OLEH-OLEH KOPI AROMA DARI BANDUNG

http://www.ejawantahtour.com/2014/06/oleh-oleh-kopi-aroma-dari-bandung.html Oleh-Oleh Kopi Aroma Dari Bandung.- Jalan-jalan di kota Bandung serasa ada yang kurang bila kita mencoba dengan minuman yang satu ini, yaitu kopi yang terbuat dari sari alam yang cukup dikenal oleh kalangan wisatawan lokal dan mancanegara.

Tidaklah heran wangi kopi di tempat ini mengundang banyak pengunjung yang mengantri hingga keluar untuk membeli sebagai buah tangan oleh-oleh ciri khas dari Kota Bandung.

Bandung memiliki tempat nongkrong kopi nikmat yang bisa kita datangi pada saat jalan-jalan di kota Bandung. Ada beberapa tempat tongkrongan kedai kopi yang cukup dikenal di Kota Bandung. Namun untuk kal ini saya hanya menuliskan hasil dari pengalaman pribadi tentang kopi yang saya terima dari kiriman teman yang memberikan kopi aroma ini.

Setelah saya meilhat dalam bungkusan ternyata kopi yang di beli dari toko kopi yang berada di Jalan Banceuy namor 51, Bandung. Hal ini mengingatkan saya pada saat jalan-jalan di Bandung, memang toko kopi Aroma ini sudah cukup dikenal dengan sebuatan Toko Kopi Aroma. Konon toko kopi ini di bangun oleh Tan Houw Sian sejak tahun 1930. Dan bangunan tokonya pun masih bergaya pecinan jaman Belanda dulu.

Dari catatan kecil saya pribadi toko kopi ini memiliki reputasi yaang cukup baik di kalangan para pecinta kopi, baik yang berada di Indonesia dan mancanegara.Toko kopi ini berdiri sejak tahun 1930 hingga sekarang dan masih banyak dikunjungi para pelenggan setianya. Bila ke Bandung saya menyempatkan diri untuk mampir ke toko kopi aroma ini.

Di lokasi toko kita akan melihat pemandangan para pelanggan toko kopi ini dari berbagai jenis golongan usia, dari yang tua hingga yang muda. Bangunan toko kopinya yang terlihat kuno, namun mesin dan cara pengolahann kopi di tempat ini msaih terlihat sangat tradisional.

Dan untuk varietas kopi yang di sediakan di tempat warung kopi aroma ini didatangkan dari berbagai penjuru nusantara, seperti biji kopi arabika yang didatangakan dari Aceh, Medan, Toraja, Flores, Bajawa, Pangalengan, dan Ciwidey. Sedangkan untuk biji kopi robustanya berasal dari Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Temanggung, dan Wonosobo.

Oleh-oleh kopi aroma dari Bandung ini cukup lumayan, dan rasanya belum berubah. Warna kopi hitam pekat dengan ciri khas aroma yang menyegarkan terlintas di hadapan pencimuan bergitu di sedung dengan air yang mendidih. Hm,,,,, nikmat sekali

Warna kopinya hitam pekat, dan aua jenis kopi, yakni robusta dan arabika. Biji kopi arabika didatangkan dari Aceh, Medan, Toraja, Flores, Bajawa, Pangalengan, dan Ciwidey. Sedangkan biji kopi robusta berasal dari Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Temanggung, dan Wonosobo.roma kopinya pun langsung menyebar pada saat di seduh dengan air yang baru masak.

Bagi para penggila kopi, ini merupakan minuman yang nayaman untuk kesehatan, karena kita bisa merakan nikmatnya menyeruput kopi dengan aroma yang segar.  Kenapa ? Konon, kopi untuk jenis arabika cocok diminum oleh penderita darah tinggi dan penyakit jantung, karena kadar kafeinnya sangat renda. Sedangakn untuk kopi jenis robusta ini dsa diminum untuk para penderita diabetes, kopi jenis robusta juga bisa mengobati luka dan dapat diminum untuk bayi berusia di atas satu tahun untuk menjegas step atau kejang-kejang.

Untuk menyeduh kopi aroma ini pun beda loh,,,,,,, bila kita mau mendapatkan aroma dan nikmat kopinya ada aturan dalam hal proses penyeduhannya. Takaran kopi cukup dua sendok teh untuk ukuran mug atau cangkir, setalah itu di siram dengan air yang medidih lalu di tutp dan biarkan saja sekitar dua menit, setalah itu baru di campur dengan gula menerut selera, baru di aduk rata. nah, seperti itulah informasi yang pernah saya dapatkan waktu saya ke lokasi tokopi aroma Bandung ini. Percaya atau tidak, hasil yang saya dapatkan memang beda banget loh......

Jalan-jalan ke Bandung jangan lupa beli Oleh-Oleh Kopi Aroma Dari Bandung.[]





Salam wisata,

Facebook +Google Twitter Digg Technorati Reddit

Written by : Indra Kusuma Sejati - Describe about us

Website blog ini berisikan informasi tempat wisata yang indah, kaya dengan panorama keindahan alam, flora, fauna, kuliner seni, dan budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Dengan sarana akses reservasi hotel atau penginapan, sewa mobil, dan tiket pesawat secara online. Info dunia traveling. yang kami kutip dari berbagai pengalaman pribadi dan beberapa sumber.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

Artikel Terkait:

25 komentar

mau juga nih oleh-oleh kopi aroma dari bandung, pasti mantab nih buat menemani sarapan, hehehe....

sejak tahun 1930..dan bangunannya masih tetap seperti model awal..bukan main...
jadi mau ke bandung nich..untuk cicipin kopinya...
keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

hmm di jepara ada ndak ya mas kopi aroma ini

menyimak artikel blog ini serasa melakukan perjalanan sendiri,mantap mas,penasaran juga nih ama rasa kopinya

saya jadi pengen menikmati kopi aroma langsung dari bandung. meluncuur

wah ketinggalan saya, saya yang dekat bandung tapi malah belum pernah icip2 kopi ini pak :)

Oooo ini to kopi Aroma. Temanku jualan. Semacam reseller kali ya?

kalau boleh tahu, itu kopinya memang asli buatan bandung ya mas, terima kasih

Yuk sini minum bareng kopi aroma oleh-oleh dari Bandung Sob. :D

Salam wisata

Benar mas Har, kalau jalan-jalan ke Bandung toko kopi aroma ini cukup di kenal ko. :D

Salam wisata

Saya tidak nanya tuh mas kalau di Jepara ada atau tidak, sepertinya sih tidak ada, kalau pun ada paling stoknya sedikit. :D Karena saya belum pernah dengar kopi aroma bandung ini buka cabang di daerah lain.

Salam wisata

Rasanya mantap mas, asli kopi pilihan dari Indonesia loh :D

Salam wisata

Silahkan Kang Dede, tinggal hadir di Kota Bandung, pasti ketagihan :D

Salam wisata

Waktu itu kebetulan saja mas saya pas jalan-jalan ke Bandung, dan sekarang malah dapet oleh-olehnya dari kopi aroma Bandung ini. :D

Salam wisata

Saya kurang tahu Mba, mungkin saja dia beli agak banyak untuk dijual lagi. Karena informasinya mereka tidak membuka cabang, tapi kalau reseller sih bisa jadi. :D

Salam wisata

Benar Mas, dan kopi-kopi itu di olah langsung di lokasi tersebut. Kalau kita ke toko kopi aroma Bandung, kita bisa melihat langsung dan di bawa untuk melihat bagaimana mereka mengolahnya masih dengan menggunakan cara tradisional, hal inilah yang menarik dan mebuat hasil olahan kopi aroma tersebut tetap terjaga hingga sekarang. Kalau jalan-jalan ke Bandung bisa mampir ke toko kopi aroma dengan alamat tersebut di atas mas.

Salam wisata,

Kayak nya pagi-pagi gini
pas banget deh minum kopi hehee

hadeuh-hadeuh jadi pengen ngopi deh apalagi kalau kopi dari bandung pasti itu kopi tutu asli

Nyok ngopi biar melek :D

Salam wisata

Pastinya ini kopi asli sob, tidak ada bahan campuran apa-apa dan hanya dua piliha arabika taua pun robusta :D

Salam wisata

biji kopi arabika dari toraja ya kang, kira2 rasanya mirip ngak yah seperti kopi khas toraja?? hehehe
soalnya ane pernah minum kopi khas toraja yang di bawa sama teman, rasanya khas banget.
moga aja bisa mampir di toko kopi aroma kalau isi dari "kantong celana" mengijinkankan,, :D

Raja kopinya memang khas banget, apalagi bila bisa mengikutinya dengan cara penyeduhan kopi yang benar Sob. :D

Salam wisata

Kopi Aroma gak buka reseler mak Lusi , beli di tokonya aja dibatasi gak lebih dari 5 kg per orang per hari :D
Ini karena mereka produksinya terbatas banget setiap harinya :)

Mas, tokonya buka jam berapa dan tutup jam berapa ya? saya dengar gak buka sampai malam, dan hari minggu tutup ya.

tutup jam 3 karena memang cepat habis. Minggu tokonya tutup...

Terima Kasih atas kunjungan dan komentar anda. Maaf, komentar yang mengandung iklan, spam dan link promosi atau link hidup akan di hapus.
=======================================================================
Thank you for your visit and your comment. Sorry, comments that contain advertising, spam and link promotion or live links will be removed

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus