TEMPAT WISATA SURAKARTA YANG MENARIK: PANGGUNG SANGGABUWANA

http://www.ejawantahtour.com/2014/06/tempat-wisata-surakarta-yang-menarik-panggung-sanggabuwana.html Tempat Wisata Surakarta Yang Menarik Panggung Sanggubuwana.- Pada masanya bangunan Panggung Sanggabuwana ini merupakan bangunan tertinggi yang berada di Surakarta. Sebuah sosok bangunan yang terlhat menonjol jika memasuki Kori Kamandungan Lor Keraton Surakarta.

Halaman yang bertabur butiran pasir yang didatangkan langsung dari Pantai Parangkusumo dan Gunung Merapi. Butiran lembut pasir ini akan membuat kaki kita merasa nyaman dalam menapak dan menelusuri halaman Keraton Surakarta menuju samping pendopo keraton.

Kesan natural yang terpancarkan dari sosok bangunan Panggung Sanggabuwana beratapkan limas seperti tutup saji (tutup makanan) yang berwana biru, memancarkan keindahan tersendiri di setiap decak kekaguman bagi yang memandangnya. Perpaduan gaya Jawa dan Eropa terlihat membungkus bangunan yang dipenuhi oleh patung dewa-dewi.

Bangunan Panggung Sanggabuwana terdiri atas lima lantai, dan menurut informasi yang saya dapatkan di lokasi, tinggi bangunan ini +/- 36 meter, dibangun pada masa Pakubuwono III pada tahun 1708 (tahun Jawa) atau tepatnya pada tahun 1782 m dan dikerjakan oleh  Ki Baturatma sebagai tukang batu dan Kyai Nayawreksi sebagai tukang kayunya.

Atap dari bangunan Panggung Sanggabuwana yang manarik perhatian mata untuk mengarahkan ke atas atapnya. Terlihat atap secara sepintas berbentuk  tutup saji sebagai perlambang bahwa bagian tersebut digunakan untuk menaruh sesaji.

Pada puncak atap bangunan Panggung Sanggabuwana terdapat sebuah hiasan berbentuk orang yang sedang membawa busur panah yang memiliki naga bersayap dan bermahkota. Menurut informasi ini merupakan  sengkalan dari Naga Muluk Tinnitihan Janma yang berarti (Naga = 8, Muluk = 0, Tinitihan = 7, Janma = 1) yang digabungkan menjadi 1708 tahun Jawa.

Namun oleh Pakubuwono III, atas saran Pujanggadalem Yosodipura Tus Pajang, hiasan tersebut bisa dibaca sebagai Keblat  Rimaros Tri Buwono yang berarti tahun 1364 H. Dan ini bertepatan dengan tahun 1945. Hal inilah yang menarik bagi saya pribadi dan mungkin saja para pengunjung di Keraton Surakarta yang memperhatikannya, karena tahun 1945 bertepatan dengan tahun kemerdekaan Republik Indonesia, dan hal ini telah terbaca dalam hiasan pada bangunan Panggung Sanggabuwana di Keraton Surakarta.

Lanjut.......
Konon, menurut informasi yang beredar di lokasi Keraton Surakarta, bangunan Panggung Sanggabuwana ini dianggap sebagai bangunan keramat, sebab bangunan ini dikenal sebagai bangunan yang sering digunakan para Raja yang berkuasa untuk bersemedi.

Dan pada saat peperangan bangunan Panggung Sanggabuwana ini sering digunakan untuk mengawasi aktivitas musuh yang akan datang ke area Keraton Surakarta. Itulah sekelumit cerita yang saya dapatkan dari seorang abdi dalem Keraton Surakarta pada saat mengunjungi tempat wisata Surakarta di kawasan Keraton.

Hal inilah yang menjadikan tempat wisata Surakarta menarik untuk dikunjungi pada saat kita jalan-jalan di Kota Solo. Lokasinya berada di Jalan Mangkubumen Sasono Mulyo, Kota Solo, Pasar Klewer, Solo Jawa Tengah.

Konon, menurut cerita dari catatan sejarah tempat ini merupakan perpindahan lokasi kerajaan. Dan dibutuhkan waktu dua tahun untuk mempersiapkan hingga pada tanggal 17 Febuari 1745 Keraton Kartasura pun pindah ke Sala dan diberi nama Keraton Surakarta Hadiningrat. ( Baca : Jejak Sejarah Keraton Kartasura )

Jalan-jalan di Kota Solo, Jawa Tengah. Kurang lengkap bila kita tidak mengunjungi area Keraton Surakarta ini. Di lokasi inilah kita akan banyak sekali mengetahui sebuah nila tradisi dan budaya dengan catatan sejarah yang panjang dari salah satu kerajaan Mataram di tanah Jawa di Tempat Wisata Surakarta Yang Menarik Panggung Sanggabuwana.[]



Salam wisata,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

14 komentar

keren mas artikelnya menarik sekali... wah harus banyak belajar dari mas indra nih jika ingin membuat artikel menarik

Wahh..baru tau saya nih Bang Indra..sippp..hahahhayy

Masih banyak belajar saya mas, semoga bermnafaat untuk kita semuanya ya Mas. :D

Salam wisata

insyaAllah suatu saat nanti saya akan mampir ke surakarta juga mas jika bisa ikut rombongan tur wisata jateng nanti :) selain itu candi borobudur dan kraton jogja juga menjadi target cita2 saya kelak :)

makasih sharingnya, salam wisata :)

btw templatenya loadingnya cepat banget :D

Bisa saja Bang Icah, tapi nanti kalau ke Solo bisa mampir ko di temapat wisata surakarta ini bang. :D

Salam wisata

Amiiiin,,,,,, minimal Mba indri sudah akan banyak bahan destinasi wisata nantinya ya ? Dan kalau tour guide nya lemah pengetahuan bisa bahaya juga nih :D

Salam wisata

panggung sanggabuwana saya baru tahu nih, sepertinya boleh juga jadi incaran wisata yia bos...

Silahkan mas, bila jalan-jalan ke Solo bisa mampir dan saksikan keindahan panggung sanggabuwana dari dekat deh, pasti kesemsem :D

Salam wisata

panggung sanggabuwana ini mirip sebuah benteng ya Pak

Kalau boleh tahu, itu bangunan termasuk bangunan lama dan bersejarah ya mas :D

Bla di perhatikan secara sepintas memang sama Mas, namun bila diperhatikan lebih jauh bangunan panggung sanggabuwana ini berfungsi sebagai tempat yang di sakralkan oleh para pengusa kerajaan, karena tempat ini sering digunankan sebagai tempat bersemidi para raja-raja Solo yang berkuasa. Itulah informasi yang saya dapatkan waktu di lokasi.

Salam wisata

Benar Mas, bangunan Panggung Sanggabuwana termasuk bangunan lama dan bersejarah, umurnya pun sama dengan umur Keraton Surakarta.

Salam wisata

saya baru tahu ya, wah ini harus dikunjungi kalau mampir ke sana

siap bos... kalau ke solo saya sempetin dah....

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus