MENGISI LIBURAN DENGAN WISATA CANDI DI INDONESIA

http://ejawantahtour.blogspot.com/2012/12/mengisi-liburan-dengan-wisata-candi-di.html
Mengisi liburan dengan suatu kegiatan positif untuk anak-anak kita bukanlah menjadi hal yang menyulitkan bagi diri kita.   

Wisata Candi Indonesia juga merupakan salah satu wahana perjalanan yang bersifat mendidik anak-anak untuk mengenal langsung secara lebih dekat kebesaran sejarah dan tradisi yang disampaikan oleh setiap artefak-artefak yang dimiliki oleh setiap objek Candi yang ada di Indonesia.

WISATA CANDI INDONESIA
Untuk urusan yang bersifat artefak-artefak kuno, Indonesia merupakan tempat yang tepat. Dimana hampir di setiap pulau besar, khususnya yang ada di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Irian terdapat beberapa peninggalan sejarah kuno yang dapat dijadikan tempat objek wisata edukasi sebagai sarana pembelajaran anak.

Teringat pada masa sekolah dasar, kita selalu diperkenalkan dengan nama-nama Candi yang berada di Indonesia. Dan cerita ini tentunya  dilengkapi dengan beberapa kisah-kisah besar dari sebuah kerajaan sampai dengan sebuah mitos masyarakat yang menjadi daya tarik tersendiri untuk dikaji dan dinikmati.

Tentunya hal yang kita dapatkan pada saat kita di sekolah, hal ini juga dirasakan oleh anak-anak kita melalui pelajaran dan pengetahuan yang mereka dapatkan di bangku sekolah serta pergaulan dalam dunia mereka.

Peran serta kita atau pun para pendidik sangat diperlukan dalam hal ini, untuk mengarahkan anak-anak atau pun peserta didiknya dapat mengenal lebih dekat kebesaran tradisi dan sejarah yang dimiliki bangsa Indonesia melalui Wisata Candi Indonesia. Dimana perjalanan wisata yang bertujuan untuk mendekatkan dan memperkenalkan anak kepada sejarah melalui dunia mereka.

Sebuah pengalaman penulis pada saat memandu kegiatan wisata para siswa sekolah, hampir semua peserta didik mengetahui nama candi yang pada umumnya mereka ketahui dari mata pelajaran yang mereka dapatkan di sekolah. Namun, mereka tidak mengetahui apa yang menjadi keistimewahan dari objek candi tersebut.

Dengan melakukan perjalanan wisata menuju objek-objek Wisata Candi Indonesia, mereka bisa langsung melihat perbendaannya dan tidak lagi memandang sebuah photo yang terdapat di dalam buku atau pun website melalui internet.

Ada beberapa Candi terkenal yang sudah direvitalisasi dan diberi tambahan fasilitas yang membuat candi tersebut lebih terlihat menarik. Sebut saja Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang berada di Jawa Tengah. Kedua Candi ini berdiri megah sama seperti pada masa kejayaannya dulu, dan menjadi salah satu objek Wisata Candi Indonesia yang terkenal di dunia internasional.

Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang sama-sama memiliki taman yang luas, tempat parkir yang memadai, toko-toko souvenir, museum, dan tentu saja fasilitas penunjang yang baik seperti ketersediaan pemandu lokal di objek-objek candi tersebut yang menguasai materi destinasi yang terdapat di lokasi Candi-Candi tersebut. Baik untuk pemandu berbahasa internasional maupun bahasa Indonesia.

Memasuki kawasan kompleks Candi Borobudur atau pun Candi Prambanan kita akan disambut dengan suasana bersih dan tertata rapi, dan sangat menarik. Saat melakukan perjalanan Wisata Candi Indonesia khususnya di objek-objek Wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan ini akan jauh lebih baik bila kita tidak lupa memakai topi  atau pun payung sebagai pelindung kepala kita dari sinar matahari yang langsung jatuh di atas kepala kita. Karena di kedua lokasi ini tempat-tempat berteduh sangat minim.

Adapun lokasi untuk mengisi liburan dengan melakukan wisata Candi dapat di lakukan dengan mengunjungi tempat wisata Dieng Plateau. Dimana di lokasi tersesebut kita akan banyak menemukan lokasi candi-candi kuno sebagai sarana pembelajaran dalam membarikan wawasan yang positif kepada anak-anak kita.

Dalam mengisi liburan bersama keluarga terlebih dengan anak. Tentunya Wisata Candi Indonesia hal ini tidak bisa dikatakan mudah atau pun sulit. Tugas kita sebagai orang tua harus dapat memberikan perjalanan Wisata Candi Indonesia untuk mengisi liburan kepada anak-anak kita bukan hanya suatu perjalanan yang bersifat menghibur dan senang-senang saja, namun juga yang bersifat menambah wawasan ilmu pengetahuan mereka.

Dan Wisata Candi Indonesia merupakan salah satu satu solusi bagi kita untuk menambah dan merangsang pengetahuan anak-anak untuk mencintai budaya dan tradisi besar sejarah bangsa Indonesia yang menjadi suatu aset budaya dan tradisi kebesaran dunia sebagai bentuk nilai yang tinggi dari sebuah Mahakarya Sejati Traveling Indonesia. Selamat menikmati perjalanan dalam mengisi liburan bersama orang-orang yang kita sayangi.



Salam Wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

17 komentar

pasti seru tour bareng anak2 didik gtu ya kang. Di jambi jg ada situs candi spt itu,,tp sayang kurang perawatan .padahal situsnya nya unik loh kang, di area yg sangat luas, candi2 peninggalan sriwijaya bertebaran ga cuma di satu tempat,,,kalo betah sih bisa sambil sepedaan jg ngelilinginya. tapi ya itu kurang promosi, suatu saat akan saya posting ttg candi muara jambi ini....Insya Allah :D

dari dulu pengen banget ke Candi di Jawa tengah sana, tapi apa boleh buat. belum ada waktu.. mungkin setelah selesai Liburan UN

Wah.... boleh juga tuh Mba, promosi yang paling ampuh salah saunya melalui dunia blogging. Karena kita akan mengetahui yang sebenarnya dari peristiwa yang dirasakan para penulisnya pada saat dilokasi objek tersebut dengan segala informasi yang mereka dapatkan. Serta akan menadpatkan suatu ilmu dari komentar-komentar yang aktif dari para pengunjung blog tersebut. Ditunggu ya Mba hasil kunjungannya.

Sukses selalu
Salam Wisata

Sip..... wisata candi itu disamping murah meriah, kita akan mendapatkan suatu nilai positif penambahan pengetahuan dari sudut kaca mata sejarah dan tradisi serta cerita masyarkat setempat. Bahkan kita akan mendapatkan suatu view pemandangan yang unik dan klasik di objek-objek tersebut untuk diabadikan di dalam kamera photo.

Sukses selalu
Salam Wisata

yuhuu cakepp,, kapan ya bisa wisata ke candi, candi borobudur terutama yng masuk dlm daftar salah satu keajaiban di dunia,,, hehe,,
keren,,

Liburan akhir taun ini saya juga berencana ke Borobudur dan Prambanan Pak.
Nginapnya di Solo karena Hotel2 Jogja sudah penuh

candi yg baru sy kunjungi cuma borobudur aja.. kl candi prambanan cuma melihat dr jauh

anak-anak sekarang sih sukanya wisata pantai, gak tau kenapa??

Benar Pak untuk Yogya hotelnya semua sudah penuh untuk akhir tahun 2012. Semoga dapat menikmati perjalanan liburan bersama orang yang disayangi Pak.

Sukses selalu
Salam Wisata

Semoga dapat mengunjungi candi Borobudur dan menyaksikan salah satu keajaiban dunia dari dekat.

Sukses selalu
Salam Wisata

Wah...., nanti kalau sudah ke candi Prambanan jadi ketagiahn lo Mba, apalagi yang suka photo-photo.

Sukses selalu
Salam Wisata

Salah satu cara yang pernah saya terapkan biasanya anak-anak suka mendapakan photo-photo unik dilokasi yang klasik. Dan itu bisa menumbuhkan minat keingin tahuan dan kecintaan anak mdengan wisata candi.

Memang hal ni sangat diperlukan kejelian dari masing-masing orang untuk melihat dan mengarahkan diri si anak dari mana.

Sukses selalu
Salam Wisata

sudah lama saya gak main ke candi terutama candi di sekitar prambanan, meskipun masih sering lewat sana

jujur saya belum pernah wisata kecandi mas,tapi melihat dari beberapa media,tv,majalah dan blog...candi itu menurut saya unik.dan yg buat saya penasaran,bangunan indah itu bisa berdiri tanpa arsitek atau inssinyur yg berijasah :)

salam sukses mas

Lain kali bisa mampir Sob, apa lagi kalau sempat menyaksikan pertunjukan Ramayana di tempat ini. Pasti akan terkesan melahat keindahan panorama seni tradisional Indonesia yang sangat indah.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Mungkin itu yang dikatakan kelebihan dari bangunan candi menjadi salah satu keajaiban dunia yang harus dilestarikan oleh masyarakat internasional. Dan kita harus berbangga dan ikut melestarikan sebuah aset yang tidak ternilai harganya ini.

Sukses selalu
Salam Wisata

ane juga ke candi kmrn.. candi prambanan dan plaosan.hehe

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus