"GALABO" WISATA KULINER KOTA SOLO JAWA TENGAH

Galabo Wisata Kuliner Kota Solo Jawa Tengah. "Galabo" merupakan salah satu pusat wisata kuliner  yang berada di Kota Solo Jawa Tengah. Dan berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo sebelah timur bundaran Gladag. Galabo yang memiliki kepanjangan dari Gladag Langen Bogan, dimana lokasi ini hanya dijadikan pusat jajanan kuliner dimalam hari.

Bila kita berkunjung di Kota Solo dan hanya memiliki waktu yang tidak banyak namun ingin menjelejahi kenikmatan kuliner Kota Solo, Galabo bisa dijadikan objek wisata kuliner yang dapat dikunjungi. Di lokasi ini kita akan banyak menemukan kuliner tradisional dan jajanan.

Jika kita berjalan dari bundaran Gladag, maka kita akan temui semacam patung selamat datang berupa dandang dan kukusan di sebelah kiri ujung Jalan Mayor Sunarso. Menyusuri jalan di sebelah kanan kita bisa menemukan Beteng Trade Center (BTC) dan Pusat Grosir Solo (PGS), sementara disebelah kiri terdapat  Beteng Vastenburg.

Dari informasi masyarakat setempat dan pengamatan penulis dilokasi Galabo. Jalan ini ditutup dan dipergunakan sebagai pusat objek wisata kuliner Kota Solo pada malam hari, dan siangnya dipeergunakan untuk jalan raya seperti biasa. Sedangkan lokasi untuk parkir disediakan tidak jauh dari lokasi Galabo.

Pada saat penulis tiba di lokasi "Galabo" tempat wisata kuliner Kota Solo sore hari sekitar jam 16:15, meski jalan  sudah dalam proses penutupan dan beberapa kendaraan masih lalu lalang namun sudah tidak terlihat ramai, terlihat para pedagang yang sedang  menata lapaknya.

Terlintas dalam pemikiran penulis kala itu berpikir warung-warung tersebut sedang proses untuk tutup dan akan digantikan dengan warung yang akan buka pada malam hari. Ternyata pemikiran penulis kala itu kurang tepat. Mereka yang penulis lihat ternyata sedang mempersiapkan untuk membuka warung dagangannya di lokasi "Galabo" tempat wisata kuliner kota Solo.

Hari semakin gelap dan lokasi ini pun mulai dikunjungi banyak orang, dimana penjual dan pembeli berbaur di jalan yang sama. Ada hal yang menarik di lokasi "Galabo" tempat wisata kuliner Kota Solo  ini dalam pengamatan penulis. Di "Galabo" penjual dibikinkan dapur di trotoar dengan corak yang seragam, sementara pengunjung disediakan tempat di bawah tenda yang seragam pula. Dan untuk lokasi tenda berada di tengah jalan.

Dalam penyisiran penulis di lokasi "Galabo" pusat wisata kuliner Kota Solo, Jawa Tengah ini terdapat 50-an warung yang terdaftar di papan yang berada tidak jauh lokasinya dari patung dandang dan kukusan. Dan dari keterangan salah seorang penjual di lokasi Galabo, hampir setiap malam lokasi "Galabo" ini dipenuhi oleh pengunjung, baik dari Solo sendiri ataupun dari luar Solo.

Untung pada saat penulis tiba di lokasi ini lokasi cukup cerah dan bersahabat, jadi bisa melihat dan berkeliling menyusuri lokasi "Galabo". Dimana kita bisa menikmati makanan sambil melihat para pengunjung yang sedang menikmati kuliner di hamparan lempeng bumi beraspal yang beralaskan tikar dan beratapkan langit.

Berhubung waktu penulis yang tidak bisa terlalu lama di lokasi "Galabo" tempat wisata kuliner Kota Solo  ini, dan harus kembali kerombongan untuk mengantarkan rombongan kembali ketempat penginapan, maka tidak banyak yang dapat penulis sajikan dalam tulisan artikel ini dalam berbagi informasi

Namun dari pengalaman pribadi penulis dilokasi, "Galabo" cukup meyajikan makanan has tradisional dan jajanan sebagai tempat wisata yang cocok untuk menikmati kuliner tradisional yang dapat dinikmati oleh kita di Kota Solo. Dimana para penjual berjejer di trotoar, dan kita dapat menikmati hidangan makanan di tenda-tenda yang telah tersedia.

Semoga artikel ini dapat memberikan refrensi kepada para sahabat di saat mengunjungi "Galabo" sebagai tempat wisata kuliner di Kota Solo, Jawa Tengah yang membutuhkan informasi lokasi wisata kuliner tradisional dan jajanan has Kota Solo.



Salam wisata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

6 komentar

sering ke solo tapi kog gak tahu ya...mksh infonya.

kalau masalah makan mas selalu jadi perhatian buat saya maklum gendut jadi yah mesti makan banyak

waduh...
aku sering ke solo malah belom pernah kesana pak...
haha katrok bener ya..?

Coba kalau ke Solo nanti main ke sini ya Mba, tempatnya seru dan ramai jajanan pasar ko.

Sukses selalu
Salam wisata

He.......,x9 yang pati hampir rata-rata oran yang jalaan-jalan tidak terlepas dari makanan dan minuman Kang.

Sukses selalu
salam wisata

Mungkin kalau ke Solonya bukannya soe hari kali Kang, orang ini bukanya mulai sore hari ko sampai malam. He....x9

Sukses selalu
Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus