikl angklung yang terbuat dari tanaman bambu, serta kita dapat bertanya-tanya tentang kesenia budaya Jawa Barat lain, seperti wayang golek.

Photo :

Di area Saung Angklung Mang Udjo penulis menatap photo (alm) Udjo Ngaladena sangat dalam. Dalam sebuah kegaguman penulis terhadap sosok (alm) Udjo Ngaladena Sang Legendaris seniman angklung dari Bandung Jawa Barat, Indonesia. dengan kecintaan dalam kasihnya yang tidak mengenal kata menyerah beliau dapat memberikan suatu peluang dangan citra yang profesional dalam kehidupan di masyarakat sekelilingnya.

Semoga pengalaman perjalanan wisata penulis dalam melakukan perjalanan wisata budaya angklung dapat memberikan suatu pengalaman pengetahuan baru dalam merefrensikan salah satu destinasi obyek wisata budaya yang bernilaai edukatif dalam memperkenalkan dan melestarikan seni budaya Indonesia.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

14 komentar

Senang akhirnya seni musik tradisional Angklung sudah mendapat pengakuan dari UNESCO.. dan bangga dengan adanya Saung Angklung Mang Udjo yang berperan aktif dalam melestarikan budaya Indonesia sendiri..

menarik perkongsian mas.. terima kasih kerana berkongsi, disabah juga ada pelbagai seni tradisional yang unik

wah, informasi yang lengkap dan sangat menarik nih mas... trims atas postingannya, jadi bertambah deh pengetahuan saya hari ini. :)

Terimakasih telah meninggalkan jejak disini, semoga persahabatan kita dapat terjalain dalam memberikan manfaat yang positif.

Sukses selalu.

Bia mendengar tentang sepang terjang dan prestasi Saung Angklung Mang Udjo, kita akan merasa malu dan bangga.

Malu....., karena kita tidak pernah mau tahu atau pun peduli tentang seni dan budaya. Naun, berbekal semangat dan cinta kasih sayangnya dengan seni budaya bangsanya sendiri, bukan hanya dapat menghantarkan nama beliau menjadi besar di dunia internasional, namun nama bangsa Indonesia dan angklung dapat tertulis dengan tinta emas di dunia internasional.


Sukses selalu.

Semoga bermanfaat untuk semuanya dan terutama bagi setiap generasi bangsa Indonesia di mata dunia internasional Mba.

Sukses selalu.

Jadi ingat masa kuliah di bandung nih,,saya dulu di jln Padasuka Bang..daerah Cicaheum,,
Pas menuju Saung Udjo tuh..
Salam hangat dari Medan

sy & anak2 pernah kesana.. terkesan melihatnya.. kapan2 mau kesana lagi ah :)

Benar sekali Bang. Dan pastinya kita akan selalu merindukan suasana pentas kesenian masyarakat Sunda Jawa Barat di saung Angklung Udjo.

Saya yang sering kali saja kesana tidak pernah merasa bosan melihat dan menyaksikan pentas permainan angklung yang spektakuler dilakukan oleh anak-anak kecil dan remaja hingga dewasa.

Dan tidak luput semua orangyang ada akan terlibat dalam sebuah permainan yang sangat mengasyikkan dan memberikan kesan tersendiri bagi setiap wisatawan yang hadir di objek wisata budaya kesenian tradisional ini.

Syjses selalu.

Benar Mba, kaena dengan sendirinya kita dapat menanamkan rasa cinta anak kepada seni budaya tradisional bangsa Indonesia.

Sukses selalu.

kesenian Indonesia memang kaya , angklung, gamelan semuanya telah diminati di ramai masyarakat dunia sayang kalangan muda Indonesia sendiri yang kurang minat

Dengan dibangunnya suatu padepokan kesenian tradisional seperti Saung Mang Udjo ini merupakan salah satu upaya kerja keras nyata dalam menghidupkan dan melestarikan budaya kesenian tradisional. Dan ini dapat menajdi suatu contoh bagi para seniman tradisional bagi setiap daerah untuk dapat melakukan hal yang sama.

Dan hallangkah ini sudah terbukti di beberapa daerah elah bermunculan rumah seni tradisional daerah sebagai pengembangan dan pelestarian kesenian tradisional Indonesia.

Semoga disetiap daerah dapat lahir tokoh-kokoh yang dapat melegenda untuk dapat memajukan kesenian tradisional daerah, hingga tercipta keselarasan dalam pembanunan seni tradisional bangsa Indonesia sebagai suatu aset budaya yang bernilai tinggi dan dicintai anak bangsanya sendiri.

Sukses selalu.

musiknya berpaduan angklung dengan band

Yes, amazing angklung.

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus