KEARIFAN MPU PRAPANCA

http://www.ejawantahtour.com/2014/04/kearifan-mpu-prapanca.html
Kearifan Mpu Prapanca. - Nama Mpu Prapanca adalah nama pena atau nama samaran untuk menyembunyikan identitas sebenarnya dari si penulis sastra ini. Hasil karyanya bersifat pujasastra, dan hanya hal yang baik yang dituliskan. Karena sifat pujasastra inilah, sebagian pihak mengkritik bahwa Nagarakertagama kurang netral dan cenderung membesar-besarkan kewibawaan Hayam Wuruk dan Majapahit.

Terlepas dari perbedaan pendapat tentang hasil karya Mpu Prapanca dengan hasil karyanya Nagarakertagama, tentu tidak ada salahnya kita menelisik kebelakang tentang kearifan yang telah di lakukan oleh Mpu Prapnca ini, di mana hasil karyanya Nagarakertagama berhasil diakui oleh badan dunia PBB oleh UNESCO pada tahun 2008, sebagai bagian dalam Daftar Ingatan Dunia (Memory of the Worl Program).

Lanjut......
Siapakah sebenarnya Mpu Prpanca itu ?........
Beradasarkan hasil analisis kesejarahan yang telah dilakukan dan diketahui bahwa penulis naskah Nagarakeratama bernama Dang Acarya Nadendra, seorang bekas pembesar urusan agama Buddha di Istana Majapahit, putra dari seorang pujangga di Istana Majapahit bernama Samenaka, dengan pangkat jabatan Dharmadyaksa Kasogatan. Informasi ini terdapat di dalam isi naskah kakawin Nagarakertagama 17/8.

Penulis naskah Dang Acarya Nadendra kakawin Nagarakertagama ini menyelesaikan haslkaryanya di usia senja dalam pertapaan di lereng gunung di sebuah desa bernama Kamalasana. Namun, hingga hari ini umumnya orang atau pun kita mengetahui penulis dari kakawin Nagarakertagama ini bernama Mpu Prapanca.

Lanjut........
Semula, teks Nagarakertagama dikira hanya berwariskan dala sebuah naskah tunggal yang diselamatkan oleh J.L.A Brandes, seorang ahli sastra Jawa-Belanda yang ikut menyerbu Istana Raja Lombok. Ketika penyerbuan ini dilaksanakan oleh para tentara KNIL membakar Isatan Raja Lombok, maka Brandes menyelamatkan isi perpustakaan raja yang berisikan ratusan naskah lontar. Dan salah satunya adalah lontar Nagarakertagama.

Semua naskah dari Istana Lombok ini dikenal dengan nama lontar-lontar koleksi Lombok yang sangat termansyur. Koleksi Lombok disimpan di perpustakaa Universitas Leiden, Belanda. Dengan penuturan tersebut dapat diketahui bahwa naskah Nagarakertagama disimpan di Leiden, dan diberi namor kode L Or 5.023.

Lalu, dengan kunjungan Ratu Juliana, Belanda ke Indonesia pada tahun 1973, naskah ini diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia. Dan sekarang naskah Nagarakertagama disimpan di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dan diberi kode NB 9.

Lanjut.........
Kearifan Mpu Prapanca mengajarkan kepada kita dalam hasil karyanya di dalam kakawin Nagarakertagama. Secara umum yang berisikan tentang uraian keadaan di Keraton Majapahit dalam masa pemerintahan Prabu Hayam Wuruk, Raja Agung di tanah Jawa dan Nusantara yang bertahta dari tahun 1350-1389 M, pada masa puncak Kerajaan Majapahit, salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di Nusantara.

Bagian terpenting dari teks Nagarakertagama adalah di mana Mpu Prapanca menerangkan danmenguraikan dalam bentuk tulisan daerah-daerah Kerajaan Majapahit yang harus menghaturkan upeti.

Naskah kakawin Nagarakertagama terdiri atas 98 pupuh.
Dan Pupuh 1-49 merupakan bagian pertama dari naskah kakawin Nagakertagama, bila dilihat dari isinya pembagian pupuh-pupuh ini sudah dilakukan dengan sangat rapih, yaitu :

  • Naskah kakawin Nagarakertagama pupuh 1-7 menguraikan raja dan keluarganya. 
  • Naskah kakawin Nagarakertagama pupuh 8-16 menguraikan tentang kota dan wilayah Majapahit. 
  • Naskah kakawin Nagarakertagama pupuh 17-39 menguraikan perjalanan keliling ke Lumajang. 
  • Naskah kakawin Nagarakertagama pupuh 40-49 menguraikan silsilah Raja hayam Wuruk, dengan rincian lebih detailnya pupuh 40-44 tentang sejarah raja-raja Singasari.
  • Naskah kakawin Nagarakertagama pupuh 45-49 tentang sejarah raja-raja Majapahit dari Kertarajasa Jayawardhana sampai Hayam Wuruk.
Sedangkan bagian kedua dari naskah kakawin Nagarakertagama juga terdiri atas 49 pupuh., yaitu :

  • Pupuh 50-54 menguraikan kisah Raja Hayam Wuruk yang sedang berburu di hutan Nandawa.
  • Pupuh 55-59 menguraikan kisah perjalanan pulang ke Majapahit.
  • Pupuh 60 menguraikan oleh-oleh yang dibawa pulang dari berbagai daerah yang dikunjungi.
  • Pupuh 61-70 menguraikan perhatian Raja Hayam Wuruk kepada leluhurnya berupa pesta srada dan zairah ke makam candi.
  • Pupuh 71-72 menguraikan tentang berita kematian Gajah Mada.
  • Pupuh 73-82 menguraikan tentang bagngunan suci yang terdapat di Jawa dan Bali.
  • Pupuh 83-91 menguraikan tentang upacara berkala yang berulang kembali setiap tahun di Majapahit, yakni musyawarah, kirap, dan pesta tahunan.
  • Pupuh 92-94 tentang pujian para pujangga, termasuk Prapanca kepada Raja Hayam Wuruk. Sedangakn, pupuh 95-98 khusus menguraikan tentang pujangga Prapanca yang menulis naskah tersebut.
Isi dari kakawin Negarakertagama semuanya bersifat pujasastra, artinya, karya sastra menyanjung dan mengagung-agungkan Raja Majapahit Hayam Wuruk, serta kewibawaan Kerajaan Majapahit. Namun, karya ini semua bukan disusun atas perintah Hayam Wuruk dengan tujuan politik pencitraan diri ataupun legitimasi kekuasaan. Melainkan murni dari kehendak sang pujangga Mpu Prapanca yang ingin menghaturkan bakti kepada Sang Mahkota, serta berharap agar Sang Raja ingat sang pujangga yang dahulu pernah berbakti di Keraton Majapahit. Arti dari ini semua adalah bahwa naskah kakawin Nagarakertagama ini disusun setelah Prapanca pensiun dan mengundurkan diri dari Istana Majapahit.

Kearifan Mpu Prapanca mengajarkan kepada kita bahwa segala bentuk kreatifitas yang mengalir tanpa mengenal pamrih dengan maksud tujuan tertentu akan menghasilkan sebuah karya yang indah. Dengan perjalanan wisata sejarah kita akan mengetahui lebih dekat kearifan tradisi dan budaya lokal bangsa Indonesia yang kaya akan sebuah nilai sejarahnya. Semoga informasi hasil perjalanan wisata sejarah saya kali ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para sahabat dan pembaca setia Ejawantah Wisata dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan yang berharga.




Salam wisata,

Sumber :
Perpustakaan Nasional RI.

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

28 komentar

lengkap sekali mas penjelasannya tentang mpu prapanca dan sejarah majapahit :D makasih sharingnya sangat menambah pengetahuan dalam hal sejarah :)

Terima kasih sekali informasinya. Jadi bisa tahu sejarah... kirain itu nama aslinya, hahahaha Hmmm siapa yg pertama kali menamai beliau Mpu Prapanca ya??

Mpu Prapanca mengingatkan kita bahwa dengan tulisan maka kita akan selalu diingat dalam sejarah ............ *komen kebetulan lagi bener :D

Semoga bermanfaat dan menambah pengetahua kita ya Mba tentang Mpu Prapanca dan karyanya Nagarakertagama. :D

Salam wisata

Sama-sama Bang Ancis, Awalnya saya juga mengira itu nama asli, namun setelah berdiskusi dan mencari tahu apalagi di perpustaakaan nasional jadi lebih tahu banyak Bang tentang Mpu Prapanca ini. :D

Salam wisata

Benar Mba, banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil manfaat dari tokoh Mpu Prapanca ini, di melakukan yang terbaik dengan karya kreatifitasnya dengan tulisan namun tidak mengharapkan materi, namun hanya ingin sebuah memorry yang mengingatkan bahwa beliau pernah menjadi bagian keluarga besar Istana Majapahit. :D

Salam

detail sekali mas, tambah pengetahuan nih :-d

Informasi tentang siapa Mpu Prapanca dan hasil karayanya Nagarakertagama ini semoga bermanfaat ya Mba. :D

Salam wisata

aku masih kurang begitu tahu mengenai sejarahnya mas, baca postingan ini baru aku mengerti. :)

Jadi Dang Acarya Nadendra itu nama asli dari Mpu Prapanca yah mas, baru tahu saya :)

Semoga bermanfaat cerita dari Mpu Prapanca ini untuk menambah pengetahuan kita semua.

Salam wisata

Semoga bermanfaat mas informasi tentang Mpu Prapanca ini untuk kita semua. :D


Salam wisata

puja puji yang tulus ikhlas dari seorang mpu prapanca..tanpa intervensi dan tanpa titah dari yang dipuji...benar2 wujud kearifan seorang mpu prapanca...beda benar dengan saman sekarang,,,yg kebanyakan puja puji dilakukan karena ada titah dan ada perintah dari yg dipuja puji.....
keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

jujur saya buta dalam hal sejarah Mpu Prapanca ini,jadi artikel diatas itu merupakan pengetahuan baru buat saya,Terimakasih Kang Indra sudah berbagi pengetahuan,,salam succes selalau Kang...

Wah ternyata sejak dulu orang sudah bisa berkreativitas ya Mas, padahal teknologi belum maju...

Kalau namanya mengandung mpu
Karyanya bagus dan bermutu
sampai dunia mengaku
dan menjaga selalu

Ketulusan Mpu Prapanca dalam mendokumentasikan dala bentuk tulisan di Nagarkertagama tanpa bermaksud untuk mendapatkan pujian mebuahkan hasil karya yang besar dan bermanfaat ya Kang.

Salam wisata

Sama-sama Kang Dede semoga menambah wawasan untuk kita bersama dalam mengetahui sejarah sastra dari Mpu Prapanca ini.

Salam wisata

Negarkertagama hasil karya Mpu Prapanca bila di jaman sekarang bagaikan tulisan di dalam sebuah blog yang tersusun rapih yang selalu memberikan manfaat kepada semua orang yang membutuhkan ya Kang. :D


Salam wisata

Kehebatan seorang penyair sasatra Mpu Prapanca yang melahirkan Nagarakertagama bisa menjadi sebuah pelajaran yang berharga ya Mba. :D

Salam wisata

ternyata bukan nama asli, ya. Saya baru tau. TFS :)

ijin saya kopas ya kang KEARIFAN MPU PRAPANCANYA, kebetulan anak gadisku dan ayahnya butuh dikasih pengetahuan tentang mpu mpu yang patut dijadikan motivasi dan inspirasi.

menambah ilmu sejarah lagi nih buat saya pak tentang mpu pranpanca yang ternyata hanya sebuah nama pena ya

Memori ini kembali berputar pada masa MTs, Pak. Mpu Prapanca, Kitab Sutasoma, dll. :D
Detail banget menjelaskannya, Pak.

Wuih... tulisan yg keren, Mas. Baru tahu lebih jauh tentang beliau. TFS.^^

yups bener banget Kang Indra,kalau sudah membacanya paling tidak wawasan kita jadi bertambah,Terimakasih Kang,,,,,

saya kira kalau Empu itu khusus membuat senjata. ternyata Empu Prapanca juga pandai menulis. mungkin bakat dari ayahnya ya Pak

luar biasa ya mpu prapanca, pantas saja beliau sudah terkenal dan nama nya juga sering muncul di buku sejarah sma :)

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus