CANDI PUNTADEWA DATARAN TINGGI DIENG

http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/08/candi-puntadewa-dataran-tinggi-dieng.htmlCandi Puntadewa dataran tinggi Dieng merupakan salah satu situs bangunan candi Hindu kuno yang berada di dalam Komplek Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng. Candi Puntadewa beralamat di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia.

Setelah menelusuri Candi Semar dan Candi Arjuna yang berada di dalam Komplek Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng, kita bsa berkunjung ke salah satu candi yang letaknya sejajar dan tidak jauh dengan Candi Arjuna. Jarak Candi Puntadewa dan Candi Arjuna berjarak +/- 100 meter.

Sepintas bila kita lihat sosok bangunan Candi Puntadewa terlihat tidak terlalu besar, dan hampir sama seperti candi lainnya. Namun, bila kita perhatikan lebih jauh Candi Puntadewa terlihat lebih tinggi dari candi yang lainnya yang berada di Komplek Candi Arjuna dataran tinggi Dieng.

Tubuh Candi Puntadewa yang berdiri di atas batur bersusun yang memiliki ketinggian +/- 2,5 meter dan memiliki anak tangga yang terbuat dari batu candi yang menghubungkan antara dataran hingga ke pintu mulut candi yang kecil dan terlihat ramping.

Menaiki setiap anak tangga Candi Puntadewa menghantarkan langkah terakhir penulis sampai pada muka pintu masuk dalam tubuh candi. Terlihat dalam tubuh Candi Puntadewa yang dilengkapi pipi candi yang dibuat menjadi dua susun sesuai dengan bentuk candi. Ruang tubuh candi yang gelap dan sempit, terasa sesak dengan hadirnya penulis beserta rombongan dalam tubuh candi ini. Apalagi diluar pintu gerbang candi di sedang dijadikan sesi photo untuk para wistawan yang berkunjung ke Komplek Candi Arjuna, hal ini tidak akan membuat penulis bisa berlama-lama di lokasi dalam tubuh candi. Terlihat pada ketiga sisi candi terdapat jendela yang tertutup yang bingkainya diberi hiasan seperti yang terdapat di pintu masuk Candi Puntadewa dataran tinggi Dieng ini.

Ruangan tubuh candi yang sempit dan sesak mebuat penulis merasa tidak nyaman, dan memilih untuk menelusuri bagunan candi dari luar saja. Melihat atap Candi Puntadewa yang berbentuk kubus besar dengan atap yang rusak, sehingga tidak terlihat lagi bentuk asli bangunan candi.

Pada keempat sisi atap Candi Puntadewa dataran tinggi Dieng terdapat relung kecil sisi atap Candi yang terdapat relung kecil seperti tempat menaruh arca. Dan sebuah pintu candi yang dilengkapi dengan penampilan bilik dan diberi bikai yang berhiaskan motif kertas setempat.

Setiap sisi bangunan Candi Puntadewa dataran tinggi Dieng yang berada dibawah terlihat setiap sisi bangunannya terdapat batu yang tersusun memagari kaki candi. Dan di depan Candi Puntadewa terdapat batu yang disusun berkeliling membentuk ruangan bujur sangkar yang di tengahnya terdapat dua buah susunan tumpukan dua buah batu bulat berujung runcing pada puncak Candi Puntadewa.

Suatu banguanan arsitektur Candi Puntadewa yang indah dan bernilai sejarah tinggi. Dimana bangunan candi ini dapat berdiri dengan kokoh melewati masa berabad-abad hingga sekarang. Kini bangunan candi ini berdiri kokoh di kelilingi tumbuhan hijau dengan warna bunga  yang indah, dipayungi birunya langit yang indah pada hamparan luas area dataran tinggi Dieng.

Setelah mengunjungi Candi Puntadewa rekan-rekan dan pecinta Ejawantah Wisata juga dapat menikmati objek-objek wisata tempat ritual untuk melakukan penjamasan anak-anak gimbal di Sendang Sedayu, Museum Timor -Timur, tempat petapa Mbah Fanani, Candi Semar, Candi Arjuna, Candi Srikandi dan Kawah Sikidang tempat asal mula certa legenda kutukan anak anak gimbal di dataran tinggi Dieng.

Semoga pengalaman perjalanan penulis di Komplek Candi Arjuna dataran tinggi Dieng ini dapat memberikan informasi yang dibutuhkan bagi para rekan dan sahabat Ejawantah Wisata khususnya pada saat melakukan kunjungan di tempat wisata Dieng Plateau, dan dapatkan informasi harga tiket masuk Dieng Plateau sebelum kita mengunjungi Candi Puntadewa dataran tinggi Dieng.



Salam wiaata,
Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

14 komentar

candi memang memiliki nilai sejarah yang tinggi gan karena itu,kita semua wajib merawat dan melestarikan warisan sejarah Indonesia. Mantaff gan

aku pernah liat candi di dieng via televisi tapi baru tau kalo namanya candi puntadewa di blog ini ^_^
trimakasih infonya..

waktu saya ke kawah si sikidang sempat ketemu sama anak yg rambutnya Gimbal juga. Pertama kali lht, saya pikir rambutnya itu hasil keriting di salon gettu. Ternyata itu salah satu kekhasan anak di sana dan tak semua anak spt itu. Trs katanya pula, tipikal rambut gimbal bisa hilang stlh dilakukan upacara adat

Waah, ke Dieng lagi ya, Pak?

Kalau bukan kita siapa lagi ya Gan.

Salam wisata

Di dataran tinggi Dieng ada banyak candi peninggalan dari jaman Hindu kuno Mba, dan lokasi ini terkenal dengan candi Hindu tertua yang ada di pulau Jawa, bisa lihat lokasi candi lainnya pada link hidup yang mengarahkan ke artikel tersebut. Semoga bermanfaat.

Salam wisata

Cerita itu benar Mba, karena dari keterangan beberapa reka yang tinggal di daerah dataran tinggi Dieng yang saya temui, saya juga mendapatkan hal cerita seperti itu. Jadi untuk mereka hal ini meruapak suatu yang sakral.

Salam wisata

Iya Mba Idah, coba dikemas dan diangkat untuk lebih banyak memperkenalkan setiap obyek yang saya kunjungi, dari setiap sudut pandang pengalaman pribadi.

Salam wisata

aku ga apal nama masing masing candi di sana
taunya nama wayang gitu doang, hehe

Kebetulan di setuap Candi di lokasi ini sudah terdapat namanya Kang, jadi tinggal menandai saja di setiap photonya. Dan informasi dari lokasi candi juga harus tetap digali sebagai bahan acuan kita untuk membuat tulisan.

Salam wisata

salam kenal ijin menyimak indah sekali candi dieng jadi pingin ke sana mas

candi2 Dieng masih ada dalam list kunjungan...semoga suatu saat

Salam kenal kembali Sob, terimakasih telah berkunjung ke mari. Yuk main ke Dieng !

Salam wisata

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus